4 Bahan Rumahan untuk Mengobati Sakit Gigi


Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi adalah keadaan dimana terasa nyeri di sekitar bagian gigi. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari memakan makanan manis, menggigit sesuatu yang terlalu keras dan lain sebagainya.

Beberapa orang mengeluhkan nyeri yang tak tertahankan. Bahkan ada yang mengundang penyakit lain, seperti sakit kepala, demam dan lain sebagainya.

Saya ingatkan ya, jangan sekali-kali membuat kegaduhan di sekitar penderita sakit gigi. Salah-salah, kita akan terkena omelan oleh mereka. Karena katanya, penderita sakit gigi akan semakin merasa nyeri jika mendengar kegaduhan.

Saya sendiri tidak mengetahui bagaimana hubungannya. Tapi, banyak tetangga saya yang akan mengomel pada bocah-bocah yang kebetulan main di sekitar mereka yang sakit gigi. Namanya kumpulan bocah main. Mana bisa mereka main dengan tenang. Iya ‘kan?

Maka ketika ada seorang yang mengatakan bahwa lebih baik sakit gigi ketimbang sakit hati, mungkin orang tersebut belum pernah merasakan bagaimana sakitnya. Meski saya juga enggan merasakan sakit hati. Sama-sama tidak nyaman rasanya lho Sahabat Filia. Hehehe…

Pengobatan Sakit Gigi

Cara paling mudah untuk mengobati sakit gigi adalah dengan mengunjungi seorang yang ahli. Dokter gigi tentu saja. Mereka akan dengan mudah mengidentifikasi dan memberikan pengobatan yang tepat untuk kita.

Bahkan mengambil tindakan cabut gigi jika memang diperlukan. Meski beberapa kasus yang saya ketahui, dokter akan menyarankan untuk mengambil tindakan cabut gigi setelah tidak terasa nyeri lagi.

Tapi, ada beberapa pertolongan pertama untuk meringankan sakit gigi, jika kita enggan mengunjungi dokter. Bahan yang digunakan pun lebih mudah kita temukan di rumah. Jadi mari kita bahas apa saja bahan rumahan yang bisa membantu meredakan sakit gigi!

4 Bahan Rumahan yang Membantu Mengobati Sakit Gigi

Saya adalah orang yang cenderung menghindari berkunjung ke klinik atau rumah sakit jika bukan jadwal pemeriksaan rutin. Saya lebih memilih mengobati di rumah dengan minum vitamin sampai jamu tradisional dengan bahan alami yang mama siapkan. Mungkin ada beberapa teman yang memiliki tindakan yang sama dengan saya.

Lalu bagaimana dengan pengobatan sakit gigi? Apa saja bahan yang bisa kita gunakan untuk meredakan nyerinya? 4 diantaranya adalah :

Air Garam

Ketika saya masih bekerja di perkebunan kelapa sawit yang berada di Kalimantan Timur, saya pernah mengalami sakit gigi. Nyerinya sungguh tidak tertahankan. Bahkan saya sampai menangis karenanya.

Lalu, salah satu karyawan yang bertugas memasak untuk para staff menyarankan agar saya berkumur dengan air garam hangat. Meski tidak sembuh seketika, saya menyadari efek dari berkumur bisa meringankan nyerinya.

Lantas, apa yang menyebabkan air garam bisa meredakan sakit gigi?

Menurut laman halodoc, garam alami bisa membantu menurunkan jumlah pertumbuhan bakteri di mulut. Mengapa demikian? Karena garam bersifat basa sedangkan hampir semua bakteri lebih memilih lingkungan asam untuk hidup.

Tapi, kita mesti ingat ya Geng! Kita tidak boleh terlalu sering dan lama berkumur dengan air garam. Karena hal itu bisa merusak gigi lho.

Cengkeh

Dalam laman alodokter disebutkan bahwa cengkeh mengandung senyawa eugenol. Senyawa ini bersifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur dan antioksidan. Karena itulah cengkeh dipercaya mampu meredakan peradangan yang terjadi di gigi.

Akan tetapi, laman alodokter juga menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada cukup bukti medis yang menunjukkan bahwa cengkeh efektif mengatasi sakit gigi. Sehingga diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut.

Bawang Putih

Katanya bawang putih juga bisa mengobati sakit gigi. Caranya dengan meletakkan bawang putih yang sudah dikupas dan dibersihkan pada gigi yang berlubang atau sakit. Kita bisa melakukan itu selama lima menit sebelum mengeluarkan bawang putih dan berkumur dengan air hangat.

Saya sih belum pernah mencobanya. Namun ketika saya mengalami sakit gigi, ada saja beberapa orang yang menyarankan pengobatan dengan menggunakan bawang putih.

Es Batu

Terakhir adalah es batu. Pertanyaannya bagaimana bisa es batu bisa menyembuhkan sakit gigi? Bukankah pada gigi sensitive, es batu malah bisa mengundang rasa ngilu?

Hayo lho. Ada yang berpikir begitu?

Sama sih. Saya dulu juga begitu ketika ada yang menyarankan pengobatan dengan es batu. Saat saya bertanya, mereka malah tertawa.

Tentu saja es batunya tidak langsung diletakkan pada gigi yang sakit ya Sahabat Filia. Tapi, es batunya kita masukkan pada plastik lalu dilapisi dengan waslap tipis. Baru kemudian kita tempelkan pada bagian pipi yang sakit. Begitu deh.

Meski begitu, 4 bahan rumahan tadi hanya akan kita gunakan sebagai pertolongan pertama dalam mengobati sakit gigi. Jika sakit masih berlanjut, kita tetap membutuhkan pendapat dan tindakan para ahli ya. Maka, berkunjung ke dokter gigi menjadi alternative selanjutnya.

Hal paling pentingnya adalah kita harus rutin menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Agar kita bisa mencegah datangnya sakit gigi. Karena ketika nyeri pada gigi melanda maka apa pun rencana kita akan kacau balau. Bahkan jika kita berencana pergi berlibur bisa jadi akan batal.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima kasih sudah mengunjungi blog Filia Suka Nulis.

Sumber :

1. Laman halodoc dengan judul artikel “Garam Bisa Jadi Obat Sakit Gigi, Benarkah?”
2. Laman Alodokter dengan judul artikel “Meredakan Sakit Gigi Melalui Manfaat Cengkeh”

Have any Question or Comment?

26 comments on “4 Bahan Rumahan untuk Mengobati Sakit Gigi

mencegah lebih baik dari mengobati. dan komentar lebih gampang dari praktik, hihi.
kalo belum sakit gigi lalai, sudah sakit sok tobat. sembuh ya kambuh lagi lalainya

Reply

Sakit gigi memang terlihat kecil tapi dampaknya luar biasa. Aku juga biasanya pakai air garam dulu, kalau nggak kuat baru ke dokter hehehe

Reply

Selama ini pakai yang alami. Takut soalnya mbak. Btw ada saat harus ke dokter juga kalo sakitnya udah ke ubun2

Reply

Mau tak coba deh mbak, kebetulan anakku lagi sakit gigi dan gak berani ke dokter gigi karena corona

Reply

paling sering kumur pakai air garam kalau gigi rasa senat senut atau pas sariawana dan lumayan mmeberikan efek mengurangi sakit karena membersihkan bakteri, kalau cengkeh malah baru tahu, makasi tipsnya mba

Reply

Tips rumahannya oke juga nih buat yang sakit gigi apalagi lagi pandemi bikin grogi kalau mesti ke dokter gigi.

Reply

Yg air garam, aku sering mraktekin saat sakit gigi..hehe.. klo yg lainnya blm pernah. Mudah2an gak pernah sakit gigi lagi lah..

Reply

Wah baru tau kalau es batu bisa jadi alternatif obat skait gigi.. nice info mbak 🙂 taunya daun sirih buat kumur-kumur hehehe

Reply

Baru tau kalo cengkeh bisa nyobain sakit gigi biasanya dikompres es gitu atau kumur air garam. Thanks dagingnya mbak

Reply
Hidayah Sulistyowati

Yang belum pernah aku coba cengkeh dan bawang putih. Meski udah tahu sih kalo dua bahan ini katanya bisa menyembuhkan sakit gigi

Reply

Aku jarang banget sakit gigi. Tapi sekali sakit gigi kudu ke dokter gigi karena nggak nahan sakitnya. Nice share mbak, noted deh

Reply

Aku pernah coba air garam, yang lain belum..malah es batu baru tahu hihi

Reply
Norma Keisya Avicenna

Dulu pas sakit gigi paling banter kumur-kumur pakai air garam mbak. Kalau yang lain belum pernah coba. Terima kasih sharingnya, Mbak. Selalu ikhtiar menjaga kesehatan gigi, semoga terhindar dari sakit gigi ya, Mbak

Reply

Paling yang pernah kucoba ya berkumur air garam tadi. Sifatnya lebih pada membersihkan kuman yang kemungkinan nempel di gigi ya, bukan mengurangi rasa sakitnya.

Reply

Yang paling sering aku gunakan juga air garam mba. Membuat lebih baik. Bikin kumannya mati. Soalnya masa pandemi ini beberapa dokter belum berani nangani sakit gigi.

Reply

Baru tau soal bawang putih. Mungkin nanti kapan2 bisa dicoba. Tapi semoga enggak pernah sakit gigi lagi, deh.

Reply

Kalo menurut saya gigi sakit artinya ada lubang yg sudah sampai menyentuh syaraf gigi. Kalau saya prefer ke dokter gigi untuk ditambal karena kalo dibiarkan lubangnya akan sering kemasukan bakteri, sedangkan syaraf gigi ini sampai ke otak hubungannya.

Tapi bener sih soal air garam, saya selalu mengandalkan ini kalo anak2 sakit gigi untuk meredakan sementara sebelum ada waktu ke RS

Reply

Aku pernah nyoba yang berkumur dengan menggunakan air garam. Alhamdulillah sih selama ini selalu membaik, ngga sampai yanhg harus minum obat gitu.

Reply

Waktu sering banget sakit gigi, juga hobi sumpelin bawang sama kumur air garam. Sekarang pake kapas yg dikasih minyak kutus-kutus, cepet sembuh juga

Reply

SAkit gigi emang paling nggak enak yaa. Aku dulu saat usia SD suka sakit gusi karena ada gigi yang berlubang. Eh sekarang anak pertamaku juga mengalami hal yang sama. Beberapa minggu belakangan gigi berlubangnya bikin sakit gusi hingga bengkak dan berdarah. Akhirnya pakai minyak untuk di oles di bagian pipi dan lehernya. Kandungannya jga ada yang disebutkan di atas itu.

Reply

Dari kesemuanya yg sering ku dengar itu air garam ya. Ternyata cengkeh pun bisa bantu mengatasi sakit gigi ya. Alami banget

Reply

ini nih yang kadang bikin mood langsung ilang seketika
karena datangnya nggak bisa di duga hehehe
tapi untung banget banyak bahan dapur disekeliling kita yang bisa dimanfaatkan ya mbak
makasih tipsnya

Reply
Nita Juwithafina

Yesss… air garam aku setuju banget.. aku juga pake ini buat anak aku mba..
Sakit gigi namun dokter tutup…air garamlah solusi nya ^^

Reply

Dari yg ditulis disini, yg pernah aku coba adalah kumur kumur dgn air garam.ampuh juga buat obat sakit gigi

Reply

Bener banget nih, mbak.
Saya pernah juga make air garam untuk meredakan sakit gigi waktu masih SD, hehe.
kalau sekarang udah nggak pernah sakit gigi lagi, jadi udah aman.

Reply

Air gareemmm!! hahaah.
belum pernah yg bawang putih sih pikiranku malah jadi nambah perih.
Tapi aku prefer cengkeh sih untuk aromanya.
Tfs ya kaka.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEO & Blog Competition 2020

contest telkomsel 1.1

Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel