Indonesia Website Awards

3 Etika Dalam Dunia Kerja yang Akan Membuat Karier Cemerlang


Etika dalam dunia kerja

Filia Suka Nulis – Etika adalah aturan yang berlaku di dalam kehidupan masyarakat, baik tertulis maupun tak tertulis. Di semua lini kehidupan, etika ini dianggap sesuatu yang penting, termasuk di dunia kerja.

Meskipun secara umum, etika yang berlaku di berbagai tempat sama saja. Namun, pasti ada etika-etika khusus yang berlaku di setiap tempat kondisi.

Misalnya saja pada dunia kerja. Pastinya mereka akan memberlakukan aturan-aturan khusus yang bertujuan untuk menjaga kenyamanan di tempat kerja.

Jika setiap orang di tempat tersebut, mempunyai etika bekerja yang baik, tentu akan berpengaruh terhadap kinerja para pekerjanya. Termasuk orang-orang yang bekerja sama dengannya.

3 Etika Dalam Dunia Kerja yang Dapat Membuat Karir Cemerlang

Tak hanya berpengaruh pada orang lain, seseorang yang menjaga etika dalam bekerja pun bisa merasakan manfaatnya. Kira-kira apa saja sih etika di dunia kerja yang wajib kita lakukan?

#1 Menjaga Penampilan

Memperhatikan penampilan di mana pun berada adalah sebuah keharusan. Kita sendiri dan orang yang melihatnya pun akan merasa nyaman. Tidak salah kostum, istilah zaman sekarang.

Kita perlu memperhatikan dengan baik dan mengikuti aturan-aturan berpakaian di tempat bekerja. Selain terlihat rapi, penampilan yang sesuai dengan aturan akan memperlihatkan sikap profesional dalam bekerja.

#2 Menghormati Orang Lain

Kita harus bisa menghormati orang lain. Tidak perduli kita sedang berada dimana dan kapan saja. Hal ini pun berlaku di tempat kerja.

Salah satu contoh menghormati orang lain saat bekerja, misalnya dengan tidak mengganggu rekan kerja yang sedang sibuk. Bersikap santun kepada rekan kerja yang lebih tua atau lebih senior, dan lain-lain.

Sehingga, lingkungan kerja akan semakin kondusif dan nyaman jika semua orang memiliki etika ini. Tidak ada yang merasa terganggu atau ada yang berperilaku kurang ajar.

#3 Penuh Tanggung Jawab

Bertanggung jawab
Sumber pict : https://pixabay.com/id/illustrations/pria-bayangan-hitam-tanggung-jawab-97975/

Tanggung jawab adalah salah satu sikap positif. Kita wajib memilikinya. Apalagi saat sedang berada dalam lingkungan pekerjaan.

Bahkan pada saat rekrutmen, tim yang mewawancarai kita pasti sudah mulai mencari tahu apakah kita memiliki sikap ini atau tidak. Tentu saja, perusahaan tidak mau repot-repot membayar karyawan yang tidak bisa bertanggung jawab dengan tugasnya sendiri.

Salah satu contohnya adalah kita harus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Bila perlu mengerjakannya sebelum deadline sehingga akan mudah saat harus melakukan revisi.

Oh iya, kita juga harus bisa bekerja sama dalam tim. Tidak merepotkan dan mau saling membantu. Hindari sifat egois dan mau menang sendiri ya, Gengs! Apalagi sifat bossy.

Dunia Kerja akan Terasa Menyenangkan Jika Para Staff Memiliki Etika Kerja yang Baik

Dengan menerapkan etika dalam dunia kerja dengan baik, membuat orang yang bekerja sama dengan kita akan menaruh hormat dan respek. Mereka akan dengan senang hati bekerja sama kembali karena kita bekerja dengan baik dan profesional.

Kita akan bekerja dengan nyaman dan menyenangkan. Sehingga, kinerja kita semakin bagus. Selanjutnya bukan tidak mungkin, karier yang cemerlang akan kita dapatkan.

Related Post

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger