Indonesia Website Awards

Drama Korea Mad Dog : Sebuah Kisah Fiksi Penipuan Asuransi


Review Drama Korea Mad Dog

Drama Korea Mad Dog – Beberapa kali, saya pernah menemukan postingan teman di salah satu media social. Dia bercerita bagaimana dia merasa ditipu oleh salah satu agen asuransi. Katanya, premi mereka tidak bisa diklaim dan sebagainya. Saya merasa cukup prihatin dengan hal itu. Sehingga menurut saya, kita perlu mempertimbangkan berbagai hal ketika akan mengikuti asuransi. Apalagi jika kita memilih asuransi yang berbasis syariah. Kita wajib mengenali apa saja produk asuransi syariah yang ada.

Berbicara mengenai penipuan asuransi, saya teringat satu drama korea yang bercerita mengenai hal itu. Judulnya Mad Dog.

Mad Dog tentang Penipuan Asuransi
KBS 2

Ada yang pernah menonton serial televisi Korea Selatan yang satu ini? Yuk, kita nostalgia sejenak bersama Yoo Ji-tae dan Woo Do-hwan.

Drama Korea Mad Dog tentang Penipuan Asuransi

Seperti drama korea pada umumnya, drama ini juga mempunyai satu permasalahan inti yaitu misteri jatuhnya pesawat Juhan Air yang menewaskan banyak penumpang. Beberapa diantaranya antara lain copilot yang diduga sengaja menjatuhkan pesawatnya juga anak dan istri salah satu manager pemeriksa pengajuan klaim di Taehan Insurance, Choi Kang Wo (Yoo Ji-tae).

Karena peristiwa itu, Choi Kang Wo keluar dari perusahaan tempatnya bekerja. Dia membentuk satu tim pemeriksaan asuransi independent yang diberi nama Mad Dog. Bersama dengan Jang Ha Ri (Ryu Hwa Young), Park Soon Jung (Jo Jae Yun) dan On Noo Ri (Kim Hye Seong).

Dalam pekerjaannya, tim ini berusaha menangkap pemegang police ansuransi yang terbukti melakukan penipuan.

Hingga suatu ketika, Choi Kang Wo dan timnya menangani kasus robohnya bangunan pusat perbelanjaan. Kasus tersebut mempertemukan mereka dengan adik copilot dari pesawat yang jatuh, Kim Min Joon (Woo Do Hwan) dan membuka kembali luka lama Kang Wo.

Tentu saja, ada intrik yang terjadi di antara mereka. Meski begitu, mereka mempunyai satu tujuan yang sama. Yaitu mengungkap kebenaran tentang jatuhnya pesawat Juhan Air yang menewaskan anggota keluarga mereka.

Lalu bagaimana perjuangan Kang Wo dan Min Joon dalam mengungkap misteri itu? Apakah copilot memang benar-benar bunuh diri dengan menjatuhkan pesawat yang dia kemudikan? Lalu mendapatkan klaim ansuransi sejumlah 3,4 juta dolar yang kemudian diberikan kepada adiknya.

Kalian yang menyukai seri detektif harus menonton drama korea satu ini, Geng. Seru banget deh.

Review Drama Korea Mad Dog

Drama Mad Dog ini ditayangkan di KBS 2 pada tahun 2017 sebanyak 16 episode. Sementara, saya menonton di aplikasi viu tahun 2019. Meski agak terlambat, tapi tak mengapa. Saya jadi tidak harus menunggu seminggu berlalu untuk bisa menonton kelanjutan ceritanya. Bisa langsung menamatkan dalam sekali maraton. Hehehe…

Pada saat penayangan, Mad Dog menempati peringkat pertama menyusul drama OCN’Save Me.

Dengan begitu, Kim Soo Jin (screenwriter) dan Hwang Eui Kyung (Sutradara) berhasil membuka cakrawala baru genre dengan menggabungkan humanisme dan subjek baru penipuan asuransi.

Dimana kisah jatuhnya pesawat tentu membawa kesan mendalam yang mungkin tidak bisa kita lupakan. Apalagi ketika penyebabnya benar-benar di luar dugaan. Awalnya kita akan digiring untuk meyakini bahwa copilot sengaja menjatuhkan pesawatnya untuk mendapat klaim ansuransi.

Tidak tanggung-tanggung. Jumlah klaim yang dicairkan adalah 3,4 juta dolar. Dan membuat adiknya menjadi kaya raya karena terdaftar sebagai penerima klaim. Bukankah ini menjadi hal yang masuk akal untuk menjadi alasan bunuh diri?

Sayangnya, sang adik, Kim Min Joon tidak mempercayainya. Karena itulah dia berusaha mendekati dan memprovokasi Choi Kang Wo agar menyelidiki kembali kasus tersebut.

Dalam drama ini, ada begitu banyak kejadian mendebarkan yang terjadi. Namanya juga bergenre kriminal. Kita tidak akan berhenti gemas menyaksikannya.

Belum lagi, kisah romansa yang ada. Bukan hanya antara pria dan wanita yang ditunjukkan oleh Jang Ha Ri dan Kim Min Joon.

Mereka tak ubahnya seperti tom and jerry yang selalu berseteru. Tapi juga menyimpan godaan-godaan di setiap adu mulutnya. Unik dan menurut saya itu menarik. Kisah mereka juga membuat kita baper seperti kisah romantis yang manis seperti drama korea yang lain.

Selain itu, bagaimana kisah bromance yang ditunjukkan oleh On Noo Ri dan Park Soon Jung benar-benar membuat iri. Mereka bisa mengetahui jika satu pihak membutuhkan yang lain. Pun saling membela jika salah satu mengalami kesulitan.

Modus Penipuan dalam Drakor Mad Dog

Hal baiknya adalah ada beberapa hal yang bisa kita ambil pelajarannya dari drama ini. Misalnya modus penipuan asuransi yang bisa saja terjadi. Tentu saja dari beberapa adegan yang ada.

Klaim Palsu

Pada episode awal, kita akan disuguhi adegan tim Mad Dog yang sedang menginvestigasi sebuah rumah sakit. Ada beberapa pasien yang mencoba membuat klaim palsu atas asuransi yang mereka beli.

Mereka mengajukan klaim atas penyakit yang diderita. Padahal mereka sama sekali tidak menderita penyakit itu. Malah kondisi tubuhnya benar-benar sehat.

Pihak rumah sakit memberi fasilitas berupa pusat kebugaran kepada pasien “khusus” agar bisa lolos dalam pengajuan klaim. Dan tentu saja penipuan asuransi itu bisa digagalkan oleh tim Mad Dog.

Penipuan Bencana

Satu kasus yang mempertemukan Kang Wo dengan Min Joon adalah runtuhnya gedung pusat perbelanjaan. Pihak kontraktor menolak membayar ganti rugi pada penyewa gedung. Mereka mengklaim bahwa runtuhnya gedung bukan karena kesalahan konstruksi.

Sayangnya, mereka malah menerima klaim asuransi dari kejadian itu. Woho, apa yang terjadi kira-kira? Coba deh tonton dramanya. Hehehe…

Penipuan Perusahaan Asuransi

Ini adalah inti dari cerita drama ini. Bahwa memang benar kopilot pesawat Juhan Air membeli sebuah police ansuransi. Dia juga mencantumkan nama Kim Min Joon sebagai penerima manfaatnya.

Namun, perusahaan asuransi Taeyang Grup tidak terbuka mengenai police asuransi yang sebenarnya. Ada hal yang berusaha mereka tutup-tutupi. Hingga membuat salah satu agen ansuransinya diberitakan bunuh diri.

Kenapa coba? Apa teman-teman masih belum penasaran untuk menonton drama ini? Cus buka aplikasi Viu deh. Kayaknya masih belum dimasukkan dalam drama yang masuk kategori premium lho. Saya masih bisa menyaksikannya full episode bahkan saat saya tidak berlangganan.

Tapi kalau pun harus berlangganan terlebih dahulu, kita tidak membutuhkan biaya tinggi kok. Yah, worth it lah dengan hiburan yang kita dapatkan.

Jadi, selamat menyaksikan drama korea Mad Dog ya teman-teman. Semoga tidak ada lagi kasus penipuan ansuransi yang terjadi. Cemiau.

With Love
Filia Suka Nulis

Have any Question or Comment?

20 comments on “Drama Korea Mad Dog : Sebuah Kisah Fiksi Penipuan Asuransi

Persis kayak kasus beberapa waktu lalu ya mbaa. Hihi, banyak yang dibodongin sama asuransi model begini. hahaha. Btw aku juga pakai viu, cuman belum nonton yang mad dog ini

Reply

Dari reviewnya langsung kebayang adegan-adegan menegangkan di dalam drama ini hehe. Seru pastinya ya kalah udah nyangkut klaim asuransi yang jumlahnya fantastic. Cuss ah nonton. Aku jadi kepo wkwkwkwk 😬😬

Reply

Demi uang segala cara dihalalkan ya? Aku jadi kepingin langsung nonton Drakor ini biar punya banyak pemahaman dibalik dunia asuransi, macam kasus yang lagi heboh di negara kita, btw episodenya gak banyak kan ya?

Reply
Damar Aisyah

Langganan Viu sampai berapaan ya? Pengin juga biar gak kudet banget sama per-drakor-an. Btw ini ide ceritanya menarik juga ya. Urusan perasuransian. Jarang-jarang tema kayak gini diangkat cerita. Film Indonesia kayaknya juga belum ada yg ngangkat tema begini.

Reply

Kelihatannya seru ya, pasti sepanjang nonton jadi bertanya-tanya siapa yang menyebabkan pesawatnya jatuh. Duuhhh baca ini jadi pengen nonton

Reply

wahh aku belum nonton nih drakor Mad Dog! emang ya banyak banget drakor korea yang bagus-bagus. Drakor ini sekaligus bisa jadi reminder ya buat teliti dan hati-hati sama asuransi jangan sampe ketipu sama agen abal-abal deh

Reply

Idenya keren ya, drakor dengan tema penipuan asuransi. Saya hanya nonton drakor yang pernah di tayangkan di televisi nasional mbak, seperti winter sonata dan endless love, dah lama ya hihihi. Jadi penasaran sama drakor mad dog ini.

Reply

Aku udah nonton dong… keren sih emang dramanya.
Kalau soal pesawat, saya jadi inget juga sama drama vagabond 😀

Reply

Masih belum dapat ini filmnya, nonton streaming ada gak ya?

Reply

Enak ya nonton di viu, drakor lama pun masih tersedia dan gambarnya juga bening. Nunggu serial di tv belum tentu ada. Apalagi kisahnya memang yg bener2 pengen kita liat

Reply

Jalan ceritanya nano2 banget ya mbak, btw kalo nonton drakor aq tuh selalu terhipnotis dengan aktor dan aktrisnya yang benin plus glowing.. Bisa gitu yak..

Reply

Hmm… ini drama ya. Ku kira film. Kalau film mau ngajak pak suami nonto. Soalnya kalau film tentang dunia perbankan atau keuangan gini dia suka.

Reply

Mbak, aku jadi penasaran deh, pengen nonton juga. Duh, asli lho aku jadi bertanya tanya ada apa sebenarnya? Semoga orang rumah mau diajak kerjasama biar mbok nya bisa nonton drakor sesekali lah hahaha

Reply

Bagus juga yaa ide ceritanya. Tentang penipuan asuransi. Jadi ingat tahun 2010-2011 lalu, saya pernah sakit, terus udah siapkan berkas ini itu buat klaim asuransi. Berkas udah dikirim sesuai ketentuan. Eh, dari Jakarta dikabarkan kalau kami tidak pernah bayar premi, padahal selama ini otomatis terpotong dari rekening apa kartu kredit ya? Lupa. Ya ampun gemesnya..karena saya udah sembuh, akhirnya gak diurus deh itu. Ibu bilang ikhlaskan saja, kalau memang biaya RS gak bisa diklaim, syukur udah sembuh. Tapi kan..kan..itu perusahaan asuransi besar, ini missednya di mana…huhuhu

Reply

Drama korea kalau penuh teka teki gini jadi makin seru nyimaknya ya mbak Yuni? Jadi nggak melulu romansa, tapi juga intrik yang perlu ditelisik, hehe..

Reply
Fenni Bungsu

Jalan cerita dan ide cerita yang diambil daku suka ini, tentang asuransi. Boleh dikatakan yang kemungkinan real terjadi juga ya dalam kehidupan kita

Reply

Aku aku aku… Suka banget cerita detektif walau jadi senam otak. Pengen nonton jadinya deh, penasaran kasusnya lebih dalam

Reply

Rekomended nih buat ditonton. Bisa nonton drakor sekalian belajar tentang asuransi. Hehe

Reply

Ya ampuuuun nambah lagi nih waiting list drakor ku hahahahah. Maklum mba, aku newbie dalam drakor. Baru suka drakor sejak balik dari Korut, dan kmudian dipanas2in nonton CLOY, Ama temen utk liat Korut yg di drama sama ga dengan yg aku liat. Tp pas udh nonton, lgs ketagihan hahahahaha.

Duh ga bisa brenti.

Mad dog menarik nih. Aku blm prnh liat yg temanya penipuan asuransi gini. Fix bakal ditonton 😀

Reply

kayaknya seru nih drakor satu ini. oke, masuk list untuk tontonan drama selanjutnya.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel