Indonesia Website Awards

Yeaayy,,, Akhirnya Berkunjung ke Wisata Pantai Tlangoh Tanjung Bumi


Wisata Pantai Tlangoh

Wisata Pantai Tlangoh – Beberapa waktu lalu, temanku dari Depok mengunjungi Madura. Mereka berencana menikmati liburan di Wisata Pantai Jawa Timur. Aku kebetulan ikut mendampingi mereka ke Pantai Nepa dan Air Terjun Toroan. Karena kedua wisata pantai tersebut terletak di dekat rumahku.

Setelah puas bermain di sekitar Air Terjun Toroan, temanku bertolak ke Bangkalan. Namun karena terlalu sore, mereka memutuskan untuk menginap di rumah saudara di daerah Tanjung Bumi. Bahkan, aku yang mengantarkan mereka ke sana pun mendapatkan tawaran menginap.

“Menginap juga saja, Mbak. Besok pagi-pagi sekali kita main ke Pantai Tlangoh,” ajak Mbak Pemilik Rumah.

Sayangnya, aku nggak bisa mengiyakan ajakan itu. Aku harus bergegas pulang karena kedua orang tua sudah mulai mengkhawatirkan diriku. Sebagai anak yang berbakti, meski tawaran menikmati wisata pantai tlangoh sangat menggoda pun nggak kuhiraukan. Hehe…

Pantai Talango Bangkalan
Dokumentasi Pribadi

Cerita Perjalanan Teman ke Pantai Tlangoh

Lalu, begitulah. Keesokan harinya, mereka benar-benar mengunjungi pantai tlagoh. Bahkan setelah subuh, mereka mengabarkan padaku untuk menyusul mereka ke sana. Katanya pantai itu merupakan objek wisata pantai yang baru dikelola. Jadi, nggak aneh jika kita mengatakan pantai talangoh tanjung bumi masih perawan. Hehehe…

Tragisnya, aku hanya bisa menikmati keindahan pantai tersebut dari cerita perjalanan mereka. Yupz, dari foto-foto yang dengan resenya mereka bagikan melalui aplikasi perpesanan daring berwarna hijau. Dan aku hanya bisa melihat dengan hati miris.

Related Post

Katanya Pantai Tlangoh Tanjung Bumi Serasa Private Beach

Kata mereka wisata pantai tlangoh serasa berada di pantai pribadi. Bagaimana nggak? Pagi itu, hanya mereka yang berkunjung. Nggak ada orang lain lagi. Bahkan para pedagang juga belum menggelar lapaknya.

Mereka seolah merasa bahwa perjalanan ke Madura sudah terasa sempurna dengan mengunjunginya. Nggak bisa kupungkiri. Ada setitik rasa menyesal di hati. Mengapa aku nggak menyusul mereka saja saat itu?

Lokasi Pantai Tlangoh Bangkalan

Pantai Tlangoh itu berada di desa Tlangoh, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Atau kalian bisa menggunakan google map untuk menemukan lokasi pantai. Cukup search dengan kata kunci lokasi pantai tlangoh Tanjung Bumi. Maka mbak Google akan menunjukkannya. Ahay…

Semisal, teman-teman dari Surabaya bisa kok menggunakan angkutan umum. Meski angkutan umum menuju jalur utara itu nggak banyak. Yah, nggak sebanyak dululah.

Teman-teman bisa menemukan angkutan umum ke arah utara Madura di Tanjung Perak. Biasanya angkutan umumnya berupa mobil L300. Kalian bisa mencari kernet yang menawarkan tujuan ke daerah Ketapang.

Related Post

Atau kalian bisa juga menyebutkan tujuan pantai tlangoh Tanjung Bumi. Maka Pak Sopir akan mengantarkan meski harus menunggu lama sekali hingga angkot mereka penuh penumpang.

Pantai Tlangoh Bangkalan
Dokumentasi Pribadi

Kalau dari rumahku kurang lebih membutuhkan waktu satu jam naik motor. Atau bisa kurang dari estimasi jika sedang terburu-buru. Hehehe…

Makanya, saya nggak terlalu bersedih nggak bisa bareng bersama teman-teman dari Depok. Cuma kan lebih mengasyikkan kalau rame-rame ya perginya.

Rencana Libur Dadakan ke Pantai Tlangoh

Beberapa waktu lalu, tepatnya awal bulan Oktober kemarin, temanku tiba-tiba mengajak berlibur. Kebetulan dia memiliki satu hari libur setiap minggunya. Yaitu hari Jum’at.

Maka, kami pun mulai merencanakan destinasi wisata yang menyenangkan untuk satu hari. Lokasi yang nggak banyak pengunjung (namanya juga kudu jaga jarak, ye ‘kan?) tapi tetap mengasyikkan.

“Ke Pantai Tlangoh saja yuk! Katanya di sana kan bagus banget,” saranku.

Mereka pun menyetujui. Yeeaayy,,, akhirnya aku bisa mengunjungi wisata pantai tlangoh Tanjung Bumi juga.

Pantai Tlangoh Tanjung Bumi
Dokumentasi Pribadi

Pesona Pantai Tlangoh Tanjung Bumi

Pertama kali mata memandang areal pantai, hal pertama yang terlihat adalah pasirnya yang putih. Ketika kaki menapak tanpa alas jadi terasa lembut.

Sayangnya, air sedang surut. Meski begitu nggak menyurutkan niat kami untuk bermain air. Yah, sekedar merendamkan kaki di sana. Menghirup udara pantai yang bersih. Membiarkan ombak menciumi permukaan kulit. Sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan.

Wisata Pantai Bangkalan
Dokumentasi Pribadi

Oh iya, pihak pengelola telah menyiapkan beberapa kursi tidur. Hal ini untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berjemur kayak turis-turis di Bali. Meski aku menyangsikan ada yang mau melakukannya. Hehehe…

Tiket Masuk dan Parkir

Aku lupa berapa tepatnya harga tiket masuk ke tempat wisata pantai tlangoh dan parkirnya. Aku hanya mengingat kami membayar sekitar Rp. 15.000,- untuk tiga orang dan dua motor. Nggak terlalu mahal untuk ukuran lokasi wisata yang baru. Iya nggak sih?

Café dan Kamar Mandi

Ke pantai tu rasanya nggak lengkap jika nggak main air. Kalau perlu mah sekalian berendam. Hehehe…

Ada kamar mandi yang disediakan di sana. Di sebelah café dan di dekat areal parkir kendaraan. Tiba-tiba aku membayangkan. Bagaimana jika tempat ini sudah banyak dikenal orang? Tentu akan lebih banyak yang membutuhkan fasilitas kamar mandi. Apakah mencukupi jika hanya ada dua biji kamar mandi?

Setelah teman-teman merasa puas bermain air dan merasa lapar ada café yang menyediakan beberapa menu makanan dan minuman. Atau di lapak pedagang di sekitar café tersebut.

Harga makanannya cukup standartlah. Saat itu, aku memilih untuk menikmati rujak dan es kelapa muda di warung tenda dekat café. Aku hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 30.000,-

Dan memang benar sih, kami jadi merasa berada di pantai milik pribadi saking sepinya pengunjung kala itu. Meski setelah kedatangan kami, ada rombongan pesepeda yang masuk ke lokasi pantai. Hehehe…

Saran bagi pengunjung – Ada beberapa catatan kami pada perjalanan ke pantai tlangoh Bangkalan.

1. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi lokasi pantai tlangoh. Bisa motor atau pun mobil. Karena nggak ada angkutan untuk masuk ke lokasi dari jalan besar. Meski kalian bisa melaluinya dengan berjalan kaki sekitar 15-30 menit. Membayangkannya aja sudah capek ‘kan? Hehehe…
2. Sebaiknya memilih waktu pagi hari atau sore hari. Karena pada siang hari, air laut surut. Selain itu, cuaca terik sekali. Tahu sendiri Madura itu panas. Ahay…
3. Kalian bisa membawa property atau pelindung tubuh sendiri, seperti topi pantai, kacamata, sunblock dan alas untuk duduk. Meski begitu, beberapa pedagang menyewakan topi pantai dan kacamata sih.
4. Jangan lupa membawa plastic atau apa pun yang berfungsi sebagai tempat sampah bungkus makanan dan minuman. Tempat wisata ini masih baru sehingga kebersihannya masih terjaga. Jadi, mari kita ikut menjaganya juga. Anggap saja kita nggak boleh meninggalkan apa pun selain jejak. Cemiau.

Jadi, Gaes. Adakah yang ingin mengunjungi pantai tlangoh dalam waktu dekat? Bisa banget kontak filia suka nulis ya. Tenang, masalah jaga jarak mah bisa banget di sini. Pengunjungnya masih belum membludak. Hehehe…

Related Post

Have any Question or Comment?

22 comments on “Yeaayy,,, Akhirnya Berkunjung ke Wisata Pantai Tlangoh Tanjung Bumi

Kapan-kapan kita bikin rencana dadakan lagi ya… Hehhee.. Seru juga… Setelah pantai Tlangoh ke mana nih enaknya?

Reply
Samleinad

Pantai Tlangoh ini cukup bersih ya. Pantainya juga menarik dgn pasir putih dan air laut yg kebiruan. Tiket masuknya 15 ribu utk 3 orang lumayan terjangkau.

Reply

Huhuhuhuh udah lama banget ga liburan, makasih untuk informasinya lho mba. Jadi tahu gimana pantainya

Reply

pasir pantainya putih
btw, aku baru denger nama pantai ini ternyata ada di Madura, selama ini kalau temen temenku bahas destinasi pulau Madura, palingan cuman sekitar gili

Reply

Wih cakep banget nih emang pantainya mbak, memang masih sepi ya apa karena masih korona. Bener2 seperti private beach nih…pengen kesana juga jadinya

Reply

kondisi pantainya tampak bersih ya mbak, apakah ada tukang bersih-bersihnya? atau memang pengunjungnya tidak terlalu ramai. Pas ke madura aku belum pernah ke pantainya, jadi pengen deh kayaknya seru lihat pantai yang ombaknya tidak terlalu tinggi. Bisa main ayunan lagi ^_^

Reply

Fotonya lucu, ditanya kapan ketemu jodoh? Aku paling suka ituuu, lautnya biru banget dan bening dan pasirnya putih gitu. Seneng ya sepi…haha…

Reply
Didik Jatmiko

Menmbaca nama Air Terjun Toroan jadi ingat dulu saat Menduniakan Madura bersama Komunitas Blogger Madura (Plat-M). Yang pasti bagi traveler wajib main dan berwisata ke Madura, Jawa Timur ini.

Reply

Cantik banget ya pantainya, pasirnya putih bersih begitu…. Semoga kebersihan dan kelestariannya terjaga terus…

Reply

Akhirnya setelah dibikin penasaran sama temen yang dari Depok, bisa juga main sendiri ke Pantai Tlangoh ini ya Kak.

Cantik ih pantainya. Suka banget sama ayunan jejer tiga yang di bagian atasnya ada tulisan Tlangoh nya ini.

Kapan ya kubisa main ke Madura?

Reply

Asik ya, sudah mulai traveling lagi. Pantainya indah banget mba, fasilitasnya sepertinya lebih natural gitu ya, banyakan dari kayu. Sip deh buat yg lagi liburan

Reply

Wah view di pantai nya boleh juga nih apalg instagrammble, jd teringat pantai di kampung aku. I wish someday bisa ke sana juga

Reply

Pantai Tlangoh Tanjung Bumi ini cakep banget ya kak, pasirnya putih dan airnya juga jernih. Plus ada beberapa titik yang IG able. makin bagus dan layak dikunjungi

Reply

Aku gagal fokus sama plang “kapan ketemu jodoh” hehehe.
Btw ku tu suka dengan wsata pantai dan pegunungan. Lihat gambar pantai langsung bergejolak mau ngacirrrr.

Piknik di pinggir pantai itu sangat menyenangkan ya kak. Terimakasih tips nya.

Reply

Wah enaknya mendatangi pantai yang masih perawan gini. Apalagi di masa pandemi gini, emang rasanya lebih aman mengunjungi tempat wisata atau pantai yang nggak banyak pengunjung

Reply

Laut dan langit yang biru, matahari yang cerah, bau laut. Duh, kangen setengah mati jalan-jalan. Tapi di Jakarta ini pantainya jauh dan masih belum merasa save buat jalan-jalan di masa sekarang. Nunggu pandemi reda deh, nanti sekalian jalan-jalannya langsung sampai ke Bangkalan

Reply
umimami

pantainya cantik, bersih, plus sepi ya mba, berasa private beach
duuu jadi pengen ke pantai, tandain & baca dulu 🙂

Reply

Bagus banget pantainya. Dengan hamparan pasir putih yang indah. Kalau di Jogja pantai pasir putih hanya ada di Gunung Kidul. Kadang kalau nemu tempat baru gini sayang ya diinfokan ke orang-orang. Takut viral dan ga bisa dinikmati sesuka hati lagi. Hihi…egois ya

Reply

Huaaa indah bgt pantai tlangoh ini, beruntung sekali mbak k sini saat blm ramai dan bs menikmati alam yg luar biasa. Utk tiket worth bgt lah ya sama pasir putihnya, ku sll penasaran sama pantai yg masih agak privat gini haha

Reply

Indah sekali pemandangan di Pantai Tlangoh Bangkalan ya, Mbak, dan terlihat masih bersih. Semoga ke depannya masih bisa dipertahankan kebersihannya.
Asik juga, di sana banyak spot bagus untuk berfoto ya

Reply

wahh asiknya jalan jalan ke pantai…
btw skrg ayunan selalu ada ya di tiap pantai, di pantai kotaku pun ada

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger