Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Manfaat Berenang untuk Kesehatan, Gak Sekedar Main Air di Kolam Renang

Adakah yang suka berenang? Ataukah berkunjung ke kolam renang hanya untuk sekedar main air doang? Tahu nggak sih? Ternyata ada lho manfaat berenang untuk kesehatan.

Meski aku belum terlalu mahir berenang. Tapi minimal bisalah. Nggak cuma gaya batu lho. Kalau pun berencana mendatangkan kontraktor kolam renang untuk menghadirkan pool di rumah pun masih bolehlah. Hehehe….

Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Renang adalah salah satu cabang olahraga kardio yang melibatkan pergerakan seluruh otot pada bagian tubuh. Beberapa temanku yang sedang menjalani program diet juga disarankan untuk melakukannya.

Sehingga, banyak yang percaya kalau berenang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebagai berikut:

1. Menjaga Berat Badan

Aku pikir bukan tanpa sebab ya, instruktur diet teman-temanku menyarankan renang untuk program diet mereka.

Ada sumber yang mengatakan bahwa berenang satu jam bisa membakar 100-200 kalori. Sementara sumber yang lain bilang 500-650 kalori yang terbakar. Intinya adalah olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga, tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Makanya, olahraga ini jadi anjuran untuk program diet.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Renang ‘kan olahraga kardio ya. Dia bisa meningkatkan kekuatan jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen.

Oleh karena itu, rutin berenang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Jadi, pingin punya kolam renang sendiri dah. Coba cek jasa pembuatan kolam renang dulu ya!

3. Bagus untuk Bentuk dan Kekuatan Otot

Tadi ‘kan kubilang kalau berenang itu melibatkan pergerakan seluruh otot. Makanya, olahraga ini bisa menguatkan otot-otot di dalam tubuh. Misalnya otot triceps.

Peningkatannya bisa sampai 23,8% lho kalau kita rutin berenang sampai 8 minggu atau lebih.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Berenang dapat Menguatkan Otot
Credit to www.pexels.com/id-id/@pixabay/

Jenuh sama aktivitas kerja kadang kita rasakan. Benar nggak? Biasanya, kita pilih hangout atau belanja buat menghilangkannya.

Tapi pernah nggak kita coba hal lain? Kayak berenang di kolam gitu.

Konon kita bisa dapat ketenangan lho di dalam air. Hal ini bagus untuk kesehatan mental dan melepaskan ketegangan otot atau sendi. Habis itu, badan kita akan merasa lebih fit dan bugar kembali deh.

Cobain, Gengs! Rasanya stress akan cepat pergi dah.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada seorang temanku. Dia bercerita kalau dia pernah berhari-hari merasa insomnia. Nggak bisa tidur.

Lalu, seseorang menyarankannya untuk rutin berenang. Dan beneran. Dia bisa tidur dengan lebih nyenyak pada malam hari.

Hal ini sesuai dengan hasil sebuah studi yang bilang bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur pada penderita insomnia.

Sekarang, kalau dia udah merasa sulit tidur. Dia langsung bergegas untuk berenang. Pas belum punya kolam sendiri sih, dia pergi ke hotel yang punya fasilitas kolam renang. Sampai akhirnya dia bikin kolam renang sendiri di rumahnya.

6. Dapat Mengatasi Kondisi Saraf Kejepit

Bibiku pernah menderita karena sarafnya kejepit. Beliau merasa sulit beraktivitas dan baring-baring saja di tempat tidur. Kayaknya, banyak orang yang sarafnya kejepit juga mengalami hal yang sama ya.

Kalau hal ini nggak segera dapat penanganan. Maka nggak heran kalau ototnya melemah dan persendiannya menegang. Wong, lama nggak gerak-gerakin badan. Iya nggak sih?

Ada banyak cara sih penanganan saraf kejepit ini. Tentu atas pertimbangan dokter ya. Salah satunya adalah berenang. Berbagai gerakan saat berenang dapat membuat otot punggung dan tulang belakang jadi lebih rileks.

Berenang Nggak Hanya Sekedar Main Air di Kolam Renang ya

Kalau kita melihat orang-orang suka sekali berenang itu bukan hanya sekedar biar mereka bisa main air di kolam renang ya. Ternyata ada banyak sekali manfaat berenang untuk kesehatan. Beberapa telah kusebutkan tadi.

Andai Teman-teman memiliki pendapat lain terkait bahasan ini. Kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar ya. Nanti akan kuupdate secara berkala mengenai isi artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Sumber:

  1. alodokter.com/aneka-manfaat-berenang-untuk-kesehatan
  2. www.summareconbekasi.com/whatson/detail/5-manfaat-berenang-untuk-tubuh
Bacaan Menarik Lainnya:

Related Posts

9 thoughts on “Manfaat Berenang untuk Kesehatan, Gak Sekedar Main Air di Kolam Renang

  1. Kok enak yaa

    Pas belum punya kolam sendiri sih, dia pergi ke hotel yang punya fasilitas kolam renang. Sampai akhirnya dia bikin kolam renang sendiri di rumahnya.

    Rrr… ya kalau ada, aku juga mau bikin pool sendiri he he heee.. soalnya aku dan keluarga hobi renang! But, kita nikmatin ajalah ya, keliling cari cari pool yang lutu lutu biar ga insomnia

  2. Waah..jadi ingat 2 th lalu sempat niat belajar renang lagi.. (iyaaa..aku memang blom bisa renang, meski duluuu jaman2 SMP pernah bisa, hehe..).
    Etapi sikon menyebabkan niat itu berhenti di niat..baru bbrp kali latihan mogook lagi😂😂😂
    Baca tulsan ini jd seoerti diingatkan ttg niat itu.. thx ya..

  3. Aku pengen belajar renang lagi, tapi tiap melihat air, kadang kala aku merasa takut, tapi kadang kala, aku sangat senang melihat air seluas itu. Berhubung belum punya kolam renang sendiri, kami sekeluarga lebih suka berenang ke tempat yang ada cafenya sekalian, hihi

  4. Saya senengnya berenang di kolam yang dalam. Soalnya di sana perenangnya cenderung tertib-tertib.

    Nggak suka berenang di kolam yang dangkal. Karena yang berenang di sana itu cuman main air doang.

  5. berenang memang banyak banget sih manfaatnya. jadi ingat dulu pas masih kecil lumayan rajin berenang karena di belakang rumah ada sungai. sekarang nyoba renang 20 meter aja ngos-ngosan serasa mau tenggelam. hehe

  6. Aku juga sebenernya suka berenang-renang gitu. Cuma suka dilema.
    Kalo di daerah bogor, kolamnya dingin banget jadi cepet menggigil.
    Tapi kalo di daerah bekasi, kolamnya malah panas and bikin kulit cepet item.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *