7 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha


Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

Hobi adalah kegiatan menyenangkan yang akan kita lakukan dengan sepenuh hati di waktu luang. Sementara itu, peluang usaha terbaik adalah usaha yang paling kita sukai. Lalu, bagaimana jika kita mengubah hobi menjadi peluang usaha?

Hal ini akan menjadi usaha yang sempurna. Kita nggak hanya mengerjakannya karena kewajiban mencari nafkah. Namun, kita juga akan mengerjakannya dengan hati yang riang.

Lalu, apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah hobi menjadi peluang usaha?

Bagaimana Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

Hobi Menjadi Peluang Usaha
Memberikan sentuhan terakhir pada karya seni (freepik.com)

Ada beberapa cara menemukan atau mengenali peluang usaha di lingkungan sekitar. Termasuk menjadikan hobi sebagai peluang usaha yang akan kita jalankan.

Inilah 7 strategi agar kita bisa memanfaatkan hobi kita menjadi usaha yang menguntungkan.

1. Mengenali Apa Saja Hobi Kita

Pada tahap awal ini, kita harus mengenali apa saja hobi kita. Sebagai riset awal untuk menentukan peluang bisnis yang ingin kita ambil. Selain itu, kita bisa memilih metode usaha yang akan kita gunakan.

Misal, kita memiliki hobi melukis. Maka, kita bisa memilih untuk menjual hasil lukisan kita atau mengajarkan teknik melukis di kelas.

Atau kita memiliki hobi menulis. Baik kisah fiksi atau pun nonfiksi. Kita bisa membuat blog sebagai wadah tulisan kita. Lalu, menjadi seorang blogger dan mendapat penghasilan dari tulisan kita. Tuh kan, dari hobi saja kita bisa mendapatkan penghasilan.

Apalagi kalau blognya memiliki alamat domain yang menunjukkan diri kita. Hal ini mudah saja kok. Kita bisa menyewa hosting di Niaga Hoster. Apa sih niagahoster?

Niagahoster merupakan sebuah layanan hosting murah unlimited dengan cPanel dan server Indonesia dari Hostinger Group. Layanan hosting ini mempunyai kelas bisnis yang menggunakan data center bersertifikasi tier-4 yang canggih dan modern.

Layanan hosting niagahoster menyediakan domain murah, baik domain Internasional atau pun Indonesia. Selain itu, mereka juga menyediakan server VPS murah, keamanan SSL/HTTPS, email hosting, jasa pembuatan website, hingga periklanan Google Adwords.

Nah, teman-teman pasti menginginkan hobi menulis menjadi peluang usaha. Apalagi jika menghasilkan pundi-pundi dolar.

2. Menentukan Hobi yang Memiliki Nilai Jual

Setelah melakukan hal pertama, kita bisa menentukan hobi yang memiliki nilai jual. Bagaimana caranya?

Kita bisa memulai dengan beberapa hal. Pertama, kita mencari tahu apa yang ingin kita tawarkan kepada target market. Kedua, kita perlu mengetahui tentang siapa pesaing dan kelebihannya. Ketiga dan ini mungkin hal yang paling penting. Apakah kita bisa menjangkau target marketnya?

3. Memahami Siapa Target Marketnya

Target market adalah sasaran yang kita bidik sebagai penikmat produk yang kita tawarkan. Sehingga, dengan memahami siapa mereka, kita akan menjual produk dengan mudah.

Misal, kita memiliki hobi merajut sepatu bayi. Kita bisa mencari tahu mengenai siapa yang membutuhkan produk tersebut. Bagaimana selera mereka terhadap sepatu bayi? Sehingga kita bisa melakukan modifikasi yang sesuai dengan selera pasar.

4. Mencari Ide Bisnis yang Sesuai

Ide bisnis meliputi bagaimana rencana menjalankan bisnis yang telah kita mulai dari hobi. Rencana itu bisa meliputi beberapa hal. Diantaranya:

a. Analisis produk yang akan kita tawarkan

Hal ini meliputi seberapa berat target pasarmu. Kemudian seberapa cepat perubahannya.

b. Analisis kompetisi

Kompetisi akan membicarakan mengenai pesaing kita. Apa saja kelebihan dan kelemahan mereka? Lantas apa yang membuatmu berbeda dari mereka?

Selanjutnya adalah apa kebutuhan mereka? Kita harus menemukan rumusannya. Lalu memberikan apa yang mereka butuhkan.

c. Rencana Memasarkan Produk

Bagaimana menciptakan produk adalah sesuatu hal yang nggak sulit. Namun, bagaimana memasarkan produk membutuhkan usaha yang lebih.

Oleh karena itu, kita membutuhkan rencana yang matang. Apa metode dan sarana yang akan kita gunakan?

d. Rencana Pembiayaan

Hal yang paling utama adalah pembiayaan. Setiap usaha selalu membutuhkan modal. Apakah kita memilikinya? Kalau nggak, bagaimana menemukan investor untuk usaha kita? Dan apa keuntungan yang ingin kita capai dalam jangka waktu tertentu?

Kita harus merencanakan semua hal tersebut. Sehingga, kita bisa meminimalisir kesalahan yang mungkin muncul di tengah jalan bisnis.

5. Memilih Media Promosi yang Akan Kita Gunakan

Saat ini adalah jaman digital. Sehingga, kita nggak perlu lagi menjajakan produk kita di pasar. Kita bisa memilih media online untuk promosi produk.

Ada beberapa media yang bisa kita gunakan. Facebook, Whatsapp, Instagram dan market place kesayangan anda. Kita juga bisa menggunakan beberapa jenis media lho.

Namun, kita perlu mengingat satu hal. Bahwa media sosial bukan tempat untuk berjualan. Makanya kita harus mengetahui cara berjualan di media sosial.

6. Jangan Lupa Membangun Branding Kita Sesuai Produk yang Kita Hasilkan

Personal branding adalah bagaimana cara orang dalam mengenal kita. Hal ini nggak bisa terbentuk dalam satu atau dua hari. Kita membutuhkan waktu yang sangat lama.

Kita bisa memulainya dengan menulis tentang diri kita, termasuk produk yang kita buat. Kemudian membagikannya di media sosial.

7. Membangun Komunitas

Hobi berkaitan erat dengan komunitas. Ini merupakan sesuatu yang potensial jika kita membicarakan peluang usaha yang ingin kita jalankan.

Komunitas akan membantu kita menemukan target pasar yang cocok. Karena, jelas sekali. Mereka akan memiliki frekuensi yang sama dengan kita. Artinya mereka memiliki kesenangan yang sama. Sehingga, peluang terjadinya penjualan pun semakin tinggi.

Kesimpulan

Itu tadi ketujuh cara untuk mengubah hobi menjadi peluang usaha. Jika kita rutin dan konsisten melakukan ketujuh cara tersebut, maka peluang terjadinya penjualan pun akan semakin besar. Jadi, tunggu apalagi? Yuk kita mengubah hobi kita menjadi peluang usaha.

Have any Question or Comment?

12 comments on “7 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

Terimakasih ilmunya, pas banget dng kondisi saya saat ini yg sedang mengembangkan usaha kuliner berdasarkan hobi masak

Reply

Makasih tipsnya Mbak, betul ya, Alhamdulillah di zaman seperti sekarang ini, mudah rasanya mengubah hobi jadi profesi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Saya juga awalnya ngeblog niatnya cuma sebatas nulis biasa aja, ternyata Alhamdulillah sedikit demi sedikit bisa menghasilkan walaupun belum sebanyak temen blogger yang lain, tapi tetap aku syukuri dengan pencapaian yang ada meski belum seberapa hehe. Bisa merasakan apa itu hoby yang dibayar aja udah seneng banget 🙂

Reply

Segala sesuatu itu bermula dari yang sedikit dulu, Mbak. Sebelum kemudian berkembang menjadi yang banyak. Hehehehe

Reply

Jadi pengen nih mengembangkan hobi untuk bisa menghasilkan cring cring.
Saya termasuk orang yang susah berpromosi, personal branding apalagi. Malu. Idenya disimpen sendiri. Hehe jadi nya orang kan tidak tahu kalau kita punya sesuatu yg bisa dijual atau dimanfaatkan.

Masih harus belajar banyak ini saya. Thanks infonya mbak

Reply

Kayaknya mbak dewi kudu keluar dari zona nyamannya dulu, Mbak. Sesekali mari out of the box. Hehehe

Reply

Benar sekali hobi jika ditekuni bisa jadi peluang usaha tinggal butuh niat dan tekad yang kuat juga didukung beberapa faktor yang disebut di sini. Apalagi saat pandemi begini tentu sebuah kesempatan untuk mendulang rezeki dari hobi

Reply

Iya. Belum lagi yang kedampak pandemi gini. Dibebas tugaskan. Jadi kehilangan penghasilan. Maka seharusnya ini bisa jadi jalan keluar yang epik banget ya mbak….

Reply

Wah makasih tipsnya mbak Yuni. Mengubah hobi menjadi peluang usaha, siapapun pasti ingin dong, termasuk saya hehehe. Setelah pandemi, saya jadi lebih suka berkreasi di dapur dan alhamdulilah akhirmya bisa launching satu produk yang sampai sekarang masih jalan, meskpun masih sistem pre order.

Tetapi bener lho mbak, rasanya tu senang sekali kalau ternyata dari hobi yang kita tekuni ternyata bisa menghasilkan. Jadi penasaran ingin terus mengembangkannya.

Reply

wah keren. Kita jadi mengerjakannya dengan hati. Menjadi penghasilan dari hati tu sesuatu lho ya mbak. Hehehe

Reply

Info yg bagus Mba. Klo saya ga sengaja, bawain anak2 bekal.ke kantor. Teman2nya pd cocok, jd sering pd pesan lauk atau sarapan. Klo hobby menulis, alhamdulillah pernah membawa saya menjadi pekwrja freelancer selama 15 th setelah pensiun.

Reply

Wah keren ya mbak. Jadi makin semangat jadi freelancer akutu…

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEO & Blog Competition 2020

contest telkomsel 1.1

Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel