Mesin Motor

4 Fungsi Oli Motor yang Perlu Kita Ketahui

Filia Suka Nulis – “Ning, kamu udah ngetap motor?” Kemarin bapakku bertanya perihal perawatan motorku. Motor matic berwarna putih dari salah satu brand motor ternama.

Aku memang sudah biasa melakukan perawatan motor dalam sekali sebulan. Nggak banyak sih yang kulakukan. Aku hanya perlu membawanya ke bengkel resmi, lalu memberitahukan pada para mekanik yang bertugas mengenai apa saja masalah yang kurasakan dari motorku.

Kalau nggak ada masalah paling hanya mengganti olinya saja. Atau yang biasa kusebut dengan ngetap motor. Memang apa sih fungsi oli motor itu?

4 Fungsi Oli Motor yang Perlu Kita Ketahui

 

Fungsi Oli Motor
Sumber: www.astramotor.co.id/wp-content/uploads/2019/12/Ganti-Oli-Motor.jpg

 

Oli motor merupakan cairan pelumas untuk menunjang kelancaran mesin motor dan komponen lain. Harapannya mesin motor bisa terawat dengan lebih baik. Sehingga, ada seenggaknya empat fungsi utama dari oli motor, yaitu:

1. Oli Motor Berfungsi Melumasi (Lubricating)

Namanya juga mesin ya. Pasti terdiri dari beragam komponen dan setiap komponennya pasti terbuat dari logam. Ketika mesin motor bekerja, nggak menutup-kemungkinan akan terjadi banyak gesekan antar komponen.

Nah, gesekan ini dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus. Akibatnya dapat mengurangi tenaga mesin dan menghasilkan kotoran serta panas.

Maka dari itu, oli motor berfungsi untuk meredam gesekan mesin menjadi lebih halus. Hal ini dapat mengurangi peluang kerusakan pada komponen mesin. Mungkin itulah ya, kenapa bapakku begitu teliti sekali untuk penggantian pelumas motorku. Biar nggak cepet rusak. Hehehe….

2. Membersihkan (Cleaning)

Mesin motor yang bekerja itu juga melakukan pembakaran. Nah sisa hasil pembakaran ini adalah kerak yang harus segera dibersihkan. Karena jika nggak, maka kerak tersebut dapat mengganggu performa motor.

Lantas siapa yang bertugas untuk membersihkan kerak tersebut? Yups. Oli motorlah yang berfungsi untuk membersihkan kerak-kerak hasil pembakaran mesin.

Bagaimana cara pembuangan kerak-kerak tersebut? Yaitu bersamaan dengan saat penggantian oli motor. Makanya nggak heran saat ganti oli, kita sering melihat olinya berganti warna menjadi hitam.

Temukan Urusan Service dan Perawatan Mobil

3. Fungsi Oli Motor untuk Mendinginkan (Cooling)

Saat mesin bekerja, maka ia akan menghasilkan panas. Oleh karena itu, oli berperan dalam membantu mesin untuk menyerap panas. Selain itu, oli juga akan mendinginkan suhu mesin.

Cara kerjanya adalah oli akan mengalir pada permukaan komponen dengan membawa panas yang terhasilkan oleh mesin. Panas ini adalah hasil dari pembakaran di dalam silinder dan gesekan antar komponen mesin.

Kemudian panas yang terbawa akan ikut terbuang bersama dengan udara yang mengalir saat kita mengendarai motor.

4. Melindungi (Protecting)

Komponen mesin itu terbuat dari logam. Saat logam nggak terlindungi maka bisa jadi akan menimbulkan karat yang akan mengganggu kinerja mesin. Sehingga, komponen mesin ini membutuhkan pelindung dari karat yang mungkin terjadi.

Dalam hal ini oli akan mencegah reaksi oksidasi yang terjadi pada komponen mesin. Lalu, oli pun dapat mengurangi kebocoran kompresi dan tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder mesin.

Bukan hanya itu saja. Oli juga memiliki fungsi sebagai peredam getaran yang terjadi akibat suara bising hasil benturan piston. Sehingga, suara mesin terdengar lebih halus.

Pentingnya Fungsi Oli Motor, Jangan Malas Ganti Oli Ya!

Melihat betapa pentingnya manfaat oli untuk motor kita, aku jadi nggak heran kenapa bapakku begitu getolnya mengingatkanku untuk urusan ini. Kebayang kalau telat ganti oli. Kinerja mesin akan terganggu.

Pada akhirnya, motor kita juga yang bengek. Kalau sudah begitu, biaya perbaikannya akan semakin mahal ketimbang mengganti oli secara teratur.

Jadi, jangan malas mengganti oli ya, Gengs! Menurut kalian, apa nih rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia?

Temukan Hal yang Perlu Diteliti Saat Membeli Mobil Bekas

Related Posts

15 thoughts on “4 Fungsi Oli Motor yang Perlu Kita Ketahui

  1. Iya, oli ini emang penting banget buat kinerja mesin motor, jadi nggak boleh telat mengganti, jangan sampai mengering. Karena bisa fatal akibatnya buat motor

  2. Wah …terima kasih nih infonya. Biasanya aku kalau ganti oli mobil cuma ngikutin apa kata suami. Gantiin oli, merek a-b-c. OK…
    Hehe…engga nanya-nanya, kenapa merek ituh…

  3. oli ini bagian penting dari motor ya. jangan sampai telat ganti. bisa turun mesin atau rusak nanti.

  4. pernah aku telat ganti oli motor dan hampir aja kena mesinnya, kalau sampai kena waahhhh mati aku! wkwkwkw emang kudu wajib ya cek dan rutin ganti oli karena emang fungsinya terhadap motor tuh penting banget.

  5. Wahh kalau punya kendaraan, mesti cek2 oli secara rutin ya biar kendaraan bagus terus , sebab kalau kurang di maintance seperti lupa ganti oli gitu , yang ribet kita ya kalau kenapa2 dengan kendaraannya

  6. Wah jadi ingat aku belum ngetap motor nih mba, aku sendiri biasanya tiga bulan sekali ngetap oli mba sekalian servis. Ndilalah ini berbarengan mau ganti ban juga..pas banget tipsnya

  7. Ternyata fungsi oli beragam ya. Saya tahunya cuma poin pertama, ternyata dia juga bisa membersihkan, mendinginkan, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published.