Obat Batuk Alami serta Mitos Jeruk Nipis dan Kecap

Obat Batuk Alami – Hai sahabat filia, kalian tahu, batuk dan pilek adalah dua penyakit musiman yang sangat menyebalkan. Memang sih ada obat alami yang bisa meredakan batuk dan pilek. Keduanya juga bukan penyakit yang berbahaya. Tapi, kehadiran mereka bisa jadi sangat mengganggu aktivitas kita. Betul ‘kan? Lalu obat alami batuk apa saja yang bisa kita temukan dengan mudah? Sebelumnya, mari kita simak dulu penyebab batuk yang umum menyerang kita.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lain : Perut Buncit Gimana Solusinya?

Penyebab Batuk

Dulu, ketika kita masih kecil, orang tua akan melarang kita jajan sembarangan. Katanya nanti kamu bisa batuk. Satelah kita dewasa, kita tahu hal yang menyebabkan batuk adalah kandungan jajanan yang bisa jadi malah membuat kita mengalami iritasi di saluran udara yang ada di belakang kerongkongan. Sehingga menurut hallosehat.com batuk menjadi semacam pertahanan untuk masalah tersebut.

Nah, selain jajanan yang selalu dikhawatirkan orang tua menjadi penyebab batuk, menurut sehatq.com ada beberapa efek lain yang bisa menimbulkan gejala batuk, di antaranya :

1. Menggunakan Suara Berlebihan

Penyebab Batuk Berteriak
Sumber : Pixabay.com

Kalian tentu tahu maksudnya menggunakan suara berlebihan ‘kan? Yupz, coba saja kalian berteriak atau katakanlah saja menyanyi tanpa istirahat. Apa yang akan terjadi? Kalian akan mengalami gejala batuk kering. Hal ini pasti mengganggu sekali ‘kan. Apalagi jika pekerjaan kalian adalah seorang penyanyi yang selalu dituntut agar tidak ada masalah dengan karakter suara kalian. Terlebih karena serak akibat batuk yang berlebihan. Mau tidak mau, kalian harus segera mencari cara untuk meredakan batuk kalian.

2. Asap Rokok

Asap rokok yang kalian hirup akan menjadi benda asing yang mungkin menyebabkan iritasi di saluran udara yang ada di belakang kerongkongan. Apalagi bagi kalian yang tidak suka dengan hal itu. Maka, gejala batuk tidak dapat dihindarkan lagi.

3. Debu

Sama halnya dengan asap rokok, debu pun akan menjadi benda asing jika masuk saat kalian bernapas. Selain menyebabkan gejala batuk, debu yang terhirup juga akan mengakibatkan kalian bersin-bersin sebagai respon untuk mengeluarkan debu tersebut.

Nah, itulah sepintas lalu mengenai hal yang berefek menimbulkan gejala batuk. Lalu bahan apa saja yang mudah ditemukan sebagai obat alami batuk? Mari kita lanjutkan pembahasan ini.

Obat Alami Batuk yang Mudah Ditemukan

Masalah batuk itu bukan hal yang main-main. Kalian pasti juga merasa tidak nyaman dengan batuk yang menyerang terus-terusan. Jika gejalanya menyerang di malam hari dan belum sempat ke dokter, maka ada beberapa bahan yang mudah ditemukan sebagai obat alami batuk. Lalu apa saja sih bahan-bahannya? Kita akan bahas itu, meski tidak detail semoga mudah dipahami.

1. Jahe

Hal yang sudah umum ditemukan. Jahe bisa meredakan gangguan tenggorokan. Salah satunya gejala batuk. Mengapa? Karena jahe sifatnya anti-inflamasi. Senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, sehingga dapat mengurangi gejala batuk. Biasanya, orang-orang akan membuat wedang jahe dan diminum dalam keadaan hangat. Maka, tidak hanya akan meredakan batuk, wedang jahe juga akan menghangatkan badan kita. Paling pas jika diminum kala udara dingin.

2. Madu

Obat Batuk Alami Madu
Sumber : pixabay.com

Menurut laman sehatq.com, Badan Kesehatan PBB, WHO merekomendasikan madu sebagai bahan alami untuk mengobati batuk. Salah satu caranya adalah teh atau air lemon hangat dicampur dengan madu sebagai pemanis tambahannya.

3. Papermint

Daun papermint mengandung menthol yang bisa menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan, serta membantu memecah lendir atau dahak di tenggorokan. Daun rendaman papermint dengan air hangat bisa digunakan sebagai kompres lalu tarik napas panjang di atas air rendamannya. Hal itu dapat membantu melegakan tenggorokan dan meredakan batuk.

4. Kencur

Kencur mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri. Sari kencur dipercaya mampu meredakan batuk dan beberapa orang sudah mulai mengonsumsinya ketika batuk mulai menyerang. Aku sih belum pernah mencoba meredakan batuk dengan sari kencur, nanti bisa kita coba masing-masing ya sahabat filia.

5. Berkumur dengan Garam

Sama dengan kencur, bahan ini pun aku belum tahu apakah benar bisa meredakan batuk? Apa yang terkandung dalam air garam sehingga bisa melegakan tenggorokan? Apakah sahabat filia pernah mendengar tentang ini? Yang pasti, dalam laman tirto.id menyebutkan bahwa berkumur dengan larutan garam hangat dapat melegakan tenggorokan sehingga mampu meredakan batuk. Ini pun nantinya bisa kita buktikan. Toh, bahannya sangat mudah ditemukan di dapur dan rasanya tidak akan efek samping jika kita mencobanya. Betul ‘kan sahabat filia?

6. Air Perasan Jeruk Nipis dan Kecap

Terakhir adalah air perasan jeruk nipis dan kecap. Ini adalah resep turun-temurun yang pasti sahabat filia juga sudah tahu ‘kan? Jika aku mulai terserang batuk dan tidak kunjung sembuh, maka bibiku akan mulai menganjurkan sirup ini, karena beliau tahu keponakannya yang manis ini paling ogah jika harus ke dokter. Apalagi ketika keluhannya hanya batuk. Itu pun belum terlalu lama. Sehingga beliau juga langsung membuatkannya dan memaksaku minum di hadapan beliau.

Lalu, benarkah air perasan jeruk nipis dan kecap hanya sekedar mitos sebagai obat batuk alami?

Pada kenyataannya, jeruk nipis banyak dipakai sebagai salah satu bahan obat herbal karena mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Itulah mengapa jeruk nipis juga dapat meringankan gejala batuk. Namun, rasanya yang sangat masam membuat jeruk nipis perlu ditambah pemanis seperti kecap. Bisakah ditambah pemanis lain? Madu misalkan. Tentu saja bisa. Apalagi seperti penjelasan sebelumnya bahwa madu juga dapat meringankan gejala batuk.

Baca juga Artikel Kesehatan Lainnya : Mengenal Kista Bersama Alodokter

Demikianlah obat alami batuk yang mudah ditemukan di sekitar kita. Bahkan sebagian dari bahan-bahan tersebut merupakan pelengkap bahan memasak di dapur. Katakan saja jahe, kencur, garam, jeruk nipis dan kecap. Sebagian sudah ku buktikan sendiri, sebagian aku dapat dari membaca artikel di laman-laman kesehatan, seperti hellosehat.com, sehatq.com dan tirto.id. Apa kalian punya pengalaman lain mengenai obat alami batuk? Kalau ada, bisa lho kalian ceritakan di kolom komentar.

Sumber bacaan
Hellosehat.com
Tirto.id
Sehatq.com

40 comments

    1. Jeruk nipis campur kecap juga sering dibuatkan sama ibu dulu kalo aku batuk dan rasanya ga enak ☹️ tp pas baca artikel ini jadi tahu ternyata bisa dicampur madu ya mba, ga harus kecap. Lebih enak juga rasanya kalau campur madu

  1. Kemarin gusi anakku bengkak, lalu malamnya sebelum tidur aku minta kumur air garam, besoknya alhamdulillah si gusi bengkak yang udah menggelambir lepas dan area gusinya bagus bersih. Nah, kalau buat batuk aku gak paham juga bisa atau gak.

  2. Haduuuh, batuk tuh memang mengganggu, baik diri sendiri maupun orang lain. Apalagi kalau sedang di perjalanan gitu, ya. Suka nggak enak sama penumpang di sekeliling kita. Udah gitu, batuk tuh penyakit yang lama sembuhnya. Pernah ngobrol dengan seorang teman dari bidang media, batuk memang penyakit yang normalnya baru akan sembuh dalam dua minggu. Itu sebabnya minum obat batuk pun nggak selesai dalam satu atau dua hari.

    Soal obat batuk alami, aku paling penasaran sama kencur. Teman-teman sesama orangtua murid di sekolah, suka mengunyah kencur begitu aja. Katanya ampuh banget membasmi batuk dalam hitungan hari. Aku coba kok rasanya langu gitu tapi ya, hahaha …

  3. Aku biasanya minum jahe kalau batuk, selain meredakan bisa bikin tubuh anget juga. Tapi baru denger nih soal air garam untuk mengobati batuk, coba ahh nanti mudah-mudahan sama manjurnya dengan yang biasa aku pake, jahe dan jeruk nipis

    1. Memang lebih nyaman pakai yang alami dulu sih, Mbak sebelum pakai yang kimia. Kalau yang alami sudah membantu kan lebih nyaman juga jadinya. Hehehe

  4. Banyak pilihan ternyata obat batuk alami ya. Aku sih seringnya pakai rebusan daun sirih. Kebetulan ada tanamannya. Tinggal petik. Jahe bagus juga, menghangatkan juga. Jadi sekalian nyembuhin batuk deh. Nah kencur itu memang jos untuk betuk kering yang ngikil engga brenti-brenti itu. Langsung rontok dahaknya.

  5. Jeruk nipis kecap, biasa almarhum Mama kasih kalau saya mulai batuk. Dan saya teruskan kebiasaan itu ke anak-anak waktu mereka kecil dulu. Sebelum pakai obat dari apotek, pakai jeruk nipis dulu. Pemanisnya kadang kecap, kadang madu. Tergantung apa yang ada di rumah.

  6. Kembali ke alam, ya, Mbak…Kebanyakan minum obat warung malah jadi berbahaya juga. Saya sih biasanya minum perasan lemon yang dicampur madu. Enak, segar juga, asam-asam manis gitu…hehe

  7. Oh ternyata jeruk nipis gak harus barengan sama kecap ya mba. Bisa sama madu juga. Ini kebetulan suamiku lagi batuk gak selesai2, kudu aku cobain cara alami juga nih pakai madu. Makasih mba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *