Mengobati Batuk pada Anak? Cari Tahu Infonya di SehatQ


mengobati batuk pada anak

Mengobati Batuk pada Anak? Cari Tahu Infonya di SehatQ – Beberapa waktu lalu, adikku terserang batuk. Hingga suaranya berubah menjadi serak-serak kering. Bukan apa-apa sih, aku merasa kasihan saja padanya. Teringat bagaimana nggak enaknya diriku jika tenggorokan terasa gatal.

Maka selayaknya kakak yang baik dan sedikit bawel, aku pun menginterogasinya. Apa saja yang dia konsumsi di sekolah atau di tempatnya bermain? Dan dia mengaku nggak mengonsumsi makanan yang aneh. Hanya snack-snack kebanyakan katanya.

Lalu, mama pun mengingatkan diriku. Kata beliau, daripada mengomel nggak karuan mending langsung dibelikan obat saja. Memang benar sih. Kasihan juga si bocil, udah tenggorokannya sakit karena sering batuk eh malah diomelin. Apa nggak semakin nelangsa hatinya? Hehehe…

Cari Tahu Terlebih Dahulu Apa Penyebab Batuk

Mengobati batuk pada anak nggak bisa asal memberikan obat. Well, minimal kita harus mengetahui apa penyebab batuknya terlebih dahulu. Agar kita bisa menanganinya dengan benar.

Batuk biasanya disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya:

  1. Alergi. Seperti salah satu temanku. Jika cuacanya terlalu dingin, dia akan terkena batuk dan pilek. Lengkap dengan bersin-bersinnya.
  2. Merokok. Hal ini cuma bisa disembuhkan jika orangnya berhenti merokok kan.
  3. Infeksi seperti bronchitis.

penyebab batuk

Bukan hanya penyebab batuk, kita juga harus mengetahui jenis batuk yang diderita. Karena obat yang disarankan akan berbeda-beda. Misalkan obat batuk kering pasti akan berbeda dengan obat batuk berdahak.

Mengobati batuk pada anak bisa kita mulai dari rumah. Nggak perlu panik dan khawatir berlebihan. Kita hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Meminta anak untuk beristirahat yang cukup. Memang nggak mudah. Apalagi anak-anak lebih menyukai bermain di luar. Tapi mau bagaimana lagi? Dianya butuh istirahat kan. Hehehe…
  2. Mengingatkan anak agar meminum air yang cukup. Kadang, anak-anak lebih menyukai minuman kemasan yang berasa. Padahal, air mineral jauh lebih menyehatkan.
  3. Membuatkan minuman dari bahan-bahan alami, seperti obat batuk dari jeruk nipis dan kecap. Biasanya bibiku menggunakan resep ini untuk mengobati batuknya.

Silahkan dicoba! Bukan hal yang ribet dan bahan-bahan minumannya juga mudah ditemukan di sekitar kita. Cemiau…

Kapan Waktunya Berkonsultasi kepada Dokter Terkait Batuk Anak?

Lalu, bagaimana jika batuk masih enggan untuk pergi meski kita sudah melakukan beberapa hal di atas? Kalau begitu saatnya kita mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk berkonsultasi pada Dokter mengenai sakit batuk anak.

SehatQ telah menjelaskannya mengenai kapan waktu yang tepat untuk berkonsultasi pada dokter, diantaranya:

  1. Anak masih mengalami batuk selama beberapa minggu meski sudah diberikan pengobatan di rumah.
  2. Batuk berdahak dengan kondisi dahak yang kental dan berwarna kehijauan. Meski menjijikkan, tapi kita tetap harus memeriksanya ya.
  3. Saat bernapas terdengar suara seperti ngik-ngik atau kita bisa mengatakannya dengan mengi.
  4. Anak mengalami demam sampai mencapai 38℃.
  5. Ternyata anak juga mengalami sesak napas.

Semua informasi mengenai batuk dan daftar penyakit lainnya tersedia di website SehatQ lho. Jadi, kita bisa mencari informasi apa saja yang kita inginkan di sana.

Layanan Kesehatan Keluarga Berbasis Web dari SehatQ

SehatQ adalah semacam portal kesehatan yang disediakan untuk membantu mengelola kesehatan keluarga. Kita bisa menemukan semua informasi mengenai penyakit apa pun di sana, termasuk mengenai batuk dan lainnya.

sehatq pilihan untuk mengobati batuk pada anak

Ada beberapa fitur yang bisa kita gunakan, diantaranya:

1. Artikel Kesehatan

Tim editorial sehatq sudah membuat banyak artikel mengenai kesehatan. Semua artikel itu berdasarkan referensi yang jelas dan kredibel. Sehingga, kita bisa mempercayakan urusan pengelolaan kesehatan keluarga padanya.

2. Konsultasi Dokter

Website sehatq juga menyediakan fitur chat dokter. Ini bisa kita gunakan untuk melakukan konsultasi via online. Tentu, jika penyakit yang kita derita nggak membutuhkan tindakan khusus ya.

3. Informasi Fasilitas Kesehatan

Seandainya membutuhkan rujukan karena kondisi kita, maka ada informasi mengenai fasilitas kesehatan yang tersedia di sini. Kita bisa memfilter berdasarkan lokasi terdekat dengan tempat tinggal kita.

4. Beli Obat

Lebih dari semua itu, sehatq juga menyediakan semacam apotik online untuk membeli obat yang kita butuhkan. Praktis membuat kita semakin nyaman dengan kegiatan rebahan di rumah. Hehehe…

Kesimpulan

Mengobati Batuk pada Anak bisa menjadi lebih mudah jika kita mengetahui seluk-belum mengenai penyakit itu. Kita selalu bisa mencari tahu semua informasinya melalui website SehatQ.

Semoga bermanfaat!!!

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEO & Blog Competition 2020

contest telkomsel 1.1

Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel