5 Perawatan Rambut Berhijab untuk Mengatasi 5 Masalah Rambut


Perawatan Rambut Wanita

Masalah Rambut Berhijab dan Bagaimana Cara Mengatasinya? – Aku merupakan salah satu gadis berhijab atau berkerudung. Nggak selalu berkerudung merah kayak di lagunya Waliband itu. Tapi tetap saja, aku selalu mengenakan hijab setiap hari terutama ketika bepergian. Lalu bagaimana sih perawatan rambut salon bagi cewek berhijab?

Sebelumnya, aku akan memberi sedikit informasi sama teman-teman. Cewek berhijab kayak aku gini juga memiliki beberapa masalah rambut lho. Yah, siapa tahu saja, teman-teman berpikir cewek berhijab tu nggak memiliki segudang masalah dengan rambut. Malahan, masalahnya kadang lebih ribet. Nanti, aku akan menyebutkannya di dalam artikel ini juga.

Masalah Rambut Berhijab

Perawatan Rambut Berhijab

Cewek berhijab menutup rambutnya sepanjang hari. Ketika aktifitasnya padat dan mengundang untuk mengeluarkan keringat, maka kulit kepala pun juga akan mengeluarkannya. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika kemudian ada banyak masalah rambut berhijab pada kita. Diantaranya:

1. Kulit Kepala Berminyak

Kadang kita mengenakan hijab seharian. Katakan saja sirkulasi udara menjadi kurang baik. Hal ini bisa memicu produksi keringat berlebih. Lalu kulit kepala menjadi berminyak.

Kita saja sering merasa sebal jika kulit wajah berminyak. Iya nggak sih? Gimana kalau kulit kepala kita yang berminyak?

2. Kulit Kepala Gatal dan Ketombe

Setelah kulit kepala berminyak maka mengundang rasa gatal. Nggak. Ini bukan mengenai ada sejumlah kutu di rambutmu. Meski, binatang itu juga kerap kali membuat kulit kepala jadi nggak asyik. Hehehe…

Kulit kepala berminyak akan menjadi tempat yang mengasyikkan bagi bakteri dan kuman (bukannya kutu ya Geng. Hehehe). Dan taraa… Rasa gatal akan merapat.

Selain itu, ketombe juga akan ikut berpesta pora. Jadi double deh penyebab kulit kepala kita menjadi gatal.

3. Rambut Rontok

Kita akan mengikat rambut saat akan mengenakan hijab. Apalagi ketika kita memiliki rambut yang panjang.

Sayangnya, kadang kita mengikat rambut dengan sangat kencang. Alasannya agar nggak gampang lepas dan menyulitkan kita untuk memperbaiki ikatannya.

Padahal hal itu malah akan menyebabkan rambut jadi mudah patah. Belum lagi masalah kerontokan. Yah, meskipun penyebab rambut rontok bukan hanya itu. Bisa jadi karena kulit kepala yang terlalu berminyak, stres sampai perubahan hormonal.

4. Rambut Cepat Bau

Masalah keempat adalah rambut menjadi cepat bau. Aku pernah merasakan ada aroma yang nggak nyaman begitu aku melepaskan hijab di rumah. Setelah diendus-endus ternyata memang rambutku yang baunya begitu. Padahal aku baru saja mencuci rambutku sebelumnya. Kenapa coba?

Kala itu aku melakukan berbagai aktifitas. Biasalah, aktifitas lapangan seorang pegawai perkebunan kelapa sawit. Aku mengecek lahan pembibitan, mengawasi pekerjaan para karyawan dan sebagainya. Dan aku melakukannya di bawah terik sinar matahari bukannya sinar rembulan ya.

Lalu keringat mulai menetes di sekujur tubuh. Pun termasuk pada kulit kepala. Dan aku mengenakan hijab sehingga keringatnya ikut terjebak dan nggak memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jadilah, mengundang bau apek.

5. Rambut Lepek

Apa sih penyebab rambut lepek? Pernah nggak kita memegang rambut kita sewaktu kita merasakan dia menjadi lepek? Apa yang teman-teman rasakan?

Yupz, rambut kita terasa sangat lembab. Karena keringat dan minyak pada kulit kepala menyebar ke batang rambut.

Tuh kan, apa kubilang? Rambut berhijab juga memiliki banyak masalah, Gaes. Makanya kita harus memilih produk perawatan rambut berhijab dengan hati-hati. Jangan sampai salah memilih ya!

Perawatan Rambut Berhijab

Bagaimana cara merawat rambut berhijab agar nggak rontok dan berketombe juga bebas dari masalah rambut lainnya? Berikut ini aku akan menjelaskan perawatan rambut wanita yang biasa aku lakukan di rumah. Mungkin teman-teman boleh menambahkan informasi ini di kolom komentar ya!

1. Melepas Hijab Saat Di Rumah

Kita mengenakan hijab ketika di luar rumah itu adalah hal yang wajar. Apalagi bagi cewek muslim. Bagi kami, itu adalah sebuah kewajiban.

Tapi, kalau di dalam rumah akan lebih baik jika kita melepas hijab saja. Kita membiarkan rambut kita bernapas dengan lega. Yah, selayaknya makhluk hidup yang membutuhkan oksigen, maka rambut pun juga memerlukannya.

Bagaimana jika kita tinggal dengan seorang yang bukan mahram di rumah?

Tentu saja, kita boleh mengenakan hijab tapi pastikan kita memilih hijab yang longgar ya. Oh iya, kita harus memerhatikan bagaimana cara mengikat rambut panjang saat berhijab juga ya, Dear!

2. Menggunakan Produk Perawatan Rambut Sesuai Kebutuhan dan Jenis Rambut

Ada beberapa rangkaian perawatan rambut. Kita nggak boleh memilihnya dengan sembarangan ya! Bagaimanapun juga kita tetap harus memperhatikan apa kebutuhan dan jenis rambut kita. Nggak boleh asal samponya wangi. Atau asal sampo khusus hijab maka kita menggunakannya begitu saja.

Nggak begitu ya!

Pertama-tama, kita harus mengenal kondisi rambut kita. Lalu, kita mulai mencari produk apa yang menawarkan manfaat untuk kondisi yang kita alami. Kalau memerlukan bantuan para ahli, kita bisa mengonsultasikannya juga. Hal itu lebih baik ketimbang asal memilih produk perawatan rambut berhijab ya.

3. Mengeringkan Rambut Sebelum Mengenakan Hijab

Hal yang terpenting bagi cewek berhijab adalah mengeringkan rambut sebelum kita mengenakan hijab. Kadang aku suka melupakan hal ini. Bisa jadi karena memang waktu yang memburuku sih. Jadi, setelah keramas segera bersiap-siap dan merasa bodoh amat sama rambut yang masih basah.

Padahal nih Gaes. Kita mengenakan hijab ketika rambut masih basah malah mengundang masalah juga.

Gimana nggak? Rambut masih lembab sudah ketutup sama hijab. Nggak perduli meski kita sering menggunakan vitamin rambut untuk wanita berhijab. Kalau kita nggak meninggalkan kebiasaan ini maka masalah rambut akan terus saja mengintai.

Jadi, kita perlu memastikan untuk mengenakan hijab setelah rambut kering ya!

4. Memotong Rambut Secara Rutin

Sebenarnya memotong rambut bukanlah suatu kewajiban. Kalau pun kita ingin memanjangkan rambut juga nggak papa sih. Tapi, kita kan juga perlu merapikan ujung-ujung rambutnya. Apalagi kalau ujung rambutnya bercabang.

5. Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan kerontokan pada rambut. Apalagi jika kita mengikat dengan cara yang sama dalam jangka waktu panjang. Selain itu, mengikat rambut terlalu kencang akan membuat akar rambut menjadi tegang.

Jadi, jangan mengikat rambut terlalu kencang ya, Geng!

Kesimpulan – Kita sudah memilih untuk mengenakan hijab adalah hal yang baik. Tapi kita nggak boleh mengacuhkan kondisi rambut kita. Walau bagaimana pun juga, rambut tetaplah menjadi mahkota wanita. Sehingga, kita tetap harus menjaga keindahan dan kesehatan rambut. Paling nggak untuk pasangan kita.

Hal yang paling baik adalah mengenali masalah rambut kita lalu memutuskan perawatan rambut yang paling sesuai. Kita juga boleh lho mengenakan masker rambut untuk berhijab. Cemiau.

Have any Question or Comment?

4 comments on “5 Perawatan Rambut Berhijab untuk Mengatasi 5 Masalah Rambut

Luluk Sobari

Wah sy suka ngiket rambut dan pakai kerudung pas rambut baru keramas… Hehehhe

Reply

Nah,.ini yang kadang diabaikan ya.. perawatan rambut untuk muslimah. Termasuk saya, hehe.. Kalau guru-guru habis keramas langsung pergi padahal rambut belum terlalu kering. Akibatnya rambut jadi bau

Reply

Rambut saya suka patah-patah makasih banyak tipsnya jadi makin tau harus diapain rambtnya, mungkin ikatnya terlalu kuat saya nya.

Reply

Bener deh, jangan dikira hijaban terus ga ada masalah dengan rambut. Maka rambut pun mesti dirawat dengan baik
Segala permasalahan rambut di atas juga aku alami..terutama rambut rontok. Syukurnya dengan produk perawatan rambut yang tepat, masalahnya bisa diatasi

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEO & Blog Competition 2020

contest telkomsel 1.1

Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel