Alternatif Jenis Makanan Berserat yang Kita Konsumsi


Jenis Makanan Berserat

Ada seseorang yang bertanya mengenai berat badan padaku. Spontan saja, aku menunjukkan raut wajah kecut. Dia tidak tahu apa ya? Kalau pembahasan berat badan adalah hal yang sensitif.

No hurt feeling, Yun. Aku cuma mo bilangin. Kalau kamu tuh mungkin butuh MAKANAN berserat. Yah semacam sayur-sayuran, buah ATAU kacang-kacangan sebangsa kacang almond. Begitu lho,” lanjutnya.

Kalau aku memikirkannya kembali. Mungkin seseorang itu benar. Selama ini, aku jarang makan apalagi buah. Malah, kadang aku lebih suka makan fast food. Bagiku yang ogah pegang dapur, itu adalah pilihan sederhana. Duh, nggak sehat banget dah makananku.

Meskipun demikian, sebagian besar orang kecuali pada kondisi bahwa kita memerlukan makanan berserat. Namun, hanya sedikit orang yang benar-benar memahami apa saja jenis makanan berserat yang memiliki kandungan serat tinggi.

Contohnya, serat alami banyak terdapat pada tanaman. Dimana ada dua tipe serat yang dapat dan tidak dapat larut dalam udara. Apa saja sih jenis makanan yang mengandung dua tipe serat tersebut, Geng?

Perlu kita ketahui bersama, serat alami yang dapat larut air yang terkandung pada buah, oat, jelai atau barley, guar gum, sayur dan rumput laut atau agar-agar. Sedangkan serat tidak larut air yang terkandung pada beberapa biji-bijian, gandum, dan beberapa model sayur seperti bayam. Secara umum, serat akan cepat melindungi usus sebab tidak dapat dicerna.

Manfaat Mengonsumsi Makanan Berserat untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Makanan Berserat

Tubuh kita memerlukan serat untuk membantu sistem pencernaan agar selalu berfungsi dengan baik, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah konstipasi. Selain itu, orang yang mengonsumsi makanan yang cukup serat memiliki risiko yang lebih rendah dari penyakit stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker usus, dan kanker pankreas.

See! Begitu pentingnya serat untuk kesehatan kita, Geng.

Buat Teman-teman yang sedang diet, mengonsumsi makanan kaya serat dipercaya dapat menjaga berat badan. Mengapa demikian?

Makanan berserat membuat kita cepat merasa kenyang. Makanya, para wanita dianjurkan mengonsumsi paling tidak 21-25 gram serat per hari, sedangkan pria dianjurkan mengonsumsi 30-38 gram satu hari.

Umumnya anak umur satu sampai tiga tahun memerlukan serat kurang lebih sejumlah 16 gram perhari. Lalu anak umur empat sampai 10 tahun memerlukan serat kurang lebih sejumlah 20 sampai 25 mg perhari. Sedangkan remaja memerlukan serat paling tidak sejumlah 30-35 gram setiap harinya.

Tetapi Geng, bagaimana kita memprediksi angka ini di saat mengonsumsi makanan?

Daftar Makanan yang Memiliki Kandungan Serat Alami

Berikut adalah daftar makanan yang mungkin bisa membantu kita dalam memprediksi kandungan serat yang biasa dikonsumsi. Kami sudah mengelompokkan sumber serat alami berdasarkan macamnya. Apa saja?

1. Sayur dan Buah

Sayur yang banyak mengandung serat diantaranya selada, lobak, wortel mentah, bengkoang, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, arugula, dan kacang panjang.

Wortel termasuk sayuran makanan berserat
Source: freepik.com

Sedangkan buah yang memiliki kandungan banyak serat diantaranya sawo, jeruk, apel, pisang, pir, mangga, nangka, persik, sukun, srikaya, beri, dan ara.

2. Beberapa Bijian Utuh

Kita bisa menemukan beberapa biji-bijian utuh di pasta atau roti yang memiliki label bijian utuh (whole grain). Selain itu, beras merah dan sereal seperti oatmeal termasuk pada makanan yang memiliki serat tinggi. Dimana hal ini bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan yang sering bermasalah.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak serat diantaranya yaitu kacang hitam, kacang polong, kacang merah, buncis, biji bunga matahari, kacang almond, dan pistachio. Kacang-kacangan ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk sistem pencernaan.

Panduan untuk Memenuhi Kepentingan Serat Harian

Beberapa panduan simpel ini dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan serat harian:

  • Pada anak, kita dapat memberikan susu anak yang memiliki kandungan serat tinggi. Hal ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan seratnya.
  • Sebaiknya kita tidak mengonsumsi satu jenis makanan yang serupa. Akan lebih baik jika kita mengonsumsi beberapa jenis makanan. Sehingga kebutuhan serat lebih mudah terpenuhi.
  • Kita harus mengonsumsi buah dan beberapa model sayur serta kulitnya.
  • Kita mengganti cemilan dengan buah segar atau kacang tanpa menambahkan garam dan gula.
  • Ketika kita ingin mengonsumsi makanan kemasan, sebaiknya cek kandungan seratnya terlebih dahulu.

Apabila kita memiliki anak yang kerap mengonsumsi jajanan kurang sehat. Sebaiknya kita mengajarinya untuk menukar jajanan tersebut dengan beberapa jenis makanan tinggi serat di atas.

Makan makanan berserat
Source: freepik.com

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi serat seharusnya dilakukan sejak dini. Sebab apabila tidak, akan mengakibatkan kebiasaan hidup jelek kelak saat anak beranjak dewasa.

Walaupun serat bagus untuk tubuh kita, tetapi mengonsumsi serat dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan perut menjadi kembung lho Geng. Disamping itu, menyantap makanan berserat tanpa dibarengi minum air putih yang cukup malah dapat mengakibatkan konstipasi semakin parah.

Nah lho! Hati-hati dalam menakar kebutuhan serat harian kita ya Geng!

Kesimpulan

Kita perlu mengusahakan untuk menyetarakan konsumsi makanan setiap hari. Agar sistem pencernaan kita sehat.

Apabila kita memiliki situasi kesehatan yang tidak baik, maka kita bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi. Perihal jenis makanan berserat yang dapat kita konsumsi.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat diharapkan kita bisa mengetahui pilihan jenis makanan berserat yang cocok untuk dikonsumsi setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk wawasan kesehatan kita ya Geng.

Have any Question or Comment?

40 comments on “Alternatif Jenis Makanan Berserat yang Kita Konsumsi

Yoha

Pilihan makanan sehat emang perlu diperhatikan, ya? Agar tubuh sehat..

Reply

aku suka sayur. tp males masaknya 😃 tahun ini target masak sayur sendiri

Reply

Makasih sharingnya, aku lagi diet nih mbak dengan banyak makan serat dan hitung kalori yang masuk dalam tubuh. Memang benar, serat mengenyangkan dan nol kalori dan bagus untuk pencernaan

Reply
Lasmicika

Kacang-kacangan selain kaya serat juga banyak protein nabati yang mudah dicerna ya.

Aku suka ngemil kacang2an. Eh anakku ketularan. Hehe…

Reply

Aku juga senang kacang-kacangan. Tapi pernah juga aku kena batunya. Ceritanya, aku mengolah kacang-kacangan jadi bumbu rujak. Bumbu rujaknya aku pakai buat nyocolin buah. Enak lho jadinya. Eeeh.. baru selesai makan rujak buah, 1 jam kemudian aku kebelet pingin ke toilet. Alhasil, seharian itu aku bolak-balik ke toilet sampai 4 kali :))

Reply

ini tu antara memang kacang-kacangan mengandung serat dan memperlancar pencernaan sama kebanyakan cabe ya kak vick.. Hehehehe

Reply

semoga sukses dengan dietnya ya kakak…

Reply

oats kesukaanku, dicampur susu udah enak banget 😀

Reply

Tetap ya mbak berpedoman kepada jangan berlebihan atau kekurangan, yang seimbang. Kalau saya sekarang juga mulai membiasakan diri mengkonsumsi buah2an hampir tiap hari, sejak pandemi. Buat jaga2 diri, dan mencoba mengurangi makanan yang mengandung minyak berlebih. Untuk anak2 ini yang masih agak susah kalau harus di minta makan sayur yang beragam, maunya ajeg yang di sukai saja. Tapi dengan bertambahnya usia mungkin juga mulai mau ya mencoba aneka sayur, terutama yang mengadung serat.

Reply

yups.. karena yang terlalu itu memang kurang bagus, kak. Hehehe

Reply

Info yang sangat bermanfaat dan seringkali terlupakan. Apalagi sekarang banyak fastfood yang lebih mudah dan disukai anak-anak.

Reply

Yes, menyetarakan konsumsi tiap hari…penting sekali. Maka aku sejaka anak-anak kecil mengatur sendiri asupan makanan mereka. Dan membiasakan makan seimbang termasuk serat. Alhamdulillah ga ada masalah dngan makan sayur dan buah mereka..semua makanan yang disajikan mau aja

Reply

alhamdulillah ya kak Dian. Karena nggak semua anak begitu. Kadang ada saja tuh anak yang enggan makan sayur. Katanya nggak doyan.

Reply

Makasih mbak sharingnya, kalau anakku alhamdulillah mau sayur, sejak pernah susah B*B, hehehe

Reply

Alhamdulillah ya kak…

Reply

Aku lagi suka makan sayur2an dengan dikukus mba … Enak deh, dan cepet pula.mempersiapkannya hehe..

Reply

Lebih sehat juga kalau dikukus ya mbak. Mantul deh

Reply

Terkadang kita sudah paham bahwa kita butuh makanan berserat namun pada kenyataannya rasa malas itu mudah menyerang ya membuat kita malas makan sayur dan buah walaupun sudah mengetahui pentingnya manfaat dari makan sayur dan buah yang mengandung serat tinggi

Reply

berarti kembali ke kesadaran diri akan pentingnya kesehatan ya kak. Semangat kakak…

Reply

Serat is koentji sih Mbaa buat BAB rutin dan serat dari sayuran ini juga jadi makanan bakteri baik di usus kita juga kan, itu yg bikin metabolisme pembuangan lantjaarrr

Reply

Kerasa banget manfaatnya makanan berserat ini mba, yaitu BAB jadi lancar. Jadi kalau sehari ga BAB bisa dibilang pasti asupan seratnya kurang.

Reply

huhuhu… itu kadang penyakit aku banget kak…

Reply
Putri Santoso

mungkin kalau aku sih mba paling suka kacang-kacangan hehehe
tapi dilemanya bikin jerawatan

Reply

nah setuju. katanya begitu. suka makan kacang suka bikin jerawatan.

Reply
Nimas achsani

Sampai aku jadi ibu, nyatanya aku masih picky eater mbak hahaha. Nggak semua bahan makanan aku mau makannya, jadi ya itu2 aja yg aku makan hahaha

Tapi alhamdulillah anak niri bapaknya, jadinya siapin menu makan juga nggak repot . Makasih sharingnya mbak

Reply

meski picky nggak papa sih asal kebutuhan serat, vitamin dan mineral lainnya tetap terpenuhi ya kak. Hehehe

Reply
Nita Juwithafina

Kebetulan banget aku lagi diet nemu tulisan ini , bisa nambah referensi dalam hal diet. karena diet pun ga boleh kekurangan serat

Reply

sepakat. jangan mentang-mentang mau diet terus nggak mau makan apa pun ya. karena meski diet, kita tetap harus menjaga pola makan. Cemiau…

Reply
Jasmi

Nah ini dia kunci sistem metabolisme yang baik. Makanan berserat akan membantu sistem metabolisme tubuh. No sembelit, BAB lancar. Lagipun makanan berserat memang masuk ke 4 sehat 5 sempurna.

Reply

betul sekali kak jasmi…

Reply
Hani

Ga usah orang lain nanya BB. Suami nanyak BB aja, aku ga mau jawab. Wkwkwk…sensitif deeeh ditanya BB. Walaupun masih proporsional sih kata aku. Tinggi badan-100. Tapi emang bener banget, makan sayur dan buah harus tuh…

Reply
Damar Aisyah

Buat kami sekeluarga buah itu wajib. Jadi meskipun terkadang anak-anak maunya makan keringan, tanpa sayur dan kuah, tapi buah gak boleh absen. Berasa kurang aja kalau gak ada buah. Meskipun secara manfaat juga emang penting buat kesehatan.

Reply
Tiana

Makasih mbak atas info nya. Bnr2 membantu untuk ku yg lgi nurunin bb

Reply

benar-benar haru selektif ya kak untuk memilih makanan berserat, karena kadang ada yang kita anggap berserat namun ternyata tidak. Btw, untuk yang diet setauku juga dianjurkan mengkonsumsi makanan berserat

Reply
Hani

Alhamdulillah berkat sarapan buah tiap hari, engga ada gangguan sembelit lagi deh. Perut rasanya bersih dan ringan…

Reply

Alhamdulillah, Kak Hani. Semangat hidup sehat, Kak. Hehehe

Reply
tari lestari

dulu saya tak suka sayur ini akhirnya saya Pub – nya jadi susah pernah sampai dua hari itu tidak Pubs otomatis perut jadi terlihat buncit. namun sekarang, saya suka tak suka harus memaksakan diri juga untuk konsumsi sayur toh ini semua juga demi diet sehat dan demi kesehatan kan kalau badan ideal juga penyakit seperti obesitas tak akan menghantui .

Reply

begitu pentingnya sayur untuk asupan serat tubuh kita ya kak. Jadi mau nggak mau harus suka. Hehehe

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEO & Blog Competition 2020

contest telkomsel 1.1

Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel