Indonesia Website Awards

Probiotik – Mengenal Spesies dan Manfaatnya untuk Kesehatan


MEngenal probiotik

Beberapa waktu belakangan ini, aku mulai rutin mengonsumsi minuman probiotik. Katanya minuman tersebut mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Sehingga, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi saat kondisi dunia sedang nggak baik-baik saja seperti sekarang. Memiliki imunitas yang tinggi sudah layaknya kebutuhan primer saja. Harus segera terpenuhi.

Kita bisa menemukan minuman ini dalam bentuk susu probiotik, yoghurt dan lain sebagainya yang memiliki label probiotik. Kalau aku, jelas akan memilih yoghurt ketimbang susu. Karena, aku memang nggak begitu menyukai minuman tersebut kecuali memiliki perasa lain seperti coklat, strawberry dan lain sebagainya. Bagaimana dengan kalian?

Apa itu Probiotik?

Mengapa sih minuman berbakteri itu justru penting untuk kesehatan? Memangnya probiotik itu apa? Apakah ia semacam multivitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita?

Probiotik adalah bakteri hidup yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan dan kehidupan inangnya. Jadi, bakteri yang sengaja diisolasi dengan berbagai tujuan seperti anti diare dan lain-lain.

Makanya, bukan hal yang mengherankan jika banyak sekali produsen susu fermentasi dan makanan yang melabeli produk mereka dengan bakteri hidup tersebut. Karena memang sudah banyak masyarakat yang merasa bahwa kandungan ini bagus untuk kesehatan. Apakah kalian juga termasuk?

Kriteria Probiotik yang Efektif

Meski probiotik dibilang bakteri hidup yang menguntungkan, tapi nggak semua bakteri bisa digunakan ya. Pertama, karena nggak semua bakteri itu baik. Ada juga yang jahat lho. Malah bikin penyakit dan mengganggu banget. Alasan kedua karena ada beberapa kriteria yang kudu dimiliki makhluk mungil itu agar efektif.

Berikut ini kriteria yang probiotik yang efektif, diantaranya:

  1. Bakteri harus memiliki sel besar hidup dan mampu bertahan. Selain itu mereka juga harus mampu melakukan metabolisme dalam usus halus manusia yang memberikan efek positif bagi kehidupan mikroflora di sana.
  2. Mereka harus mampu menempel pada sel epitel usus manusia.
  3. Mereka juga harus mampu membentuk koloni pada saluran pencernaan.
  4. Bakteri isolate harus mampu menghasilkan zat anti mikroba.
  5. Hal yang terpentingnya adalah mereka harus memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi kesehatan manusia.

Kelima syarat itu memang penting. Namun, ada hal yang nggak kalah penting yaitu bakteri isolate nggak boleh bersifat patogen dan aman jika dikonsumsi. Jadi, nggak sembarangan mengisolasi bakteri hidup menjadi probiotik ya. Selain itu, ada spesies khusus yang sering digunakan untuk produk-produk yang sudah beredar.

Spesies Probiotik yang Banyak Digunakan pada Produk yang Beredar

Tahukah kalian ada berapa spesies probiotik? Menurutku sih banyak. Tapi, bisakah kita menyebutkan spesies apa saja yang sering digunakan pada minuman yang beredar?

Ada dua jenis bakteri yang digunakan untuk produk minuman berbakteri yang beredar saat ini, diantaranya:

  1. Lactobacillus seperti Lactobacillus casei shirota strain pada Yakult, Lactobacillus rhamnosus pada susu Dancow 5+ Nutritods, dan lain sebagainya.
  2. Bifidobacterium seperti pada yoghurt chimory dan lain-lain.

Jenis Probiotik

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan

Ketika kita rutin mengonsumsi minuman berbakteri, baik dari susu, yoghurt dan lain-lain, maka ada manfaat kesehatan yang akan kita peroleh, diantaranya:

  1. Meningkatkan system imunitas nonspesifik.
  2. Dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan.
  3. Bifidobacterium mampu meningkatkan produksi sitokin pada orang yang sehat.
  4. Membantu mengatasi konstipasi.
  5. Dapat mengatasi diare.
  6. Mampu meningkatkan penyerapan gizi.
  7. Menurunkan aktivitas beracun dari mikroorganisme serta menjaga gangguan dalam penyerapan air yang dapat mengakibatkan translokasi bakteri ke aliran darah.

Kesimpulan

Tuh kan. Ada banyak banget manfaat mengonsumsi produk bakteri hidup yang menguntungkan untuk kesehatan secara rutin. Meski begitu, kita harus memastikan bahwa kita mengonsumsi probiotik aktif ya. Mengapa? Agar manfaatnya benar-benar kita rasakan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Bahan bacaan

  1. Widyaningsih, Endang Nur. PERAN PROBIOTIK UNTUK KESEHATAN. 2011. Jurnal Kesehatan
  2. Nelintong, dkk. Aktivitas Antibakteri Susu Probiotik Lactobacilli Terhadap Bakteri Penyebab Diare (Escherichia coli, Salmonella typhimurium, Vibrio cholerae). Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia. 2015. Surabaya

Have any Question or Comment?

17 comments on “Probiotik – Mengenal Spesies dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Jadi paham sekarang, Probiotik adalah bakteri hidup yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan dan kehidupan inangnya 👍

Reply

Setuju kak, kita harus rutin minum minuman susu fermentasi seperti yakult atau yogurt. kedua susu ini mengandung bakteri baik/probiotik yang bisa melawan infeksi akibat bakteri jahat di dalam usus. Selain itu, minum probiotik juga membantu melancarkan pencernaan.

Yogurt dan yakult saya suka dan selalu tersedia di kulkas, karena gak tahu nih badan jadi enteng kalo dah minum yakult, misalnya. Thanks infonya. Saya berharap teman2 pembaca juga minum susu fermentasi asam laktat di atas ya?

Reply

Seperti yakult gitu ya kak?

Aku juga baru paham manfaat dan jenis prebiotik setelah kakak tulis artikel ini loh.

Dan memang ya, bakteri itu gak semua jahat ternyata. Ada juga yang menguntungkan bagi manusia

Reply

wah baca ini jadi makin tahu tentang prebiotik dan manfaatnya bagi kesehatan
oke, mulai sekarang mau rutin konsumsi produk probiotik ah

Reply
firsty

molly makan probiotik supaya babnya lancar. hahaa.. penting juga nih makan probiotik setiap hari. apalagi sekarang udah banyak makanan dan minuman enak yang mengandung probiotik

Reply

Pribiotik penting banget untuk menyehatkan pencernaan kita. Apalagi di zaman sekarang, makanan semakin beragam. Anak-anak kita sering makan makanan beli di luar. Kita bisa mengcounter mereka dengan pribiotik ini.

Reply

Wah banyak sekali manfaat dari bakteri baik ini ya… Terima kasih ya tulisannya bermanfaat banget nih…

Reply

Noted, probiotik banyak manfaatnya tapi pastikan konsumsi probiotik aktif agar manfaatnya bisa dirasakan dengan baik. Btw, kalau anak-anakku suka susu, yoghurt dan produk berbakteri yang disebutkan di artikel ini, semoga membawa kebaikan buat kesehatan mereka

Reply

Aku rutin minum YAKULT, mba
beneran ini jadi minuman favortku banget
rasanya enak plus jadi gampang buat “ke belakang”

Reply

Wah ternyata efek baiknya banyak banget ya. Jadi pengen rutin mengkonsumsi minuman probiotik. Selama ini saya minum yoghurt hanya dalam waktu-waktu tertentu saja. Misal saat kondisi tubuh sedang tidak begitu prima.

Reply

Jadi intinya jangan sembarang percaya ya asal dibilang minuman probiotik langsung terima mentah-mentah, padahal ada kriterianya

Reply

Kalau saya lebih suka minum susu di banding yoghurt, walau saat ini sudah ada yoghurt dengan aneka pilihan rasa.

Reply

Mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan agar imunitas meningkat, probiotik ini biaa dibeli di saat pencernaan kita bermasalah, apa seperti itu? Karena dulu pernah mendampingi periksa.

Reply

Minuman prebiotik ini biasanya ada di Yoghurt ya kak. Wah harus beli youghurt ya kalau gitu. Supaya penceranaan sehat dan pembuangan bisa jadi lancar

Reply

Kita samaaaa, akupun ga suka susu mba :D. Apalagi yg putih, jangankan minum, baru kecium baunya aja, aku udh muntah mba. Zaman sekolah, mama selalu maksain minum susu pagi2, itu jujur aja aku buang ke pot bunga wkwkwkk.pernah dipaksa minum, tp aku muntah. Akhirnya susuku dicampur Milo supaya ga eneg. Baru aku bisa minum .

Sampe skr pun, aku LBH prefer pilih yoghurt drpd susu. Tiap hari aku stok yoghurt di rumah. Yg plain. Soalnya pernah dokter kandungan juga nyaranin, minum yoghurt ATO Yakult stiap hari, Krn itu juga bagus utk mencegah keputihan. Makanya aku rutin. Dan sejak tiap hari minum, berasa banget pencernaan lancar, dan ga ada masalah keputihan ATO apapun yg menyangkut pencernaan

Reply

Selain di yoghurt, probiotik bisa kita dapatkan di makanan fermentasi seperti tempe dan kimchi. Jadi kalau gak suka susu dan turunannya boleh banget makan makanan berfermentasi saja.

Reply

Betul sekali, Kakak…. Kita tinggal pilih aja sumber probiotik yang kita sukai.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *