Indonesia Website Awards

Keunggulan IP CCTV Dibanding CCTV Analog yang Perlu Kita Ketahui


Keunggulan IP CCTV

Filia Suka Nulis – Beberapa tahun terakhir ini, masyarakat semakin sadar akan kebutuhan keamanan pada lingkungannya. Hal ini dikarenakan semakin maraknya kasus-kasus kejahatan yang sangat rentan luput dari perhatian. Oleh karena itu pemanfaatan kamera CCTV menjadi kebutuhan juga pada kediaman pribadi seperti perumahan dan rumah pribadi.

Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal kamera pengintai dengan CCTV analog yang biasanya menggunakan kabel dan lebih konvensional. Namun, dengan teknologi yang semakin berkembang, kini ada jenis kamera pengintai yang mulai banyak diminati yaitu IP Camera. IP Camera atau Internet Protocol Camera ini biasa disebut juga dengan Smart Camera dan ada juga Wifi Camera.

Memang CCTV analog dan IP Camera cctv sama-sama merupakan difungsikan sebagai kamera pengintai, namun akan terasa beberapa perbedaan dan keunggulan dari IP Camera tersendiri bila Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Keunggulan IP CCTV Dibandingkan dengan CCTV Analog

Bagi Anda yang masih bingung apa saja keunggulan dari IP Camera dibandingkan CCTV Analog, berikut beberapa alasan yang mungkin Anda butuhkan untuk memilih IP Camera.

1. IP Camera menggunakan kabel UTP bahkan tanpa kabel untuk wifi kamera

Sesuai dengan Namanya IP Camera menggunakan jaringan baik itu lokal atau wifi untuk mengaksesnya. Hal ini tentunya lebih efisien dibandingkan penggunaan kabel coaxial. Jarak yang lebih jauh dan memungkinan terhubung dengan jaringan local sehingga tidak perlu menarik kabel lagi dari kamera ke decoder. Bahkan untuk wifi kamera tidak memerlukan transmisi data menggunakan kabel, cukup terhubung ke jaringan wifi rumah atau terhubung ke decoder langsung dengan jaringan wifi.

2. Akses dan control dari Aplikasi Mobile

IP Camera memang didesain sedemikian rupa untuk kemudahan para penggunanya. Kemudahan yang bisa Anda rasakan yaitu penggunaan aplikasi mobile yang bisa diakses melalui smartphone Anda. IP Camera dapat terintegrasi dengan pola hidup dari kebiasan pengguna, tanpa mengganggu kegiatan rutinitas.

Sistem Akses dan Kontrol pun akan semakin mudah untuk para pengguna. Perangkat IP Camera bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja bisa, selagi Anda berada di tempat yang memiliki akses internet. Sehingga pengawasan secara langsung pada keadaaan rumah atau kantor Anda akan dapat dilakukan secara real time.

3. Penggunaan Secara Menyeluruh Memerlukan Biaya Rendah

Pada umumnya harga IP Camera akan sedikit mahal daripada Analog Camera. Hal ini dikarenakan teknologi yang disematkan lebih tinggi sehingga menghasilkan kualitas yang lebih baik pula. Seperti istilah “Ada harga, ada barang”, begitu pula dengan kamera CCTV ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan sedikit merogoh kantong diawal. Ingat di awal, setelah pembelian Anda akan merasakan bahwa biaya yang dikeluarkan justru akan lebih murah dikarenakan kemungkinan akan rusak pada kabel atau sambungan pada IP Camera akan sangat kecil. Bila dikalkulasikan Anda tidak perlu menghabiskan banyak budget Anda pada komponen, instalasi dan biaya bulanan maupun tahunan. Ditambah lagi biaya perawatannya dan pemeliharaan yang mudah. Anda juga menginvestasikan keamanan lingkungan Anda dari tindakan kejahatan.

4. User Friendly Dalam Penggunaan

Dengan kemudahan-kemudahan yang telah disampaikan pada poin yang sebelumnya, sudah bisa dikategorikan sebagai user friendly. Anda tidak perlu memiliki kemampuan khusus atau ilmu pengetahuan tentang teknologi dalam penggunaanya, karena dengan Anda mengikuti instruksi yang tersedia sudah cukup untuk Anda mendapatkan akses dan kontrol sistem CCTV dengan sangat mudah.

Semua keunggulan tersebut bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih IP Camera yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi CCTV dari Hikvision Untuk Anda

1. Analog Camera Hikvision DS-2CE16D1T-IT5

cctv camera hikvision ds 2ce16d1t it5
Sumber: https://www.distributor-cctv.com/2637-home_default/cctv-camera-hikvision-ds-2ce16d1t-it5.jpg

Bagi Anda yang mencari referensi CCTV Outdoor, disamping itu Camera ini sangat terjangkau. CCTV ini memiliki spesifikasi yang patut Anda pertimbangkan diantaranya:

  • Memiliki 4 pieces EXIR LEDs
  • Outdoor EXIR Bullet
  • Memiliki CMOS technology sensor dengan resolusi 2 MP
  • Full HD dengan 1080p
  • Lensa dengan 3.6/6/8/12/16mm dan 0.1 Lux/F1.2
  • OSD Menu (Up the Coax)
  • 80m IR dan Smart IR

2. IP Camera Hikvision DS-2CD2520F

IP Camera Hikvision DS 2CD2520F
Sumber: https://www.distributor-cctv.com/cctv-indoor-hikvision/553-cctv-camera-hikvision-ds-2cd2520f.html

IP Camera ini dikenal juga dengan Mini Dome Camera sehingga memiliki bentuk yang kecil dan mudah untuk ditempatkan dimana saja, terutama di dalam ruangan. Dengan harganya yang terbilang terjangkau dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Dilengkapi hingga 2-megapixel (1920 x 1080 @ 30 fps) resolusi
  • Dilengkapi dengan teknologi CMOS pemindai progresif
  • Dirancang dengan penempatan Micro SD, SDHC, SDXC hingga 64 GB
  • Memiliki pengurangan kebisingan 3D Digital
  • Perlindungan dampak dengan teknologi IEC60068-2-75 tes, Eh, 20J, EN50102, hingga IK10
  • Didukung dengan teknologi ketika kurang cahaya, pengambilan gambar secara otomatis, dan penyesuaian 3-sumbu untuk pemasangan yang lebih mudah
  • Power over Ethernet

3. Analog PTZ Camera Hikvision DS-2AE5225T-A

Analog PTZ Camera Hikvision DS 2AE5225T-A
Sumber: https://www.hikvision.com/id/products/Turbo-HD-Products/PTZ-Cameras/Pro–Series/DS-2AE5225T-A/

Ini merupakan Camera dengan jenis PTZ atau Pan-tilt-Zoom Camera. Jenis ini memungkinkan penggunanya untuk memperbesar atau memperkecil sebuah objek dengan mudah sehingga cocok untuk acara olahraga. Spesifikasinya pada kamera ini diantaranya:

  • Kualitas gambar yang tinggi dengan resolusi 2 MP
  • Kemampuan untuk menangkap gambar saat cahaya kurang dengan teknologi DarkFighter
  • Kemampuan Pan and tilt memungkinkan kamera untuk memantau zona yang diinginkan

Tentunya masih banyak lagi produk Analog dan IP Camera dari Hikvision, sehingga Anda tidak bingung dalam menentukan Camera untuk kebutuhan Anda. Ingin rekomendasi produk lainnya? Anda bisa langsung melihat websitenya di laman resmi Hikvision.

Related Post

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger