Indonesia Website Awards

Alasan Anak Muda punya Asuransi, Emang Penting?


Alasan punya Asuransi

Kadang kala, anak muda yang sudah produktif hanya berpikir tentang kesenangan saja. Jalan-jalan, belanja, nonton pokoknya sesuatu yang bersifat have a fun-lah. Katanya tubuh juga butuh reward dari segala kelelahan bekerja. Dan juga biar nggak gampang kena stres.

Tapi nggak semua begitu. Ada juga anak muda yang bisa mengatur keuangan hingga bisa beli hunian dan kendaraan pribadi sejenis motor bahkan mobil. Yah, meskipun nggak semuanya bisa membeli secara cash.

Sayangnya, masih banyak yang skeptis sama urusan proteksi. Sebut saja asuransi kesehatan dan lain sebagainya. Padahal ‘kan asuransi itu penting. Ibarat kata ya, kita sedia payung sebelum hujan.

Hai Anak Muda, Ini Lho 5 Alasan Kenapa Kita Harus Punya Asuransi

Awalnya, aku nggak merasa perlu memiliki asuransi tuh. Karena kupikir buat apa juga? Setiap bulan kita harus membayar premi. Bukankah itu akan menambah biaya pengeluaran bulanan saja.

Pada kenyataannya, kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa jadi, kita memang sehandal itu dalam mengatur keuangan pribadi. Tapi, bukankah selalu ada resiko atas segala sesuatu.

Nah, asuransi merupakan cara termurah dalam mengelola resiko keuangan pribadi lho. Selain itu, tolong dicatat 5 alasan kita harus punya asuransi ya, diantaranya:

#1 Kita Nggak Tahu Kapan Akan Sakit

Alasan punya Asuransi Kesehatan
Sumber: pixabay.com

“Jaga kesehatan ya, sayang!”

Pasti nggak asing dong dengan pesan ini. Apalagi bagi kalian yang lagi dekat dengan seseorang. Seolah kita akan melupakan urusan kesehatan jika nggak ada yang mengingatkan. Hehehe….

Padahal sakit ‘kan datangnya tiba-tiba. Kayak cinta yang tiba-tiba datang dalam lagunya maudy ayunda.

Dia nggak butuh undangan dan nggak juga merasa harus memberi pemberitahuan langsung. Kecuali gejala-gejala yang seringkali kita abaikan.

Nah lho. Sementara biaya pengobatan bukannya bertambah murah setiap tahunnya. Yang ada malah semakin meningkat saja.

Kalau kita ini “sultan” sih enak. Duit nggak berseri. Mau seberapa pun biayanya, nggak bakal jadi masalah. Bebas. Tapi, siapa juga yang mau sakit. Iya nggak?

Makanya, ini menjadi salah satu alasan harus punya asuransi kesehatan terbaik. Kita bisa menghadapi resiko ini. Biar nggak terlalu bikin kalang kabut keuangan.

#2 Bisa jadi Investasi masa depan

Gini lho, Gaes. Ada yang namanya asuransi investasi. Kita biasa menyebutnya unit link. Asuransi jenis ini bisa memberikan proteksi untuk diri dan keluarga sekaligus menjadi investasi. Kok bisa?

Bisa dong. Temanku yang bekerja di bagian asuransi pernah menjelaskannya. Kalau ada yang kurang tepat, tolong koreksi dengan menjelaskan bagian benarnya pada kolom komentar ya, Teman-teman.

Katanya, premi unit link biasanya memang sedikit lebih besar nominalnya. Tapi ya sebanding dengan manfaat yang diberikan.

Mudahnya, setengah dari premi akan dialokasikan untuk proteksi. Sedangkan setengahnya lagi akan menjadi modal usaha sebagai investasi. Hasilnya bisa untuk masa pensiun deh.

#3 Menghindari Bangkrut bisa Menjadi Alasan Harus Punya Asuransi

Masa muda memang badan terkesan bugar. Sehingga, nggak sedikit yang abai pada masalah kesehatan. Yang penting bekerja, banyak duit dan bisa senang-senang. Lupa pada kebutuhan untuk olahraga, melakukan kebiasaan baik dan mengatur asupan gizi bagi tubuh.

Sehingga, ketika tubuh beranjak renta mudah banget terserang berbagai penyakit. Bahkan ada yang sampai membutuhkan biaya yang nggak sedikit.

Coba kalau nggak punya asuransi. Kita akan mengeluarkan biaya sendiri. Duit yang sudah kita kumpulkan sedari masa muda habis hanya untuk pengobatan. Nggak menutup-kemungkinan kita akan menjadi bangkrut ‘kan?

#4 Kita Lebih Fokus Mewujudkan Mimpi

Asuransi Mobil
Sumber: Pixabay.com

Siapa sih yang nggak punya mimpi? Mau beli rumah, liburan keliling Eropa, punya mobil pribadi. Bebas. Namanya juga mimpi.

Dalam rangka mewujudkan mimpi, tentu anak muda akan mengatur rencana keuangan sedemikian rupa agar mimpinya bisa terwujud.

Biar rencana keuangannya nggak berantakan karena tiba-tiba sakit atau mobil yang bermasalah, makanya kita harus punya backup. Salah satunya dengan asuransi mobil atau kesehatan.

#5 Terhindar dari Jebakan Utang juga Menjadi Alasan Harus Punya Asuransi

Aku banyak menemukan kejadian keluarga yang terpaksa memiliki utang hanya karena harus menutupi biaya pengobatan. Ada anggota keluarga yang sakit dan butuh dana yang besar. Sementara mereka nggak memiliki proteksi sama sekali.

Well, keluarga yang begini biasanya adalah keluarga yang nggak memiliki sumber pemasukan tetap. Penghasilan hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari.

Kalau saja punya asuransi mungkin beban biaya pengobatan bisa tercover, baik sebagian atau keseluruhan. Hal ini bergantung dari besaran premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Jadi, Masih Menganggap Kita Nggak Harus Punya Asuransi? Tunggu Dulu….

Ada begitu banyak resiko yang harus kita hadapi. Apalagi dengan masa depan yang selalu menjadi misteri. Sakit yang datang tanpa permisi dan lain sebagainya.

Maka sudah seharusnya sebagai anak muda, kita menyiapkan proteksi diri, keluarga dan aset yang ada. Anggap saja sebagai upaya untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi.

Jangan tunggu sampai nanti ya. Semoga bermanfaat.

Have any Question or Comment?

6 comments on “Alasan Anak Muda punya Asuransi, Emang Penting?

Fadli

Produk asuransi yang paling umum itu memang asuransi kesehatan kayaknya ya Mbak

Selain itu bangunan hingga kendaraan bisa diasuransikan juga. Bahkan asuransi pendidikan. Artinya apa saja bisa diasuransikan sekarang

Kecuali kata politikus yang susah dipegang. Sekarang bilang A, besok bisa bilang B. Eh.

Reply

Hehehe… Ada-ada ajalah…

Reply
Hani

Asuransi yang sekarang aku ikuti asuransi kesehatan aja sih. Dulu ya asuransi pendidikan untuk anak-anak. Pernah juga ikut asuransi berupa unit link. Setelah sekian tahun, sedikit sih yg aku dapet, engga sesuai ilustrasi. Iya memang gitu sih, kalau diinvestasikan, karena ada kerugian, yg aku ikut kena imbas.

Reply

Namanya juga dipakai usaha ya, Kak. Kadang bisa memiliki untung banyak. Kadang untungnya ya cukup. Begitulah. Hehehe

Reply

Bisa dibilang sebelum mulai berinvestasi kayak skr ini, yg aku punya lebih dulu malah asuransi :D. Justru Krn aku ngerasa dulu itu blm ada tabungan, duit abis Mulu buat having fun, makanya kepikir bikin asuransi tambahan. Krn asuransi utk sakit udh dicover perusahaan, dan nominalnya lumayan gede, jadi aku bikinnya asuransi khusus penyakit kritis.

Krn mikir aja, amit2 kalo sampe skit parah, asuransi kantor exceed limit, aku ga pengin nyusahin keluarga. Makanya mendingan punya kan :).

Banyak yg bilang ngapain punya asuransi. Mendingan banyakin sedekah, biar selalu dilindungi yg maha kuasa. Helllooooowww, sedekah mah sedekah aja. Ga ush pake pamrih segala supaya minta dilindungi ATO rezeki ngalir. Kayak ga ikhlas niatnya :p. Asuransi mah termasuk ikhtiar.. jaga2 kalo terjadi apa2. Ibarat payung aja, kita bawa sebelum ujian. Makanya aku suka sebel Ama orang yg nyepelein asuransi dengan saran2 ga penting tadi.

Aku punya nasabah, jatuh bangkrut Krn ngobatin istrinya yg sakit kanker. Biaya yg dihabisin Ampe milyaran. Aku sih ga pengen aja kluargaku sampe begitu. Makanya setidaknya aku lindungi diri dulu dengan punya asuransi sendiri

Reply

Nah. Dulu teman kantorku juga begitu, Kak. Sudah dapat asuransi kesehatan dari kantor eh punya asuransi tambahan untuk penyakit khusus. Tapi buat jaga-jaga sih ya.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel