Website Pemendek Link Terbaik

3 Website Pemendek Link Terbaik di Dunia, Gratis!

Kalian pernah dengar nggak istilah tentang link shortener atau pemendek link? Hingga saat tulisan ini kuposting, ada cukup banyak pemendek link yang ada di dunia lho. Namun, pembahasan kali ini hanya akan membahas tiga terbaik saja ya.

Untuk Teman-teman yang belum tahu apa itu pemendek link, nggak masalah kok. Akan kujelaskan. Pemendek link atau pemendek URL atau link shortener merupakan suatu aplikasi yang berfungsi untuk menyederhanakan sebuah link.

Menyederhanakan seperti apa maksudnya? Yakni mengubah link yang semula panjang, rumit, dan pastinya sulit kita ingat menjadi sebuah link pendek yang mudah kita bagikan. Kalau Teman-teman adalah seorang affiliator produk, maka Teman-teman wajib tahu tentang pemendek link ini.

Umumnya, aplikasi pemendek link berbentuk sebuah website. Namun, para pembuat pemendek link tersebut juga menyediakan aplikasi mobile-nya untuk bisa kita gunakan di smartphone.

3 Website Pemendek Link Terbaik di Dunia

Dilansir dari aneiqbal.com, pemendek link yang paling familiar dan populer sampai tulisan ini kuposting adalah Bitly. Bitly sendiri dapat kita akses melalui alamat bitly.com. Di samping itu, Bitly juga tersedia untuk aplikasi mobile. Mengapa bisa menjadi favorit? Nanti akan kujelaskan secara singkat ya.

Nah, apa saja situs atau website pemendek link terbaik yang ada di dunia? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Bitly.com

website bit.ly

Ada beberapa alasan mengapa Bitly menjadi yang paling familiar dan populer. Orang-orang pun banyak yang menyebut “di-bitly-in aja” sebagai maksud agar kita memperpendek link. Kalau sudah seperti ini, brand-nya pasti sudah kuat sekali bukan?

Memendekkan link dengan Bitly menghasilkan link yang benar-benar pendek. Nggak hanya itu saja, link yang sudah diubah menjadi pendek juga mudah untuk kita copy dan share ke orang-orang yang menjadi target market Teman-teman atau bagi siapapun yang membutuhkan.

Secara tampilan, website Bitly memiliki tampilan yang simpel, sederhana, tapi tetap eyecathing. Pemilihan warna dan fontnya juga tepat sehingga menghasilkan tampilan yang juga clean.

Cara penggunaannya pun mudah. Cukup copy-paste-kan saja link yang panjang pada kolom yang tersedia kemudian klik CREATE. Maka jadilah link versi pendeknya. Silakan lihat contoh case cara membuat bitly google form ini untuk tutorial selengkapnya.

Yang paling terpenting adalah memendekkan link dengan Bitly bebas biaya alias dapat kita gunakan secara gratis. Kuota gratis yang disediakan pun cukup banyak. Jadi, memang nggak salah Bitly menjadi pilihan bagi banyak orang.

2. Cuttly

pemendek link dengan cutt.ly

Website pemendek link terbaik berikutnya adalah Cuttly. Dari segi nama, memang hampir serupa dengan Bitly, terdiri dari dua suku kata dan diakhiri dengan “ly”. Website Cuttly ini beralamat di cutt.ly.

Cuttly dapat kita gunakan secara gratis, bahkan nggak perlu membuat akun. Jadi, cukup buka alamat websitenya, kemudian pastekan link yang ingin kita perpendek pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol “Shorten”. Dan jadilah link pendeknya.

Kita sama sekali nggak perlu melakukan registrasi akun untuk mendapatkan link pendek dari Cuttly. Sangat mudah, simple, dan yang terlebih adalah GRATIS.

Cuttly juga menyediakan versi berbayar atau premium dengan berbagai variasi biaya bulanan. Harga termurahnya adalah $25 per bulan dengan beragam fitur, seperti link analytics, link management, branded domains, dan masih banyak lagi.

3. TinyURL

Situs link shortener berikutnya, yakni TinyURL yang dapat kita akses dengan alamat tinyurl.com. Berdasarkan informasi yang beredar di internet, situs pemendek link ini merupakan yang tertua. Jadi, dapat dikatakan sebagai pelopor situs link shortener di dunia lah ya.

Serupa dengan Cuttly, TinyURL juga dapat kita gunakan secara gratis tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu. Cukup pastekan link panjang pada kolom yang tersedia kemudian klik “Make tiny URL” untuk membuat link pendeknya.

Link pendek hasil generate akan langsung terlihat dengan beberapa tombol yang cukup penting, seperti copy dan share. Link ini pun nggak akan kadaluarsa sehingga kita nggak perlu khawatir akan terjadinya broken link atau link rusak.

Itulah tiga situs atau website pemendek link terbaik yang ada di dunia. Sekali lagi, website-website di atas masih dapat kita gunakan secara gratis ya. Jadi, manfaatkanlah selagi bisa dan ketentuannya belum berubah, dengan kata lain berubah menjadi berbayar. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.