7 Aplikasi Podcast Paling Seru dan Populer untuk Smartphone


7 Aplikasi Podcast Paling Seru

Podcast adalah file audio yang sengaja direkam dan diunggah ke internet secara berkala agar bisa kita dengar dan berlangganan. Sehingga, kita membutuhkan aplikasi podcast untuk menjadi pendengar dan subscribernya. Yah, semacam youtube untuk melihat video dari youtuber kesayangan kita gitu deh. Bedanya, kita cuma mendengarkan audio saja. Nggak bisa melihat visual penyiarnya.

Ada yang bilang bahwa podcast merupakan sebuah singkatan dari kata ipod dan broadcasting. Selain itu, beberapa orang juga mendefinisikan podcast sebagai siaran radio di internet, dimana kita bisa mengulang dan memilih siaran yang ingin kita dengarkan. Atau semacam vlog tanpa video. Pas buat kalian yang ceriwis tapi malu menampilkan diri. Kayak aku. Hehehe….

Ada banyak topik yang tersaji, seperti obrolan ringan seputar kehidupan sehari-hari, kisah fiksi, kisah horor, keuangan, kepenulisan dan lain sebagainya. Pokoknya lengkap deh.

Ini dia 7 aplikasi podcast yang bisa kita gunakan untuk mendengarkan hal-hal seru dan populer. Asyiknya lagi, semua aplikasi ini bisa kita akses di smartphone lho. Diantaranya:

1. Spotify Podcast

Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast yang berbasis di Swedia. Aplikasi ini diluncurkan pada tanggal 7 Oktober 2008. Kita bisa menemukan segala musik atau podcast yang tepat dengan mudah setiap harinya.

Aku menggunakan spotify untuk mendengarkan musik secara gratis. Kalau Teman-teman ingin mendengarkan podcast pun bisa. Tersedia banyak topik mulai dari storyteller, komedi bahkan olahraga.

Spotify

2. Aplikasi Podcast Google

Google meluncurkan Google Podcast pada bulan Juni 2018. Meski begitu, podcast milik Google ini memiliki koleksi dan fitur yang nggak kalah menarik dari yang lainnya.

Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut. Meski sederhana, Google Podcast dibekali dengan koleksi podcast yang lengkap dari seluruh dunia.

Hal yang paling menarik adalah aplikasi ini terintegrasi dengan Google Search App dan Google Assistant. Jadi, kita akan mudah menemukan podcast apa yang ingin kita dengarkan. Seru kan, Gaes?

Aplikasi Google Podcast

3. Apple Podcast

Apple podcast ini pertama kali dikenalkan oleh Steve Jobs pada tahun 2005. Hingga pada tahun 2013, mereka mencatat rekor dengan satu juta subscriber podcast. Wow, berselang delapan tahun aja udah sejuta.

Kita bisa mendengarkan podcast dari seluruh dunia dengan aplikasi ini. Sama seperti yang lainnya, topik yang disajikan juga beragam. Kita bebas memilih topik yang sederhana mau pun serius.

Mau tahu hal yang paling seru dari aplikasi ini nggak? Kita juga bisa mendownload konten yang ada. Jadi, kita bisa mendengarkannya kapan saja sekali pun sedang terjebak di daerah yang susah sinyal sekali pun. Gimana? Seru kan?

Apple Podcast

4. Anchor

Aplikasi podcast paling seru selanjutnya adalah anchor. Kita nggak cuma bisa mendengarkan aja lho. Kita juga bisa merekam, mengedit dan mengupload file audio kita melalui anchor. Mana habis upload, kita bisa sekalian share ke aplikasi lainnya, seperti Apple Podcasts, Spotify, dan Google Podcasts.

Menariknya, anchor nggak hanya bisa kita akses di smartphone saja. Kalau kita nggak ingin menginstall aplikasi ini, kita bisa mengaksesnya melalui web kok. Cukup dengan mengunjungi situs anchor.fm doang. Gampanglah pokoknya.

5. Noice

Noice merupakan platform konten audio milik Mahaka Radio Digital. Mereka menjadi platform streaming untuk Radio, Music, dan Podcast yang memfokuskan diri pada konten lokal. Seru juga sih menurutku.

Pada kanal radio, kita bisa mendengarkan beberapa saluran dari Mahaka Radio Integra seperti Gen Fm, Jak Fm, Most Radio, Kis Fm, Hot Fm, Mustang Fm, Gen Fm Surabaya dan Rayya Channel. Sementara itu, saluran musik diisi oleh label musik dan musisi kenamaan tanah air. Kurang apa lagi coba?

Oh iya. Bagaimana dengan podcastnya? Pernah dengar Do You See What I See? Itu adalah podcast milik Mr. Popo. Seorang kreator lokal. Kita bisa menemukan podcastnya di aplikasi ini lho. Gimana? Seru kan?

6. Castbox

Castbox adalah perusahaan podcast yang didirikan oleh CEO perusahaan Renee Wang dengan basis Hongkong pada tahun 2016. Aplikasi ini mendistribusikan podcast secara gratis.

Aplikasi Castbox memiliki sedikitnya satu juta podcast pada tahun 2019, termasuk sekitar 50 juta episode. Pada bulan Juni 2019, mereka sudah terintegrasi dengan waze. Sehingga, kita bisa melakukan kontrol pemutaran untuk menjeda, melewati, atau memulai ulang episode.

Jadi, Teman-teman setuju kan kalau aplikasi ini juga termasuk dalam aplikasi podcast seru? Aku sih iyes. Hehehe….

7. Aplikasi Podcast Addict

Namanya juga Podcast Addict. Jadi, aku butuh mengingatkan kalian untuk berhati-hati. Awas kecanduan buat konten audio untuk ngepodcast ya. Tapi, nggak papa juga sih. Kan nanti bisa dimonetisasi juga. Hehehe….

Aplikasi ini memiliki library podcast yang lengkap. Kita bahkan bisa menemukan audio book, siaran radio yang dapat langsung di-streaming dan lain sebagainya. Seru nggak sih?

Belum lagi, Podcast Addict juga terintegrasi dengan Youtube dan Twitch channel. Plus, kita bisa memutar file audio dengan format mp3. Benar-bener addicted sih menurutku.

7 Aplikasi Podcast Paling Seru dan Populer untuk Smartphone

Jadi, Gaes! Apa kalian berminat menjadi creator audio? Pilih deh salah satu aplikasi podcast itu untuk menjadi referensi Teman-teman untuk menentukan topik yang bagus. Selanjutnya apa yang harus kita bicarakan di blog ini?

Bagaimana kalau mengenai sejarah podcast? Baiklah. Nanti kuupdate ya! Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat.

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Castbox
https://tekno.tempo.co/read/1265535/noice-platform-konten-audio-indonesia-luncurkan-versi-terbaru
https://www.businessinsider.com/how-to-listen-to-podcasts-on-iphone

Anchor Review: Is It Worth Using Anchor to Make a Podcast?

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promotion

You May Like This

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel