Indonesia Website Awards

7 Aplikasi Podcast Paling Seru dan Populer untuk Smartphone


7 Aplikasi Podcast Paling Seru

Podcast adalah file audio yang sengaja direkam dan diunggah ke internet secara berkala agar bisa kita dengar dan berlangganan. Sehingga, kita membutuhkan aplikasi podcast untuk menjadi pendengar dan subscribernya. Yah, semacam youtube untuk melihat video dari youtuber kesayangan kita gitu deh. Bedanya, kita cuma mendengarkan audio saja. Nggak bisa melihat visual penyiarnya.

Ada yang bilang bahwa podcast merupakan sebuah singkatan dari kata ipod dan broadcasting. Selain itu, beberapa orang juga mendefinisikan podcast sebagai siaran radio di internet, dimana kita bisa mengulang dan memilih siaran yang ingin kita dengarkan. Atau semacam vlog tanpa video. Pas buat kalian yang ceriwis tapi malu menampilkan diri. Kayak aku. Hehehe….

Ada banyak topik yang tersaji, seperti obrolan ringan seputar kehidupan sehari-hari, kisah fiksi, kisah horor, keuangan, kepenulisan dan lain sebagainya. Pokoknya lengkap deh.

Ini dia 7 aplikasi podcast yang bisa kita gunakan untuk mendengarkan hal-hal seru dan populer. Asyiknya lagi, semua aplikasi ini bisa kita akses di smartphone lho. Diantaranya:

1. Spotify Podcast

Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast yang berbasis di Swedia. Aplikasi ini diluncurkan pada tanggal 7 Oktober 2008. Kita bisa menemukan segala musik atau podcast yang tepat dengan mudah setiap harinya.

Aku menggunakan spotify untuk mendengarkan musik secara gratis. Kalau Teman-teman ingin mendengarkan podcast pun bisa. Tersedia banyak topik mulai dari storyteller, komedi bahkan olahraga.

Spotify

2. Aplikasi Podcast Google

Google meluncurkan Google Podcast pada bulan Juni 2018. Meski begitu, podcast milik Google ini memiliki koleksi dan fitur yang nggak kalah menarik dari yang lainnya.

Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut. Meski sederhana, Google Podcast dibekali dengan koleksi podcast yang lengkap dari seluruh dunia.

Hal yang paling menarik adalah aplikasi ini terintegrasi dengan Google Search App dan Google Assistant. Jadi, kita akan mudah menemukan podcast apa yang ingin kita dengarkan. Seru kan, Gaes?

Aplikasi Google Podcast

3. Apple Podcast

Apple podcast ini pertama kali dikenalkan oleh Steve Jobs pada tahun 2005. Hingga pada tahun 2013, mereka mencatat rekor dengan satu juta subscriber podcast. Wow, berselang delapan tahun aja udah sejuta.

Kita bisa mendengarkan podcast dari seluruh dunia dengan aplikasi ini. Sama seperti yang lainnya, topik yang disajikan juga beragam. Kita bebas memilih topik yang sederhana mau pun serius.

Mau tahu hal yang paling seru dari aplikasi ini nggak? Kita juga bisa mendownload konten yang ada. Jadi, kita bisa mendengarkannya kapan saja sekali pun sedang terjebak di daerah yang susah sinyal sekali pun. Gimana? Seru kan?

Apple Podcast

4. Anchor

Aplikasi podcast paling seru selanjutnya adalah anchor. Kita nggak cuma bisa mendengarkan aja lho. Kita juga bisa merekam, mengedit dan mengupload file audio kita melalui anchor. Mana habis upload, kita bisa sekalian share ke aplikasi lainnya, seperti Apple Podcasts, Spotify, dan Google Podcasts.

Menariknya, anchor nggak hanya bisa kita akses di smartphone saja. Kalau kita nggak ingin menginstall aplikasi ini, kita bisa mengaksesnya melalui web kok. Cukup dengan mengunjungi situs anchor.fm doang. Gampanglah pokoknya.

5. Noice

Noice merupakan platform konten audio milik Mahaka Radio Digital. Mereka menjadi platform streaming untuk Radio, Music, dan Podcast yang memfokuskan diri pada konten lokal. Seru juga sih menurutku.

Pada kanal radio, kita bisa mendengarkan beberapa saluran dari Mahaka Radio Integra seperti Gen Fm, Jak Fm, Most Radio, Kis Fm, Hot Fm, Mustang Fm, Gen Fm Surabaya dan Rayya Channel. Sementara itu, saluran musik diisi oleh label musik dan musisi kenamaan tanah air. Kurang apa lagi coba?

Oh iya. Bagaimana dengan podcastnya? Pernah dengar Do You See What I See? Itu adalah podcast milik Mr. Popo. Seorang kreator lokal. Kita bisa menemukan podcastnya di aplikasi ini lho. Gimana? Seru kan?

6. Castbox

Castbox adalah perusahaan podcast yang didirikan oleh CEO perusahaan Renee Wang dengan basis Hongkong pada tahun 2016. Aplikasi ini mendistribusikan podcast secara gratis.

Aplikasi Castbox memiliki sedikitnya satu juta podcast pada tahun 2019, termasuk sekitar 50 juta episode. Pada bulan Juni 2019, mereka sudah terintegrasi dengan waze. Sehingga, kita bisa melakukan kontrol pemutaran untuk menjeda, melewati, atau memulai ulang episode.

Jadi, Teman-teman setuju kan kalau aplikasi ini juga termasuk dalam aplikasi podcast seru? Aku sih iyes. Hehehe….

7. Aplikasi Podcast Addict

Namanya juga Podcast Addict. Jadi, aku butuh mengingatkan kalian untuk berhati-hati. Awas kecanduan buat konten audio untuk ngepodcast ya. Tapi, nggak papa juga sih. Kan nanti bisa dimonetisasi juga. Hehehe….

Aplikasi ini memiliki library podcast yang lengkap. Kita bahkan bisa menemukan audio book, siaran radio yang dapat langsung di-streaming dan lain sebagainya. Seru nggak sih?

Belum lagi, Podcast Addict juga terintegrasi dengan Youtube dan Twitch channel. Plus, kita bisa memutar file audio dengan format mp3. Benar-bener addicted sih menurutku.

7 Aplikasi Podcast Paling Seru dan Populer untuk Smartphone

Jadi, Gaes! Apa kalian berminat menjadi creator audio? Pilih deh salah satu aplikasi podcast itu untuk menjadi referensi Teman-teman untuk menentukan topik yang bagus. Selanjutnya apa yang harus kita bicarakan di blog ini?

Bagaimana kalau mengenai sejarah podcast? Baiklah. Nanti kuupdate ya! Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Castbox
https://tekno.tempo.co/read/1265535/noice-platform-konten-audio-indonesia-luncurkan-versi-terbaru
https://www.businessinsider.com/how-to-listen-to-podcasts-on-iphone

Anchor Review: Is It Worth Using Anchor to Make a Podcast?

Have any Question or Comment?

27 comments on “7 Aplikasi Podcast Paling Seru dan Populer untuk Smartphone

Kok jd kangen dengerin musik kyak dulu ya sambil Me-Time. Sejak ada si kecil, jangankan tenggelam dg dunia musik, berselancar dg bacaan novel online aja harus nunggu malam kalau doi sdh tidur baru bisa 😅

Reply
Kiki

Emang seru bangettttt denger podcast apalagi sebelum tidur. Berasa didongengin

Reply

Banyak juga ya, ternyata. Selama ini aku cuma kenal Spotify aja. Thanks buat sharingnya, mbak. Next time mau nyoba podcast ah, secara aku tuh sebenernya ceriwis juga, tapi malu buka mulut ..wkwkw..

Reply

Wah keren itu Noice. Ini gabungan Nice Voice kali ya? Haha.. aku punya podcast, sayang lama nggal update. Susah cari waktu yang sepi, padahal lebih natural kali ya kalau pas take vocal ada yang bilang “mama aku mau es krim” haha..
Sebagai mantan penyiar podcast buatku adalah angin segar. Nanti lah kalau udah agak selow cari perangkat yang lebih oke untuk ngepodcast

Reply
Hani

Banyak juga ya aplikasi podcast tuh. Aku tahunya Spotify aja nih. Itu pun belum punya akun.
Jadi kalau dengerin lagu kesukaan, streaming Youtube. Duh…ketinggalan banget nih aku…

Reply

Wah lengkap banget ini rekomendasi aplikasi buat podcast. Bermanfaat banget buat kita-kita yang pengen serius di dunia podcast. Kujadi pengen eksperimen pake aplikasi ini mba. Kali-kali hoki hehehe.. makasih yaaa

Reply

Saya pernah podcast di Kemensos bersama rekan profesi PKH dari Sumbar, ternyata menyenangkan berbagi informasi

Reply

Wah aku juga beberapa waktu lalu juga mulai membuat konten podcast tapi belum konsisten sih hehe, saya buatnya di aplikasi ANCHOR, nah disini saya penasaran Google Podcast sama Achor itu saya kira sama, ternyata ini platform yang berbeda ya. Tapi tetep saya prefer ke Anchor sih, hehe.

Reply
Fenni Bungsu

Nomor 4 dan 5 daku cukup familiar. Meski belum juga sempat untuk membuat akunnya, karena masih mempersiapkan diri kira-kira kalau udah punya akunnya mau isi dengan konten apa

Reply
Hendra

Kayaknya podcast bakalan cocok untuk saya, soalnya kadang suka malu dan grogi tampil di depan kamera. Wah makasih rekomendasinya ya, jadi tau ternyata ada banyak juga ya aplikasi buat podcast, saya pikir cuma Spoitfy aje.

Reply

Dari sekian bnyak penyedia podcast sy sering dengar yg di yutub sih mbak hehe,, Enak aja gitu liat visualnya secar lngsung org yg ngomong

Reply

juur aja aku belum pernah tuh bikin podcast, karena belum kebayang mau ngomongin apa. Padahal ya ada aja sih seharusnya. Mau coba belajar juga ah

Reply

Waah baru tahu soal giniaan kak yunii.
Btw aku jadi kepo sama dunia perpodcastan. Bolehnih kapan2 diajarin akunyaa kak yunii

Reply

Makasih mba rekomendasinya nih
aku belum main podcastan lho, seru ya kalau bisa multitasking juga punya chanel podcast

Reply

Waah kayaknya aku doang yang gak ngerti apa itu podcast. Apa karena dari dulu gak dengerin radio juga ya? Tapi makasih yaa jadi tahu 7 aplikasi podcast di smartphone.

Reply

Ternyata banyak juga ya aplikasi podcast. Tapi yang paling aku tahu dan aku denger ya di Spotify. Konten2nya unik dan beragam. Bagi yang suka menggali informasi melalui suara, podcast jadi pilihan terbaik.

Reply

Sampai sekarang Spotify masih favorit saya, meskipun masih versi gratisan sih, hehehe
Para content creator mulai beralih ke sini. Podcast pun enaknya bisa didengerin aja tanpa kita harus menatap layar smartphone
Dulu juga pernah ada Inspigo yang khusus podcast

Reply

emang podcast lagi hapening saat ini ya mbak
klo aku kebanyakan sih dengerin podcast lewat Spotify dan anchor
yang lain belum pernah nyoba

Reply
Fionaz

Wah aq telat banget belum nyobain aplikasi podcasts ini kak, selama ini cuma nonton podcastnya artis2 via youtube aja

Reply

Kalo aku paling suka dengerin dari spotify, pengisi podcast nya keren”.

Reply

Aku jarang banget dengerin podcast padahal lagi hype banget ya kan. Visual aja anaknya wkwkw. Trims infonyaaa mba Filia:)

Reply

Untuk spotify dan anchor sudah pernah pakai. Beberapa kali rekaman. Tapi sekarnag lagi off karena sok sibuk. Hiks. Dulu ngoprek dua aplikasi itu seru banget. Terasa seperti penyiar radio. Tsaahhhh

Reply

dulu saya punya aplikasi spotify ini tapi lama ga pernah dipakai lagi, jadi kelupaan akun loginnya, kayaknya wajib banget buat install lagi secara sekarang spotify menjadi kebutuhan ya

Reply

Aku pakai Spotify dan anchor nih. Main yuk ke podcast ku. Hehe. di Bincang Bunda. Aplikasi podcast memang memudahkan untuk podcaster dan pendengar. Apalagi anchor duh gratis pula.

Reply

Seru juga dengerin podcast kalau lagi beraktifitas. Soalnya kalau lagi ngerjain apa gitu, Youtube aja suka milih yang hanya bisa didengerin biar konsentrasi nggak pecah.

Reply

Wow aku kira hanya ada apple dan spotify aja.. tapi ternyata ada banyak sekali aplikasi podcast ya. So far sih kalau aku lebih enjoy dengerin di spotify.

Reply

aku belum pernah bikin podcast, namun mau coba belajar untuk bikin karena mau melatih ngomong

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *