Tempat Hiking di Bogor

Gunung Batu, Tempat Hiking di Bogor Cocok Bagi Pemula

Filia Suka Nulis – Mendaki. Kegiatan yang satu ini banyak digandrungi kawula muda. Sarat tantangan dan amat memacu adrenaline. Selain itu juga sebagai ajang mendekatkan diri pada alam. Atau yang lebih kita kenal dengan istilah tadabbur alam.

Buat kamu yang juga suka mendaki. Tapi masih pemula banget. Lalu kamu kebetulan tinggal di daerah Jabodetabek.

Maka, kami saranin untuk berkunjung ke Gunung Batu. Kenapa kami menyarankan ini? Karena kami pernah berkunjung ke sana. Meski medannya nggak terlalu tinggi, gunung ini memiliki trek yang sangat menantang. Cocok buat liburan akhir tahun gitu.

Gunung Batu Jonggol
Sumber : wikipedia.org

Tempat Hiking di Bogor Bagi Pemula

Berbicara tempat hiking di Bogor bagi pemula sebenarnya banyak banget. Selain Gunung Batu ini, ada juga gunung-gunung lainnya yang ketinggiannya nggak sampai di atas 2 ribu meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ada Gunung Munara, Gunung Kencana dan Puncak Lalana. Tapi seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Di tulisan kali ini kami hanya akan fokus membahas Gunung Batu saja. Kok begitu?

Alasannya sudah jelas. Karena kami pernah mendaki ke Gunung Batu. Jadi, kami mempunyai cerita versi pribadi yang cocok untuk dibagikan.

Kenapa Gunung Batu Cocok Bagi Pemula?

Ketinggian Gunung Batu itu hanya 875 mdpl. Butuh waktu sekitar 2 jam saja untuk menaklukkan puncaknya.

Karena rutenya yang nggak terlalu panjang ini. Banyak orang yang merekomendasikannya pada banyak pendaki mula. Masuk akal sih.

Secara pribadi kami berpendapat. Alasan kenapa Gunung Batu cocok bagi pemula bukan hanya itu saja lho. Tapi, gunung ini punya jalur yang menantang. Terjal dan curam.

Selain itu, puncak gunung batu memang sempit. Tapi puncak tersebut menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Hamparan sawah nan luas dapat kita nikmati sampai puas.

Lokasi dan Tiket Masuk ke Gunung Batu

Gunung Batu ini terkenal dengan sebutan Gunung Batu Jonggol. Tapi secara administratif masuk dalam Kecamatan Sukamakmur.

Untuk menuju ke lokasi Gunung Batu. Kamu harus memakai kendaraan pribadi. Atau bisa sewa kendaraan. Sebab nggak ada angkutan umum yang sampai ke sana.

Bagaimana dengan tiket masuknya? Kami sih nggak terlalu ingat. Sebab kami ke sana sekitar 4 tahunan yang lalu.

Tapi berdasarkan penjelajahan di Google. Saat ini tiket ke sana sekitar Rp15.000. Biaya ini sudah termasuk dengan biaya parkir.

Kami memang punya kenangan khusus dengan Gunung Batu ini. Sebab kami ingat sekali perjuangan kami untuk menyusuri jalurnya. Sangat penuh perjuangan dan butuh effort yang nggak sedikit.

Nah, kami pun bisa menjamin bahwa Teman-teman gak bakalan nyesel berkunjung ke sana. Pokoknya, selain cocok untuk ajang latihan mendaki. Rutenya tetap menantang dan keindahan alamnya sangat memanjakan mata. Coba deh, Gengs!

Related Posts

One thought on “Gunung Batu, Tempat Hiking di Bogor Cocok Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.