Reksadana Pendapatan Tetap

Cek Kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap di Sini!

Filia Suka Nulis – Kita yang telah lama bergelut dalam bidang investasi pasti mengetahui jika reksadana memiliki beberapa produk investasi. Salah satunya yaitu reksadana pendapatan tetap atau biasa disingkat dengan RDPT.

Sebetulnya reksadana memiliki empat jenis produk investasi yang bisa kita pilih. Masing-masing dari produk tersebut memiliki keuntungan dan risikonya dengan tingkat yang berbeda.

Namun, untuk kali ini kita hanya akan membahas mengenai salah satu dari empat jenis produk investasi tersebut. Karena ternyata, ada banyak kelebihan reksadana pendapatan tetap lho.

Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap

RDPT atau Reksadana Pendapatan Tetap adalah salah satu jenis produk dari reksadana yang dananya dialokasikan pada investasi dengan keuntungan yang tetap. Sehingga jenis investasi ini sangat cocok bagi masyarakat yang ingin berinvestasi, tetapi takut dengan risiko tinggi.

Salah satu contoh dari produk reksadana ini yaitu surat utang atau obligasi yang memiliki jatuh tempo lebih dari 1 tahun. Baik itu yang diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi.

Jenis produk investasi reksadana ini cukup cocok bagi investor yang ingin menghindari investasi dengan risiko tinggi. Investasi ini juga sangat pas jika dijalankan untuk jangka waktu yang nggak terlalu lama yaitu sekitar 1 sampai 3 tahun.

Kelebihan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Ketika investor ingin memutuskan akan memilih jenis investasi, hal pertama yang mereka lihat pastinya adalah kelebihan dari investasi tersebut. Untuk itu, biarkan kami jelaskan beberapa kelebihan yang bisa investor dapatkan dari investasi ini.

#1 Memiliki Risiko Menengah

Mengapa disebut memiliki risiko dengan tingkat menengah? Karena jenis produk reksadana ini memiliki risiko lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan lebih rendah dari reksadana saham. Dengan demikian, jenis investasi ini cukup cocok bagi investor dengan tipe konservatif dan moderat.

#2 Potensi Keuntungan Lebih Tinggi Dari Deposito

Dimana ada risiko di situ pula akan ada keuntungan atau imbal hasil. Potensi imbal hasil dari reksadana pendapatan tetap adalah sekitar 7 – 8% per tahunnya. Bahkan, ada juga yang mendapat imbal hasil hingga mencapai 9% per tahun.

#3 Modal Investasi Fleksibel

Keuntungan berikutnya yaitu investor nggak membutuhkan modal yang besar untuk bisa menjalani investasi ini. Karena modal yang diperlukan cukup fleksibel. Sehingga, investasi ini cocok digunakan oleh investor pemula maupun berpengalaman. Siapa pun bisa berinvestasi di reksadana pendapatan tetap.

#4 Keuntungan Nggak Terikat Pajak

Perlu kita ketahui jika investasi reksadana pendapatan tetap ini bebas pajak. Sehingga imbal hasil atau return yang didapatkan nggak akan terpotong oleh pajak. Dengan demikian, investor akan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

#5 Aman dan Terpercaya

Hal yang paling penting yang harus diperhatikan pada saat akan memilih sebuah investasi yaitu keamanannya. Karena berbicara soal uang, pastinya investor harus memilih jenis investasi yang aman.

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis investasi reksadana yang sudah aman dan terpercaya. Hal ini karena investasi ini sudah terdaftar di OJK. Sehingga proses keuangannya akan diawasi dan diatur oleh OJK. Dengan begitu, pengaturan keuangannya aman dan terpercaya.

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Bersama DBS Treasures

Kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-orang-orang-wanita-tangan-8463694/

Setelah membaca tentang ada begitu banyaknya keuntungan yang bisa kita dapatkan dari investasi yang satu ini, sebaiknya kita nggak menunggu waktu lebih lama lagi untuk segera memulai investasi reksadana pendapatan tetap.

Jika kita tertarik dan ingin segera mulai berinvestasi, nggak perlu bingung mencari tempat dimana kita bisa memulainya. Coba saja di perbankan prioritas DBS Treasures! DBS Treasures menyediakan ragam produk investasi reksadana yang akan membantu kita mendapatkan return besar dengan pendapatan yang tetap.

Keuntungan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Bersama DBS Treasures

DBS Treasures hadir dengan membawa beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan. Apa saja keuntungan tersebut? Berikut beberapa keuntungan yang akan dirasakan oleh investor.

#1 Pengelolaan Dana yang Profesional

Kelebihan pertama yang bisa kita dapatkan saat investasi reksadana pendapatan tetap di DBS Treasures yaitu pengelolaan dana yang profesional. Karena, pengelolaan dana di DBS Treasures melibatkan mitra manajer investasi yang sudah berpengalaman.

Manajer investasi profesional tersebut tentunya sudah mahir dalam hal pengelolaan dana investasi. Dengan demikian, performa dari aset investasi yang kita pilih akan meningkat dan imbal hasil akan semakin besar.

#2 Panduan Berinvestasi dari Ahlinya

Ketika kita berinvestasi reksadana di DBS Treasures, kita akan mendapat panduan wawasan berinvestasi reksadana dari ahlinya. Perlu kita ketahui jika DBS Treasures memiliki tim profesional yang ahli dan siap menambah wawasan kita agar yakin berinvestasi.

Bukan hanya itu saja, tim ahli ini juga akan memberikan panduan atau arahan mengenai tren peluang investasi terbaru yang tentunya dipersonalisasi untuk tiap nasabah dan dapat memberikan keuntungan bagi para investor.

#3 Risiko yang Minim dengan Diversifikasi

Perlu investor ketahui jika diversifikasi ini sangat penting karena dapat meminimalkan risiko investasi reksadana pendapatan tetap yang mungkin didapatkan. DBS Treasures akan membantu investor saat proses diversifikasi agar lebih mudah. Dengan demikian risiko bisa diminimalisir secara efektif.

#4 Transaksi yang Mudah

Keuntungan lainnya yang bisa dirasakan oleh investor yaitu proses transaksi yang mudah. Jika kita belum memiliki SID (Single Investor Identification) yang dikeluarkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), kita bisa melakukan registrasi melalui Aplikasi digibank by DBS.

Selain itu, melalui Aplikasi digibank by DBS, kita juga bisa melakukan berbagai transaksi lainnya mulai dari jual-beli, switching, hingga analisis reksadana yang didukung dengan data dari Infovesta.

Dari beberapa keuntungan yang telah dipaparkan di atas, nggak heran jika saat ini banyak orang yang mulai mencari tahu dan tertarik untuk mulai berinvestasi. Untuk itu, tunggu apa lagi? Segera mulai investasi reksadana pendapatan tetap di DBS Treasures sekarang juga!

Related Posts

One thought on “Cek Kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap di Sini!

  1. Kebetulan Reksadana Pendapatan Tetap yang saya miliki memang tumbuhnya 7% per tahun.
    Ini saya nanemnya sekitar 3 tahun yang lalu, jadi kalau ditotal ya numbuhnya sudah 9% lebih dari modal awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.