4 Manfaat Serai Selain untuk Bumbu Dapur

Mengenal Manfaat Serai mengantar kita pada ungkapan – “Nyamuk benci banget sama wangi minyak serai.”

Para kaum emak pasti sudah nggak asing lagi dengan serai. Iya. Yang biasanya dipakai sebagai tambahan rempah untuk masakan. Beberapa masakan yang terlihat rumit untuk dimasak. Apalagi bagi kita yang nggak terbiasa dengan dapur ya. Hehe…

Tapi e tapi, apakah kalian tahu? Ternyata serai nggak cuma bisa buat bumbu dapur saja lho. Tepatnya, ada jenis serai yang memang sengaja diambil minyak sitronellanya. Dan manfaatnya pun beragam.

Uwow, ku harap kalian penasaran sih dengan info ini. Seenggaknya, biarkan kami sedikit cuap-cuap agar Sahabat Filia lebih mengenal manfaat serai ya.

Jenis Serai

Selama ini, aku hanya tahu serai yang biasa kita ambil batangnya. Dimana, tanaman ini daunnya sangat tajam. Hingga saat hendak menambahkan serai ke masakan, kita biasa membuang dedaunannya terlebih dahulu. Bukan begitu, Geng?

Di balik kenyataan itu, ternyata ada dua jenis serai lho. Kalian udah tahu belum? Atau jangan-jangan cuma aku yang belum tahu. Tapi, nggak papa deh. Akan ku bagikan informasi ini pada Sahabat Filia dimana pun kalian berada. Ceileh…

1. Serai Wangi

Yang pertama tapi bukan satu-satunya adalah serai wangi. Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan sebutan citronella. Kenapa dijuluki demikian?

Karena katanya serai jenis ini lebih banyak mengandung minyak sitronella ketimbang serai dapur. Dalam artian serai ini lebih wangi dong ya.

Nah, serai ini lebih banyak dimanfaatkan daunnya. Dimana untuk mengambil 1 kg minyak serai murni, kita membutuhkan sekitar 100 kg daun serai wangi ketika melakukan penyulingan. Banyak juga ya.

2. Serai Dapur

Yang kedua adalah serai dapur. Ini sih yang biasa kita temukan sehari-hari di dapur. Yang selalu dijadikan bumbu dapur itu. Atau dalam bahasa asingnya lebih dikenal dengan nama Lemon grass.

Tahu dong kenapa dijuluki begitu? Yups, karena aromanya mirip dengan lemon.

Bagian yang digunakan dari serai ini adalah akar dan batangnya. Yaitu untuk bumbu masak dan obat tradisional.

Manfaat Serai Selain sebagai Bumbu Dapur

Setelah kita tahu jenis-jenisnya, mari kita lebih mengenal manfaat serai. Tentu saja, selain yang kita gunakan sebagai bumbu dapur ya.

1. Meringankan Gejala Batuk

Komponen penting pada serai yang ampuh mengusir batuk membandel adalah sitronelol dan geranial. Selain itu, sifatnya yang anti radang baik digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada saluran nafas.

Sementara, minyak atsiri yang terkandung pada serai cukup ampuh mengencerkan dahak. Sehingga mudah dikeluarkan.

2. Pengusir Nyamuk

Menurut Burdock (2002) dalam jurnal ilmiah yang ditulis Bota, Welmince dkk (2015), kandungan senyawa metabolit sekunder dalam minyak serai terdiri dari sitronelal, sitronellol dan geraniol. Dimana kandungan-kandungan tersebut sangat nggak disukai oleh nyamuk.

Jadi, jangan heran beberapa merk lotion anti nyamuk menggunakan serai sebagai salah satu bahan pembuatnya. Karena memang aromanya sama nggak disukainya seperti lavender dan kulit jeruk.

3. Meringankan Nyeri Sendi

Selain bersifat anti radang, serai juga bersifat sebagai anti-inflamasi. Dimana, khasiatnya dapat mengurangi fenomena rasa sakit ketika terjadi reumatik, radang sendi, asam urat dan sekian banyak penyakit nyeri sendi lainnya.

Adapun bagian tanaman yang bersifat anti-inflamasi paling banyak ada pada batang serai. Bisa dikonsumsi dalam air rebusan batang serai sebagai obat dalam. Atau, bisa juga digunakan sebagai obat luar. Caranya ditumbuk dan dioleskan pada titik tulang yang sakit.

4. Memperlancar Peredaran Darah

Kita bisa berendam atau mandi dengan air hangat hasil rebusan serai. Untuk apa? Agar kita mendapatkan efek relaksasi pada tubuh yang lelah.

Hal ini terjadi karena kadar antioksidan dan mineral-mineral yang terkandung dalam serai bisa menenangkan otot-otot yang kejang, sendi yang nyeri dan melancarkan peredaran darah.

Efeknya akan terasa maksimal jika kita mandi atau berendam dengan air serai sebelum tidur. Mengapa? Karena kita akan mendapatkan kualitas tidur yang baik dari efek relaksasi tadi.

Nah, sekarang kita sudah tahu manfaat serai selain untuk bumbu dapur. Tentu saja kita bisa coba satu demi satu manfaat serai untuk kesehatan.

“Jadi, sedikit-sedikit jangan minum obat kimia ya.”

Toh, Negara kita memiliki banyak tanaman berkhasiat obat yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya yang sudah kita bahas sejak tadi. Benar kan, Geng?

Sekarang, coba deh resep minuman ini. Kayaknya seger bener deh.

Mengenal Manfaat Serai dalam Minuman

Sumber

1. Bota, Welmince dkk. 2015. Potensi Senyawa Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil) Dari Tumbuhan Cymbopogon nardus L. Sebagai Agen Antibakteri. Jurnal Ilmiah. Jakarta
2. Web golansia.com dengan judul artikel Batuk pada Lansia Tak Kunjung Sembuh Atasi dengan Minuman Herbal Serai
3. Web Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dengan judul artikel Serai sebagai Obat Tradisional
4. Pangestu, Almyra. Yuk, Mengenal Tanaman Obat Serai. Kepustakaan Populer Gramedia. Jakarta

29 comments

  1. Kalo citronella itu yg banyak dijadikan essential oil ya… Btw aku juga suka sekali lho dengan Serai ini. Biasa aku pakai buat bikin ayam jahe kuah, enak banget ditumis pakai Serai ini.

  2. Setujuuuu. Aku mah kalo nggak udah tepar banget atau bener² sakit, baru dah ke dokter minta resep. Lebih suka kerokan dan minum minuman herbal. Termasuk serai. Aku biasanya rebus campur jahe dan kunyit. Endeus

    1. Secara morfologi,serai wangi bentuk daunnya lebih panjang, mbak. Ya mengingat serai ini lebih digunakan daunnya untuk disuling minyaknya. Hehehe

  3. Owh baru tahu kalau serai tuh ada 2 macam. Trus manfaatnya bnyk ya buat kesehatan. Buat aq yg msk jelita kyke buat melancarkn darah dan untuk sendi
    Wah mksh bnyk infonya mba…

  4. Serai wangi belum pernah lihat, tapi biasanya aku pakai serai daput buat pengusir nyamuk, heheheh, seadanya aja. Seringnya sih aku pakai serai buat masak atau enggak buat minuman aja.

  5. Biasanya aku pakai sereh ini untuk obat batuk jadi aku campur dengan kunyit dan jahe setelah hangat aku kasih jeniper alhamdulillah manjur juga. Oiya, kadang aku potong-potong untuk obat nyamuk, hehe

  6. Resep serai madu nya saya save ya bund.. Sepertinya segeer nih kalau pas sore hujan.
    Awalnya saya itu eneg dng baunya serai, tapi karena suami sering mbuat minuman jahe serai, saya jadi ikutan nyruput. Mantaap.

  7. Kusuka pake lemon grass buat bikin minuman herbal. Dicampur ama jahe, kayu manis, cengkeh dan daun jeruk rasanya maknyus. Selain itu juga suka banget ngungkep ayam pake sereh dan lengkuas yg banyak. Trus ditambah srundeng wuuah anak-anak langsung kalap hahahha. Aku sampe nanam sendiri di halaman loh.

  8. Aku sudah menjadikan serai sebagai bahan minuman dari kapan hari, maka ini termasuk wajib ada di dapurku. Dan dulu waktu masih punya halaman luas akau nanam serai…jadi sewaktu-waktu perlu tinggal petik itu. Kini halamannya sempit..Duh jadi pengin nanam di pot aja, karena banyak manfaatnya

  9. Saya ada nih tanaman serai dapur di belakang rumah. Kalau mau bikin soto, tinggal petik 🙂 Trus dibuat rebusan campur jahe juga oke. Bagus memang untuk anti inflamasi. Jadi pengen nanem yang serai wangi, nih. Punya sih tapi udah terkandung di dalam minyak telon anti nyamuk punya anak saya, hehe

  10. Waah, banyak juga manfaat serai ini, ya. Aku taunya cuma utk bumbu dapur aja, lho. Ternyata bisa untuk menghilangkan nyeri sendi juga. Bisa nih aku coba ke mertua. Daripada beliau minum obat terus, ga ada salahnya coba yang alami, kan.

  11. akhirnya terjawab sudah rasa penasaranku dengan serai. Kebetulan jual minyak serai tapi kok wangi kok beda dengan serai yg dipakai masak. Rupanya memang beda jenis serainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *