Asuransi Kesehatan Cashless

Perlindungan Kesehatan? Asuransi Kesehatan Cashless Solusinya

Urusan kesehatan semakin lama bukannya semakin murah. Malah cenderung semakin mahal saja. Makanya, banyak orang berpikir bahwa menerapkan gaya hidup sehat lebih baik ketimbang harus hidup sakit-sakitan.

Tapi, masalahnya adalah kita nggak pernah tahu cobaan akan datang kapan? Meski kita sudah mengusahakan yang terbaik dalam menjaga kesehatan. Saat Tuhan berkata lain. Maka kita bisa apa?

Kita hanya bisa berusaha. Ibarat kata sedia payung sebelum hujan. Misal dengan menyiapkan asuransi kesehatan cashless.

Belajar dari Seorang Kerabat yang Terdiagnosa Gagal Ginjal

Gagal Ginjal dan Pengobatannya
Edit with Canva

Salah satu contohnya adalah kerabatku. Suami sepupuku tepatnya. Dalam pandanganku, keluarga sepupuku adalah keluarga yang paling hidup sehat di antara keluarga besar lainnya.

Mereka juga berkecukupan. Kalau boleh kubilang sih kaya ya. Cuma, aku nggak tahu persis bagaimana kehidupan mereka ‘kan.

Singkat cerita. Suami sepupuku ini terdiagnosa gagal ginjal dan mengharuskannya cuci darah (dialisis) secara konsisten.

Tahu sendiri dong. Biaya dialisis sama sekali nggak murah. Bahkan terasa sangat mahal.

Nggak tahu sih, ini kabar baik atau nggak. Karena memiliki kartu identitas sebagai warga Negara Malaysia, suami sepupuku berhak mendapatkan segala fasilitas mereka. Termasuk biaya pengobatan yang lebih murah. Sehingga, sepupuku memilih menetap di sana untuk urusan pengobatan suaminya. Meski harus berjauhan dengan anak-anaknya.

See! Keluarga mereka yang tingkat ekonominya bagus saja masih mencari alternatif biaya pengobatan yang lebih murah. Apalagi bagi keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Jelas urusan kesehatan akan menjadi biaya yang mencekik sekali.

Mempersiapkan Perlindungan Keluarga dengan Asuransi Kesehatan Cashless

Memang sih, kita nggak berharap sakit yang membutuhkan biaya banyak. Cuma apa salahnya mempersiapkan perlindungan kesehatan bagi keluarga.

Seperti yang kubilang tadi. Sedia payung saja sebelum hujan. Kalau perlu jas hujan yang anti badai gitu. Dalam hal ini, rasanya asuransi bisa menjadi pilihan.

Apalagi kalau asuransinya bisa klaim tanpa kartu dan sesuai tagihan. Jadi, kita nggak perlu memikirkan dengan berat tentang biaya pengobatan saat sakit itu datang. Kekhawatiran melebihi plafon biaya yang tertanggung pun lenyap. Benar nggak?

Coba Temukan Alasan Memiliki Asuransi

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Masa Kini

Tips Memilih Asuransi Kesehatan
Edit with Canva

Perusahaan asuransi ‘kan nggak hanya ada satu atau dua saja ya. Ada banyak sekali yang menawarkan perlindungan kesehatan.

Karena itulah, kita nggak boleh sembarangan menjatuhkan pilihan. Asal dapat premi murah, main asal beli polis tanpa mempertimbangkan hal lain yang menyertai.

Nggak boleh gitu ya. Pastikan kita mempelajari semua hal yang menyangkut polis asuransi yang ingin kita pilih. Coba deh beberapa tips ini saat akan memilih asuransi kesehatan keluarga masa kini:

1. Cari Tahu Semua Klausul yang Ada

Berkaca dari kasus suami sepupuku tadi. Kita memang perlu menyiapkan perlindungan kesehatan untuk keluarga. Kupikir asuransi bisa sebagai salah satu senjata untuk perlindungan tersebut.

Saat memilih produknya, terlebih dahulu kita harus mencari tahu semua klausul yang ada. Misal, apa saja manfaat yang akan mereka berikan? Berapa pembayaran preminya? Biaya pengobatan apa saja yang mereka tanggung? Sampai berapa plafon untuk setiap klaim yang boleh kita ajukan?

Semua itu harus kita ketahui di awal perjanjian. Tanyakan dengan detail pada agen asuransinya! Lalu bandingkan dengan yang tertulis pada polis.

Kalau ada yang masih membuat kita bimbang. Maka minta kembali penjelasan pada mereka. Pokoknya sampai kita benar-benar paham dengan produk yang akan kita beli.

2. Pilih Asuransi yang Cara Klaimnya Mudah

Ada beberapa pengalaman teman yang merasa kesulitan saat klaim asuransi kesehatan mereka. Aku nggak tahu apakah mereka memang nggak memahami klausul polis yang ada. Ataukah pihak asuransi yang memperumit prosedur.

Kalau kupikir sih nggak ada ya asuransi yang begitu. Pasti setiap asuransi ingin membantu para pemegang polis.

Intinya, kalau mau cari produk asuransi. Kita harus mencari yang proses klaimnya mudah.

Misal asuransi kesehatan digital yang nggak perlu kartu saat klaim atau nggak perlu cek medis. Ibarat kata, kita cuma tinggal tunjukkan e-card ke petugas dan kita bisa dapat layanan cashless.

3. Cari Asuransi yang Bisa Mengcover Semua Tagihan

‘Kan ada tuh biaya pengobatan yang mahal. Katakanlah biaya dialisis atau cuci darah seperti suami sepupuku. Itu ‘kan nggak murah.

Sementara itu, beberapa perusahaan asuransi membatasi pengajuan klaim dengan plafon yang bisa mereka tanggung. Tentu saja, sesuai produk yang kita pilih.

Kalau misal biayanya di atas plafon. Maka kitalah yang akan membayar sendiri kelebihannya.

Iya kalau kita masih memiliki biaya. Kalau nggak? Bukannya malah akan menambah beban pikiran kita.

Oleh karena itu, sebisa mungkin cari asuransi yang mengcover biaya pengobatan paling banyak. Kalau ada sih yang bisa mengcover semua biaya sesuai tagihan pengobatan kita.

4. Kalau Bisa yang Menyediakan Manfaat Medical CheckUp

Menjaga kesehatan bisa kita lakukan dengan melakukan medical checkup secara rutin. Seenggaknya, kalau ada penyakit akan lebih cepat terdiagnosa. Jadi, pengobatannya pun akan lebih mudah ketimbang menunggu penyakitnya parah.

Maka, ini bisa sebagai bahan pertimbangan bagi kita saat memilih produk asuransi ya. Cek apakah memberikan manfaat medical checkup rutin? Kalau iya maka bisa kita jadikan pilihan untuk proteksi kesehatan keluarga kita deh.

Flexi Hospital & Surgical Protection Solusinya

Flexi Hospital & Surgical Protection
Edit with Canva

Tips memilih asuransi kesehatannya bagus banget sih. Tapi pertanyaannya. Emang ada asuransi yang begitu?

Kayaknya kok setiap asuransi pasti ada batas plafonnya. Klaimnya juga kudu lengkap dokumen sekaligus bukti cek medisnya. Mana ada asuransi yang sesuai dengan tips itu?

Tunggu dulu! Jangan keburu meng-generalisasi keadaan!

ilovelife.co.id memperkenalkan Flexi Hospital & Surgical Protection. Sebuah produk asuransi kesehatan dengan manfaat penggantian biaya perawatan di Rumah Sakit di Indonesia. Mereka memberikan fasilitas cashless dan sesuai tagihan lho.

#LoveLife sendiri merupakan sebuah filosofi dari Astra Life yang mencintai hidup. Dari sinilah, mereka menjadikan asuransi sebagai sebuah safety net yang melindungi kita dari resiko apapun yang terjadi di masa depan.

Kalau om Dedy Corbuzier bilang mah, “Nice”.

Apa saja Manfaat yang Ada pada Flexi Hospital & Surgical Protection

Pertanyaanku adalah apakah pengobatan yang dilakukan oleh suami sepupuku juga menjadi salah satu manfaatnya? Cuci darah atau dialisis. Gimana kalau rawat jalannya kanker, kayak kemoterapi gitu? Apakah tercover juga?

Well. Coba kita lihat apa saja manfaat yang ada pada produk ilovelife.co.id yang katanya sesuai tagihan ini ya:

  1. Kamar & Akomodasi
  2. Kamar Perawatan Intensif
  3. Biaya Pembedahan
  4. Kunjungan Dokter (Umum & Spesialis)
  5. Aneka Perawatan Rumah Sakit
  6. Santunan Tunai Harian (BPJS Kesehatan)
  7. Biaya Ambulans (Darat)
  8. Perawatan Sebelum Rawat Inap
  9. Perawatan Sesudah Rawat Inap
  10. Fisioterapi
  11. Rawat Jalan Darurat
  12. Rawat Jalan Gigi Darurat
  13. Perawatan Kanker Rawat Jalan (radioterapi dan kemoterapi)
  14. Perawatan Cuci Darah/Dialisis

Selain itu, kita bisa mendapatkan manfaat medical checkup setiap 2 tahun sejak tanggal polis aktif. Enak tho?

Bagaimana Cara Klaim dengan e-Card

Tapi, apakah beneran cashless? Pake e-card gitu?

Emang gimana sih cara klaim untuk produk Flexi Hospital & Surgical Protection? Bukan apa-apa sih? Biar nggak kesulitan saja pas di masa depan butuh buat klaim-klaimnya.

Setelah membeli polis asuransi ini, kita akan mendapatkan e-card melalui email maksimal H+2 hari kerja setelah tanggal pembelian. Cara klaimnya mudah saja, sebagai berikut:

  1. Kita tinggal tunjukkan e-card ke petugas pendaftaran Rawat Inap di Rumah Sakit.
  2. Setelah rawat inap dan kita udah boleh pulang. Maka kita akan mendapatkan layanan
  3. Dengan begitu #TagihanRSjadiRingan

As simple as that.

Urusan Perlindungan Kesehatan? Serahkan pada Asuransi Kesehatan Cashless Saja

Asli sih. Kejadian sepupuku itu memang jadi pikiran buatku. Masalahnya ‘kan keluarga sepupuku kayak nggak ada keluhan apapun. Tapi, malah ada permasalahan begitu berat.

Karena itu, urusan perlindungan kesehatan keluarga. Baiknya memang kita serahkan pada asuransi kesehatan digital dan cashless saja. Pilihannya ada pada Flexi Hospital & Surgical Protection.

Teman-teman bisa mengunjungi laman ilovelife.co.id untuk mendapatkan informasi selengkapnya terkait manfaat Flexi Hospital & Surgical Protection. Di sana, Teman-teman juga bisa mencoba fitur kalkulator premi sebagai persiapan kalau-kalau berencana membeli polisnya.

Selain itu, agar selalu terhubung dan mendapatkan update terkait produk #AstraLife. Cobalah buat klik, follow dan mention Instagram @ilovelife.co.id @astralifeid.

Ada Drama Korea Tentang Asuransi Kesehatan lho

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.