Indonesia Website Awards

4 Basic Skincare untuk Pemula yang Wajib Remaja Tahu


basic skincare

Skincare untuk Pemula – Hellow, Fellas. Para remaja dimana pun kalian berada. Masih pakai sabun mandi untuk mencuci wajah? Apa tidak khawatir kulit menjadi semakin kering? Atau kulit wajah teman-teman memang tebal? Kalau kata istilahnya, kulit badak begitu.

Kalau tidak, maka jangan coba-coba meneruskan kebiasaan cuci wajah dengan sabun mandi ya, Sahabat Filia. Tidak baik untuk kelembaban kulit kita lho.

Remaja harus Tahu, Mengapa Skincare untuk Pemula itu Penting?

“Oh maaf, Kak. Saya mah cuci wajah pakai sabun bayi.”

Ada yang begitu? Remaja menggunakan sabun bayi untuk cuci wajah? Sebenarnya tidak masalah sih. Toh sabun bayi juga diformulasikan dengan bahan-bahan alami. Jadi, sudah pasti aman bahkan untuk kulit yang paling sensitive sekali pun.

Tapi e tapi. Meski kelembaban alaminya terjaga, apa iya produk sabun bayi sudah mencukupi kebutuhan kulit para remaja? Secara ‘kan, produsen produk bayi tentu mengutamakan kebutuhan bayi dalam pembuatan produknya.

Sedangkan remaja, ada kenaikan hormon yang mungkin saja berpengaruh pada jerawat dan masalah kulit lainnya. Tidak akan cukup kalau hanya dengan produk bayi, beib. Percaya deh!

Lantas pakai apa dong?

Related Post

Ketika beranjak remaja, maka kita harus semakin aware dengan perawatan wajah, terlebih dengan berbagai macam produk skincare untuk pemula. Namanya juga baru gedhe, ya ‘kan?

Mari Mengenal 4 Basic Skincare untuk Pemula

Apa itu skincare? Skincare adalah produk perawatan kulit. Saat ini ada banyak produk yang menawarkan paket perawatan wajah. Seperti 10 step Korean Skincare Routine.

Wah, banyak sekali sampai 10 step. Apa saja yang dipakai? Kalau pemakaian setiap hari, kayaknya kita tidak sanggup deh. Meski perawatan kulit itu penting, kadang kala kita selalu dikalahkan dengan mager. Jadi, rebahan selalu menjadi pilihan terbaik. Ketimbang lama-lama memandang cermin rias. Hehehe

Tapi tenang saja Sahabat Filia. Kali ini, kita akan membahas mengenai 4 basic skincare untuk pemula yang harus kalian ketahui. Yupz, minimal hanya 4 produk saja yang kalian harus stok. Brandnya mah bebas.

Apa saja? Ini dia mereka…

1. Cleanser atau Pembersih Wajah

Related Post

Pertama adalah pembersih wajah. Biasanya menggunakan sabun wajah atau dikenal dengan facial wash dan beberapa nama lain yang sejenis.

Brand yang tersedia di pasaran juga ada berbagai macam. Beberapa tahun lalu, pertama kali mengenal skincare, saya menggunakan brand viva. Itu lho yang ada milk cleanser dan penyegarnya.

Cleanser ini berfungsi untuk mengangkat minyak, mikroorganisme, dan kotoran lain akibat polusi, sehingga dapat membersihkan pori-pori. Selain itu, mencuci wajah dapat mencegah timbulnya jerawat serta masalah kulit lainnya. Salah satu facial wash yang bisa digunakan adalah yang berbahan charcoal

Namun perlu Sahabat Filia ingat ya! Jika sebelumnya kita menggunakan foundation, bb cream dan bedak padat, maka sebaiknya kita menggunakan cleanser lainnya sebagai tambahan. Misalnya cleansing milk dan lain sebagainya. Mengapa?

Karena facial wash saja tidak cukup mengangkat make up tersebut. Akibatnya, pori-pori dikhawatirkan bisa tertutup jika kita tidak membersihkannya terlebih dahulu.

2. Toner atau Penyegar

Setelah pembersih wajah, basic skincare untuk pemula selanjutnya adalah toner. Sebenarnya, ada dua macam toner yang bisa kita gunakan, diantaranya exfoliating dan hydrating toner.

Apa sih bedanya?

Exfoliating toner berfungsi mengangkat sel kulit mati agar kulit kita tetap bersih. Biasanya toner ini mengandung exfoliating (acid) agent seperti AHA (Lactic Acid, Citric Acid, Mandelic acid dan lain-lain), BHA (Salicylic Acid dan Betaine Salicylate), PHA (Gluconolactone dan Lactobionic Acid) dan lain-lain.

Sedangkan hydrating toner berfungsi mengembalikan kelembaban kulit setelah exfoliasi dan mencegah terjadinya kulit kering. Biasanya mengandung glycerin, hyaluronic acid, chamomile, aloevera dan lain-lain.

Jadi, kalau pemula sebaiknya pakai toner yang mana dong?

Nah, bagi remaja yang baru mengenal skincare, akan lebih baik jika mengenalkan kulit dengan hydrating toner terlebih dahulu. Karena fungsi lain toner ini adalah menyiapkan kulit untuk menerima skincare lain. Katanya sih begitu.

Tapi memang benar sih. Sebagai pemula kan kita cuma membutuhkan penyegar untuk melembabkan kulit. Iya kan? Hehehe…

Setelah rutin menggunakan toner ini maka nanti kita bisa menambahkan exfoliating toner jika memang dibutuhkan.

3. Mouisturizer

Selanjutnya adalah mouisturizer atau pelembab wajah. Skincare ini bertujuan untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.

Berbicara mengenai pelembab wajah, brand pertama yang saya pakai adalah pond’s. Lalu beralih ke fair and lovely. Terutama ketika banyak keluarga yang kemudian bekerja di Malaysia mengirimi saya produk itu. ‘Kan sayang kalau tidak dipakai.

Nah, bagi Sahabat Filia yang memiliki kulit wajah kering wajib hukumnya menggunakan pelembab. Kalau tidak, maka jangan heran jika make up yang kita gunakan akan sulit menempel. Bisa dibilang pelembab adalah lemnya make uplah ya. Namanya juga masih pemula. Pasti belum kenal aneka produk foundation. Lagi pula, belum terlalu membutuhkan juga. Cemiau.

Pun demikian halnya jika kita memiliki jenis kulit berminyak. Pelembab wajah tetap tidak boleh kita skip. Hanya saja, pelembab yang digunakan tentu saja berbeda dengan kulit kering ya, Girls.

4. Sunscreen

Terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah sunscreen. Dimana pemakaiannya bertujuan untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari langsung.

Tahu dong, sinar matahari juga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit! Makanya kita disarankan menggunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal 30.

Selain itu, kita disarankan untuk menggunakan sunscreen 15-30 menit sebelum keluar rumah ya.

Nah, itu tadi 4 basic skincare untuk pemula yang wajib remaja ketahui. Tuh ‘kan tidak sampai 10 step seperti sesembak korea.

Tapi ingat ya Sahabat Filia, mencari skincare yang cocok untuk kita bukan perkara yang mudah. Kita perlu trial and error demi mencari bahan yang cocok untuk kulit kita. Itulah mengapa kita perlu membaca review penggunaan sebelum memutuskan untuk membeli.

Makanya, jangan heran jika skincare yang sama tidak bisa cocok pada dua orang yang memiliki jenis kulit yang sama. Karena belum tentu kulit kita bisa sama-sama menerima bahan yang ada pada skincare itu.

Hal yang terpenting adalah kita harus mencari skincare dengan bahan yang kulit kita inginkan ya. Selain itu, kita harus rutin menggunakannya. Memang sih, hasilnya tidak bisa terlihat dalam waktu singkat. Namun, teman-teman akan merasakan manfaatnya di kala usia sudah beranjak melewati 30 lho.

Jadi, masih belum mau kenal dengan basic skincare untuk pemula nih? Yakin?

With Love
Filia Suka Nulis

Related Post

Have any Question or Comment?

5 comments on “4 Basic Skincare untuk Pemula yang Wajib Remaja Tahu

Bener banget mba. Walo masih remaja, seharusnya udh mulai sih pakai skincare yg utk remaja juga.

Aku beruntung sejak SMP mama ku ngenalin produk2 skincare, walopun dulu hanya pembersih, toner, facial wash dan moisturizer. Sunscreen waktu itu mama ga ngenalin hahahahaha.

Mama bisa marah bgt tuh kalo aku sampe lupa bersihin wajah pulang sekolah, ato pas mau tidur. Itu wajib banget soalnya. Jd Krn udh terbiasa, pas udh kuliah dan kerja , jauh dr mama aku ttp ga bisa ninggalin kebiasaan2 td. Secapek apapun pulang kantor, aku pasti bersihin wajah dulu dan apply night dream , serum dll. Aku agak telat pake sunscreen, baru mulai pas kerja. Tapi mending telat drpd ga :D.kebiasaan pake skincare dr remaja, itu aku rasain skr. Kulitku di umur kepala 3 hampir 4, Alhamdulillah msh blm ada wrinkles, sementara banyak temen2 ku yg seumuran udah ada :D. Makanya buat remaja, serius deh, skin care itu penting 🙂

Reply

Dulu sempet jadi tim sabun bayi, akhirnya sadar kalo sabun bayi gak cocok untuk kuliat yang masalahnya udah kompleks. Skincare emang penting banget buat ngerawat kulit wajah.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger