Probiotik – Mengenal Spesies dan Manfaatnya untuk Kesehatan


MEngenal probiotik

Beberapa waktu belakangan ini, aku mulai rutin mengonsumsi minuman probiotik. Katanya minuman tersebut mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Sehingga, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi saat kondisi dunia sedang nggak baik-baik saja seperti sekarang. Memiliki imunitas yang tinggi sudah layaknya kebutuhan primer saja. Harus segera terpenuhi.

Kita bisa menemukan minuman ini dalam bentuk susu probiotik, yoghurt dan lain sebagainya yang memiliki label probiotik. Kalau aku, jelas akan memilih yoghurt ketimbang susu. Karena, aku memang nggak begitu menyukai minuman tersebut kecuali memiliki perasa lain seperti coklat, strawberry dan lain sebagainya. Bagaimana dengan kalian?

Apa itu Probiotik?

Mengapa sih minuman berbakteri itu justru penting untuk kesehatan? Memangnya probiotik itu apa? Apakah ia semacam multivitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita?

Probiotik adalah bakteri hidup yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan dan kehidupan inangnya. Jadi, bakteri yang sengaja diisolasi dengan berbagai tujuan seperti anti diare dan lain-lain.

Makanya, bukan hal yang mengherankan jika banyak sekali produsen susu fermentasi dan makanan yang melabeli produk mereka dengan bakteri hidup tersebut. Karena memang sudah banyak masyarakat yang merasa bahwa kandungan ini bagus untuk kesehatan. Apakah kalian juga termasuk?

Kriteria Probiotik yang Efektif

Meski probiotik dibilang bakteri hidup yang menguntungkan, tapi nggak semua bakteri bisa digunakan ya. Pertama, karena nggak semua bakteri itu baik. Ada juga yang jahat lho. Malah bikin penyakit dan mengganggu banget. Alasan kedua karena ada beberapa kriteria yang kudu dimiliki makhluk mungil itu agar efektif.

Berikut ini kriteria yang probiotik yang efektif, diantaranya:

  1. Bakteri harus memiliki sel besar hidup dan mampu bertahan. Selain itu mereka juga harus mampu melakukan metabolisme dalam usus halus manusia yang memberikan efek positif bagi kehidupan mikroflora di sana.
  2. Mereka harus mampu menempel pada sel epitel usus manusia.
  3. Mereka juga harus mampu membentuk koloni pada saluran pencernaan.
  4. Bakteri isolate harus mampu menghasilkan zat anti mikroba.
  5. Hal yang terpentingnya adalah mereka harus memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi kesehatan manusia.

Kelima syarat itu memang penting. Namun, ada hal yang nggak kalah penting yaitu bakteri isolate nggak boleh bersifat patogen dan aman jika dikonsumsi. Jadi, nggak sembarangan mengisolasi bakteri hidup menjadi probiotik ya. Selain itu, ada spesies khusus yang sering digunakan untuk produk-produk yang sudah beredar.

Spesies Probiotik yang Banyak Digunakan pada Produk yang Beredar

Tahukah kalian ada berapa spesies probiotik? Menurutku sih banyak. Tapi, bisakah kita menyebutkan spesies apa saja yang sering digunakan pada minuman yang beredar?

Ada dua jenis bakteri yang digunakan untuk produk minuman berbakteri yang beredar saat ini, diantaranya:

  1. Lactobacillus seperti Lactobacillus casei shirota strain pada Yakult, Lactobacillus rhamnosus pada susu Dancow 5+ Nutritods, dan lain sebagainya.
  2. Bifidobacterium seperti pada yoghurt chimory dan lain-lain.

Jenis Probiotik

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan

Ketika kita rutin mengonsumsi minuman berbakteri, baik dari susu, yoghurt dan lain-lain, maka ada manfaat kesehatan yang akan kita peroleh, diantaranya:

  1. Meningkatkan system imunitas nonspesifik.
  2. Dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan.
  3. Bifidobacterium mampu meningkatkan produksi sitokin pada orang yang sehat.
  4. Membantu mengatasi konstipasi.
  5. Dapat mengatasi diare.
  6. Mampu meningkatkan penyerapan gizi.
  7. Menurunkan aktivitas beracun dari mikroorganisme serta menjaga gangguan dalam penyerapan air yang dapat mengakibatkan translokasi bakteri ke aliran darah.

Kesimpulan

Tuh kan. Ada banyak banget manfaat mengonsumsi produk bakteri hidup yang menguntungkan untuk kesehatan secara rutin. Meski begitu, kita harus memastikan bahwa kita mengonsumsi probiotik aktif ya. Mengapa? Agar manfaatnya benar-benar kita rasakan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Bahan bacaan

  1. Widyaningsih, Endang Nur. PERAN PROBIOTIK UNTUK KESEHATAN. 2011. Jurnal Kesehatan
  2. Nelintong, dkk. Aktivitas Antibakteri Susu Probiotik Lactobacilli Terhadap Bakteri Penyebab Diare (Escherichia coli, Salmonella typhimurium, Vibrio cholerae). Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia. 2015. Surabaya

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promotion

You May Like This

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel