Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh

6 Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh – Nggak perduli kita sedang menghadapi virus covid-19 atau nggak, satu hal yang pasti kita harus memiliki system imunitas tubuh yang bagus. Karena kita nggak akan tahu, betapa mahalnya nikmat sehat yang kita miliki hingga kita kehilangannya.

Kebayang dong, pas kita sakit tu rasanya gimana?

Yupz. Apa pun yang kita lakukan rasanya nggak akan nyaman. Selain itu, kita juga nggak tahu lagi gimana nikmatnya makanan-makanan yang biasanya kita sukai. Betul ‘kan?

Belum lagi, kita akan kehilangan pancaran semangat di wajah kita. Dan jangan heran, kalau pada akhirnya kita menjadi lemah, kuyu dan redup. Pokoknya nggak bangetlah, Geng.

Jadi Sahabat Filia selagi kita sehat harus banyak-banyak bersyukur. Nggak baik lho mengeluhkan ini dan itu, sementara ada banyak orang yang hidupnya kurang beruntung dibanding dengan hidup kita. Setuju ya? Hehehe…

Kali ini, Filia Suka Nulis akan membagikan cara meningkatkan Imunitas Tubuh yang bisa diterapkan oleh siapa saja. Kalau ditanya, apakah mbak sista mimin yang cakepnya nggak ketolongan sudah menerapkan cara-cara ini?

Maka ijinkanlah daku menjawab. Beberapa sudah dan beberapa yang lain menyontek teman yang sudah menerapkannya. Begitulah…

Beberapa Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh yang Bisa Dicoba

Imunitas tubuh yang kuat itu penting. Apalagi di masa-masa pandemic seperti sekarang ini. Dimana virus apa pun nggak akan berkutik jika berhadapan dengannya.

Jangan kata virus flu, kuman dan bakteri. Bahkan kata pakar virology yang kerjaannya mainan sama virus menyebutkan kalau virus akan kalah jika imunitas tubuh kita kuat. Oho…

Hal ini bukan berarti menjadikan kita yang sehat lantas jumawa. Sok kuat. Menganggap imunitasnya sudah cukup hebat. Hingga nggak mau lagi perduli sama anjuran pemerintah ya.

Tetap saja. Kita nggak boleh sombong. Kalau nggak ada kepentingan apa pun, nggak perlu keluyuran. Lebih baik #dirumahaja. Bisa saja karena kepentingan mendesak atau memang karena sebuah kewajiban mengharuskan kita ke luar rumah. Tapi kita harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Jadi, apa saja sih cara meningkatkan system kekebalan tubuh kita? Baiklah, mari kita ulas satu demi satu.

Rajin Puasa

Pertama, rajin puasa. Sengaja sih menyebutkan puasa di urutan pertama. Karena, saat menuliskan artikel ini, kita sedang berada di bulan suci Ramadhan. Dimana sebagai umat muslim, kita diwajibkan berpuasa.

Tapi, mengapa puasa bisa meningkatkan system imun?

Dalam sebuah artikel yang dipost di web health.grid.id menyebutkan bahwa para ilmuwan di University of Southern California melakukan sebuah penelitian. Dimana dari hasil penelitian itu mengatakan bahwa puasa selama tiga hari memiliki peningkatan signifikan dalam kesehatan.

Peningkatan dalam hal apa memangnya?

Menurut hasil penelitian mereka, rasa lapar dapat memicu sel induk menciptakan sel darah putih baru. Dimana sel darah putih baru inilah yang mendasari regenerasi seluruh system kekebalan tubuh.

Menghindari Stress

Tentu kalian sudah pernah dengan tentang istilah Mens Sana In Corpore Sano ya. Tahu dong apa artinya itu?

Yupz, pikiran sehat dalam tubuh yang sehat.

Jadi, sebisa mungkin kita kelola pikiran kita. Hindari hal-hal yang bisa membuat kita stress. Tapi, bukan berarti kita harus menghindari masalah ya. Kalau itu sih bukannya bebas dari stress, eh kita malah menunda-nunda penyelesaiannya. Hehehe…

Rajin Olahraga

Kalau rajin olahraga mah udah jelas lah ya. Kita nggak akan meragukan lagi kalau olahraga bisa menjaga tubuh kita tetap sehat. Malah, kita bisa dapat bonus langsing lho.

Aniwei, olahraga sejatinya bisa merangsang kinerja sel darah putih lho. Sehingga membantu meningkatkan system kekebalan tubuh juga. Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi stress, memperkuat otot dan tulang dan membuat tidur lebih nyenyak.

Terus olahraga yang baik itu yang bagaimana?

Pokoknya mah yang rutin. Sekali pun hanya 20-30 menit dan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang atau bersepeda. Itu tetap saja lebih baik dari pada nggak sama sekali.

Istirahat yang Cukup

Kadang tanpa kita sadari, kita terserang penyakit tu di saat tubuh kita lelah. Belum lagi kalau ditambah dengan beban pikiran yang berat. Wah, alamat virus, kuman dan bakteri lebih gampang masuk ke dalam tubuh dah. Mereka akan mudah menyerang dan mengalahkan Negara api dalam tubuh kita. Duh, apalah ini. Hehehe…

Beda cerita kalau kita punya waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Tubuh kita akan lebih banyak memproduksi antibody. Sehingga infeksi dapat dicegah dengan mudah. Gitu deh.

Mendapat sinar Matahari yang Cukup

Di masa-masa pandemic seperti sekarang ini kita dianjurkan untuk berjemur. Jangan lagi dah kalian mengeluh betapa panasnya sinar matahari. Kalau saja kita lupa, itu para turis yang berlibur ke Indonesia, merogoh koceknya, cuma agar bisa berjemur.

Lha kita yang dapat gratisan masa mau menyia-nyiakan. Nggak boleh ya.

Ika menuliskan dalam liputannya yang di posting di web ugm.ac.id berjudul Berjemur Sinar Matahari Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh bahwa tubuh manusia memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan vitamin D di dalam tubuh. Hal ini dikatakan oleh seorang Guru Besar FKKMK UGM, Prof. dr. Madarina Julia, Sp. A(K), MPH,. Ph. D.

Vitamin D inilah yang punya efek imunomodulator yang bisa memperbaiki system imun tubuh.

Mengonsumsi Minuman Herbal Beberapa Rempah

Pernah dengar dong Bapak Presiden rajin mengonsumsi minuman herbal temulawak dan jahe. Nah, usut punya usut temulawak, jahe dan kunyit ternyata mampu meningkatkan system imun tubuh lho.

Jadi, herbal kunyit dan temulawak mengandung kurkumin. Sedangkan jahe mengandung gingerol. Dimana kedua zat itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita jika diminum secara rutin. Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro) Kementerian Pertanian, Evi Savitri Iriani.

Kekhawatiran terhadap penyebaran virus itu perlu. Tapi jangan terlalu paranoid lalu kemudian menutup mata hati ya. Hingga banyak sekali berita mengenai penolakan jenazah pasien covid-19 dan sebagainya itu.

Duh, coba dong kita bayangkan kalau jadi keluarga si mayit. Bagaimana hancur leburnya perasaan mereka? Sudah nggak bisa merawat di kala sakit. Eh, pas giliran dipanggil pulang oleh Sang Pencipta malah ada hal-hal yang nggak menyenangkan.

Tetap tenang ya, Teman. Kita selalu punya usaha untuk menghindari bahaya. Misalkan saja dengan meningkatkan imunitas tubuh kita. Mematuhi anjuran pemerintah dan nggak menganggap remeh suatu urusan. Yakinlah semua akan baik-baik saja. Semoga masa sulit ini segera berlalu. #dirumahaja dulu ya Geng.

With Love
Filia Suka Nulis

Sumber :
1. Artikel berjudul Temulawak, Jahe, dan Kunyit, Tiga Rempah Ini Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, diterbitkan di Web cirebon tribunnews dot com
2. Artikel berjudul Siapa Sangka, Puasa Mampu Tingkatkan Daya Tubuh Bisa Lawan Covid-1, diterbitkan di web health dot grid dot id
3. Artikel berjudul Berjemur Sinar Matahari Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh, diterbitkan di web ugm dot ac dot id

10 comments

  1. Iya mba Yun, menjaga kesehatan itu penting ada maupun tidak ada Covid-19. Karena menjaga kesehatan adalah bentuk syukur kita pada Rabb dengan cara menjaga amanah kesehatan yang sudah diberikan ya. Semoga kita istiqomah ya menerapkan gaya hidup sehat.

  2. Aku berusaha lakukan tuh tiap pagi, jemur. Kalau badan udh hangat malah terasa segar.
    Ternyata meningkatkan imun tubuh ya….

  3. Mantap nih tipsnya. Ternyata puasa bisa meningkatkan imun yaa. Berarti pas banget momennya pas wabah eh di bulan puasa. tapi sedihnya ga bisa kumpul tarawih jamaah di masjid. Dan belum kepikiran solat ied nanti gimana

  4. Dua kebiasaan menjaga kesehatan tubuh yang baru saya lakuin setelah ada pandemi ini yaitu berjemur dan minum rebusan rempah.
    Biasanya jarang sekali sengaja berjemur dan lebih sering minum perasan air jeruk hangat.
    Mudah-mudahan nanti bisa dijadikan kebiasaan, ya…

  5. Duh, seminggu terakhir aku memang dikepung pekerjaan. Waktu tidur berkurang banget. Udah nggak sempat berjemur dan olahraga juga. Jadilah nih mulai bersin-bersin. Memang ya, diri kita sendiri yang sebenarnya paling tahu sama kondisi tubuh. Buka puasa nanti, harus segera dilibas nih sama rempah-rempahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *