Indonesia Website Awards

Lebih dari Sekedar Konfirmasi Data, Ini Dia Tujuan Interview


Tujuan Interview

Filiasukanulis.com – Saat baru lulus kuliah, wajar jika kita keluar masuk perusahaan untuk menyerahkan lamaran pekerjaan. Berharap mereka akan memberi kesempatan dan memanggil kita untuk interview.

Makanya sebagai freshgraduate, kita harus bisa membuat CV yang menarik. Hal ini bertujuan agar tim perekrut mau membaca hingga akhir dan merasa wajib untuk mewawancarai kita.

Namun sebelum itu, ada yang harus kita ketahui. Beberapa hal mengenai apa sebenarnya tujuan interview?

4 Tujuan Interview yang Perlu Kita Ketahui

Namanya juga perusahaan yang selalu mengutamakan profit. Mereka nggak akan melakukan sesuatu tanpa tujuan yang jelas. Sayang sama biaya yang dikeluarkan dong pasti. Iya nggak sih?

Begitu juga halnya dengan wawancara kerja. Pasti ada tujuannya.

#1 Proses saling mengenal

Bukankah ada pepatah yang mengatakan bahwa “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Kalau perusahaan tentu konsepnya bukan tentang kasih sayang dan lain-lain. Tapi, tetap saja. Kita nggak akan nyaman bekerja sama dengan orang yang nggak kita kenal.

Related Post

Beda ceritanya jika mereka sudah mengenal kita. Paham apa saja kemampuan yang kita miliki. Potensi yang ada untuk kemajuan perusahaan dan lain sebagainya.

Proses wawancara bertujuan untuk hal ini. Mengenal siapa calon karyawan yang ingin bekerja dengan perusahaan. Maka, akan lebih baik jika kita mencari tahu tentang perusahaan dan posisi yang kita inginkan sebelum mengikuti wawancara.

#2 Konfirmasi Data

Pada saat menyerahkan surat lamaran kerja, pasti ada lampiran CV yang menyertai. Kita akan menuliskan seluruh informasi yang terkait dengan posisi yang kita inginkan di sana.

Proses interview juga bertujuan untuk mengonfirmasi semua data yang telah dituliskan oleh calon karyawan pada CVnya. Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan lain-lain akan menjadi bahan pertimbangan bagi tim rekrutmen untuk menerima calon karyawan atau nggak? Misal, apakah kita berasal dari Kampus Vokasi pencetak enterpreneur tangguh dan lain-lain.

Sebenarnya persentasenya kecil sih akan ada informasi yang nggak sesuai. Dengan kata lain, sedikit sekali calon tenaga kerja yang mengada-ada untuk informasi yang tertera pada CV. Tapi, tetap saja setiap detailnya harus terkonfirmasi ‘kan?

#3 Eksplorasi kompetensi

Related Post

Apa sih yang ingin dieksplorasi oleh tim rekrutmen dari calon karyawannya?

Sebelum itu, kita perlu memahami bahwa kompetensi terbagi menjadi dua yaitu hard skill dan soft skill. Kedua hal inilah yang akan menjadi target eksplorasi mereka.

Hard skill merupakan kemampuan yang sudah kita pelajari masa kuliah. Mudah sekali membuktikannya. Karena ini kemampuan yang nyata. Misal, kita kuliah di bidang agronomi dan kita akan melamar pekerjaan sebagai staff pembibitan. Maka, kita akan ditanya seputar masalah pembibitan.

Berbeda halnya dengan soft skill. Kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan dan lain sebagainya akan sulit dibuktikan. Tapi, ini tetap akan menjadi target eksplorasi mereka atas calon karyawan.

#4 Pengamatan perilaku

Hal lain yang dibutuhkan selain keahlian dalam mencari pekerjaan adalah attitude. Bukan berarti kita harus mendewakan perusahaan ya. Tapi lebih bagaimana kita bersikap.

Apakah kita bisa bersikap sopan? Bagaimana sikap kita saat berbincang dengan rekan kerja? Apakah ada eye contact? Dapatkah kita menghargai kepada sesama karyawan? Dan lain sebagainya.

Tujuan Interview Nggak Hanya Sekedar Konfirmasi Data ya

Nah, sudah jelas ‘kan sekarang? Interview nggak hanya sekedar bertanya tentang latar belakang pendidikan, kompetensi dan segala informasi tentang kita.

Lebih dari itu, ternyata ada empat tujuan interview. Maka dari itu, kita harus menyiapkan segala sesuatunya. Agar kita bisa melaluinya dengan mudah.

Selanjutnya, kita siap menghadapi tantangan dunia kerja. Jika ingin lebih menguasai wawancara kerja, bolehlah kita belajar melalui aplikasi siap kerja yang banyak tersedia melalui online lho.

Semoga bermanfaat.

Related Post

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger