Indonesia Website Awards

7 Cara Ampuh Mempercepat Laptop Windows 10


Cara Mempercepat Laptop Windows 10

Perkembangan teknologi emang cepat banget sih. Bahkan Windows 11 beta kabarnya akan segera release. Atau malah sudah release ya. Tolong share dong yang udah ada informasinya. Karena aku sendiri masih pakai windows 10. Hehehe….

Ngomongin masalah ini, pernah merasakan komputer atau laptop lemot nggak sih? Apalagi bagiku yang suka menyimpan file-file atau memasang aplikasi sehingga harddisk/SSD sampai cepat penuh. Dan itu jelas bikin performa laptop atau komputer menurun dengan seiring berjalannya waktu. Betul nggak Gaes?

7 Cara Ampuh Mempercepat Laptop Windows 10

Saat laptop lemot, kita pasti memikirkan bagaimana caranya agar bisa meningkatkan kembali performanya. Dan ternyata ada beberapa trik yang bisa kita lakukan, khususnya bagi perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10 kayak laptopku.

Menariknya lagi, kita bisa melakukannya tanpa perlu memasang aplikasi tambahan. Maksudnya begini, kita bisa meningkatkan performa laptop dengan fitur yang sudah terpasang dalam sistem secara default. Nggak perlu install aplikasi lain lagi deh.

Inilah cara ampuh untuk meningkatkan laptop atau komputer dengan Windows 10 yang bisa kita lakukan.

Bersihkan Harddisk

Biasanya laptop atau komputer kita terasa lebih lemot saat ada terlalu banyak file sampah yang tersimpan. Sehingga, langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah membersihkan ruang penyimpanannya dari file tersebut.

Kita bisa memanfaatkan fitur “Disk Cleanup” yang bertujuan untuk melegakan ruang penyimpanan dari beragam file yang nggak penting. Ada pun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengunjungi menu Start dan ketikkan kata kunci “Disk Cleanup” lalu enter.
  2. Kita pilih harddisk mana yang akan dibersihkan lantas klik tombol “OK”.
  3. Tunggu hingga proses cleanup selesai. Selanjutnya akan ada window berisi file sampah yang bisa kita hapus. Beri tanda centang pada file tersedia yang ingin dihapus lalu klik “OK” dan “Delete Files”.

Beres. Dan kita bisa melakukannya secara berkala untuk mempertahankan performa laptop atau Komputer.

Bersihkan Harddisk untuk Peningkatan Performa Windows 10

Cara Mempercepat Laptop Windows 10 Kedua dengan Optimasi hard disk

File sampah sudah bersih. Selanjutnya kita bisa mengoptimasi (optimize) atau menata ulang (defragment) harddisk. Hal ini agar kita bisa membaca dan menyimpan file dengan mulus tanpa hambatan. Mirip jalan tol gitulah. Hehehe….

Kita bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur “Defragment and Optimize Drives”. Caranya pun nggak rumit. Begini langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi menu Start dan ketikkan kata kunci “defragment” lalu enter.
  2. Kita bisa pilih harddisk mana yang akan dioptimasi dan klik “Optimize”.
  3. Tunggu hingga proses defragment selesai. Ini bisa saja membutuhkan waktu yang agak lama ya. Jadi harap bersabar. Hehehe….

Sama halnya dengan disk cleanup, kita juga bisa melakukan defragment secara berkala. Hal ini agar performa laptop atau komputer kita tetap terjaga.

Defragment

Jangan lupa Menghapus aplikasi yang Nggak Perlu

Kadang kala kita suka sekali bermain game di laptop atau komputer. Rasanya lebih lega saja gitu area penglihatan kita. Makanya, saat ada banyak game yang terpasang.

Tapi tahu nggak sih? Ternyata aplikasi-aplikasi itu bikin media penyimpanan semakin sesak. Akibatnya storage kita makin tipis dan bikin performa komputer atau laptop semakin lemot saja.

Maka jalan keluarnya adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang nggak kita perlukan. Bagaimana caranya?

  1. Kita mulai dari menu Start. Ketikkan kata kunci “add or remove programs” dan enter.
  2. Akan muncul window dengan daftar aplikasi terpasang. Kita bisa pilih aplikasi yang nggak penting dan klik tombol “Uninstall”.

Hapus Aplikasi yang Nggak Penting

Mempercepat Laptop Windows 10 dengan Membatasi program ketika komputer booting

Saat laptop atau komputer menyala atau booting, Windows 10 akan menjalankan beberapa aplikasi secara otomatis. Baik berupa program bawaan OS atau aplikasi yang kita pasang.

Maka dari itu kadang proses booting suka memakan waktu sesuai dengan berapa jumlah aplikasi tersebut. Tapi, tenang saja! Kita bisa menghemat waktu booting dengan menonaktifkan aplikasi-aplikasi itu melalui fitur “Task Manager”.

Begini cara membatasi program ketika booting untuk mempercepat laptop windows 10, sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada taskbar lalu kita pilih “Task Manager”.
  2. Kita menuju ke tab “Startup” dan pilih program yang nggak begitu penting.
  3. Klik kanan pada program tersebut dan pilih menu “Disable”

Matikan Program Background yang Nggak Penting

Hal yang memperlambat performa komputer atau laptop adalah banyaknya program yang berjalan pada background. Terlebih jika RAM yang kita punya hanya memiliki kapasitas yang kecil. Maka selesai sudah. Kita nggak bisa menjalankan program yang terlalu banyak.

Hal ini bisa kita atasi dengan mematikan saja program yang nggak penting. Bagaimana caranya?

  1. Melalui menu “Task Manager” kita pilih tab “Processes”.
  2. Kita bisa pilih aplikasi apa saja pada background yang ingin kita hentikan. Lalu klik kanan dan pilih “End Task”.

Scan Komputer secara Berkala untuk Performa Komputer yang Lebih Baik

Alasan lain yang membuat laptop atau komputer kita lemot adalah adanya virus atau software berbahaya (malware). Untuk menghindari dampak yang berbahaya ini, kita bisa memindai komputer secara berkala.

Kita nggak perlu membeli antivirus baru. Karena Windows 10 sudah memiliki fitur keamanan yang bisa memindai komputer dari virus, malware atau aplikasi spyware.

Cara memindai dengan fitur keamanan Windows 10 adalah sebagai berikut:

  1. Kita ketikkan kata kunci “Virus & Threat Protection” lalu tekan enter.
  2. Pilih “Quick Scan” untuk proses pemindaian. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Saat fitur ini menemukan program atau virus berbahaya, maka ia akan membersihkannya secara otomatis. Sehingga kita nggak perlu melakukannya secara manual. Mudah kan?

Mengganti Pengaturan Power ke “Best Performance”

Pengguna laptop pasti nggak asing dengan pengaturan daya atau power. Biasanya kita mengaturnya sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah kita ingin menghemat daya batrai atau nggak?

Performa laptop tentu akan sangat baik jika kita mengaturnya pada posisi “Best Performance”. Sayangnya, pengaturan ini membuat daya baterai menjadi boros. Sehingga, kita akan mengaturnya pada “Best Battery Life” untuk menghemat baterai.

Kita bisa dengan mudah mengaturnya dengan mengklik ikon baterai pada taskbar. Kemudian menggulir kursor sesuai pengaturannya.

Cara Ampuh Mempercepat Laptop Windows 10

Bekerja atau bermain game pada laptop yang performanya lemot itu kadang bikin kita nggak sabaran. Apalagi saat dikejar deadline. Wuih, rasanya ingin membanting laptop. Tapi bagaimana lagi? Laptop hanya punya sebiji doang. Hehehe….

Maka, 7 cara ini bisa sangat ampuh membantu untuk meningkatkan performa laptop lho. Terutama yang beroperasi dengan Windows 10.

Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Have any Question or Comment?

2 comments on “7 Cara Ampuh Mempercepat Laptop Windows 10

Menambah Ram juga bisa dipraktikkan untuk menambah kecepatan

Reply

Iya sih. Tapi, kita pernah tahu. Katanya nggak semua lappy bisa nambah RAM ya kak? Atau bagaimana?

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel