Indonesia Website Awards

Alternatif Jenis Makanan Berserat yang Kita Konsumsi


Jenis Makanan Berserat

Ada seseorang yang bertanya mengenai berat badan padaku. Spontan saja, aku menunjukkan raut wajah kecut. Dia tidak tahu apa ya? Kalau pembahasan berat badan adalah hal yang sensitif.

No hurt feeling, Yun. Aku cuma mo bilangin. Kalau kamu tuh mungkin butuh MAKANAN berserat. Yah semacam sayur-sayuran, buah ATAU kacang-kacangan sebangsa kacang almond. Begitu lho,” lanjutnya.

Kalau aku memikirkannya kembali. Mungkin seseorang itu benar. Selama ini, aku jarang makan apalagi buah. Malah, kadang aku lebih suka makan fast food. Bagiku yang ogah pegang dapur, itu adalah pilihan sederhana. Duh, nggak sehat banget dah makananku.

Meskipun demikian, sebagian besar orang kecuali pada kondisi bahwa kita memerlukan makanan berserat. Namun, hanya sedikit orang yang benar-benar memahami apa saja jenis makanan berserat yang memiliki kandungan serat tinggi.

Contohnya, serat alami banyak terdapat pada tanaman. Dimana ada dua tipe serat yang dapat dan tidak dapat larut dalam udara. Apa saja sih jenis makanan yang mengandung dua tipe serat tersebut, Geng?

Perlu kita ketahui bersama, serat alami yang dapat larut air yang terkandung pada buah, oat, jelai atau barley, guar gum, sayur dan rumput laut atau agar-agar. Sedangkan serat tidak larut air yang terkandung pada beberapa biji-bijian, gandum, dan beberapa model sayur seperti bayam. Secara umum, serat akan cepat melindungi usus sebab tidak dapat dicerna.

Manfaat Mengonsumsi Makanan Berserat untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Makanan Berserat

Related Post

Tubuh kita memerlukan serat untuk membantu sistem pencernaan agar selalu berfungsi dengan baik, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah konstipasi. Selain itu, orang yang mengonsumsi makanan yang cukup serat memiliki risiko yang lebih rendah dari penyakit stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker usus, dan kanker pankreas.

See! Begitu pentingnya serat untuk kesehatan kita, Geng.

Buat Teman-teman yang sedang diet, mengonsumsi makanan kaya serat dipercaya dapat menjaga berat badan. Mengapa demikian?

Makanan berserat membuat kita cepat merasa kenyang. Makanya, para wanita dianjurkan mengonsumsi paling tidak 21-25 gram serat per hari, sedangkan pria dianjurkan mengonsumsi 30-38 gram satu hari.

Umumnya anak umur satu sampai tiga tahun memerlukan serat kurang lebih sejumlah 16 gram perhari. Lalu anak umur empat sampai 10 tahun memerlukan serat kurang lebih sejumlah 20 sampai 25 mg perhari. Sedangkan remaja memerlukan serat paling tidak sejumlah 30-35 gram setiap harinya.

Tetapi Geng, bagaimana kita memprediksi angka ini di saat mengonsumsi makanan?

Daftar Makanan yang Memiliki Kandungan Serat Alami

Related Post

Berikut adalah daftar makanan yang mungkin bisa membantu kita dalam memprediksi kandungan serat yang biasa dikonsumsi. Kami sudah mengelompokkan sumber serat alami berdasarkan macamnya. Apa saja?

1. Sayur dan Buah

Sayur yang banyak mengandung serat diantaranya selada, lobak, wortel mentah, bengkoang, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, arugula, dan kacang panjang.

Wortel termasuk sayuran makanan berserat
Source: freepik.com

Sedangkan buah yang memiliki kandungan banyak serat diantaranya sawo, jeruk, apel, pisang, pir, mangga, nangka, persik, sukun, srikaya, beri, dan ara.

2. Beberapa Bijian Utuh

Kita bisa menemukan beberapa biji-bijian utuh di pasta atau roti yang memiliki label bijian utuh (whole grain). Selain itu, beras merah dan sereal seperti oatmeal termasuk pada makanan yang memiliki serat tinggi. Dimana hal ini bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan yang sering bermasalah.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak serat diantaranya yaitu kacang hitam, kacang polong, kacang merah, buncis, biji bunga matahari, kacang almond, dan pistachio. Kacang-kacangan ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk sistem pencernaan.

Panduan untuk Memenuhi Kepentingan Serat Harian

Beberapa panduan simpel ini dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan serat harian:

  • Pada anak, kita dapat memberikan susu anak yang memiliki kandungan serat tinggi. Hal ini bertujuan untuk melengkapi kebutuhan seratnya.
  • Sebaiknya kita tidak mengonsumsi satu jenis makanan yang serupa. Akan lebih baik jika kita mengonsumsi beberapa jenis makanan. Sehingga kebutuhan serat lebih mudah terpenuhi.
  • Kita harus mengonsumsi buah dan beberapa model sayur serta kulitnya.
  • Kita mengganti cemilan dengan buah segar atau kacang tanpa menambahkan garam dan gula.
  • Ketika kita ingin mengonsumsi makanan kemasan, sebaiknya cek kandungan seratnya terlebih dahulu.

Apabila kita memiliki anak yang kerap mengonsumsi jajanan kurang sehat. Sebaiknya kita mengajarinya untuk menukar jajanan tersebut dengan beberapa jenis makanan tinggi serat di atas.

Makan makanan berserat
Source: freepik.com

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi serat seharusnya dilakukan sejak dini. Sebab apabila tidak, akan mengakibatkan kebiasaan hidup jelek kelak saat anak beranjak dewasa.

Walaupun serat bagus untuk tubuh kita, tetapi mengonsumsi serat dalam jumlah berlebihan dapat mengakibatkan perut menjadi kembung lho Geng. Disamping itu, menyantap makanan berserat tanpa dibarengi minum air putih yang cukup malah dapat mengakibatkan konstipasi semakin parah.

Nah lho! Hati-hati dalam menakar kebutuhan serat harian kita ya Geng!

Kesimpulan

Kita perlu mengusahakan untuk menyetarakan konsumsi makanan setiap hari. Agar sistem pencernaan kita sehat.

Apabila kita memiliki situasi kesehatan yang tidak baik, maka kita bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi. Perihal jenis makanan berserat yang dapat kita konsumsi.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat diharapkan kita bisa mengetahui pilihan jenis makanan berserat yang cocok untuk dikonsumsi setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk wawasan kesehatan kita ya Geng.

Related Post

Have any Question or Comment?

76 comments on “Alternatif Jenis Makanan Berserat yang Kita Konsumsi

Yoha

Pilihan makanan sehat emang perlu diperhatikan, ya? Agar tubuh sehat..

Reply

aku suka sayur. tp males masaknya 😃 tahun ini target masak sayur sendiri

Reply

Makasih sharingnya, aku lagi diet nih mbak dengan banyak makan serat dan hitung kalori yang masuk dalam tubuh. Memang benar, serat mengenyangkan dan nol kalori dan bagus untuk pencernaan

Reply
Lasmicika

Kacang-kacangan selain kaya serat juga banyak protein nabati yang mudah dicerna ya.

Aku suka ngemil kacang2an. Eh anakku ketularan. Hehe…

Reply

Iya juga ya, aku juga mau coba deh kacang-kacangan karena benar juga kita butuh protein nabati yang menyehatkan

Reply

Aku juga senang kacang-kacangan. Tapi pernah juga aku kena batunya. Ceritanya, aku mengolah kacang-kacangan jadi bumbu rujak. Bumbu rujaknya aku pakai buat nyocolin buah. Enak lho jadinya. Eeeh.. baru selesai makan rujak buah, 1 jam kemudian aku kebelet pingin ke toilet. Alhasil, seharian itu aku bolak-balik ke toilet sampai 4 kali :))

Reply

ini tu antara memang kacang-kacangan mengandung serat dan memperlancar pencernaan sama kebanyakan cabe ya kak vick.. Hehehehe

Reply

semoga sukses dengan dietnya ya kakak…

Reply

oats kesukaanku, dicampur susu udah enak banget 😀

Reply

Tetap ya mbak berpedoman kepada jangan berlebihan atau kekurangan, yang seimbang. Kalau saya sekarang juga mulai membiasakan diri mengkonsumsi buah2an hampir tiap hari, sejak pandemi. Buat jaga2 diri, dan mencoba mengurangi makanan yang mengandung minyak berlebih. Untuk anak2 ini yang masih agak susah kalau harus di minta makan sayur yang beragam, maunya ajeg yang di sukai saja. Tapi dengan bertambahnya usia mungkin juga mulai mau ya mencoba aneka sayur, terutama yang mengadung serat.

Reply

yups.. karena yang terlalu itu memang kurang bagus, kak. Hehehe

Reply

Info yang sangat bermanfaat dan seringkali terlupakan. Apalagi sekarang banyak fastfood yang lebih mudah dan disukai anak-anak.

Reply

Yes, menyetarakan konsumsi tiap hari…penting sekali. Maka aku sejaka anak-anak kecil mengatur sendiri asupan makanan mereka. Dan membiasakan makan seimbang termasuk serat. Alhamdulillah ga ada masalah dngan makan sayur dan buah mereka..semua makanan yang disajikan mau aja

Reply

alhamdulillah ya kak Dian. Karena nggak semua anak begitu. Kadang ada saja tuh anak yang enggan makan sayur. Katanya nggak doyan.

Reply

Makasih mbak sharingnya, kalau anakku alhamdulillah mau sayur, sejak pernah susah B*B, hehehe

Reply

Alhamdulillah ya kak…

Reply

Aku lagi suka makan sayur2an dengan dikukus mba … Enak deh, dan cepet pula.mempersiapkannya hehe..

Reply

Lebih sehat juga kalau dikukus ya mbak. Mantul deh

Reply
Angrumaoshi

Terkadang kita sudah paham bahwa kita butuh makanan berserat namun pada kenyataannya rasa malas itu mudah menyerang ya membuat kita malas makan sayur dan buah walaupun sudah mengetahui pentingnya manfaat dari makan sayur dan buah yang mengandung serat tinggi

Reply

berarti kembali ke kesadaran diri akan pentingnya kesehatan ya kak. Semangat kakak…

Reply

Serat is koentji sih Mbaa buat BAB rutin dan serat dari sayuran ini juga jadi makanan bakteri baik di usus kita juga kan, itu yg bikin metabolisme pembuangan lantjaarrr

Reply

Kerasa banget manfaatnya makanan berserat ini mba, yaitu BAB jadi lancar. Jadi kalau sehari ga BAB bisa dibilang pasti asupan seratnya kurang.

Reply

huhuhu… itu kadang penyakit aku banget kak…

Reply

Wah gitu ya. Makanan berserat harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup, kalau ga malah konstipasi. Noted deh…
Buah-buahan dan sayur memang penting banget untuk penyeimbang diet kita yah…

Reply

karena aku penyuka makanan mie, jadi aku cari alternatif mie yang sehat dan penuh serat., mie pilihanku yaitu mie shirataki. enak juga loh mbak bisa dibikin berbagai macam masakan dan tentunya sehat dan banyak serat

Reply

Saya nih yang gak suka makan sayur utuh, lebih suka dalam bentuk cair, termasuk minum jamu gitu malah doyan. Kalau buah masih mendinglah daripada sayur. Untungnya sekarang banyak jenis suplemen makanan yang bentuknya cair, jadi langsung glek glek dan bisa masuk sekaligus dalam jumlah banyak.

Reply

Serat memang penting bangrt utk menyempurnakan asupan harian ya mbak. Aku si Alhamdhulilah suka buah dan sayur. Tiap hari harus ada skr membiasakan diri konsumsi oatmeal atau roti gandum tiap hari biar tambahan serat juga

Reply

aku suka sayur kok
sayur apa aja mau kucoba
karena aku sadar bahwa aku butuh serat banget

Reply

Iya, anak-anak harus dibiasakan sejak dini suka makan sayur dan buah biar pencernaannya tetap sehat hingga dewasa nanti ya

Reply

Makan sayur n buah2an itu penting bgt ya mb..yg byk serat terutama baik u usus dan pencernaan. Alhamdulillah di masa pandemi ini anak2 jd makin suka sayur n buah2an krn kecrewetan emaknya

Reply

Iya penting banget konsumsi serat setiap harinya. Kalau kurang serat saya pasti jadi susah BAB dan berimbas ke hal lainnya seperti badan mudah capek dan muka jerawatan.

Reply

benar banget mbak, anak anak masih susah makan makanan berserat , tapi emang harus selalu dicoba ya
karena makanan berserat emang banyak manfaatnya

Reply

Mengonsumsi makanan berserat dengan jumlah yang cukup, memang dapat menyehatkan tubuh, terutama organ pencernaan. Selain itu juga jadi terhindar dari sembelit.

Reply
Putri Santoso

mungkin kalau aku sih mba paling suka kacang-kacangan hehehe
tapi dilemanya bikin jerawatan

Reply

nah setuju. katanya begitu. suka makan kacang suka bikin jerawatan.

Reply

Asupan berserat harus setiap hari dikonsumsi yah untuk kesehatan pencernaan, meski kadang suka males makannya hehe

Reply

Setuju pake banget.
Makanan setiap hari, memang sebaiknya mewajibkan ada yang berserat.
Antara sayur atau buah, bahkan boleh banget keduanya.

Alhamdulillah, serumah, selalu suka dimasakin sayuran apa saja.

Reply

Ternyata terlalu banyak serat juga ga bagus yaa.. malah ga maksimal penyerapannya.
Oke, harus mulai diperhatikan nih komposisi serat dalam bahan pangan yang kita asup setiap hari.

Reply

Duh, asupan seratku juga belum mencukupi, deh keknya.
Mana jadi sering makan gorengan dan manis-manis. Harus ubah pola makan ini…

Reply

Membiasakan anak makan sayur emang perjuangan banget buat para ibu. Heran juga kenapa banyak banget anak-anak yang picky eater gitu, termasuk anak-anak saya dulu

Reply

Badanku termasuk gak gampang gemuk. Sebenarnya seneng sih begini. Tapi tetap aja gak boleh sembarangan apa aja dimakan ya. Gizi seimbang harus jadi prioritas

Reply

Betul kak.. banyak makan sayur berserat tinggi tanpa dibarengi air minum yang cukup akan membuat anak malah semakin konstipasi. Kejadian nih dulu sama anakku yang nomor satu. Dia setiap hari makannya sayur dan buah tetapi lupa untuk minum air ketika sedang di sekolah. Akhirnya sampe terjadi konstipasi parah dan wasir

Reply
Nimas achsani

Sampai aku jadi ibu, nyatanya aku masih picky eater mbak hahaha. Nggak semua bahan makanan aku mau makannya, jadi ya itu2 aja yg aku makan hahaha

Tapi alhamdulillah anak niri bapaknya, jadinya siapin menu makan juga nggak repot . Makasih sharingnya mbak

Reply

meski picky nggak papa sih asal kebutuhan serat, vitamin dan mineral lainnya tetap terpenuhi ya kak. Hehehe

Reply
Nita Juwithafina

Kebetulan banget aku lagi diet nemu tulisan ini , bisa nambah referensi dalam hal diet. karena diet pun ga boleh kekurangan serat

Reply

sepakat. jangan mentang-mentang mau diet terus nggak mau makan apa pun ya. karena meski diet, kita tetap harus menjaga pola makan. Cemiau…

Reply

Sayuran dan buah memang harus ada dalam tiap menu makanan harian kita ya, dan buah menu favorit di rumah.

Reply

Jleb banget ini, aku juga suka jajan. GoFo** wkwkwk
Saking suka malas masuk dapur. Tapi sejak pindah rumah mencoba untuk masak sih sekarang ini. Walau belum kategori yang sehat banget, tapi sedang berusaha. APalagi untuk makanan berserat, sedang diusahakan ada setiap hari HEhe

Reply

Nah bener. Buah dan sayur itu tinggi serat loh. Tapi masalahnya kalo gak doyan buah dan sayur itu yang susah, kak

Reply
Jasmi

Nah ini dia kunci sistem metabolisme yang baik. Makanan berserat akan membantu sistem metabolisme tubuh. No sembelit, BAB lancar. Lagipun makanan berserat memang masuk ke 4 sehat 5 sempurna.

Reply

betul sekali kak jasmi…

Reply

Berarti udah bener aku tiap pagi makan oatmeal beraneka bijian itu ya Mba, semoga tahun baru gaya hidup juga baru yang lebih sehat, pastinya

Reply

Utk sayur dan buah insya Allah aku sudah terbiasa, sedangkan untuk yang biji2an utuh itu yang belum.. Terima kasih infonya mba..

Reply

salah satu resolusi tahun 2021 adalah porsi makanan sayur lebih banyak di piring, soalnya sebelumnya yang banyak malah nasi oalah

Reply

Serat ga boleh di skip salam menu setiap hari ya mbak.. bisa diganti2 juga biar ga bosen ya tp yg pasti sayur dan buah itu wajib ada

Reply

nah ini resolusiku 2021. lebih banyak makan sayur dan buah, ngurangi makanan berlemak hehe. Intinya ingin hidup lebih sehat sih. Anakku juga masih tahap aku kenalin buah-buahan juga. Mulai yang asam, yang manis, dan buah berbagai warna juga 🙂

Reply
Hani

Ga usah orang lain nanya BB. Suami nanyak BB aja, aku ga mau jawab. Wkwkwk…sensitif deeeh ditanya BB. Walaupun masih proporsional sih kata aku. Tinggi badan-100. Tapi emang bener banget, makan sayur dan buah harus tuh…

Reply

setuju mbak, makan memang harus seimbang. Serat penting tapi klo berlebihan juga malah bikin sakit ya. Untuk asupan serat anak2, walopun hanya buah dan sayur tertentu yang dimau, masih besyukur deh daripada nggak sama sekali.

Reply

Sepakat.
Makanan berserat, super duper penting dimasukkan di asupan keseharian
Saking banyaknya manfaat serba baik bagi tubuh.

Reply

Makan-makanan yg berserat itu mmg penting hrs dibiasakan semenjak dini ya mbak..aplg di masa pandemi kyk gini kita hrs jaga kesehatan diantaranya dg makan makanan berserat

Reply
Damar Aisyah

Buat kami sekeluarga buah itu wajib. Jadi meskipun terkadang anak-anak maunya makan keringan, tanpa sayur dan kuah, tapi buah gak boleh absen. Berasa kurang aja kalau gak ada buah. Meskipun secara manfaat juga emang penting buat kesehatan.

Reply
Angrumaoshi

Baru tahu loh Ternyata kalau kebanyakan makan makanan berserat ternyata bisa bikin kembung. Terima kasih infonya.

Reply

Dulu saat gadis aku termasuk pemilih soal sayur..Jadi serat banyakan dari buah. Syukurnya suami demen banget sayur..apa aja. Akhirnya anak-anak lihat Bapaknya makan sayur dengan bahagia ikutan juga hahaha. Jadi deh ga masalh kalau soal kebutuhan serat di rumah. Anak-anak juga hampir semua sayur mau, baik yang diolah maupun mentah

Reply

Akutu syedih kadang mba .. selama pandemi BB ku naik 5 kg huhuhu. Niatnya gak pengen sakit makan banyak tapi ternyata ya gitu deh. PR milih makanan berserat yg oke biar badan tetep fit tapi gak naik BB nya. Makasih yaaa tulisan ini reminder biar aku harus jalani hidup lbh sehat.

Reply

Saya paling gak bisa kalau hidanga sehari-hari tanpa makanan berserat. Diusahakan setiap hari makan sayur dan buah. Soalnya kalau tanpa makanan berserat suka gak lancar BABnya hehehe

Reply
Tiana

Makasih mbak atas info nya. Bnr2 membantu untuk ku yg lgi nurunin bb

Reply

benar-benar haru selektif ya kak untuk memilih makanan berserat, karena kadang ada yang kita anggap berserat namun ternyata tidak. Btw, untuk yang diet setauku juga dianjurkan mengkonsumsi makanan berserat

Reply

Serat punya manfaat banyak bagi tubuh, kekurangannya bisa menimbulkan dampak bahkan penyakit yang tidak kita inginkan. Saat ini sayur dan buah yang rutin aku konsumsi buat asupan serat. Sementara kacang-kacangan agak dikurangi karna sudah mulai kena asam urat huhuhu

Reply
Hani

Alhamdulillah berkat sarapan buah tiap hari, engga ada gangguan sembelit lagi deh. Perut rasanya bersih dan ringan…

Reply

Alhamdulillah, Kak Hani. Semangat hidup sehat, Kak. Hehehe

Reply

Saya selalu mengusahakan ada sayur dan buah setiap hari di rumah, supaya semua anggota keluarga bisa merasakan manfaat makanan berserat. Jadi gak ada keluhan susah BAB lagi.

Reply

Saya akui masih kurang juga mengonsumsi buah dan sayur secara rutin, apalagi kalau sudah di tempat kerja, lalu sibuk banyak kerjaan, maka makan pun seketemunya saja yang dimakan…

Reply
tari lestari

dulu saya tak suka sayur ini akhirnya saya Pub – nya jadi susah pernah sampai dua hari itu tidak Pubs otomatis perut jadi terlihat buncit. namun sekarang, saya suka tak suka harus memaksakan diri juga untuk konsumsi sayur toh ini semua juga demi diet sehat dan demi kesehatan kan kalau badan ideal juga penyakit seperti obesitas tak akan menghantui .

Reply

begitu pentingnya sayur untuk asupan serat tubuh kita ya kak. Jadi mau nggak mau harus suka. Hehehe

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger