Tips Tips Menjaga Area Kulit Mata

6 Tips Menjaga Area Kulit Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini

Filia Suka Nulis – Kulit wajah adalah salah satu bagian yang memerlukan perhatian ekstra, tak terkecuali bagian mata. Menjaga dan merawatnya dengan tepat adalah kewajiban kita agar tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit yang nggak diinginkan.

Daerah kulit sekitar mata adalah bagian yang cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan area kulit lainnya. Hal ini menyebabkan kulit di sekitar mata lebih rentan terhadap lingkaran hitam dan pembengkakan yang nggak diharapkan.  Selain itu, area kulit mata juga kerap menunjukkan tanda-tanda penuaan dini lho.

Tips Menjaga Area Kulit Mata

Hal-hal di atas seharusnya nggak membuatmu khawatir. Mengapa? Karena saat ini ada banyak cara untuk melindungi area kulit di sekitar mata dong. Apa saja ya, kira-kira? Yuk, simak penjelasan kami untuk tips menjaga area kulit mata berikut ini.

1. Gunakan Pelembap

Pelembap memang menjadi kunci untuk merawat kulit agar tetap lembap dan nggak kering. Hal ini juga berlaku untuk menjaga area kulit di sekitar mata yang cenderung lebih kering sehingga pelembap sangat efektif untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, pelembap juga berfungsi untuk mencegah garis halus dan kerutan di kulit sekitar mata.

Akan tetapi, karena area di sekitar mata adalah bagian yang sensitif, kita harus berhati-hati dalam pemilihan produk pelembap. Untuk itu, carilah pelembap untuk mata yang aman dan cocok untuk jenis kulit. Selain itu, pilihlah pelembap yang memiliki kandungan bahan aktif yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Misalnya, untuk kulit berminyak, kita bisa memilih pelembap dengan tekstur gel, sementara untuk kulit kering dan normal, kita bisa menggunakan pelembap bertekstur krim.

2. Rajin Menggunakan Tabir Surya

Tips Menjaga Area Kulit Mata
Sumber: canva.com

Melindungi wajah dan tubuh dengan tabir surya adalah langkah utama kulit sehat dan terawat. Namun, bukan hanya wajah dan tubuh yang perlu dioleskan tabir surya tapi kulit daerah mata juga memerlukannya. Selain untuk melindungi dari sinar matahari, penggunaan tabir surya juga berfungsi untuk melindungi daerah mata agar nggak mengalami penggelapan.

Untuk itu, pastikan sudah mengoleskan tabir surya terlebih dahulu sebelum keluar rumah. Kita dapat mengoleskan tabir surya pada kelopak mata dan bagian bawah mata. Jika matahari terlalu terik, kita dapat melakukan perlindungan tambahan untuk kulit di sekitar mata dengan menggunakan kacamata hitam anti UV. Kita jadi nggak perlu khawatir lagi dengan area bawah mata yang gelap, bye mata panda!

3. Waktu Tidur yang Cukup

Pencegahan lain untuk area kulit mata yang gelap adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup.
Padatnya aktivitas sehari-hari biasanya membutuhkan banyak energi. Hal ini akan membuat tubuh kita lelah dan kurang istirahat. Untuk itu, saat memasuki waktu tidur, usahakanlah untuk tidur cukup dan nggak menundanya dengan melakukan kegiatan lain.

Selain demi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidur cukup juga berfungsi untuk menghindari kemunculan garis-garis hitam yang nggak diinginkan pada area kulit mata. Jadi, kita perlu memastikan untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam per hari, ya!

4. Istirahatkan Mata

Mengistirahatkan mata bukan hanya saat tertidur saja, tetapi kita dapat melakukannya dengan mematikan peralatan elektronik sejenak. Memang sebagian besar pekerjaan sehari-hari akan melibatkan gawai, seperti belajar daring, pekerjaan kantor, tugas kuliah dan lain sebagainya. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama mata cepat lelah.

Untuk itu, kita perlu mengistirahatkan mata dari peralatan elektronik dan segarkan mata dengan melihat pemandangan. Selain untuk mengembalikan kesegaran mata, hal ini juga dapat berfungsi untuk menghindari mata dari kantung mata menghitam dan kerutan.

Yuk, kurangi main gadget sebentar agar kita bisa mengistirahatkan dan menjaga kesehatan mata!

5. Kompres Mata

Tahu nggak sih? Teh mengandung antioksidan dan kafein yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi tumpukan di bawah kulit lho. Ya, ini dia fungsi lain dari kantong teh bekas yang kita gunakan, yaitu untuk mengompres area kulit di sekitar mata.

Maka dari itu, saat kita selesai menggunakan kantong teh, jangan dibuang dulu, ya! Kita dapat memanfaatkannya dengan cara rendam dengan air panas terlebih dahulu dan masukkan ke lemari es. Setelah itu, taruh kantong teh tersebut pada kelopak mata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kita bisa melakukan kegiatan ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Pijat dengan Lembut

Saat kelelahan, mata menjadi rentan bengkak. Hal ini juga disebabkan oleh berlebihnya asupan garam dan kurangnya waktu istirahat. Untuk mengatasinya, kita dapat memijat area sekitar mata dengan lembut.

Cara ini juga dapat menghemat pengeluaran karena nggak menggunakan produk apa pun. Selain itu, memijat area sekitar mata juga dapat dilakukan dengan menggunakan jade roller yang bisa kamu dapatkan dengan mudah baik via online maupun offline di beberapa toko kosmetik.

Memijat mata juga memiliki fungsi lain, seperti melawan tanda penuaan, mengurangi kantung mata, memberikan efek menenangkan pada mata, dan meredakan ketegangan otot. Jadi, lakukanlah pijat pada daerah sekitar mata saat kamu merasa kelelahan dan kurang istirahat, ya!

Menjaga area kulit di sekitar mata sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Jika melakukannya dengan langkah yang tepat, kulit di sekitar mata akan terawat dan terhindar dari masalah. Kita dapat mempraktikkan beberapa tips di atas untuk menjaga area kulit di sekitar mata. Semoga bermanfaat!

Related Posts

7 thoughts on “6 Tips Menjaga Area Kulit Mata Agar Terhindar dari Penuaan Dini

  1. Mata memang salah satu area wajah yang termasuk paling cepat terlihat penuaannya, ya. Kayak area mataku nih sudah beberapa tahun terakhir muncul garis-garis halusnya.

  2. Enam tips menjaga kelembaban dan kesegaran area mata di atas, semacam bisa banget dilakukan di rumah saja ya.
    Nggak harus ke salon atau klinik kecantikan. Nyobain semua satu-satu ah..

  3. Ah iya, daerah kantung mata ini emang harus dirawat ya
    Banyak juga caranya, kalau aku paling sering sih pakai eye serum gitu
    Pernah juga kompres pakai teh celup bekas

  4. Perawatan area mata memang sangat diperlukan aku sendiri mengalaminya karena banyak di depan layar kadang juga ada kantung mata tips ini sangat membantu untuk menjaga area kulit mata agar tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini, makasih tips akan aku terapkan deh

  5. Sunscreen ini penting sekali meski tidak pernah keluar rumah.
    Cahaya matahari bisa menembus dinding rumah soalnya lewat celah yang ada.
    Pastikan saja bahwa tidak ada kebocoran sehingga kulit tetap aman

  6. Wajah memang bagian yang sering dilihat oleh publik, apalagi bagian mata. Menjaganya agar tetap awet muda memang perlu banget, kadang tips-tips seperti ini yang jarang banget diketahui orang tapi memiliki manfaat yang besar. Daripada harus operasi atau hal-hal lain yang membahayakan tubuh.

  7. Aku belum pernah yang melakukan kompres mata pakai bekas kantung teh. Berarti itu harus diperas dulu ya, sampai tidak tersisa? Kayaknya bakal dicoba nih, mengingat kantong mata juga semakin lebar. Hahahhaa

Leave a Reply

Your email address will not be published.