Indonesia Website Awards

√ Tahukah Kamu? Fungsi Air Mawar Bagi Kulit Wajah


Fungsi Air Mawar Bagi Kulit

Fungsi Air Mawar Bagi Kulit – Wanita karir bukan hal yang salah. Siapa pun bisa melakukannya. Bahkan bisa jadi, itu adalah mimpi beberapa wanita yang ingin mandiri. Tapi, bukan berarti mereka nggak butuh pria di hidupnya. Ya, kalian tahulah. Bukankah hal yang menyenangkan, apabila kita bisa sedikit membantu pasangan kita. Paling nggak, memenuhi kebutuhan perawatan diri sendiri, seperti membeli skincare atau pun melakukan perawatan di salon sebagai kegiatan me time. Meski bisa saja sih, kita memintanya pada pasangan. Toh, sudah menjadi kewajiban mereka memenuhi kebutuhan kita ‘kan? Hehehe…

Sayangnya, menjadi wanita karir juga memiliki resiko. Terutama mengenai masalah kulit. Apalagi, jika kita dituntut untuk bekerja di ruangan ber-ac seharian. Tentu saja, kita nggak akan lepas dari yang namanya kulit kering endebrei-endebrei. Lalu, kalau nggak diatasi bisa jadi masalah penuaan dini, kulit mudah keriput. Hi, serem nggak sih, Geng?

Tapi tenang, kita hanya perlu menjaga kelembaban kulit. Salah satunya dengan memanfaatkan air mawar. Memang apaan sih Air Mawar itu?

Air Mawar Adalah

Air mawar adalah air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Biasanya air ini digunakan sebagai komponen dasar kosmetik. Kebanyakan digunakan sebagai toner yang berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah. Beberapa brand kosmetik yang menggunakan air mawar sebagai penyegar seperti viva, mustika ratu, MSI dan sebagainya.

Beberapa brand menggunakan air mawar sebagai komponen dasar tonernya tentu bukan tanpa alasan. Selain karena memang terkenal akan manfaatnya untuk kulit, air mawar juga telah digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk produk kecantikan, makanan dan minuman. Beberapa fungsi air mawar untuk kulit yang wajib kita tahu, diantaranya :

Fungsi Air Mawar untuk Kulit

Disebutkan dalam laman alodokter bahwa air mawar mengandung senyawa phenolic. Dimana senyawa ini merupakan bahan aktif yang bersifat antioksidan. Selain itu, air mawar juga memiliki efek antibakteri, antiseptic dan antivirus. Jadi, apa sajakah fungsi air mawar untuk kulit?

Related Post

Fungsi Air Mawar

Air Mawar Mampu Melembabkan Kulit Wajah

Air mawar biasanya dijadikan sebagai toner untuk wajah. Hal ini karena air mawar dapat menjaga kelembaban kulit serta mencegah kulit kering.

Aku biasa menggunakan air mawar yang digunakan sebagai toner dengan cara disemprotkan ke wajah. Semacam face mist. Efeknya sungguh bikin wajah kembali segar meski cuaca sedang panas-panasnya. Ada banyak brand yang mengeluarkan produk semacam ini. Kalian bisa menemukannya di market place.

Air Mawar Mampu Menghambat Penuaan Dini

Garis halus dan kerutan di wajah adalah tanda-tanda penuaan. Beberapa wanita tentu akan kalang kabut jika menemukannya di areal wajah. Sehingga antioksidan dan zat pelembab dalam air mawar bisa mengurangi munculnya hal tersebut.

Related Post

Selain itu, radikal bebas tentu juga ikut andil dalam menyebabkan kerusakan kulit. Efek antioksidan ini juga mampu menahannya sehingga mampu menghambat kulit keriput.

Air Mawar Mampu Mengurangi Jerawat

Kita tahu bahwa jerawat itu menyebalkan. Apalagi jika muncul di area wajah. Beberapa orang malah bisa saja menjadi insecure karena benjolan itu. Terutama bagi mereka yang menganggap penampilan adalah hal yang utama di atas segalanya.

Tapi, apa kalian juga mengetahui? Selain antioksidan, air mawar juga mengandung antimikroba yang dapat meringankan peradangan pada jerawat secara alami? Dan bukan hanya itu, air mawar juga mampu menyamarkan noda bekas jerawat yang kadang menghitam karena kita pencetin lho.

Dalam hal ini, ada krim khusus atau serum wajah yang mengandung esens mawar. Kita tinggal oleskan saja di wajah kita secara merata.

Mengatasi Mata Lelah dan Memberi Efek Relaksasi

Mata lelah atau mata panda tentu akan menurunkan kadar kePDan kita. Hal ini bisa juga kita atasi dengan air mawar. Caranya dengan membasahi kapas dengan air mawar dan menempelkannya pada kelopak mata kita. Beberapa menit kemudian matamu akan kembali segar.

Selain itu, air mawar juga bisa memberikan efek relaksasi. Sehingga cocok sekali menjadi campuran air hangat untuk kita berendam setelah aktivitas melelahkan yang kita jalani. Dan mood kita kembali membaik deh, Geng.

Meringankan Iritasi Kulit dan Mengecilkan Pori-pori

Air mawar mengandung anti inflamasi yang membantu mengurangi iritasi kulit dan masalah lainnya. Selain itu, kandungan astringennya bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit dan membersihkan sisa kotoran yang menumpuk di pori-pori yang menyebabkan komedo.

Mencerahkan Kulit

Tak kalah pentingnya, air mawar juga bisa mencerahkan kulit lho. Bahkan pada kulit ketiak sekali pun. Bahkan caranya juga sangat mudah. Yaitu dengan membasahi kapas dengan air mawar kemudian oleskan pada kulit ketiak. Selanjutnya diamkan selama lima menit. Lalu, kita bisa membasuhnya dengan air dingin. Tuh ‘kan? Mudah ya!

Itu tadi fungsi air mawar bagi kulit yang perlu kita tahu. Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa air mawar bisa mempercepat penyembuhan luka tergores dan luka bakar. Beberapa studi menjelaskan bahwa aroma khas dari air mawar ini dapat menyembuhkan sakit kepala. Caranya, kita cukup menghirup aroma dari uap air mawar atau menempelkan handuk yang sudah direndam dalam air mawar ke dahi. Biarkan selama 45 menit.

Ternyata banyak juga ya manfaat air mawar. Jadi, makin betah diri ini menggunakan toner atau penyegar yang mengandung esens mawarnya deh. Gimana menurut kalian?

With Love
Filia Suka Nulis

Sumber :
Laman Alodokter : Artikel Berjudul Beragam Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Related Post

Have any Question or Comment?

2 comments on “√ Tahukah Kamu? Fungsi Air Mawar Bagi Kulit Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger