Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik: Kriterianya Apa?


Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik

Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik – Jika kita memiliki Usaha Kecil dan Menengah (UKM), tentu kita akan mengerti apa kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan tersebut bisa membuat kita semakin mudah mengembangkan usaha. Seperti, memikirkan inovasi yang mungkin kita lakukan, fokus pada satu bidang usaha dan segera memulai usaha.

Sedangkan, kekurangan UKM bisa membuat kita menghindari kegagalan. Tentu kita akan mengusahakannya kan. Misalnya jumlah anggaran operasional yang terbatas, kapasitas produksi yang sedikit dan minimnya tenaga ahli seperti tenaga pajak dan akuntansi.

Tapi jangan khawatir, Gaes! Mengenai tenaga ahli, kita selalu bisa menggunakan pihak ketiga. Siapakah yang dimaksud? Yups, Konsultan Pajak dan Akuntansi. Coba kita kenali dulu siapa sih mereka!

Jasa Konsultan pajak dan akuntasi adalah pihak ketiga yang memberikan layanan kepada perusahaan baik skala kecil maupun besar, termasuk UKM juga. Layanan ini berupa perpajakan mulai dari perhitungan hingga pelaporan dan pembukuan perusahaan hingga menjadi laporan keuangan yang siap digunakan.

Jadi, kita nggak perlu menambah tenaga ahli lagi. Cukup menyewa jasa mereka, maka semua akan selesai sesuai dengan harapan kita.

Lalu, bagaimana cara kita memilih Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi terbaik? Pasti jumlah mereka nggak sedikit. Kita nggak mungkin coba satu demi satu perusahaan yang menawarkan jasa tersebut.

Kriteria Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik

Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa konsultan pajak dan keuangan. Meski begitu, kita nggak bisa memilih perusahaan yang akan kita sewa secara asal. Karena nggak semua bisa menyelesaikan persoalan pajak dan akuntansi kita dengan baik.

Jadi, bagaimana selanjutnya? Ada beberapa kriteria yang harus kita perhatikan dalam memilih jasa konsultan pajak dan akuntansi terbaik. Diantaranya:

Kriteria Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik
editted with canva

1. Memiliki Pendidikan dan Kompetensi Berkualitas

Pajak dan akuntansi bukanlah pengetahuan yang mudah. Kita harus mendapatkannya melalui serangkaian pembelajaran dan ujian. Maka, kompetensi pajak dan akuntansi menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh para konsultan.

Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sertifikat yang mereka miliki. Misalnya, kompetensi pajak didapatkan dari brevet pajak, USKP, US AAP (Ujian Ahli Akuntansi Pemerintah) atau lulusan dari perguruan tinggi perpajakan seperti STAN.

Sementara sertifikat konsultan keuangan adalah Certified Internal Auditors (CIA) dan Certified Management Accountants (CMA). Kita harus memastikan bahwa jasa konsultan yang kita sewa memiliki sertifikat tersebut.

2. Melihat Track Record

Ketika kita akan menggunakan jasa konsultan pajak atau jasa konsultan akuntansi, pastikan kita memilih yang memiliki track record baik, professional dan memiliki pengalaman di bidangnya.

Kita sebaiknya memilih konsultan pajak yang menjadi anggota salah satu asosiasi konsultan pajak yang terdaftar di DJP. Diantaranya: Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia.

Jadi, keanggotaan dalam asosiasi tersebut akan memudahkan kita untuk melacak track record si konsultan. Begitu Gaes…

3. Memastikan Konsultan yang Memiliki Izin Praktik

Izin praktik konsultan pajak berlaku selama dua tahun terhitung sejak tanggal penerbitan. Mengapa izin ini sangat penting? Karena menjadi bukti otentik bahwa jasa konsultan pajak tersebut legal dan diawasi langsung oleh DJP (Direktorak Jenderal Pajak).

Kita harus menghindari hal-hal yang nggak diinginkan menyangkut pelaporan pajak. Sehingga kita harus memastikan untuk memilih jasa konsultan pajak yang memiliki izin.

4. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Ternyata pajak ada spesialisasi keahliannya. Hal ini bisa dilihat dari tingkat sertifikat yang dimiliki, seperti:

  1. Sertifikat tingkat A untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada wajib pajak orang pribadi kecuali WP yang berdomisili di Negara dengan persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  2. Sertifikat tingkat B untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada Wajib Pajak orang pribadi dan badan. Kecuali kepada WP penanaman modal asing (PMA), bentuk usaha tetap (BUT) serta WP yang berdomisili di Negara dengan persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  3. Sertifikat tingkat C untuk memberikan jasa di bidang perpajakan kepada wajib pajak orang pribadi dan WP badan.

Sedangkan mengenai akuntansi, kita harus memilih jasa konsultan akuntansi yang menguasai proses bisnis mulai dari sistem penjualan, sistem pembelian, sistem manajemen inventory dan lain-lain. Karena itu adalah modal lain yang nggak kalah penting bagi seorang konsultan. Sehingga, kita harus memilih jasa konsultan pajak dan akuntansi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Memiliki Etos Kerja yang Jujur dan Baik

Hal ini berkaitan dengan ketaatan kepada peraturan perundang-undangan, mau menjaga kerahasiaan perusahaan, bisa bekerja dengan cepat, cermat dan komunikatif. Bagaimana pun juga kita bekerja dengan pihak di luar perusahaan. Dimana ada beberapa hal yang nggak bisa menjadi konsumsi publik.

Sehingga, penting memilih jasa konsultan pajak dan keuangan yang memiliki etos kerja yang jujur dan baik. Agar UKM kita tetap aman dan terkendali.

6. Memastikan System yang Digunakan

Terakhir adalah kita harus memastikan sistem ERP dengan basis Cloud ERP Indonesia apa yang digunakan oleh jasa konsultan yang kita sewa. Bukan apa-apa sih. Kita tentu ingin mengeluarkan biaya yang efektif dan efisien dengan hasil yang bagus dan bisa dipertanggungjawabkan.

Ada satu software yang membantu proses kerja penyedia jasa konsultan pajak dan keuangan terbaik. Kita bisa menjadikannya sebagai salah satu syarat dalam memilih jasa konsultan yang dibutuhkan. Software ini juga menjadi solusi Cloud ERP yang dibutuhkan UKM.

Produk i1 dari SystemEver, Software Terbaik untuk Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik

SystemEver adalah penyedia software sistem ERP berbasis Sistem Cloud ERP milik Younglimwon Soft Lab Co., Ltd. dari Korea Selatan. Sistem ini dikhususkan untuk Small Medium Enterprises.

Hal baiknya adalah SystemEver merancang produk i1 – AccounTax Service untuk para penyedia jasa konsultan pajak dan akuntansi. Mereka bisa menggunakan produk ini untuk memudahkan pekerjaan penyimpanan database, pengecekan data serta pemantauan kerja menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Produk i1 untuk Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi Terbaik

Manfaat produk i1 – AccounTax Service diantaranya:

  1. Visual-K Process Map akan memudahkan pengguna untuk berpindah halaman proses yang diinginkan.
  2. Journal Batch Upload memungkinkan untuk mengurangi human error.
  3. Nggak Membutuhkan Modal Besar untuk Sistem ERP.
  4. Menggunakan teknologi azure sehingga Real-time Data Sharing dan Keamanan Data Terjamin.
  5. Gampang diakses kapan saja dan dimana saja.
  6. Mudah melakukan proses pelaporan pajak klien Anda dengan proses Monthly VAT Closing dari i1 – AccounTax Service SystemEver.

Tapi, kapan sih kita harus menggunakan jasa konsultan pajak dan keuangan?

Kapan Kita Harus Menggunakan Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi?

Keputusan mengenai kapan kita harus menggunakan jasa konsultan pajak dan keuangan haruslah mempertimbangkan kebutuhan wajib pajak dan waktu laporan keuangan pengguna jasa. Hal ini berkaitan dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Saat aku bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit beberapa waktu lalu, kami menggunakan jasa konsultan ketika hampir masa pelaporan pajak dan laporan tahunan. Begitu pula dengan UKM. Ada masa dimana kita membutuhkan jasa konsultan pajak dan akuntansi.

Kesimpulan

Para pelaku UKM harus mengenal apa itu penyedia jasa konsultan pajak dan keuangan terbaik. Karena biasanya UKM memiliki salah satu kekurangan dalam jumlah staf ahli. Sehingga, menggunakan jasa mereka bisa menjadi solusinya.

Meski begitu, kita harus tetap memperhatikan kriteria jasa konsultan pajak dan akuntansi terbaik. Agar mendapatkan laporan yang bagus, cepat, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Semoga bermanfaat. Salah satu kriterianya adalah mengenai system yang digunakan. Produk i1 dari SystemEver adalah produk yang terbaik.

Baca juga artikel yang lain ya.

Referensi:
www.online-pajak.com/tentang-pajak/konsultan-pajak-pengertian-layanan-dan-manfaatnya
klikpajak.id/blog/perencanaan-pajak/tips-memilih-konsultan-pajak-indonesia/
www.mag.co.id/konsultan-keuangan/

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promotion

You May Like This

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel