Cara Merawat Mobil Tetap Kinclong

Cara Merawat Mobil Agar Tetap Mengkilap di Depan Umum

Sekarang banyak orang menganggap kehadiran mobil bukan hanya untuk tujuan transportasi saja. Tapi juga sudah menjadi barang yang mesti kita rawat dengan baik termasuk dalam hal penampilan mobil. Begini lho cara merawat mobil tetap mengkilap.

Daftar Isi

Cara Merawat Mobil Tetap Mengkilap

Bicara tentang penampilan, tentunya penampilan mobil yang paling menonjol dan selalu terlihat banyak orang di depan umum adalah bagian eksterior. Bahkan sebagian orang mengutamakan penampilan luar daripada penampilan area dalam karena banyak orang yang akan menilai mobil tersebut.

Hal ini membuat pemilik kendaraan menginginkan cat mobilnya terlihat bersih dan juga terus mengkilap, bagaimana caranya?

1. Parkir Di Tempat yang Tepat

Saat mobil kita parkir, pastikan kita memilih tempat yang tertutup dan juga dalam kondisi teduh. Tujuannya agar nggak kena sinar matahar untuk waktu yang cukup lama.

Ketika mobil kita kena sinar matahari, maka lama-kelamaan cat akan mulai memudar. Lantas warnanya bisa nggak lagi mencolok dan menarik.

Kalau perlu ya, kita bisa pasang kanopi di area garasi untuk menghalau sinar matahari langsung terkena cat mobil.

Sedangkan jika parkir di kantor, kita bisa pilih area basement atau area parkir yang ada di lantai bawah.

Tapi gimana dong kalau sudah terpaksa nggak ada lagi tempat parkir yang tertutup? Sayang dong kalau mobil kepanasan.

Tenang saja! Ada solusi lain kok. Kita bisa pakai sarung mobil untuk melindungi mobil dari terkena sinar matahari langsung.

2. Sediakan Kain Halus

Buat apaan kita harus punya kain halus segala? Mungkin ada yang nanya begitu ya.

Jika kita rutin mencuci dan membersihkan mobil. Maka kita harus menyediakan kain yang benar-benar halus. Buat mengelap mobil.

Dengan kain halus maka cat yang menempel pada body mobil akan tetap terjaga kualitasnya. Bisa tetap kinclong dan mengkilap deh.

Ingat ya! Jangan pakai kain berserat kasar lho! Karena bisa merusak cat bahkan menggores body mobil. Nggak cantik lagi deh warnanya.

Salah satu bahan yang bisa kita gunakan untuk mengelap mobil adalah kanebo yang berkualitas bagus. Mahal-mahal dikit nggak papa lah ya.

3. Pakai Sabun Khusus

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Kinclong

Pas mau mencuci mobil, sebaiknya kita hindari penggunaan sabun secara asal seperti sabun colek atau deterjen pencuci baju. Bukan jodohnya, Gaes. Nanti nggak cocok.

Selain itu, penggunaan sabun yang asal-asalan bakal bisa merusak cat mobil lho. Apalagi kalau kita pakai terus-menerus.

Bukannya bersih, kita bisa bikin cat mobil akan kelihatan kusam jika memaksakan tetap pakai selain sabun untuk mobil. Teman-teman pasti nggak mau dong.

Jadi gunakan saja sabun khusus mobil yang memang dibuat khusus untuk cat yang ada di mobil. Ada kok kalau kita cari. Karena tersedia di berbagai toko perlengkapan mobil.

Oh iya, usahakan juga cuci kendaraan seminggu sekali atau seminggu dua kali untuk menjaga kualitas dari cat ya, Gaes!

4. Cuci Setelah Kehujanan

Kalau mobil kehujanan, ada baiknya langsung kita cuci atau bilas deh. Kenapa? Karena air hujan tu mengandung asam sehingga bisa menurunkan kualitas cat.

Selain itu, jika membiarkan cat mobil terkena air hujan maka ada kemungkinan jamur akan tumbuh pada area eksterior mobil. Duh, mobil kita bakal buluk dong. Nggak banget β€˜kan?

Dengan mengikuti cara merawat mobil tetap kinclong di atas, tentunya mobil akan terus mengkilap saat berada di tempat umum.

Jika merasa cat mobil sudah pudar dan usang. Kita pasti merasa harus cat ulang. Budgetnya tentu nggak sedikit ya.

Terus kalau merasa cat ulang cukup mahal. Nggak papa lho kalau kita beli mobil bekas dengan cat yang masih bagus. Emang ada?

Adalah. Kita bisa beli di balai lelang IBID. Ada banyak pilihan warna cat yang bisa kita pilih dari berbagai tipe mobil yang ada. Jika nggak ingin kehabisan unit lelang, nggak perlu pikir panjang lagi langsung saja daftar IBID.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *