Indonesia Website Awards

5 Alasan Investasi yang Perlu Kita Ketahui


Alasan Investasi yang perlu kita ketahui

Alasan Investasi yang Kadang Kita Lupa – Sebelum dunia mengalami carut-marut oleh ulah virus covid 19, banyak di antara kita yang tidak memiliki persiapan apa pun. Bahkan sekedar tabungan pun, tidak banyak dari kita yang memilikinya. Mengapa?

Sebagian besar melupakan, bahwa kehidupan di masa depan sana bukanlah sesuatu yang jelas. Sejelas matahari yang akan kembali terbit esok hari. Kebanyakan orang berpikir bahwa rejeki sudah ada yang mengatur.

Betul. Saya juga percaya akan hal itu. Tapi bukankah kita juga diperintah untuk tetap berusaha. Terbaik yang bisa kita berikan. Misalkan saja dengan bekerja, berbisnis atau menginvestasikan barang berharga yang kita miliki.

Terus ada yang bilang, ”boro-boro mau investasi. Buat makan sehari-hari aja kadang susah.”

Mungkin teman-teman lupa. Jaman sekarang banyak kok yang menawarkan investasi bahkan dalam nominal kecil sekali pun. Kayak di pegadaian misalnya. Kita bisa mulai menabung emas sedikit demi sedikit lho.

”Tapi ‘kan…”

Oke. Jika terlalu banyak tapi, entah sampai kapan kita bisa mulai menabung. Coba deh ingat tips mengatur keuangan sejak masih single.

Dan harap diingat untuk bergaya sesuai dengan keuangan kita saja. Tidak perlu berlebihan. Karena yang berlebihan itu kadang juga tidak baik.

Anyway, apa sih investasi itu? Kenapa juga kita harus berinvestasi sejak dini?

Apa itu Investasi

Menilik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Ada dua jenis investasi yang bisa kita ketahui, diantaranya:

Investasi Fisik

Namanya juga investasi fisik. Jadi, kita bisa melihat wujud dari investasi tersebut. Contohnya properti, emas batangan dan lain sebagainya.

Di masa pandemi ini banyak sekali properti yang dijual dengan harga miring. Bagi yang ingin memiliki investasi di bidang ini dan mempunyai tabungan yang cukup, bisa menjadi surga sekali ‘kan.

Sedangkan,

Investasi Finansial

Investasi jenis finansial merupakan investasi berupa produk keuangan yang fisiknya tidak dapat kita sentuh. Contohnya saham, obligasi dan lain sebagainya.

Selain 2 jenis investasi tersebut, ada jenis investasi lain yang cocok untuk masa tua. Namanya Investasi dana pensiun. Dimana Investasi dana pensiun memiliki 4 instrumen investasi, salah satunya adalah saham. Selain saham, kita juga bisa berinvestasi di bidang properti untuk persiapan masa tua.

Investasi dana pensiun ini sangat penting untuk dimiliki. Karena kita nggak selamanya memiliki tubuh yang kuat. Sehingga perlu memiliki dana investasi yang bertujuan untuk jangka yang lama. Agar kita bisa merasa bebas secara finansial di masa pensiun nantinya. Dan nggak merepotkan anak cucu.

Tolong jangan tanya saya ya tentang mana pilihan investasi yang bagus! Karena kalau menurut saya, pasti lebih memilih investasi yang bisa saya sentuh produknya. Entah itu properti atau emas batangan.

Tapi meski begitu, ada beberapa teman yang mempunyai ilmu tentang saham dan investasi finansial lainnya lho. Coba deh cari. Hehehe….

5 Alasan Investasi yang Perlu Kita Ketahui

Setelah kita mengetahui apa itu investasi, coba kita pikirkan lagi alasan investasi yang perlu kita ketahui? Jadi tidak ada kesan bahwa kita hanya ikut arus saja dalam berinvestasi. Pun kita bisa berhati-hati dalam menentukan investasi yang kita inginkan.

1. Jaminan Masa Depan

Hari esok adalah harapan. Benar. Karena itulah kita harus benar-benar mempersiapkannya. Kita tidak selamanya bisa bekerja dengan baik. Faktor U akan mulai mendominasi. Jadi kita memerlukan persiapan untuk dana pensiun untuk kita dan keluarga.

Belum lagi ketika anak-anak kita sudah dewasa dan membutuhkan pendidikan yang lebih tinggi. Tentu saja biaya yang dibutuhkan juga semakin bertambah.

Maka dengan investasi yang sudah kita persiapkan, setidaknya ada dana yang bisa kita gunakan di masa tua.

2. Meningkatkan Nilai Aset dan Kekayaan

Kita tidak perlu munafik jika ada yang mengatakan kalau kita menyukai kekayaan. Karena dengan kekayaan yang kita miliki, kita bisa semakin banyak bersedekah. Yah, walau pun kita tidak harus menunggu kaya untuk bersedekah ya, Geng.

Berbicara mengenai investasi, seiring berkembangnya waktu nilai asset yang kita investasikan akan semakin bertambah. Meski ada juga aset yang nilainya menyusut. Karena itulah, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam berinvestasi.

3. Mengalahkan Inflasi

Apa itu inflasi? Inflasi adalah menurunnya nilai mata uang. Dan kita tidak bisa menghindarinya.

Mengalahkan Inflasi bisa jadi alasan investasi
Sumber : freepik.com

Hal ini bisa kita kalahkan dengan menyegerakan berinvestasi. Karena dalam jangka panjang, para ahli mempercayai bahwa nilai pengembalian investasi bisa melebihi nilai inflasi.

4. Membiayai Kebutuhan Keluarga

Namanya keluarga tentu tidak bisa lepas dari pengeluaran. Karena itulah, kita perlu menyisihkan sebagian pemasukan yang kita miliki untuk berinvestasi.

Agar kelak, hasil pengembalian dari investasi tersebut bisa kita gunakan untuk membiayai kebutuhan keluarga. Jadi, kita perlu merencanakan inestasi secara konsisten. Sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan.

5. Mendapatkan Penghasilan Tetap

Biasanya, ketika kita menginvestasikan sejumlah dana pada sebuah usaha, kita dan pihak lain akan membuat kesepakatan mengenai apa saja yang kita peroleh dalam jangka waktu tertentu.

Seiring berjalannya waktu, maka usaha tersebut akan memperoleh keuntungan yang bisa menjadi penghasilan tetap bagi kita. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mendapatkan hasil dari investasi yang kita tanamkan. Tapi bukan berarti tidak bisa bukan?

Kesimpulan – Investasi adalah upaya penanaman modal pada perusahaan atau proyek juga usaha untuk mendapatkan keuntungan. Kita bisa memilih jenis investasi yang kita inginkan. Bisa berupa investasi fisik seperti emas batangan atau pun investasi finansial seperti saham.

Hal ini penting kita lakukan karena beberapa alasan investasi yang tadi telah kita bahas, seperti jaminan masa depan dan lain sebagainya. Jadi, sudahkan kita memulai untuk berinvestasi? Kalau belum, yuk mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Nabung emas misalnya. Jangan cuma skincare saja dong yang dipikirin, Girls! Hehehe…

Referensi
“Arti kata investasi – Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online”. kbbi.web.id. Diakses tanggal 8 Oktober 2020.
“Mengapa Investasi Penting?”. mandiri-investasi.co.id. Diakses tanggal 8 Oktober 2020.

Filia Suka Nulis

Have any Question or Comment?

18 comments on “5 Alasan Investasi yang Perlu Kita Ketahui

Saya banget itu…. selalu bilang jangankan investask, makan ja klo ada. hehhee. perlu berubah nih.

Reply

Benar mbak, sebelum pandemi memikirkan investasi untuk masa depan seperti tidak pernah terlintas. Berarti kudu berterima kasih pada covid ya. Saya pribadi juga lebih suka berinvestasi dengan barang yang terlihat bentuknya. Rasanya kok lebih aman ya mbak.

Reply
Hani

Aku tuh termasuk terlambat nih berinvestasi. Belajar reksadana juga baru² aja. Nabung emas juga kurang. Sekarang mahal banget. Bagusnya sejak muda udh punya pengetahuan investasi.

Reply

Nah ini info penting nih. Masih banyak orang yang belum paham bener seluk beluk investasi ini Mba. Termasuk aku hihihi. Makasih ya infonya aku save dulu untuk tambahan wawasan. Sukses selalu Mbak!

Reply

Sebenarnya kalau diniatkan, investasi tuh bisa banget kok. Terutama kalau kita mempunyai penghasilan tetap. Semampunya saja dan dilakukan secara rutin. Misalnya investasi di bulan pertama nilainya terlalu kecil dan belum bisa dibelikan apa-apa, simpan saja dulu. Nanti baru kita belikan sesuatu kalau sudah mencapai jumlah minimal. Dalam tiga bulan, mungkin?

Reply
Damar Aisyah

Jaman masih lajang saya malah rajin nabung, Mbak. Invest juga di bisnis. Begitu jadi Emak-emak dan sumber penghasilan hanya satu pintu lha kok malah susah banget mau nabung. Habis terus

Reply

Yang masih terus terbayang di kepala saya adalah investasi emas batangan. Sudah saya rencanakan tapi masih belum terlaksana.

Reply

Kemampuan mengelola keuangan erat sekali dengan kemampuan kita memutuskan sesuatu, dan aku telat banget emang perkara urusan mengelola uang, huhu dan yg paling penting emang harus ada investasi apalagi di zaman pandemi gini

Reply

Saya setuju sih investasi ini, emas memang ok. Liat aja harganya stabil n melambung naik bbrp waktu lalu

Reply

saya termasuk yang kurang melek soal investasi, padahal penting ya untuk persiapan masa depan. perlu belajar banyak lagi nih mba

Reply

Inflasi nyata adanya, buktinya sekarang ini uang seolah ga ada nilainya. 100 rb gitu kelihatannya banyak tapi setelah dibelanjain..

Reply

Nabung emas aja di Tokopedia sekarang bisa nyicilllll, bahkan bisa nabung ribuan doang. Wkwkwk. Sayang banget peluang investasi dipermudah, tapi kita gak manfaatkan yaaa mba. Artikelnya cukup membakar semangat nih.

Reply
Shafira - ceritamamah.com

iya aku investasi skincare mbak hehe. investasi masa depan eaa. bener investasi pertamaku itu emas batangan..kesini-sini baru coba yang lain walau masih belajar jg mbak apakah saham itu worth it apa engga..

Reply

Investasi emang penting banget untuk masa depan mbak, paling tidak saat tua nanti udah gak perlu pusing nyari uang. Hihi

Reply

Setuju banget kk, alasan kami juga sama dengan kelima alasan yang kakak tulis di atas. Untuk saat ini kami lebih suka investasi seperti orangtua zaman dulu. Emas dan tanah aja. Soalnya untuk invest saham lagi patah hati, kemarin kami rugi cukup besar. Hiks…

Reply
Nurhilmiyah

Kalau di masa pandemi gini kabarnya investasi yang banyak dipilih orang, emas, properti, dan saham ya Mbak.

Reply

Investasi yang tak kalah penting adalah investasi akhirat nabung Amal Soleh sebanyak-banyaknya dari sekarang selagi masih hidup

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel