Manfaat POS System

7 Manfaat Sistem Pos Di Outlet Ayam Penyet Gama Semarang Selatan

Sistem Pos di Outlet Gama – Beberapa waktu lalu, keni teman kos saya yang juga bekerja di gedung yang sama, Gedung Suara Merdeka, mengajak makan di warung Gama. Dia mengatakan bahwa dirinya sedang merindukan ayam penyet yang dijual di sana.

Gayung bersambut. Saya pun sedang menginginkan makanan pedas. Belum lagi sambal buatan Gama juga merupakan salah satu sambal favorit kami. Sehingga saya pun mengiyakan ajakan Keni.

Kami pun sepakat untuk bertemu di lobi dan berangkat bersama mendatangi warung Gama yang berada di Batan, Semarang Selatan. Begitu sampai, kami langsung memesan di area kasir. Keni memilih kepala dan sayap ayam goreng, sementara saya memilih dada ayam goreng. Lalu, kami menunggu pesanan kami diantarkan.

“Ken, aku lupa nggak ambil uang di atm tadi. Uang cashku kayaknya nggak cukup deh,” saya berbisik pada Keni.

“Nggak papa sih Mbak Yun. Itu mereka nerima pembayaran pake Gopay kok,” jawab Keni menenangkan.

Nggak lama kemudian pesanan kami pun datang. Meskipun tadi mbak kasir nggak mencatat pesanan kami, apa yang diantarkan benar-benar pas. Nggak kurang satu apa pun. Kami pun menyantap apa yang kami pesan.

Saat kami akan membayar pesanan, kasir membolehkan kami membayar dengan menggunakan Gopay. Bukan hanya itu, kami juga mendapatkan struk pembayaran lengkap dengan rincian pesanan kami. Berasa belanja di supermarket deh.

Lalu, sembari menunggu pesanan Gocar kami sampai, Keni mengajak mbak kasir berbincang-bincang. Ada beberapa hal yang bisa saya tangkap dari perbincangan mereka. Salah satunya Gama sudah menjadi mitra Gofood. Nggak heran jika kami bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan Gopay.

Selain itu, sebagai mitra Gofood, ada banyak keuntungan yang ditawarkan. Salah satunya adalah mengenai Sistem Pos. Salah satu fitur milik GoBiz yang memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis kuliner mereka.

Pengertian Point of Sales atau Pos System

Point of Sales (POS) merupakan sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli. POS berupa mesin kasir konvensional versi modern yang biasanya dilengkapi dengan penyimpan uang.

Cara mengaktifkan fitur POS bagi akun GoBiz pemilik usaha pun mudah. Berikut langkah-langkah yang dijelaskan oleh Mbak Kasir Gama.

Cara Mengaktifkan Sistem Pos

Nah, Gama sudah menggunakan system ini. Mereka mempunyai alat kasir untuk mencatat dan menghitung pesanan sekaligus mencetak struk pembayaran. Meski nggak sebaik mesin kasir supermarket yang lengkap dengan penyimpan uang.

Selain itu, Gama juga bisa langsung menerima pesanan yang masuk secara daring. Sehingga mereka bisa langsung menyiapkan pesanan sembari menunggu petugas delivery dari pemesan.

7 Manfaat Sistem Pos yang Digunakan Outlet Gama

Mencatat Data Transaksi Pelanggan

Manfaat Sistem Pos

Sesuai cerita yang tadi saya ceritakan, kasir nggak perlu lagi mencatat pesanan kami secara manual. Dia hanya menanyakan pesanan kami dan memasukkannya di mesin kasir.

Hal yang sama dengan pesanan yang datang dari dalam jaringan. Pesanan pelanggan bisa langsung diterima oleh outlet (Gama). Sehingga, petugas delivery dari Gojek nggak perlu menunggu lama untuk mengantarkan pesanan pelanggan.

Ini berbeda dengan outlet yang nggak memakai POS. Pesanan daring nggak langsung mereka terima. Outlet harus menunggu sopir Gojek memberikan pesanan untuk mereka. Jadi, pengantaran pun membutuhkan waktu lebih lama.

Akibatnya pelanggan bisa saja merasa kurang puas dengan ketepatan waktu yang dibutuhkan. Dan tentu saja berpengaruh pada penilaian outlet.

Ada Sistem Stok Barang

Pernah suatu ketika, saya berencana memesan ayam penyet Gama melalui aplikasi daring. Sayangnya, menu yang saya inginkan sudah out of stock. Sehingga nggak bisa dipesan lagi.

Dari situ saya mengetahui bahwa Pos System juga terintegrasi dengan stok barang. Seharusnya ini memudahkan outlet untuk menambah stok jika memang sudah mau habis.

Mudah Mengubah Data Menu

Sebagai usaha diversifikasi produk, POS memberikan kemudahan dalam mengubah data menu. Misalkan saja outlet Gama.

Pada awalnya, akun GoBiz mereka hanya menyediakan menu ayam penyet. Kemudian, mereka mengubah menu secara berkala. Ada beberapa tambahan menu, seperti pete goreng, bebek goreng dan beberapa menu tambahan lain.

Selain itu, Gama juga menyediakan tambahan aneka jus dari yang awalnya hanya es teh dan es jeruk saja.

Menurut pengakuan mbak kasir yang ditanya oleh Keni, mereka nggak perlu ribet untuk melakukan perubahan menu. POS sudah menyediakan fitur untuk hal tersebut. Jadi, pemilik outlet hanya perlu melakukan editing pada menu saja.

Memberikan Laporan Penjualan

Selanjutnya mengenai laporan penjualan untuk menunjang usaha Gama. Mbak kasir menyebutkan, fitur POS dari GoBiz juga memberikan laporan penjualan dari setiap pesanan yang masuk.

Laporan penjualan bisa disajikan sebagai laporan harian, mingguan bahkan bulanan. Mereka nggak perlu lagi merekap manual data penjualan outlet. Semua data tersaji secara online.

Tapi tenang saja, kerahasiaan data akan selalu terjaga. Pihak yang bisa mengakses data hanya sang pemilik akun saja. Demi keamanan, kita perlu memastikan nggak ada yang memiliki akses akun GoBiz milik kita ya Sahabat Filia.

Mencetak Struk Pembayaran

Bila disambungkan pada mesin printer, maka POS dari aplikasi GoBiz ini dapat mencetak struk pembayaran.

Manfaat POS Cetak Struk

Kalkulasi Otomatis

POS juga menyediakan fitur kalkulasi otomatis. Sehingga memudahkan kasir melakukan penghitungan total pesanan dan pengembalian kepada pelanggan.

Menerima Berbagai Metode Pembayaran

Manfaat terakhir adalah menerima pembayaran dari berbagai metode. Tadi saja, kami membayar dengan menggunakan Gopay. Selain itu, pelanggan lain juga bisa menggunakan metode non tunai lain, seperti kartu kredit, debit dan uang elektronik.

Begitulah obrolan ringan dengan mbak kasir Gama. Saya bagikan di sini dengan tujuan sebagai sumber informasi untuk teman-teman pemilik usaha yang ingin menggunakan akun GoBiz dan mengaktifkan fitur Sistem Pos.

Semoga bermanfaat ya teman-teman.

Related Posts

94 thoughts on “7 Manfaat Sistem Pos Di Outlet Ayam Penyet Gama Semarang Selatan

  1. Layanan seperti ini akan sangat membantu saat new normal pandemi seperti ini. Interaksi langsung bisa berkurang tapi pelanggan bisa nyaman pesannya.
    Lengkap juga ternyata layanan Gobiz ini untuk pedagangnya. Memudahkan pedagang juga. Semantap ayam goreng Gama rupanya yaa mbak

    1. Zaman sekarang apa-apa mudah ya, tidak perlu repot2 bawa uang cash kalau mau belanja. Sangat membantu sekali ini ya sistem POS memudahkan konsumen dalam berbelanja.

  2. Aku sejak pandemi ini makin suka belanja pake cashless mba Yun. Lebih aman, nyaman dan tenang nggak harus pegang-pegang uang hihihi. Dan fitur GoBiz ini bantu banget ya untuk penjual juga lebih diuntungkan

  3. Wah canggih ya. Jadi outlet engga nunggu Babang Gojek ngasih liat aplikasi pesanan, tapi udah langsung tahu dari kostumer. Babang Gojek tinggal ambil & antar. Semakin cepat deh pelayananya…Sip…

  4. Wah,banyak ya manfaat sistem POS dari GoBiz ini. Tentunya pelaku usaha akan dimudahkan dengan berbagi fitur ini. Operasional jadi lebih lancar, pembukuan rapi, pelanggan jadi nyaman…sehingga usaha makin maju dan jaya.

  5. Saya pemakai akun Gojek tapi kurang begitu tahu tentang GoBiz, hehe. Jadi tau deh setelah baca ini. Inovasi yang sangat bermanfaat untuk para pelaku usaha, nih. Praktis dan memudahkan kelancaran transaksi.
    Kapan-kapan kalau mampir warung makan, saya mau cek juga apakah mereka pakai POS juga 🙂

  6. Kl semua layanan kasir di outlet bisa menggunakan layanan seperti ini akan lebih memudahkan customer untuk melakukan pembayaran. Mendapat point plus di hati customer

    1. Sejak pandemi begini saya juga lebih seneng belanja online belanja cashless juga. Lebih praktis dan ngga perlu was was ada di kerumunan. Manfaat banget emang Gobiz nih

  7. Malam-malam baca ini jadi pengin ayam penyet…duh, jam begini dah tutup, besok aja ah
    Aku suka sekarang pedagang, pelaku UMKM sudah menggunakan sistem pos dari GoBiz. Bikin penjual maupun pembeli sama-sama dimudahkan saat bertransaksi

  8. sangat membantu para pemilik usaha ya, aplikasinya mudah digunakan juga tetapi fiturnya sangat lengkap. rekomendasi banget nih buat para pemilik usaha yang terbilang masih menengah.

  9. Saya juga lebih senang bayar pakai gopay. Lebih cepat sebab gak perlu nunggu uang kembalian. Oya mbak untuk pengusaha sekarang jadi lebih terbantu ya dengan adanya point of sales ini. Mereka jadi lebih mudah menyusun laporan keuangan

  10. Aku udah lama gak jajan offline, tapi justru karena online terus jadi selalu pakek GoPay. Promonya lumayan banget, gak repot nyari uang pas juga. Kalau mau nambah tinggal tips buat abangnya aja. Praktis.

  11. rekomendasi untuk yang buka usaha dan pengen lebih hemat biaya. kalau pakai mesin kasir manual kan lebih boros, tuh. kalau paper less gini kan lebih hemat dan aman, dan (lagi) lebih terdata dengan rapi

    1. Menyenangkan ya bisa bayar nggak pakai uang tunai. Mengurangi interaksi dengan orang juga.

      Sistem pos emang keren.

    1. Kayaknya juga bisa terhindar dari istilah kalkulator rusak ya mbak? Hihi itu loh, penjual yang suka asal hitung dan ternyata jatuhnya jauh lebih mahal. Kan ga mudah ganti angka atau harga seenaknya kalau daftar makanan sudah masuk dalam sistem

  12. wuih zaman edan. sekarang makin canggih aja ya. warung makan sistem bayarnya kayak supermarket. canggih tenan. kalau semua warung kayak gini, makmur sejahtera negeri kita ya. melek teknologi semua rakyatnya.

  13. wah memudahkan banget nih pakai Pos Gobiz bisa cetak struk juga, mantap. Memudahkan penjual nih ya mba 🙂 praktis juga

    1. Mantap ya pakai Gobiz. Jadi terbantu banget Para penjual untuk mengelola bisnisnya. Jadi ngiler pengen ke ayam penyet Gama

  14. Banyak keuntungan dengan memakai aplikasi Gobiz ya. Aplikasi semacam ini pasti efektif digunakan oleh pengusaha baik kelas kecil maupun menengah. Karena mudah digunakan dan mememlki fungsi yang beragam.

  15. Kemarin juga rekomendasiin ini ke temenku yang lagi ngerintis usaha kulinernya. katanya udah ngga pusing2 lagi deehh, praktis dan banyak manfaat dalam satu kali kerja yak

  16. Gagal fokus sama ayamnya, bikin ngiler hehehe
    Tp mmg berguna bgt aplikasi ini, untuk usaha menengah terutama, jelas ini sangatlah membantu

  17. Buat yg lg ngerintis usaha ritel, gobiz ini alternatif yg bagus banget. Karena memudahkan sistem kasir ya, jd lebih simpel

  18. Saya banyak membaca ulasan sistem POS dari GoBiz ini dan tertarik kalau punya usaha kuliner nih.
    Praktis dan sangat membantu saya yang tak suka pegang angka dan akuntansi. Hihihi.

  19. Sangat memudahkan bagi pemilik udaha kuliner dalam mengelola usahanya ya, pencatatan keuangan maupun kepraktisan dalam melayani pelanggan. Bagi pembeli juga memudahkan dalam melakukan pembayaran. Penjual untung, pembeli juga senang

  20. Dengan teknologi, dapat memudahkan para pengusaha UMKM untuk menjalankan bisnisnya ketika bekerja sama dengan GoFood, selain itu memperkuat kemitraan diantara keduanya. Sangat pintar terobosannya.

  21. enak ya, nggak perlu lagi kertas dan bulpen untuk mencatat pesanan. Cukup tekan-tekan layar monitor yang ukurannya kecil. Praktis dan terlihat keren di mata konsumen

  22. Ini juga yang bikin Pos System memudahkan pelaku bisnis: Pos System juga terintegrasi dengan stok barang. Sehingga memudahkan untuk menambah stok jika memang sudah mau habis….Konsumen juga tidak akan dikecewakan karenanya

  23. Aplikasi yang sangat berguna dan canggih ya. Sangat baik dengan fitur yang dapat memeriksa stok, sehingga penjual bisa bersiap jika stok menipis atau malah habis.

  24. Keren banget aplikasi Gobiz ya kak, apa apa jadi mudah dan simpel.
    Dan tentu pendataan sistem penjualan juga terdata dengan jelas, kan kalau secara manual suka ada kekeliruan.
    Pastinya bikin usaha makin untung

  25. Sangat menguntungkan bagi para pengusaha atau penjual menggunakan POS System ini ya. Mulai dari menerima pesanan, cetak struk sampai dengan laporan transaksi udah jadi satu aja ga perlu repot2 nyatet dengan segala keribetannya.

  26. Jadi lebih mudah dan praktis ya kak. System’ pos ini belum ada di daerah ku. Jadi baru tau dari postingan kakak. Hehe, jaman sekarang emang jaman serba canggih ya 😀

  27. Wah GoBiz tambah keren ya, dengan adanya sistem POS ini. Punya fitur yang bisa memeriksa stok. Cocok sekali untuk usaha kuliner nih.

  28. Sistem POS dari GoBiz ini sebenarnya bukan hanya membantu para mitra usahanya tapi juga para pelanggan. Dengan struk yang didapatkan saat melakukan pembayaran, bisa untuk bukti pembukuan keuangan rumah tangga ya mbak.

  29. Bagus nih, bisnis dari awal memang harus bagus manajemen nya baik dari keuangan, pencatatan dan lainnya pernah bisnis sampai cukup besar saat manajemen keungan kurang bagus tinggal menanti saat2 kehancurannya… Sistem POS ini membantu sekali..

  30. Sungguh ini bermanfaat sekali bagi para pedagang, kafe dan UMKM, apalagi di masa pandemi seperti ini, di mana kalau bisa, semua pembayaran pakai non tunai.

  31. Pos System ini ternyata bagus ya untuk memudahkan proses transaksi jual beli, sekaligus sebagai pencatat keuangan otomatis bagi pelaku usaha. Jadi dari transaksi yang terjadi, bisa langsung terlihat keuntungan hari tersebut.

  32. Wah bener bener kebantu banget ya kak buat yang mau daftarkan usahanya di Gobiz, aku mau rekomendasiin ke temen ku ni kak dia punya usaha kecil-kecilan gitu kayaknya bagus pake ini

  33. Boleh dicoba nih aplikasinya, fitur fiturnya kok.pas banget dengan kebutuhan pencatatan usaha saya, masih belajar di dunia kuliner juga nih. Semoga aplikasinya lebih meringankan pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.