Kita Harus Tahu Pentingnya Mencintai Diri Sendiri


Mencintai Diri Sendiri

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri – Kadang ada seorang yang begitu mengagumi orang lain tanpa perduli pada apa pun di sekitarnya. Dia mampu melakukan segala cara untuk membuat orang itu tertarik. Sekali pun cara yang digunakan bisa membuatnya terlihat konyol. Bahkan mungkin lebih parah lagi. Dia terlihat nggak punya harga diri. Apa Sahabat Filia pernah menemukan orang seperti itu di sekitar kalian? Pasti pernah dong.

Tapi, tahukah kalian jika sesuatu yang berlebihan terkadang memang mengundang dampak yang nggak baik. Sebut saja, perasaan kepada lawan jenis yang terlalu dalam. Hal itu bisa saja membuat kita melakukan apa pun agar sang pujaan hati terkesan. Bahkan sampai nggak memperdulikan dirinya sendiri.

Menurutku sih itu hal konyol. Bagaimana orang bisa menghargai kita jika kita bahkan nggak mau menghargai diri sendiri? Iya nggak sih?

Mengapa Kita Harus Mencintai Diri Sendiri

Jadi, sebelum kita mencintai orang lain, ada hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Yaitu mencintai diri sendiri. Mengapa? Seenggaknya ada beberapa alasan yang menunjukkan betapa pentingnya mencintai diri sendiri, diantaranya :

Mencintai Diri Sendiri Berkenaan dengan Penerimaan Diri

Kita selalu memiliki kehidupan sehingga ada baiknya kita harus memperhatikan dan menyayangi diri. Agar kehidupan kita menjadi lebih baik. Dengan begitu, kita bisa menerima kekurangan dan tentunya dapat menunjukkan kelebihan kita. Jadi, nggak heran ‘kan kalau ku bilang, kita akan mendapat perhatian orang jika kita mau mencintai diri sendiri?

Selain itu, kita ini makhluk Tuhan yang diciptakan dengan segala kesempurnaan. Mencintai diri sendiri adalah bentuk rasa syukur kita pada Sang Pencipta.

Kita akan Merasa Lebih Percaya Diri

Jika ditanya, kapan kamu merasa percaya diri? Maka, kita bisa menjawab saat kita mencintai diri sendiri. Coba bayangkan jika kita nggak mencintai diri sendiri! Bisa jadi kita menjadi ragu pada kemampuan kita. Kalau sudah begitu, siapa sih yang bakal yakin dengan kemampuan kita? We should think about this.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Insecure

Terciptanya Hubungan Baik dengan Siapapun

Adakah diantara Sahabat Filia yang mau berteman dengan seorang yang berantakan? Mungkin ada. Tapi, aku yakin nggak banyak jumlahnya. Biasanya, kita cenderung menghindari berteman dengan orang-orang seperti itu. Karena pada dasarnya, kita sangat menyukai keindahan. Benar ‘kan?

Jadi, salah satu pentingnya mencintai diri sendiri adalah kita siap menjalin hubungan baik dengan siapa pun. Karena, dengan begitu kita akan merawat diri sebaik mungkin. Sehingga orang lain nggak akan segan untuk bergaul dengan kita. Cemiau.

Menghindari Stress

Stress terjadi jika sesuatu terjadi nggak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tapi, kita hanya perlu menghargai dan mencintai diri sendiri. Selanjutnya, kita selalu punya cara untuk memberi penghargaan pada apa pun yang sudah kita lakukan. Terlepas itu mengundang keberhasilan atau kegagalan.

Jika pun kita melakukan kesalahan, maka kita akan dengan mudah memaafkan kesalahan itu. Selanjutnya, kita akan berusaha introspeksi diri agar nggak mengulangi kesalahan yang sama.

Lebih Semangat dan Produktif

Penerimaan diri atas apa kelebihan dan kekurangan kita biasanya membuat kita selalu berpikir positif. Lalu, energy baik akan muncul dan membuat hidup kita lebih bahagia dan lebih semangat melakukan berbagai hal yang sudah direncanakan. Akibatnya, kita menjadi semakin produktif. Bukankah itu hal yang menyenangkan?

Begitulah pentingnya mencintai diri sendiri. Bukan sekedar kenarsisan diri yang identic dengan membanggakan diri tanpa memperdulikan apa pun. Lebih jauh lagi tentang menghargai diri sehingga nggak mudah merasa minder atau rendah diri.

Selanjutnya, kita perlu mengetahui bagaimana cara mencintai diri sendiri. Karena, rasa cinta itu sulit kita artikan secara harfiah.

Coba tanyakan pada diri sendiri! Apakah orang tua kita mencintai anak-anaknya? Tentu saja semua akan menjawab iya dengan lantang. Tapi, bagaimana bentuk rasa cinta itu? belum tentu kita bisa menjelaskannya dengan baik tanpa menimbulkan sederet pertanyaan-pertanyaan lanjutan. Bukan begitu Sahabat Filia?

With Love
Filia Suka Nulis

Have any Question or Comment?

3 comments on “Kita Harus Tahu Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Navia Yu

Keren banget tulisannya mb Filia. Aku pun masih belajar menyayangi diri sendiri. Aku ingin lebih percaya diri biar bisa diterima orang sekelilingku. Hahaha ini perjalanan yang panjang sekali. 😊 Eniho, salam kenal ya dari Palembang ^^

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promotion

SEO & Blog Competition 2020

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel