Penggunaan M Banking

5 Langkah agar Penggunaan m Banking Aman

Filia Suka Nulis – Penggunaan m banking kini sudah menjadi gaya hidup di masyarakat. Meski begitu, masyarakat juga harus meningkatkan kesadaran terhadap pemakaian aplikasi ini. Mengapa?

Kita tahu sih, fitur ini memang praktis. Tapi sayangnya, fitur ini juga punya risiko penipuan yang bisa menimpa kita sebagai penggunanya.

Oleh sebab itu kita harus selalu waspada. Bukan hanya saat penggunaan saja lho ya. Kewaspadaan kita harus sudah dimulai ketika kita mengikuti cara daftar m banking yang tepat. Sampai kemudian kita menggunakan fitur ini untuk berbagai jenis transaksi.

Cara agar Penggunaan m Banking Aman

Banyak dari kita yang sudah merasakan betapa mudahnya saat melakukan transaksi melalui m banking. Apalagi, cara daftar m banking sangat praktis dan cepat. Begitu memiliki akun, kita bisa melakukan transaksi apapun hanya dalam satu aplikasi di smartphone.

Namun kita harus tetap waspada dalam penggunaannya. Hal ini agar pemakaian m banking ini tetap aman. Berikut adalah 5 langkah yang bisa dilakukan supaya m banking aman dan nggak mudah kena hack, yaitu:

1 Percayakan pada Layanan Bank yang Aman

Pertama, kita bisa memilih dulu layanan mobile banking dari bank yang bisa terpercaya dan beroperasi secara aman. Pilihlah bank yang kredibel sehingga semua jenis transaksi yang akan kita lakukan terjamin aman.

Oh iya, kita juga harus memastikan juga bahwa layanan tersebut sudah terdaftar pada OJK. Sehingga kita punya jaminan yang lebih mendukung.

Ingat ya, Gengs! Jangan asal memilih layanan transaksi atau transfer m banking tanpa memperhatikan kredibilitas perusahaan. Biar kita nggak kebingungan sendiri di kemudian hari. Cemiau….

2 Ikuti Prosedur Pendaftaran dengan Tepat

Sebelum menggunakan layanan mobile banking, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Ikuti cara daftar m banking dengan tepat sesuai petunjuk dan ketentuan yang berlaku ya!

Saat kita mengikuti aturannya dengan tepat maka dijamin pembuatan akun m banking bisa berjalan lancar. Keamanan data juga pasti akan terjamin karena kita mengikuti aturan pendaftaran dengan baik.

Salah satu poin penting yang harus kita perhatikan saat mendaftar layanan mobile banking adalah data apa saja yang perlu dimasukkan. Pastikan bahwa data tersebut memang dibutuhkan dan nggak melanggar ketentuan yang berlaku.

Selain itu baca secara cermat syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum menyetujuinya. Dengan mematuhi aturan cara daftar m banking secara cermat, dijamin penggunaan fitur ini akan aman.

3 Siapkan Nomor HP Cadangan

Sangat disarankan untuk menyediakan nomor HP cadangan sebelum mendaftar mobile banking. Jangan mendaftarkan akun mobile banking menggunakan nomor HP yang biasa terpakai dan disebarkan ke banyak orang.

Kita perlu memakai nomor khusus yang memang hanya digunakan untuk keperluan perbankan. Hal ini akan jauh lebih aman karena mengurangi risiko layanan mobile banking-mu mengalami hacking.

4 Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Pastikan kita selalu menjaga kerahasiaan data pribadi. Jangan pernah membagikan PIN, user ID, apalagi kode OTP kepada orang lain.

Semua data yang berhubungan dengan akun mobile banking sebaiknya kita simpan sendiri. Jangan pernah membagikannya kepada orang lain karena berpotensi untuk disalahgunakan.

Ketika kamu mendaftar m banking, cobalah untuk melakukannya sendiri. Ikuti cara daftar m banking sesuai petunjuk sehingga nggak perlu meminta bantuan orang lain. Minta bantuan dari orang lain saat mendaftar m banking berpotensi data pribadimu diketahui oleh pihak lain yang mungkin nggak bertanggung jawab.

5 Jangan Pakai Jaringan Internet Umum

Hindari melakukan akses mobile banking memakai jaringan internet umum. Apalagi saat kita baru mulai mendaftar.

Tahu nggak sih? cara daftar m banking yang baik dan aman adalah dengan menggunakan jaringan pribadi lho. Mengapa?

Karena pemakaian jaringan umum seperti wifi di tempat publik bisa memperbesar peluang akun mengalami peretasan. Jadi, hati-hati ya, Gengs!

Pakai PermataMobile X dari PermataBank

Cara Daftar M Banking
Sumber: pexels.com/id-id/foto/wanita-internet-mengetik-teknologi-9218657/

Ada satu cara untuk menjamin keamanan kita dalam melakukan transfer m banking maupun kebutuhan perbankan lainnya. Yaitu dengan menggunakan aplikasi PermataMobile X. Dimana aplikasi ini merupakan aplikasi mobile banking yang dikeluarkan oleh PermataBank.

Kelebihan Utama Aplikasi PermataMobile X

Bukan tanpa alasan kita perlu menggunakan aplikasi PermataMobile X ya. Seenggaknya ada 3 kelebihan utama dari aplikasi ini, yaitu:

● Canggih

Semua fitur yang tersedia di aplikasi PermataMobile X ini sangat canggih. Total ada ratusan fitur yang bisa membantu kita memenuhi berbagai kebutuhan perbankan.

● Aman

PermataMobile X terjamin memberikan fasilitas perbankan yang aman. Aplikasi ini menghadirkan fitur face ID dan fingerprint untuk menjaga keamanan login.

● Praktis

Kita bisa melakukan transfer m banking dan berbagai kebutuhan perbankan lainnya hanya dengan memakai satu aplikasi saja. PermataMobile X sangat praktis digunakan kapan saja dan dimana saja kamu berada.

Cara Daftar M Banking PermataMobile X

Cara daftar m banking PermataMobile X sangat mudah. Kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download PermataMobile X melalui Google Play Store atau Apple App Store
  2. Buka aplikasi, pilih ‘mulai’
  3. Jika telah memiliki rekening PermataBank, pilih “ya” pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”
  4. Begitu juga sebaliknya, pilih “tidak” pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” Kita akan diarahkan menuju PermataStore untuk pembukaan rekening terlebih dahulu
  5. Pilih “tidak” pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”
  6. Pilih apakah kita akan mendaftar menggunakan nomor rekening atau kartu kredit
  7. Ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai dan user ID-mu pun langsung bisa digunakan

Fitur Aplikasi PermataMobile X

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan lewat PermataMobile X, yaitu:

  • Kita bisa mengecek mutasi rekening dalam periode 12 bulan.
  • Membayar tagihan listrik, air, internet, dan lain-lain.
  • Dapat mengisi dompet digital, pulsa, juga voucher game.
  • Membuka tabungan, kartu kredit, maupun KTA.
  • Dapat melakukan jual beli dan switch Reksadana.
  • Membeli di toko atau merchant pakai QR Pay.
  • Kita bisa mengambil uang pakai fitur Mobil Cash.
  • Mengirimkan uang disertai pesan WhatsApp atau WhatsApp Gift.
  • Saat ingin mengajukan limit sementara kartu kredit yang lebih tinggi juga bisa.

Gimana, Gengs? Bukankah cara daftar m banking PermataMobile X dari PermataBank sangat mudah dan cepat. Kita bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja lho.

Aplikasi mobile banking ini akan sangat mempermudah kita dalam memenuhi aneka jenis kebutuhan transaksi. Sudah gitu, semua terjamin aman dan bisa diselesaikan dengan cepat.

Apa kalian nggak penasaran untuk mencoba segala kemudahan dan kepraktisan dari aplikasi ini? So, tunggu apa lagi?

Related Posts

10 thoughts on “5 Langkah agar Penggunaan m Banking Aman

  1. Aku selalu hati2 kalo soal Mbanking ini. Apalagi sebagai mantan staff bank, ngerti banget bahayanya kalo sampai di hack. Dulu ke semua nasabah2 ku, selalu aku ingetin utk ga bikin password yg terlalu gampang, jangan pakai tanggal2 yg terrlalu umum kayak tgl lahir. Jangan share otp kesiapapun dll. Krn kejadian memang banyak yg jadi hack gara2 itu.

    Naah tips ttg pakai jaringan internet pribadi bener banget mba. Aku tiap kali staycation atau kemanapun yg ada WiFi umumnya, ga akan mau buka Mbanking. Aku matiin dulu, dan pakai kartu sendiri. Biar aman.

  2. Nah, saya pernah melakukan kesalahan saat menggunakan mobile banking, pakai WIFI di hotel. Untung langsung dicut oleh anak saya dan diberi tahu segala resikonya. Duh sekarang gak lagi deh. Apa lagi pernah juga mengalami akunnya dikuras gara-gara kartu ATM yang nyangkut. Benaran sekarang agak trauma akses akun bank di sembarang tempat.

  3. Makasih tipsnya kak. Meskipun bnyk manfaat nya kita hrs ekstra hati-hati ya untuk penggunaan mobile banking. Yg paling pernah, banknya jg hrs terpercaya 👍

  4. Iya mbanking itu memudahkan kita banget sebagai nasabah bisa transfer dan lainnya tanpa antre di ATM atau bank, asal hati-hati ya karena sekarang marak pencurian di internet, bener jangan pakai WiFi umum mudah diretas

  5. Iya nih…tidak menggunakan Wifi umum adalah keamanan basic yang harus diperhatikan.
    Aku masih sering nih…biasanya untuk isi dompet digital demi bisa jajan online.
    Huhuu….

  6. Teknologi perbankan memang semakin memanjakan nasabah namun juga berbanding lurus dengan resiko diretas.

    Setuju!Memang kudu paham dengan kiat-kiat agar penggunaan m-banking aman.

    Selain 5 langkah di atas bisa juga ditambahkan penggunaan password yang unik dan rutin menggantinya.
    Memang ini perlu keahlian khusus yaitu mampu mengingat kombinasi unik password.

    Jadi,
    Mbak pakai aplikasi di atas jugakah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.