Perpaduan Warna Yang Serasi Banner

4 Hal Pentingnya Padu Padan Warna untuk Busana


Perpaduan warna yang serasi untuk busana muslimah itu susah-susah gampang. Setiap muslimah punya tips dan triknya masing-masing untuk memaksimalkan penampilan mereka. Lalu seberapa pentingkah padu padan warna untuk busana dalam setiap penampilan kita? Kali ini Filia Suka Nulis akan membahas pentingnya keahlian dalam hal padu padan warna untuk hijab dan pakaian kita.

Perpaduan Warna yang Serasi
Contoh Perpaduan Warna yang Soft

Saat hendak menghadiri sebuah acara, biasanya muslimah akan kebingungan. Mereka bingung menentukan padu padan warna yang cocok untuk busana mereka. Terkadang, mereka sampai harus dibantu oleh mesin pencarian google. Atau malah bertanya ke pasangan mereka mengenai warna apa yang cocok. Ada yang dengan senang hati memberikan penilaian. Namun tidak sedikit juga yang malas memberikan komentar. Karena apa? Tentu saja karena padu padan warna busana itu sangat penting. Jadi, jangan heran jika jumlah busana yang dimiliki wanita itu lebih banyak ketimbang jumlah busana yang dimiliki oleh pria.

Infografis Perpaduan Warna yang Serasi
Infografis edit by canva

4 Hal Pentingnya Perpaduan Warna yang Serasi untuk Busana

Pernah tidak kalian menertawakan seseorang dari penampilan mereka. Meski hanya dalam hati. Katakan saja, saat mereka mengenakan busana dengan warna asal-asalan. Padahal tips dan trik memadu-padankan warna busana sudah bertebaran di jagad maya. Disini, Filia Suka Nulis akan menjelaskan pentingnya hal ini, diantaranya :

Menambah Keindahan Diri

Kita tahulah ya, wanita itu suka sekali sama keindahan. Apa saja yang menurut kita indah akan menarik perhatian kita. Misalnya bunga di tepi jalan, keserasian perpaduan warna busana dan apa pun hal-hal indah lainnya. Jarang sekali ‘kan kita lihat wanita mengenakan busana dengan warna yang membuat silau. Kecuali memang lagi trendnya seperti itu.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika kita sudah merasa busana kita sudah cocok padu padan warnanya. Maka rasa percaya diri yang kita miliki akan semakin meningkat. Kalau tidak percaya, coba saja kalian mengenakan busana yang warnanya tidak cocok sama sekali. Apakah kalian pede main ke luar rumah? Tentu saja jawabannya tidak. Karena tim Filia Suka Nulis juga tidak akan pergi kemana pun ketika mengenakan pakaian begitu. Hehehe…

Kita Tidak Mudah Diremehkan

Salah satu tim Filia Suka Nulis pernah punya pengalaman kurang menyenangkan. Dia adalah seorang muslimah yang cukup manis. Tapi dia selalu dipandang remeh oleh orang-orang. Hal ini karena dia terlalu cuek dengan penampilan. Dia tidak pernah memusingkan bagaimana padu padan warna busana dan hijab yang dia kenakan. Asal pakai saja.

Lalu beberapa tahun kemudian, dia mulai memperhatikan penampilan. Masalah padu padan warna busana dan hijab yang dia kenakan mulai dia perhitungkan. Walhasil, pandangan orang-orang terhadapnya mulai berubah. Beberapa bahkan mulai memujinya. Jadi, terbukti ‘kan masalah padu padan warna busana juga bisa mengubah cara pandang orang lain terhadap kita.

Menghindari Salah Kostum

Contoh Perpaduan Warna yang Serasi
Perpaduan Warna yang Lebih Gelap Namun Tetap Manis Bisa Eksis Dimana Saja

Ini yang paling utama. Wanita itu paling alergi kalau dibilang salah kostum. Beberapa malah sampai balik arah pulang dan batal menghadiri acara karena masalah ini. Jadi, jika padu padan warna busananya pas dan menarik, setidaknya kita tidak terlalu malu ‘kan? Menurut Filia Suka Nulis sih begitu. Hehehe…

Nah, itulah keempat hal penting memadu-padankan warna busana menurut tim kami. Bukan tidak mungkin, kalian juga memiliki pendapat yang berbeda. Toh setiap kita memiliki selera kita masing-masing. Bisa jadi, warna pink menurut kalian indah. Tetapi kami lebih menyukai warna biru atau merah agar terlihat lebih berani. Sah-sah saja ‘kan. Bagaimana pun juga, semua kembali kepada selera. Atau, kalian bisa menambahkan pendapat kalian di kolom komentar. Siapa tahu nanti bisa menambahkan informasi pada artikel ini.

Salam Hangat Termanis

Team Filia Suka Nulis

21 comments

  1. Mengindari saltum. Bener banget Mbak Yuni. Tapi sekarang kayaknya lagi trend deh, warna tabrakan. Mungkin lebih kepada kepedan masing-masing orang kali ya. Makasih tipsnya Mbak, bermanfaat sekali.

  2. Setuju banget deh, kalau warna saling tabrakan gimana gitu ya kesannya, tapi warna yang padu dan serasi nambah nilai pribadi seseorang Dimata orang lain dan kita pun lebih PD ya

  3. Aku juga kadang bingung madumadanin warna busana mba. Yg penting masih senada sih pake aja hehehe. Tapi kadang juga tabrak lari aja sih selama warnanya tetep masuk kayak biru tosca sama soft pink gitu. Malah lucu.

  4. Xixi, dulu saya suka agak rese sendiri kalau urusan baju. Mestinya pengen pas mlulu. Tapi sekarang sih agak berkurang, wes penting nutup aurat dan sesuai sama tempat dan acaranya aja siiih. Pokonya, sebelum beli ya harus pastikan pilih warna dan model sesuai selera. Kalau sehari-hari lebih senang pakai rok jeans, bisa dipadupadankan apa saja, hehe

  5. Setujuuu, padu padan busana itu perlu, jangan ngasal aja pakainya. Orang lihatnya pasti akan beda. Sayang sekali beberapa perempuan mengabaikannya. Dulu pernah punya teman kerja, memang sih dia di back office, jadi enggak langsung ketemu klien. Pakai baju atas biru, bawah ungu, kerudung hijau. Padahal Ibu muda dan sebenarnya “punya” , sampai sekantor sering ghibahin, nyindirin, bahkan temen cewek yang berani sampai ngomong. Dia cuek.
    Akhirnya atasan turun tangan, dia dikasih jatah training ikut paketnya sekolah kepribadian John Robert Power…kwkwkw. Alhamdulillah ada perubahan, lebih nyambung pakai bajunya 😀

    1. Iya Mbak. Namanya perempuan kan emang identik dengan keindahan. Jadi mau tidak mau ya salah satunya dengan mengerti dan mau ngeh dengan masalah ini.

  6. Padu padan warna memang mesti pinter supaya hasilnya bagus. Kadang sama-sama merah, tapi gradasinya tidak harmoni tetap saja tabrakan. Selain itu masing-masing orang juga ada skin tone yg mesti dipertimbangkan dalam memilih warna.

    1. Nah betul. Kadang pernah saya temui, cewek yang pakai busana ngasal nggak mikirin skin tone. Walhasil norak pas liat jadinya. Nggak sedap dipandang mata. Tapi kembali lagi pada kepercayaan diri sih.

  7. Aku kadang nabrak mba, gak melulu serasi dari atas ampe bawah warnanya. Tapi aku mix and macth aja yang penting pede hehehe. Lebih k bodo amat mba kalo aku, asal ya kita juga tau diri dan batasan style gitu

  8. Kadang emang kalau tabrak warna banget tuh, gimana ya, kurang enak aja dilihat. Meskipun sekarang lagi trend tabrak warna, tabrak motif, menurutku tetap ada triknya biar kelihatan unik. Aku pribadi lebih nyaman dengan warna hitam, hahaha. Atau warna apa saja yang gelap. Ya, cari aman aja sih.

  9. Aku milih warna senada sih kalau soal warna baju. Paling gelap terang kalo mau beda. Tapi tabrak warna belum nyoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *