Tanya Veronika Asisten Virtual Melalui Telegram


Asyiknya Tanya Veronika Asisten Virtual

Tanya Veronika Asisten Virtual Melalui Telegram atau bisa kita lakukan dari media sosial lainnya. Seperti Facebook, Line, WhatsApp, Aplikasi MyTelkomsel dan website resminya. Hal ini karena Veronika merupakan Asisten Virtual dengan layanan berbasis chat dari Telkomsel.

Teman-teman tahu nggak? Kita sudah bisa bicara dengan operator Telkomsel tanpa harus mendatangi GraPARI lho. Cukup rebahan di rumah dan modal ponsel serta kuota, kita sudah bisa mengetahui semua produk layanan atau pun informasi lainnya mengenai Telkomsel. Penasaran kan?

Pada jaman sekarang, pelanggan seolah dimudahkan dengan keberadaan teknologi. Bayangkan saja! #Lewatchatbisatanya apa saja pada Telkomsel. Jangankan hanya lokasi GraPARI terdekat dengan wilayah kita. Mereka juga bisa memberikan humor, tempat travelling menarik, kuis, informasi kuliner yang lezat sampai gaya hidup. Lengkap deh infonya.

Tanya Veronika Asisten Virtual adalah Chatbot Telkomsel

Saat ini, Telkomsel memiliki asisten virtual bernama Veronika. Dialah yang akan menjawab semua pertanyaan, keluhan mau pun keinginan kita melalui pesan text.

Lebih detailnya, Asisten Virtual Telkomsel adalah layanan digital berbasis chat atau pesan singkat milik Telkomsel. Keberadaannya bertujuan untuk memudahkan para pelanggan, seperti mengecek sisa kuota, membeli paket, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat dan sebagainya.

Dulu, kita hanya akan mengenal Veronika sebagai mesin penjawab otomatis kala nomor kita berada di luar jangkauan. Yups, seperti perbincangan satu arah saja. Dimana hanya dia yang berbicara dan kita mendengarkan tanpa bisa memberi respon apa pun.

Namun, Asisten Telkomsel Virtual telah berkembang menjadi sesuatu yang lebih modern. Kini kita bisa menyebutnya sebagai chatbot veronika.

Apa sih Chatbot Veronika?

Chatbot adalah sebuah program yang yang mensimulasikan interaksi percakapan manusia melalui teks mau pun suara. Maka, Telkomsel menggunakan program ini untuk membentuk chatbot Veronika. Selain itu, bot menggunakan kecerdasan buatan atau dikenal dengan istilah AI (Artificial Intelligent).

Jadi, kita seolah-olah mengobrol dengan Veronika versi manusia alih-alih robot atau program. Bukankah itu sangat menyenangkan?

Kapan Pelanggan Bisa Menggunakan Layanan Chatbot Veronika Asisten Virtual?

Kapan kita bisa menggunakan layanan tanya chatbot veronika? Maksudku, jika customer service memiliki jam kerja mulai jam 08.00 – 17.00. Apakah Asisten Virtual Telkomsel juga memiliki batas waktu?

Maka jawabannya adalah nggak. Kita bisa menggunakan layanan ini selama 24 jam penuh. Yaitu dimulai sejak Veronika dilaunching pada tanggal 24 Agustus 2017 lalu.

Cara Tanya Veronika Asisten Virtual Melalui Telegram

Waktu itu aku sedang ingin membeli pulsa. Tapi aku sedang malas ke luar rumah. Lalu, aku membuka chatbot Veronika lewat Telegram.

Username:

@telkomsel_official_bot

Setelah ketemu channel resminya, kita akan diarahkan untuk mengirim pesan /start pada bot secara otomatis. Lalu, Veronika akan menjawab dengan serangkaian pesan berupa informasi cashback dan lain-lain. Sampai dia meminta kita untuk mengirimkan nomor Telkomsel yang digunakan. Setelah kita mengirimkan nomor dengan benar, maka dimulailah petualangan kita bersama Veronika.

Pada proses ini, kita akan diminta untuk memasukkan kode yang terkirim pada nomor tersebut ya. Jadi, jangan sampai memasukkan nomor secara acak. Hal ini demi keamanan kita bersama.

Fitur Tanya Veronika Asisten Virtual

Kita bisa menanyakan apa saja melalui Bot Veronika. Tapi, aku akan mengelompokkannya seperti berikut ini. Silahkan disimak!

1. Isi Pulsa, Paket Data, Promo dan Menu

Awalnya aku ingin mengisi pulsa untuk nomor Telkomsel yang dipakai ibuku. Cara tanya atau mengisi pulsa adalah sebagai berikut:

  1. Mengirim pesan “Isi Pulsa”
  2. Veronika Asisten Virtual akan mengonfirmasi nomor yang akan diisi. Maksudnya nomor yang sedang berbincang dengannya ataukah kita ingin mengisi pulsa di nomor lain.
  3. Jika mengisi pulsa di nomor lain, maka kita akan diminta mengirimkan kode yang dikirimkan ke nomor tersebut.
  4. Setelah itu, Veronika akan mengirimkan pilihan nominal pulsa yang akan dibeli. Minimal Rp. 50.000 sampai Rp. 300.000
  5. Baru kemudian, bot akan mengarahkan untuk memilih metode pembayaran, seperti: kartu kredit, E-Banking dan LinkAja.
  6. Kita mengikuti saja petunjuknya sampai pembayaran berhasil.
    Catatan: E-Banking hanya terbatas pada Bank Permata dan Bank Danamon saja.

2. Topik Lain

Tanya Veronika Asisten Virtual Topik Lain
Lewat Chat Bisa Tanya Apa Saja

Selain menu utama mengenai Telkomsel, kita menggunakan bot Veronika untuk bertanya tentang topik lain, seperti kuis, humor, travelling, kuliner dan lifestyle. Adapun cara ngobrol virtual dengan Telkomsel tentang topik tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Mengetik pesan sesuai dengan topik, bisa kuis, humor, travelling, kuliner dan lifestyle. Pilih salah satu.
  2. Maka bot akan mengirimi kita mengenai topik yang kita inginkan.
  3. Contohnya, jika kita mengetik kuis maka kita akan mendapatkan sebuah pertanyaan. “Patung Sphinx terdapat di Negara mana ya?” berikut dengan pilihan jawabannya. Kemudian kita akan memilih jawaban yang benar.
  4. Jika ingin mengganti topic. Kita hanya perlu mengirimkan pesan “Topik Lain”.
  5. Kita akan mendapatkan cerita lucu saat memilih humor. Atau mendapatkan foto dan keterangan mengenai lokasi yang bagus ketika memilih travelling. Mendapatkan foto makanan dan info kuliner yang lezat begitu memilih kuliner. Dan tontonan yang seru saat memilih lifestyle. Lengkap kan?

3. Lokasi GraPARI

Terakhir aku mencoba untuk mencari tahu lokasi GraPARI terdekat dengan tempat tinggalku. Sehingga cara tanya veronika mengenai lokasi GraPARI adalah sebagai berikut:

  1. Mengetikkan pesan “Lokasi GraPARI”
  2. Bot akan meminta untuk mengirimkan lokasi kita.
  3. Kita share lokasi google map.
  4. Selanjutnya Veronika Telkomsel akan memberikan lokasinya. Kita bahkan bisa membuat reservasi pemesanan tempat di jam yang kita inginkan lho.

Cara Tanya Veronika Asisten Virtual dengan Platform Lainnya

Kita bisa mengakses layanan Asisten Virtual Telkomsel melalui beberapa channel atau platform yang telah tersedia. Cara memulai percakapan dengan Veronika pun sangatlah mudah, yaitu ketik saja salam pembuka seperti “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan. Saat selesai berkonsultasi, kita bisa mengakhiri percakapan dengan mengetik “Batal” atau “Cancel”.

Adapun platform atau channel lain untuk menikmati layanan chatbot Veronika adalah sebagai berikut:

1. Facebook

Telkomsel menyematkan botnya pada Facebook Messenger sebagai kemudahan pelanggan untuk melakukan komunikasi virtual dengan pihak mereka.

Cara Tanya Veronika Telkomsel melalui Facebook Messenger adalah sebagai berikut:

  1. Mengunjungi Fanspage Official Telkomsel
  2. Lalu klik kirim pesan. Maka kamu akan langsung diarahkan pada bot Veronika melalui Facebook Messenger.
  3. Selanjutnya, sampaikan salam pembuka pada Veronika untuk dibalasnya dengan meminta kita mengirimkan nomor Telkomsel yang kita gunakan.
  4. Setelah memasukkan nomor, mereka akan mengirimkan sebuah tautan yang harus kita klik sebagai bentuk verifikasi.
  5. Kemudian kita bisa tanya apa saja pada Asisten Virtual Telkomsel melalui chat.

2. Whatsapp

Kita bertukar pesan dengan teman dan keluarga melalui aplikasi WhatsApp. Bukan hal yang mengherankan jika ada bot Telkomsel juga ada di aplikasi ini. Kita hanya perlu menyimpan nomor Telkomsel dan mulai menyapanya melalui chat seperti biasanya. Lalu, kita bisa menanyakan hal apa pun pada Veronika.

Nomor Pusat Layanan Telkomsel :

+62811 1111 1111

3. Line

Siapa yang masih menggunakan Line hingga saat ini? Kupikir masih banyak ya. Karena aku juga masih setia menggunakan salah satu aplikasi bertukar pesan ini. Nah, kabar baiknya adalah Telkomsel juga menyediakan chatbot mereka di aplikasi ini. Sayangnya, aku belum pernah mencoba menghubungi Veronika melalui Line. Tapi kira-kira caranya samalah dengan media sosial yang lain ya Geng.

Akun Official di Line

@Telkomsel

4. Website Telkomsel

Terakhir, kita bisa menghubungi Veronika Telkomsel melalui website resminya. Akan ada kolom chat di pojok kanan bawah. Atau icon Veronika mengenakan blazer berwarna merah senada dengan warna Telkomsel. Klik icon tersebut. Lalu, kita sudah bisa terhubung dengannya.

5. Aplikasi MyTelkomsel

Apakah Teman-teman mengetahui bahwa Telkomsel sudah memiliki aplikasi? Namanya MyTelkomsel. Kini melihat sisa pulsa, paket atau membeli paket juga bisa dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel lho. Tentu saja kita juga bisa melakukan Tanya Veronika Asisten Virtual di sini.

Kita hanya perlu menemukan Help Center pada akun MyTelkomsel. Lalu pilih chat with Veronika, selanjutnya kita bisa mengobrol langsung dengan chatbot Telkomsel.

Tips Tanya Veronika Asisten Virtual

Layanan ini memungkinkan kita mengirimkan permintaan, pengaduan serta meminta informasi terkait produk dan layanan Telkomsel. Tapi ingat, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Berikut ini adalah tips saat menggunakan layanan asisten virtual dari Telkomsel:

1. Memberikan Nomor Telkomsel yang Benar

Beberapa dari kita mungkin akan memikirkan lebih baik memberikan nomor orang lain saja saat akan bertanya pada chatbot Veronika. Atau pelanggan bisa saja berpikir sebaiknya memberikan nomor secara acak.

Sayangnya, hal itu nggak bisa dilakukan. Mengapa? Karena akan ada kode verifikasi yang terkirim ke nomor tersebut. Hal ini untuk membuktikan bahwa kita bukan robot ya. Meski nantinya akan berbicara pada robot. Hehehe…

Jadi, pastikan memberikan nomor yang benar. Nggak masalah jika nomor yang digunakan adalah nomor ayah, ibu, adik atau pacar sekali pun. Asal kita bisa memberikan kode verifikasi sebelum memulai layanan Tanya Asisten Virtual Telkomsel.

2. Hati-hati Memasukkan Kode Verifikasi

Tolong diperhatikan ya! Saat hendak memulai percakapan dengan chatbot veronika, kita akan diminta memasukkan kode verifikasi. Jangan sampai salah memasukkan kode secara berulang-ulang ya. Hal ini akan membuat kita mendapat penangguhan layanan.

Kan sayang aja gitu. Niatnya agar masalah segera terselesaikan. Tapi, nggak bisa karena penangguhan layanan.

3. Menggunakan Bahasa yang Sopan

Meskipun Veronika Asisten Virtual merupakan kecerdasan buatan atau robot, kita harus tetap menggunakan bahasa yang baik, sopan dan mudah dimengerti ya. Nggak boleh juga pakai bahasa kalbu. Hehehe.

Makanya sebelum menggunakan layanan asisten pelanggan virtual telkomsel, sebaiknya membaca cara tanya yang sesuai dengan syarat dan ketentuan. Agar nggak ada kendala nantinya.

Oh iya, kita juga nggak diperkenankan melakukan beberapa hal ini ya, seperti:

  1. Menggunakan bahasa kasar, berbau pornografi dan nggak etis ketika menggunakan Layanan Virtual Assistant Telkomsel.
  2. Merusak nama baik, mengancam, menghina, atau melecehkan orang atau badan lain;
  3. Melakukan spamming;
  4. Mengeluarkan pernyataan yang dapat memicu konflik SARA (Suku, Agama, dan Ras);
  5. Melakukan pelanggaran keamanan layanan Veronika;
  6. Mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen yang nggak ada izin dari pemegang hak kekayaan intelektual yang bersangkutan;
  7. Termasuk mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen yang memiliki unsur pornografi;
  8. Melakukan illegal akses ke dalam Layanan Veronika Telkomsel;
  9. Memberikan informasi palsu yang berdampak pada kerugian pihak lain;
  10. Dan melakukan hal-hal lain yang bertentangan dengan nilai-nilai yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

4. Hati-hati dengan Akun Palsu Veronika Telkomsel

Saat ini marak adanya akun-akun palsu. Maka bukan nggak mungkin ada pihak-pihak nggak bertanggung jawab juga menggunakan kesempatan ini. Sehingga, kita harus berhati-hati terhadap akun palsu dari Asisten Virtual Telkomsel.

Adapun cara mengenali akun yang asli untuk melakukan Tanya Veronika adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan channel atau akun pada media sosial yang akan kita ikuti memiliki centang biru.
  2. Menyimpan nomor pusat Telkomsel untuk terhubung melalui aplikasi WhatsApp.
  3. Menggunakan link resmi Telkomsel jika ingin mengunjungi websitenya.

Kesimpulan

Kita bisa menyimak video berikut ini:

Cara bertanya pada Asisten Telkomsel Virtual memang semudah chat di Telegram. Karena hal ini merupakan jalan pintas bagi kita untuk bicara dengan operator Telkomsel jika sedang nggak bisa berkunjung ke GraPARI. Kita bisa bertanya apa pun mengenai Telkomsel dan topik lainnya. Itupun bisa kita lakukan semudah chat saja. Sepertiku yang melakukannya melalui chat di Telegram.

Semoga bermanfaat.

SEO & Blog Competition 2020

contest telkomsel 1.1

Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel