5 Tips Memilih Gudang Sesuai Standar Sewa Gudang


sewa gudang murah

Standar Sewa Gudang – Beberapa perusahaan besar memiliki gudang untuk menyimpan logistik dan peralatan produksi. Itulah mengapa memilih properti untuk menjadi gudang nggak bisa sembarangan.

Kita harus memperhatikan beberapa aspek. Agar kita menyewa gudang yang sesuai standar. Baik mengenai harga, ukuran dan fungsinya. Hal ini untuk menghindari resiko kerugian yang mungkin ada.

5 Tips Memilih Gudang yang Sesuai Standar Sewa Gudang

standar sewa gudang
Salah satu pilihan gudang di rumahdotcom

Gudang merupakan salah satu elemen penting dalam usaha manufaktur. Dimana usaha manufaktur merupakan kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi barang baru dan memiliki nilai jual. Sehingga perusahaan yang butuh gudang adalah perusahaan manufaktur.

Sebenarnya, keberadaan properti ini nggak hanya berkaitan dengan tempat penyimpanan, tapi menyangkut proses pengolahan hingga pendistribusian juga. Pokoknya yang terkait dengan bisnis manufaktur deh.

Sehingga semakin besar usaha mereka maka akan membutuhkan kapasitas gudang yang semakin luas. Sehingga biayanya pun akan semakin tinggi jika perusahaan memutuskan untuk membuatnya.

Oleh karena itu, beberapa perusahaan pun memilih untuk sewa gudang. Harapannya, mereka bisa mengeluarkan biaya yang efisien tapi tetap efektif.

Pada akhirnya, kembali pada prinsip ekonomi ya. Bagaimana kita bisa mengeluarkan biaya yang seminimal mungkin tapi mendapatkan hasil yang maksimal. Hehehe…

Lalu, bagaimanakah menentukan gudang yang tepat? Gudang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Juga memiliki standar sewa gudang yang pas sesuai kemauan dan kemampuan kita.

Berikut ada beberapa tips yang bisa menjadi panduan bagi kita yang ingin memulai usaha manufaktur. Check this out ya, Geng!

1. Mengetahui Jenis Barang yang Akan Disimpan

Setiap jenis usaha manufaktur memiliki kebutuhan gudang yang berbeda-beda. Karena bahan mentah, peralatan penunjang dan mesin produksinya juga nggak sama.

Perusahaan garmen nggak akan sama dengan perusahaan makanan. Atau tempat produksi mobil tentu akan berbeda dengan tempat produksi motor.

Makanya, sebelum kita memilih gudang, hal yang paling penting adalah mengetahui barang apa yang akan kita simpan. Bukan apa-apa sih. ‘Kan nggak semua gudang akan cocok dengan semua jenis barang.

Ketika kita sudah mengetahui barang apa yang akan disimpan, kita akan menentukan dimensi, volume dan karakteristik barang tersebut. Jadi, kita bisa menghitung berapa ukuran gudang yang kita butuhkan. Kita juga bisa membagi gudang sesuai dengan ketentuan ruangnya.

See! Betapa pentingnya kita mengetahui barang apa yang akan kita simpan untuk menentukan properti. Salah memilih gudang bisa jadi membuat kita semakin boros. Iyuh. Nggak pingin dong mengalami hal tersebut?

2. Menentukan Waktu Penyimpanan Barang dan Cara Merawatnya

Mengapa kita harus mengetahui waktu penyimpanan barang dan cara merawatnya?

Hellow,,, masa iya sih kita menelantarkan saja barang yang kita simpan? Biar bagaimana pun juga, semua barang-barang itu tetap membutuhkan perawatan yang baik. Agar kualitasnya nggak menurun.

Iya kalau kita segera menggunakan barang tersebut. Kalau nggak bagaimana?

Sedangkan waktu penyimpanan barang berkaitan dengan sistem sewa gudang. Apakah kita akan menyewa gudang secara harian, bulanan atau tahunan?

Tentu saja, sewa gudang bulanan akan lebih baik ketimbang harian.

3. Memilih Lokasi Terbaik

Kita sangat memahami bahwa lokasi ikut menentukan maju atau nggaknya sebuah usaha. Kita perlu mencari lokasi gudang yang strategis, dekat dan aksesnya yang memadai. Baik itu gudang bahan baku, gudang barang setengah jadi dan gudang lainnya.

Sebaiknya lokasi gudang terletak di daerah yang mudah dijangkau, seperti dekat dengan bandara, pelabuhan, tol atau akses distribusi lainnya. Hal ini memudahkan jalur pendistribusian barang yang disimpan.

Selain itu, kita perlu memastikan bahwa lokasi gudang yang akan kita sewa memiliki resiko bencana yang minim. Kalau bisa malah nggak mempunyai resiko bencana.

Hal ini menghindari kerugian perusahaan dari force majore karena adanya bencana. Maka dari itu, kebanyakan pengusaha akan memilih lokasi di daerah dataran tinggi.

Oh ya, masalah sosial merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kita harus menghindari lingkungan yang mudah menarik konflik warga. Terlebih jika menyangkut dengan hal-hal yang mungkin dianggap merusak fasilitas umum.

Jadi, jangan asal memilih gudang ya, teman-teman! Harga sewa gudang murah memang sangat menggiurkan. Tapi jika mengakibatkan permasalahan dikemudian hari maka kita perlu mempertimbangkannya kembali. Cemiau.

4. Membandingkan Harga Standar Sewa Gudang

Bisnis sewa gudang sudah mulai menjamur di sekitar kita. Kabarnya meski membutuhkan modal yang nggak sedikit, tapi kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Nggak heran jika banyak pihak yang mulai melirik bisnis sewa gudang barang.

Hal ini memberi keuntungan pada pengusaha yang ingin menyewa gudang. Kita bisa membandingkan harga standar sewa gudang dan memilih mana yang terbaik menurut kita.

Agen properti yang membantu kita dalam menyewa gudang haruslah benar-benar terpercaya. Selain itu, mereka harus mempunyai banyak pilihan properti yang kita inginkan.

Salah satu contohnya adalah situs rumah dot com. Situs properti terdepan di Indonesia. Kita bisa mencari berbagai properti di situs ini, termasuk gudang untuk elemen usaha kita.

Mereka memiliki 3.397 gudang untuk disewakan. Kita bisa menggunakan alat pencari yang tersedia dan menggunakan filter untuk menemukan gudang yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan kita lho.

5. Memastikan Sumber Daya Manusia yang Ada

Mengapa kita perlu memastikan sumber daya manusia yang dimiliki?

Hal ini berkaitan dengan bagaimana menjaga dan merawat barang-barang yang disimpan. Kita memerlukan tenaga profesional. Sehingga kualitas barang tetap terjaga. Aman juga.

Kesimpulan

Ketika kita akan memulai bisnis di bidang manufaktur banyak hal yang perlu kita pikirkan. Salah satunya adalah keberadaan gudang.

Gudang merupakan salah satu elemen penting karena nggak hanya berkaitan dengan ruang penyimpanan barang saja. Melainkan tempat produksi dan pendistribusian barang juga.

Kita perlu memikirkan lima tips ketika akan memilih untuk menyewa gudang. Diantaranya adalah mengerti barang apa yang akan disimpan, waktu penyimpanan, lokasi, harga standar sewa gudang dan sumber daya manusia.

Have any Question or Comment?

11 comments on “5 Tips Memilih Gudang Sesuai Standar Sewa Gudang

Bener sekali kak, sebelum memilih gudang untuk disewa, memang harus tau barang yang mau disimpan itu apa, tahan berapa lama kalo disimpan. kalo soal harga sewa biasanya tergantung lokasi dan ukuran gudang menurutku. semakin lokasinya dan gudangnya bagus ya semakin mahal harganya 🙂

Reply

Kalau sampai salah & sembarang memilih gudang berdampak pada kelancaran perusahaan juga ya. Jenis produk yang disimpan juga harus diperhatikan sebelum memilih gudang yang cocok. Aku baru tau ada gudang sewaan juga nih, kirain selama ini harus punya gudang sendiri

Reply
Hendra Suhendra

Wah mau pilih gudang aja perlu survey yang ketat ya, gak boleh sembarangan. Salah memilih gudang, bisa berpengaruh buruk untuk usaha…

Tapi untungnya ada situs rumah dot com, bisa sedikit lega, karena urusan mencari property semisal gudang akan semakin mudah…

Reply

Sepakat banget, SDM juga penting untuk mengurus dan mengelola gudang. Dua bulan lalu aku ke gudang buku. Sedih, gara-gara pandemi pegawainya berkurang banyak. Kondisi gudang pun jadi kurang terawat.

Reply

Memilih lokasi gudang ini sepertinya salah satu hal terpenting, karena apabila tidak terlalu mendesak maka bisa agak di luar kota, sehingga bisa mendapatkan harga dengan lebih murah.

Reply
Rini Novita Sari

dulu aku kerja di distriutor juga sewa gedung dan gudang gini kak

bener bgt byk yang harus diperhatiin terutama lokasi

yg trakhir tapi utama ya ttp SDM nyaemangg, ngurus gudang dan stok barang itu nggak gampang hehe

Reply
Adriana Dian

Wah bener banget nih, untuk usaha usaha merintis yang belum mampu membeli gedung untuk gudangnya sendiri, emang lebih baik menyewa dulu yaaaa

Reply
Euisry Noor (isrinur.com)

Keberadaan gudang penting banget emang buat industri manufaktur. Banyak yg harus diperhatikan ya sebelum menyewa gudang. Emang kudu hati2 sih ya milih biar gak rugi nantinya

Reply

Benar sih… Gudang emang penting banget sih untuk menyimpan barang. Selain itu bisa untuk proses produksi, pengepakan barang untuk dikirimkan.

Reply

setuju banget nih, terima kasih info dan merupakan wawasan baru untuk saya ya mbak

Reply
Anisa

Thankyou infonya kak, pas banget lagi cari2 gudang

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEO & Blog Competition 2020

contest telkomsel 1.1

Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel