Checklist Perawatan Motor

Checklist Perawatan Motor Sebelum Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun sudah ada di depan mata nih, Gaes! Sudah punya rencana buat liburan? Bagi yang memilih untuk touring naik motor, pastikan kalian sudah melakukan semua checklist perawatan motor sebelum liburan ya!

Kesiapan kendaraan buat touring tuh nggak kalah penting sama kesiapan diri ya!

Maksudku, jangan sampailah kita sudah siap, eh motor kita malah rewel. Bukannya, kita senang-senang, yang ada kita malah sebel banget nangkring di bengkel service motor saat harusnya liburan.

Checklist Perawatan Motor

Urusan merawat motor tuh nggak harus kita lakukan sendiri lho! Kita bisa bawa motor kita ke service motor terdekat, contohnya Planet Ban.

Mereka bisa membantu kita menyelesaikan semua checklist yang ada untuk merawat motor.

Memang apa saja sih checklist perawatan motor yang harus kita lakukan sebelum liburan akhir tahun?

1. Cek Kondisi Ban Motor

Salah satu komponen vital yang perlu kita periksa adalah ban motor. Gimana tampilan luarnya?

Apakah ada keretakan atau sobekan? Tekstur yang bergelombang atau alur yang menipis.

Kalau emang butuh ganti ban, ya ganti saja! Kita bisa melakukannya di Planet Ban, tempat service motor terdekat. Kenapa?

Planet Ban menyediakan ban dengan berbagai merek dan ukuran. Tim mereka akan menyesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor kita. Amanlah kalau sama mereka.

“Aku baru ganti ban kok. Masa butuh pemeriksaan juga?”

Ingat ya! Baru ganti ban bukan alasan agar kita nggak memeriksa kondisinya sebelum perjalanan jauh untuk liburan!

Kita mungkin nggak akan menemukan masalah yang serius. Tapi, kita tetap harus memastikan apakah tekanan udara ban dalam kondisi normal.

Meski pun kita bisa melakukannya saat di perjalanan. Akan lebih baik kalau sepeda motor kita sudah dalam kondisi prima sebelum kita ajak touring. Benar nggak?

2. Cek Kondisi Rem

Selain ban, komponen penting yang harus kita periksa untuk memastikan keamanan dalam berkendara adalah rem. Kita tentu nggak mau ada kejadian nggak terduga karena rem bermasalah.

Bila memang kondisi rem sudah terlalu dalam saat kita tekan tuasnya, maka kita perlu mengganti kampas rem.

Biasanya, bengkel service motor akan tahu gimana tanda keausan pada rem. Mereka akan memeriksa secara manual dengan indicator penunjuk yang ada di setiap dinding tromol.

Kalau dinding tromol sudah sejajar sama tanda batas yang ada, maka mereka akan meminta persetujuan kita untuk mengganti kampas tromol (brake shoe).

Selain itu, tempat service motor terdekat akan memeriksa rem cakram. Mereka akan melihat ketebalan kampas atau piringan rem. Hal ini untuk mengurangi risiko yang nggak kita inginkan selama perjalanan touring.

Konsultasi Perawatan Motor

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Checklist perawatan motor sebelum liburan akhir tahun berikutnya adalah oli mesin. Kita perlu menggantinya sebelum membawa motor untuk perjalanan jauh.

Saat ganti motor di service motor terdekat, kita perlu memastikan bahwa olinya bisa mengakomodasi kondisi motor untuk jarak jauh. Cek juga kandungan yang ada dalam oli tersebut.

Salah satu kandungan yang bagus menurutku adalah Ester. Kok gitu?

Ester adalah kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan pada mesin motor dengan baik. Dalam artian, Ester bisa menjaga suhu mesin tetap stabil.

Sehingga, oli dengan kandungan Ester sangat cocok bila kita gunakan untuk perjalanan jauh saat liburan.

Tahu nggak? Oli apa yang ada kandungan Ester tapi harganya terjangkau?

Yupz. Kita bisa pakai oli eksklusif dari Planet Ban yaitu oli X-Ten. Di mana, oli X-Ten punya kandungan Ester yang bisa menjaga kondisi mesin motor kita dengan stabil walau pada torsi tinggi.

Menariknya lagi, oli X-Ten bisa kita gunakan sampai jarak perjalanan sejauh 5000 kilometer lho.

4. Periksa Aki Motor

Perawatan motor selanjutnya yang nggak kalah penting adalah mengecek aki motor. Komponen ini berfungsi untuk menjaga daya listrik sepeda motor.

Mudahnya, biar kita nggak perlu tenaga ekstra untuk menghidupkan mesin motor. Cukup dengan tombol start yang ada. Nggak perlu ngengkol, Gaes.

Kita perlu memastikan kondisi aki nggak bocor, karat apalagi rusak. Semisal motor kita pakai aki basah, maka kita perlu cek kondisi air akinya.

Pengecekan aki secara berkala ini membantu kita dalam mengetahui kondisinya. Apakah masih bagus atau perlu kita ganti.

5. Cek Sistem Pendingin

Kita sering abai sama sistem pendingin saat melakukan perawatan motor. Letak komponen sistem pendingin motor memang nggak terlihat secara langsung. Makanya bikin dia jarang terpantau.

Tahu nggak? Sistem pendingin yang bermasalah tuh bisa bikin mesin overheat lho. Karena panasnya nggak bisa diredam dengan baik.

Oleh karena itu, sebelum touring buat liburan akhir tahun, kita perlu memastikan kondisi air pendingin (coolant) ada pada batas indikator yang cukup. Agar mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

6. Periksa Busi

Jangan lupa buat memeriksa kondisi busi sebelum liburan ini. Komponen busi tuh berhubungan sama sistem perapian. Kalau kondisi busi nggak optimal, bisa bikin sistem perapian nggak sempurna.

Motor bisa mogok karena proses pengapiannya terganggu.

Coba cek kondisi busi sebelum liburan! Kalau misalkan kondisinya kotor, maka kita cuma perlu membersihkan.

Lain cerita kalau kondisi businya sudah aus. Kita harus mengganti dengan busi yang baru.

7. Cek CVT dan Rantai

Komponen yang nggak kalah penting untuk kita periksa sebelum liburan adalah bagian sistem penggerak motor. Komponen CVT untuk motor matic dan rantai untuk sepeda motor jenis bebek dan sport.

Kita perlu memastikan bahwa sistem penggerak berfungsi dengan sempurna. Biar nggak menghambat kinerja tenaga pada mesin. Karena sistem penggerak inilah yang berfungsi menransfer tenaga mesin ke roda.

Bila memang perlu, kita bisa membawa motor ke bengkel service motor agar mendapat perawatan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan.

Planet Ban untuk Membantu Checklist Perawatan Motor Sebelum Liburan Akhir Tahun

Service Motor Terdekat

Liburan akhir tahun dengan melakukan touring pakai sepeda motor bersama teman dan saudara tuh memang seru. Tapi, kita harus memastikan bahwa semua checklist perawatan motor sudah kita selesaikan dengan baik sebelum keberangkatan.

Kondisi motor yang optimal bisa membuat perjalanan kita nyaman dan tanpa hambatan.

Planet Ban bisa menjadi patner terbaik untuk pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor kita. Karena Planet Ban nggak hanya menyediakan ban motor, mereka juga menyediakan spare part berkualitas lainnya.

Katakan saja, kita butuh aki, busi, kampas rem, air coolant sampai layanan Servis Rasa Mesin Baru yang bisa meningkatkan kinerja sepeda motor kita. Beres servis, eh sepeda motor kita berubah jadi kayak baru lagi deh.

Apalagi, konsultasi ke mekanik Planet Ban tuh nggak perlu biaya lho. Kita hanya perlu berkunjung ke toko Planen Ban terdekat.

Selain itu, kita juga bisa konsultasi online gratis melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban. Hubungi saja Tim Konsultasi Online Planet Ban di https://bit.ly/KonsultasimotorPB!

Related Posts

10 thoughts on “Checklist Perawatan Motor Sebelum Liburan Akhir Tahun

  1. Artikel yang sangat bagus dan lengkap. Saya punya motor, tetapi lebih banyak dipakai istri kerja kantoran. Alhasil, ketika motor rewel, baru deh laporan ke saya. Jadi, begitulah. Istri saya sibuk pakai motor. Saya sibuk nungguin motor di bengkel.

  2. Tiga poin pertama yang dituliskan ini aku setuju dan emang penting dan krusial. Beberapa kali aku jalan dan ban gembos, mesti dorong jauh banget buat nemuin tukang. Rem juga kalau nggak prima saat bawa motor tuh jadi was-was dan kudu jaga jarak yang banyak biar pengereman aman.

    Seneng deh dengan Planen Ban yang bisa kasih konsultasi gratis lewat CS di WA. Bengkel di Palembang rasanya belom ada yang kasih pelayanan kayak gini. Dan semoga hal ini bisa jadi acuan bagi bengkel lain untuk melakukan hal yang sama.

  3. WAJIB banget ngecek kondisi kendaraan sebelum menjelajah jauh. Jangan sampai karena kelalaian kita, kejadian yang tidak diharapkan muncul hingga malah mengganggu kenyamanan selama liburan. Pokoknya kudu peduli lah sama kualitas fisik dan mesin kendaraan (dalam hal ini motor).

  4. Kapan itu suami pinjem motor keponakan, gundul dong bannya. Waduh…untung engga kenapa-kenapa. Auto mampir dulu deh ke bengkel Planet Ban deket rumah. Sekalian tune-up juga. Huf…beruntung banget nih keponakan. Motor tuh memang perlu perawatan berkala sih…

  5. kebiasaan anakku nomor 3 nih
    Setiap pulang ke bandung, pasti langsung ke garasi untuk bawa sepeda motor ka planet ban

    Padahal belum tentu sepeda motornya dipake lho. Dia tuh perfect banget. Dia terbiasa memastikan semua dalam keadaan siap, termasuk sepeda motor kesayangan

  6. Percis dengan yang dilakukan suami ketika kami Minggu lalu akan berangkat ke pantai untuk merayakan malam tahun baru.
    Sebelumnya tentu saja menyervis sepeda motor dulu karena tahu jalan ke pantai itu ajib… Meski ternyata lumayan lebih baik karena sebagian sudah diperbaiki.
    Oli, ban, rem, accu dan busi memang selalu harus dicek kalau mau bepergian

  7. Penting banget ini harus rutin cek kondisi motor. Mulai dari rem, aki sampai ban motor. Dulu aku ke bengkel cuma kalau ada keluhan motor ada yg kurang apa gitu.. sekarang mulai bikin jadwal ke bengkel rutin.

  8. Karena Bandung sedang musim hujan dan musim liburan, pasti servis kendaraan menjadi agenda wajib. Heheh.. soalnya pernah banget ngerasain motor mogok dan kita semua cuma bisa menyesal. Hhuhuu..
    Planet Ban beneran jadi partner terbaik buat servis rutin berkala kendaraan bermotor agar terawat dengan baik.

  9. Oli sh yang penting buat rajin diganti sepengalamanku, Kak.

    Soalnya kalau kelewat tuh, si motor auto bisa rusak berat. Senang sih dengan keberadaan Planet Ban yang memang dimana-mana banget dan mudah banget kutemui di sekitarku di Bogor sini. Jadi memudahkan kalau mau melakukan perawatan kendaraan roda dua. Mantapnya lagi, biaya jasanya nggak bikin kepikiran berat duluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *