Indonesia Website Awards

7 Kebiasaan Baik Pagi Hari untuk Hari yang Menyenangkan


7 Kebiasaan Baik di Pagi Hari

7 Kebiasaan Baik Pagi Hari untuk Hari yang Menyenangkan – Alarm yang semalam tersetting kini sudah berteriak nyaring sekali. Kita yang mungkin masih nyaman dengan sisa mimpi semalam harus bangun agar alarm tersebut bisa menyelesaikan tugasnya. Menggeliatkan badan sejenak, membuka mata dan kemudian siap untuk menjalani hari lain yang lebih menyenangkan.

Namun, tahukah teman-teman? Kebiasaan yang kita kerjakan di pagi hari konon bisa mempengaruhi mood dalam seharian. Aku nggak tahu bagaimana dengan kalian. Tapi kalau aku mengawali hari dengan bermalas-malasan, maka begitulah yang terjadi di hari itu. Atau kita bisa mengatakan kebanyakan malas bergerak (mager).

Lantas, bagaimana agar hari kita selalu menyenangkan? Mood kita selalu baik dalam seharian. Dan yang paling penting menghindari diri dari rasa mager.

Membiasakan diri melakukan kegiatan baik itu memang nggak mudah. Kalau boleh memilih, kita pasti akan memutuskan untuk terus berbaring ketimbang bangkit dan melakukan banyak aktifitas. Tapi tentu saja itu bukan hal yang baik.

Beberapa dari kita harus bangun pagi kemudian bekerja, sekolah dan berbagai aktifitas lainnya. Dan bagaimana kita memulai hari akan mempengaruhi sisa hari tersebut. Mudahnya begini, saat kita memulai hari dengan baik maka sangat mungkin kita akan lebih bahagia dan itu bisa berpengaruh pada kualitas kinerja kita.

Jadi, mengapa kita nggak mulai mengevaluasi kembali rutinitas harian pagi untuk kehidupan yang lebih baik. Ini dia 7 kebiasaan baik pagi hari yang bisa kita lakukan.

1. Membiasakan Diri Bangun Pagi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membiasakan diri bangun lebih pagi. Kita bisa melakukan banyak aktifitas sebelum ribet dengan kesibukan. Misalnya, berolahraga, menyiapkan sarapan sehat dan lain sebagainya.

Contoh Kebiasaan Baik Pagi Hari
Editted with Canva

Dengan demikian, kita bisa menghindari diri dari melakukan persiapan aktifitas yang serba tergesa-gesa. Karena bangun lebih pagi akan memberikan banyak waktu untuk bersiap-siap.

2. Membiarkan Sinar Mentari Masuk Ke Ruangan

Malam hari, kita akan membiarkan kamar dalam kondisi minim cahaya agar tidur kita nyenyak. Namun saat bangun pagi, kita harus menyiapkan mata untuk cahaya terang. Sehingga akan lebih baik jika kita membuka semua tirai dan membiarkan sinar mentari menghangatkan ruangan.

Kondisi ini bermaksud agar menghindarkan ruangan dari kondisi pengap dan bau apek. Jadi, kamar kita nggak mudah menerima tamu-tamu berupa mikroorganisme yang membuat semua barang mendadak berjamur.

Bukan hanya itu, cahaya matahari juga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bukankah ada anjuran untuk berjemur pada pagi hari agar terhindar dari infeksi virus covid yang sedang melanda?

3. Kebiasaan Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Dimulai Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

Manusia memerlukan 8 gelas air untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Dan kita bisa mulai memenuhinya pada pagi hari setelah bangun tidur. Hal ini bisa mencegah efek dehidrasi yang mungkin sangat mengganggu, seperti sakit kepala dan kelelahan.

Selain air putih, kita juga bisa mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Dengan begini kita bisa memenuhi kebutuhan cairan dan mendetoks tubuh. Apalagi jika kita meminumnya selagi hangat.

4. Merutinkan Olahraga Ringan agar Badan Lebih Fit

Tahukah teman-teman, apa akibatnya jika kita kebanyakan mager? Seenggaknya, kita akan merasakan beberapa hal berikut ini:

  • Badan jadi cepat merasa lelah.
  • Mudah mengantuk.
  • Berat badan cenderung meningkat.

Jadi, bukankah lebih baik jika kita memulai rutinitas baik pagi hari dengan olahraga ringan. Kita akan merasa lebih segar dan sehat. Point plusnya berat badan bisa ideal. Ihir…

5. Jangan Membiasakan Diri Memiliki Tombol Tunda

Saat paling menyenangkan adalah ketika kita melakukan kegiatan me time. Leyeh-leyeh time gitu deh. Apalagi kalau sambil menonton acara favorit.

Kalau sudah begitu, kita memiliki kecenderungan untuk menunda kegiatan lainnya. Misal saat bangun tidur, kita akan memilih berbaring sejenak hingga kebablasan tidur lagi. Kemudian waktu berlalu dan kita menjadi nggak sempat membereskan tempat tidur karena buru-buru harus bekerja.

Sehingga, akan lebih baik jika kita nggak membiasakan diri memiliki tombol tunda. Dengan kata lain, mulai mengerjakan sesuatu sesegera mungkin. Cemiau…

6. Merawat Kulit secara Rutin di Pagi Hari

Nggak perduli cowok atau cewek, kita akan selalu membutuhkan waktu untuk merawat kulit secara rutin setiap hari. Hal ini bisa berbarengan ketika mandi atau ada waktu sendiri untuk melakukannya.

Merawat Kulit di Pagi Hari
sumber image : freepik.com

Merawat kulit bukan hanya tentang skincare dengan banyak step. Tapi, kegiatan mencuci wajah menggunakan facial foam juga bagian dari merawat kulit lho.

Kita nggak mengetahui apa saja yang menempel di kulit ketika tertidur. Makanya, begitu bangun tidur kita butuh untuk membersihkan kulit terlebih dahulu.

7. Melakukan Aktifitas yang Menyenangkan

Setelah itu, rutinitas baik pagi hari lainnya adalah melakukan aktifitas yang menyenangkan. Kita bisa membaca buku, minum secangkir teh atau kopi dan lain sebagainya.

Kebiasaan Baik Pagi Hari untuk Seharian yang Menyenangkan

Harapan banyak orang adalah melalui hari yang menyenangkan. Maka memulainya dengan rutinitas yang baik akan mempengaruhi sisa hari kita. 7 kebiasaan baik pagi hari di atas bisa kita lakukan sebagai gaya hidup. Atau jika teman-teman memiliki pendapat lain bisa berbagi cerita di kolom komentar yang telah tersedia.

Semoga bermanfaat.

Share Kebiasaan Baik Pagi Hari di Pinterest
editted with canva

Have any Question or Comment?

24 comments on “7 Kebiasaan Baik Pagi Hari untuk Hari yang Menyenangkan

Selain diatas, mungkin bisa jadi tambahan point kak, minum air putih satu gelas.

ini sangat membantu melancarkan pembuangan toxic atau racun di dalam tubuh

Reply

Apa kabar saya yang masih tidur setelah subuh? 🙁
Terima kasih sharingnya kak

Reply
Hendra Suhendra

Kebiasaan pagi saya ya itu-itu aja, beberes, olah raga sedikit, berangkat kerja, atau bisa milih WFH dan minum air putih yang cukup. Yang paling penting adalah positif thinking di setiap situasi, karena itu bagus banget untuk otak kita loh. Artinya menyebarkan positive vibe kepada orang lain, dimulai dari orang-orang di rumah.

Satu kebiasaan buruk saya adalah terkadang suka menunda pekerjaan, apalagi kalau pas udah rebahan, rasanya males banget mau ngapain aja. Saya berusaha positif thinking aja, mungkin tubuh butuh istirahat dulu sejenak, hahahaha…

Reply

Bangun pagi, minum segelas air, berwudhu dan lanjut sholat subuh. Setelah itu mulai uprek di dapur sambil bangunkan anak-anak. Begitu keseharianku di pagi hari mbak. Jarang bisa olahraga secara khusus. Jadinya ya sambil menggoreng, kakinya jalan di tempat

Reply

MENUNDA merupakan kegiatan asyik nih mbak hihihi. Saya itu kalau udh hari kerja berusaha afirmasi diri sendiri aja sih agar tidak malas dan segera bangkit mandi kemudian bergegas.

Reply

Setuju banget Mba dengan tips2nya.

Tertohok dengan istilah tombol tunda. Masih sering banget kepake dalam hidupku. Semoga bisa ngurangin atau malah ngilangin sama sekali.

Reply

Kalau bangun pagi dan langsung minum air putih lalu beraktivitas yang menyenangkan… rasanya memang lebih baik dan bahagoa seharian

Reply

Setuju.. bangun lebih awal adalah kebiasaan baik yang membuat hari kita lebih menyenangkan.
Di rumah saya pun menerapkan buat anak-anak agar terbiasa menjalani hari penuh persiapan.

Reply
Jamilatul Istiqomah

Iya kak aku setuju hari menyenangkan itu dimulai dari bangun tidur lebih awal atau pagi. Karena menurutku begini ya, jadi kalau lebih pagi semua pekerjaan rumah sudah dikerjakan jadi lebih punya waktu lebih untuk pekerjaan yg lainnya selain tugas rumah seperti cuci baju piring nyapu masak dll. Apalagi buat ibu2 kayak aku semuanya harus beres semua ketika petang biar nanti tinggal bersama dgn anak

Reply

Dulu sebelum pandemi, saya masih suka lari pagi. Setelah pandemi dan sakit lambung, jadi hampir nggak pernah. Huhu sedih banget. Padahal olahraga ini jadi salah satu mood booster saya setiap hari. Tapi sekarang karena harus di rumah terus, hal yang lakukan adalah ngobrol sama kucing saya. Wkwkwk

Reply

setuju mba..mood kita di pagi hari bisa mempengaruhi keseluruhan mood seharian itu.
aku juga lagi belajar nih utk membiasakan diri bangun lebih pagi dan menciptakan mood baik itu, meski terus terang masih punya tombol menunda-nunda! haha.. PR banget dah!

Reply

Betul sekali, kebiasaan-kebiasaan ini kalau diterapkan jadi good mood. Karena dari pagi sudah produktif nih. Mungkin melakukan me-time juga jadi great mood

Reply
Hidayah Sulistyowati

Apabila tujuh kebiasaan baik itu dilakukan dengan konsisten, pasti tubuh akan baik-baik aja ya. Karena yang susah itu bukan memulai tapi melakukan kegiatan baik itu secara konsisten

Reply

Hampir semua kebiasaan di atas saya lakukan. Bangun pagi dan minuman dua gelas air putih hangat. Dilanjut dengan nyuci baju yang dipakai hari kemarin kalau saya. Agar cucian tidak numpuk di akhir pekan.

Reply

sepertinya nomor 4 dan 5 sulit deh aku lakukan, hahaha.
agak susah kalau mau olahraga pagi hari, soalnya kerjaan pagi banyak eh, haha
juga yang nomor 5, menunda. akibat buruk dari main medsos pagi hari, hahaha

Reply

Bener banget Mba Yuni… bangun pagi juga bikin mood kita lebih bagus yaa krn lebih siap menghadapi hari, gak yang bangun2 lihat jam ehh udah telat aja kan buru2 deh semuanya yaa, gak asyik lg

Reply

Setuju kak, bangun pagi terus minum 2 gelas bikin segar gak dehidrasi.

Reply
Fadli

Sepertinya saya harus menyimpan jauh-jauh “tombol tunda” agar saya bisa lebih produktif nih. Memang melaksanakan kebiasaan baik itu tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Harus dicoba gitu ya mbak

Reply

Kalo aku bangun pqgi minum segelas air putih hangat, shalat dzikir pagi terus bukain gordrn dan jendela. Aktivitas sederhana tapi entah kenapa mpod booster banget buatku. Apalagi kalo pas nemu awan dan langit fajar yg cantik. Bahagia banget

Reply

saya nih masih suka menunda-nunda melakukan sesuatu di pagi hari, akibatnya sering kali saya keteteran, huhuhu. Tapi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas secara kontinyu saya yakin hidup kita pasti jauh lebih baik

Reply

Ramadhan ini karena ada momen saur seharunya bisa ya mbak untuk melatih kebiasaan bangun pagi dilanjutkan dengan aktifitas yang bermanfaat. Memang kalau bangun pagi dengan suasana yang menyenangkan bisa bikin aktifitas seharian tuh juga lancar

Reply

Meski bangun pagi, yang paling susah aku terapkan ini adalah konsumsi 2 liter air mba. Padahal sampai donlot aplikasi minum air putih segala. Hehe, akhirnya malah aplikasinya buat mainan anak..

Reply

Saya kalau pagi biasanya mager. Bukan mager sih, tapi kumpulin tenaga, hehe.

Dengan tulisan ini bisa nih jadi suplemen melek seketika .

Jos

Reply

Ah sama saja kalau begitu ya. Permasalah kebanyakan orang begitu. Mager tiap pagi. HEhehee

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *