Apa Saja Persiapan Liburan Akhir Tahun Ajaran Sekolah?

Banner Apa Saja Persiapan Liburan Akhir Tahun

Persiapan Liburan Akhir Tahun Ajaran Sekolah – Pertengahan tahun seharusnya menjadi waktu paling menyenangkan bagi anak-anak sekolah. Gimana nggak begitu? Setelah melalui serangkaian ujian baik ujian kenaikan kelas atau pun ujian kelulusan sekolah, mereka akan mendapatkan jatah hari libur yang agak panjang waktunya.

Tentu saja, masa ini nggak akan mereka sia-siakan begitu saja. Segala macam rencana yang berkaitan dengan liburan, pasti sudah mereka siapkan. Hanya, jika dunia dalam kondisi normal. Nggak ada virus covid 19 yang mengintai di luaran sana. Berhubung kondisi sedang nggak bisa dibilang baik-baik saja, maka rencana liburan pun harus tertunda. Entah sampai kapan. Bahkan sekolah mereka saja harus dilakukan dari rumah.

Lantas apakah persiapan liburan akhir tahun ajaran sekolah akan terlewatkan begitu saja? Oho, nggak bisa begitu dong. Namanya juga persiapan. Sah-sah saja mau dilakukan kapanpun kita mau. Masalah eksekusi mengenai kapan waktu keberangkatan, akan dipikirkan belakangan. Setuju ‘kan Gaes? Setuju ajalah. Seenggaknya menyenangkan hati di kala pandemi. Hehehe…

Jadi, apa saja yang perlu kita persiapkan untuk liburan akhir tahun ajaran sekolah?

Persiapan Liburan Akhir Tahun Ajaran Sekolah

Pertama : Itinerary atau Rencana Liburan

Itinerary atau rencana liburan sudah pasti yang utama ya. Sekalian kita menentukan berapa anggaran yang mesti kita persiapkan. Terus, tujuan liburan kita. Selain itu, alternative rencana lain juga harus kita pikirkan.

Jangan sampailah, ketika asyik menikmati suasana eh kita malah kehabisan budget. Atau malah pada hari keberangkatan, ternyata ada satu atau lain hal yang membuat kita nggak bisa merealisasikan rencana awal. Kita ‘kan nggak mau ya menggagalkan acara liburan kita. Betul?

Selain itu, itinerary ini nantinya bisa membantu kita mempersiapkan perlengkapan apa saja yang perlu kita bawa selain perlengkapan umum. Seperti, ketika kita berencana pergi ke pantai, maka kita perlu semacam topi pantai, sunblock atau perlengkapan diving dan semacamnya.

Kedua : Peralatan Ibadah

Kalau peralatan ibadah sih nggak wajib harus kita persiapkan. Tapi, ketika kita membawa peralatan ibadah sendiri akan jauh lebih menghemat waktu. Kita nggak harus saling menunggu untuk bergantian meminjam peralatan ibadah yang ada di masjid. Tinggal pake punya kita sendiri deh. Lagi pula kita juga nggak khawatir akan adanya virus dan bakteri yang menempel.

Ketiga : Kostum Liburan

Selanjutnya, kita berbicara mengenai kostum liburan. Ini perlu kita sesuaikan dengan itinerary yang telah kita sepakati dan pilihlah kostum yang membuat kalian merasa nyaman. Kalau aku boleh sarankan, kalian selalu bisa kok mengenakan vacation dresses saat liburan. ‘Kan banyak tuh dress sederhana tapi cantik. Kayak gini misalnya…

printed red elegant round neck dress

Pilihan Dress Di Kala Liburan

Eh ini cocoknya dipake untuk wisata kota aja ya. Atau kalau kalian berencana liburan ke luar negeri dan nggak ada sangkut-pautnya dengan wisata alam, boleh deh pake dress begini.

Asal jangan pake metallic sequin dress with sleeves aja. Kayak gini…

Jangan Pake Dress ini Pas Liburan Akhir Tahun

Kalau yang namanya liburan, entah ke wisata kota atau pun wisata alam, dress blink-blink nggak cocok banget. Kayak gini tuh cocoknya dipake buat acara pesta, prom night dan semacamnya lah. Hehehe…

Oh iya, kita juga perlu memikirkan alas kaki ya. Kalau boleh sarankan sih, mending kalian memakai alas kaki yang flat aja. Jangan pula gegayaan pake high heels atau wedges. Yakin deh, kalian nggak akan mudah bergerak kalau pake yang modelan begitu.

Keempat : Kamera

Kostum sudah oke dan nggak bikin kita tengsin di tempat wisatanya. Lalu apa lagi yang kurang?

Yupz, masalah dokumentasi. Rasanya, ada yang kurang jika selama liburan nggak ada dokumentasinya. Iya nggak sih?

Jadi, kita perlu menyiapkan kamera. Lengkap dengan tripod kalau perlu. Juga charger agar kamera kita bisa selalu full energy. Sehingga kita nggak kehilangan satu pun moment penting selama liburan akhir tahun ajaran sekolah.

Terakhir dan ini sih yang paling utama. Sahabat Filia perlu menyiapkan fisik yang sehat dan kuat. Nggak perduli kemana pun tempat wisata yang dituju, kalian akan selalu banyak bergerak, kepanasan atau kedinginan, tergantung dimana tempatnya.

Coba dah bayangin, jika fisik kalian nggak fit. Maka, sebagus apapun rencana yang kalian susun akan berakhir dengan kegagalan. Nggak asyik dan sebagainya. Nggak mau dong liburannya berantakan?

Itu tadi hal-hal umum mengenai persiapan liburan akhir tahun ajaran sekolah yang entah kapan akan kita laksanakan. Pastinya menunggu kondisi dunia sudah mulai membaik atau virus covid 19 bisa kita kendalikan. Selama waktu ini, mari kita senantiasa memegang teguh protocol kesehatan. Semoga kita semua selalu sehat.

Salam Hangat Termanis
Filia Suka Nulis

Related posts

One Thought to “Apa Saja Persiapan Liburan Akhir Tahun Ajaran Sekolah?”

  1. kalo aku yang paling penting adalah persiapan snack selama perjalanan 😀

Leave a Comment