Cara Mencapai Financial Freedom

Cara Mencapai Financial Freedom dengan Aplikasi Investasi Terpercaya, Kamu Wajib Coba!

Saat bekerja di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit milik swasta, hidupku terasa enak. Punya penghasilan besar yang cukup buat senang-senang dan membantu sedikit kebutuhan orang tua. Rasanya, aku bisa membeli apapun yang kumau. Merdekalah keuanganku waktu itu.

Aplikasi Perencanaan Keuangan
Manfaatkan Aplikasi Perencanaan Keuangan Saat Memiliki Penghasilan Tetap

Tapi, begitu aku sudah berhenti bekerja. Semua kesenangan itu mendadak lenyap. Gaji pun nggak ada. Mirisnya, aku juga nggak punya cukup banyak tabungan. Sehingga, mau nggak mau, suka nggak suka, aku kembali berlindung di ketiak orang tua.

Setelah kupikir-pikir. Ternyata, aku nggak cukup baik mengatur keuangan saat memiliki penghasilan tetap. Begitu gajian, semuanya habis nggak bersisa. Belanja ini itu. Liburan kesana-kemari. Hangout di sana dan di sini. Pokoknya keuanganku kacau.

Kalau sudah begini. Boro-boro financial freedom. Kebutuhanku pun rasanya sulit untuk terpenuhi. Aku jadi rindu menjadi budak coorporate lagi. Tapi, apakah aku yakin bisa mencapai kebebasan keuangan kalau sikap dan perilaku masih seperti dulu? Hmm…

Biar kuceritakan satu hal. Meski aku nggak jadi budak coorporate lagi, keuanganku bisa sedikit bebas lho. Bahkan aku yakin punya cara mencapai financial freedom di masa depan dengan mudah. Mau tahu ceritaku? Lanjutin bacanya ya!

Apa itu Financial Freedom?

Sebelumnya, biar kujelaskan sedikit mengenai hal ini. Meskipun kutahu, mungkin Teman-teman akan memiliki definisi yang berbeda. Seenggaknya, kita bisa bertukar pendapat nanti. Jangan lupa, sampaikan pendapat kalian di kolom komentar ya! Siapa tahu nanti kita bisa berbagi cerita.

Financial freedom adalah suatu kondisi yang menggambarkan bahwa seseorang bebas secara keuangan. Hal ini berarti seseorang tersebut memiliki kekayaan yang bisa mencukupi semua kebutuhan hidupnya tanpa harus bekerja sangat aktif.

Apakah hal ini mudah kita capai? Jawabannya bisa iya. Tapi bisa juga nggak. Semua tergantung bagaimana kita berusaha untuk mencapainya.

Kalau dalam kasusku dulu. Pasti jawabannya nggak mudah. Cenderung sangat sulit. Karena aku nggak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Boro-boro bisa memanfaatkan aplikasi investasi terpercaya untuk keuangan masa depan. Aku bahkan nggak memahami pos-pos pengeluaran secara detail. Miris ya hidupku dulu?

Tapi jelas dong aku nggak mau masuk ke dalam jurang yang sama untuk kesekian kalinya.

Cara Mencapai Financial Freedom

Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi
Manfaatkan Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi untuk Financial Freedom

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencapai kebebasan dalam keuangan di masa depan. Salah satunya kita bisa memanfaatkan aplikasi investasi terpercaya yang sudah kucoba beberapa fiturnya.

Kita bisa membuat catatan keuangan pribadi, mengatur tujuan keuangan jangka panjang maupun pendek dan lain sebagainya.

Informasi selengkapnya terkait cara mencapai financial freedom adalah sebagai berikut:

1. Pahami Kondisi Finansial Kita

Sebenarnya, financial freedom tu nggak bisa diukur hanya dari seberapa besar pendapatan kita. Tapi, apakah pendapatan tersebut bisa mencukupi segala kebutuhan kita atau nggak.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai untuk memahami bagaimana kondisi keuangan yang kita miliki. Berapa persisnya pengeluaran kita? Terbagi dalam pos apa saja? Apakah pendapatan kita bisa mencukupinya? Dan lain-lain.

Kalau dulu, aku jelas nggak kepikiran masalah ini dengan detail. Jadi keuanganku kayak lost control gitu. Duit masuknya sebulan sekali. Eh pengeluarannya mengalir lancar tanpa bendungan dan nggak tahu posnya kemana saja. Gimana nggak kacau tu kondisi keuangan?

Makanya saat ini, aku mencoba untuk memanfaatkan satu aplikasi catatan keuangan pribadi yang nanti akan kujelaskan secara detail. Jadi, jangan skip penjelasannya ya!

Intinya, aku mulai membuat rencana keuangan. Mencatat semua sumber pemasukan. Dan membuat kategori anggaran untuk setiap pengeluaran secara terperinci.

Hal ini kubuat agar aku bisa memahami kondisi keuanganku. Apakah penghasilanku sebagai freelancer bisa mencukupi seluruh kebutuhan hidupku?

Kalau misalkan nggak, apakah ada alokasi dana keluar yang bisa kutekan? Iyes, aplikasi ini bisa sekalian sebagai aplikasi budgeting untuk pribadi juga lho.

Aplikasi Budgeting untuk Financial Freedom
Atur Budget Pengeluaran dengan Aplikasi Budgeting

2. Tentukan Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan yang kumaksud adalah keinginan kita untuk masa depan. Ini bisa jangka panjang dan pendek ya.

Misal, aku ingin membeli kendaraan pribadi di masa depan. Maka, pada aplikasi perencanaan keuangan yang kupakai kuatur dalam fitur investasi dengan tujuan membeli kendaraan pribadi.

Aku bisa menyusunnya dengan detail. Seperti kendaraan seperti apa yang kuinginkan? Berapa dana yang kubutuhkan? Dan berapa lama aku ingin mencapainya?

Selanjutnya, aplikasi budgeting yang kupakai ini bisa menghitung berapa nominal yang harus kusimpan atau kuinvestasikan setiap bulannya. Kalau aku konsisten dengan jadwal yang diberikan, maka tujuan keuangan pun bisa kucapai dengan mudah.

3. Cari Sumber Pendapatan Lain

Saat kita sudah memahami kondisi keuangan melalui aplikasi perencanaan keuangan. Ternyata penghasilan kita nggak bisa mencukupi semua kebutuhan hidup. Maka, kita bisa mengurangi alokasi dana pengeluaran. Pilih saja budget pengeluaran yang nggak terlalu penting. Lalu hilangkan.

Atau kita bisa mencari sumber pendapatan lain. Bisa melalui bisnis atau jualan online dan cari passive income dari internet.

Dengan begitu, setiap budget untuk kebutuhan dan rencana keuangan akan teratasi. Selanjutnya, kebebasan dalam keuangan pun bisa kita raih dengan mudah.

4. Lunasi Segala Utang

Ketika kita memiliki utang, maka akan lebih baik kalau kita berusaha melunasinya terlebih dahulu. Setelah itu, sebisa mungkin kita nggak menambah utang baru.

Maksudnya, pendapatan kita nggak hanya untuk urusan pemenuhan kebutuhan hidup dan tujuan keuangan saja. Tapi, kita juga bisa membayar utang dan financial freedom pun bisa kita raih.

5. Mulai Investasi

Ngomongin financial freedom di masa depan kadang berhubungan dengan jumlah uang yang kita miliki. Maksudku begini. Jumlah uang yang sama saat ini tentu nilainya akan berbeda dengan beberapa tahun mendatang. Hal ini terjadi karena adanya inflasi.

Meskipun kita menyimpan uang di bank tetap saja akan ada beberapa potongan. Sebut deh pajak, biaya administrasi dan lain-lain.

Tapi, beda cerita kalau kita memilih untuk berinvestasi dengan aplikasi investasi terpercaya seperti yang sedang kucoba saat ini. Kita bisa investasi dengan goal tertentu, saham atau reksadana lho. Karena selain kebebasa finansial, ternyata ada alasan investasi lainnya lho.

Mengenal PINA, Aplikasi Investasi Terpercaya

Aplikasi Investasi Terpercaya
Raih Financial Freedom dengan Aplikasi Investasi Terpercaya

Beberapa caraku mencapai financial freedom di atas, kulakukan bersama dengan aplikasi PINA. Salah satu aplikasi investasi terpercaya.

Aplikasi ini fokus pada kepentingan kita, para investornya. Mereka membuat fitur, tools automasi dan konten untuk membantu kita dalam mengatur keuangan. Sehingga kita bisa menumbuhkan aset sesuai dengan rencana masa depan dengan mudah.

Aku bisa memahami kondisi keuanganku dengan baik dari catatan setiap pemasukan dan pengeluaran yang kubuat dengan aplikasi ini. Selain itu, aku bisa membuat list aset yang kumiliki dan goals investasi masa depan yang kuharapkan. Termasuk urusan kebebasan finansial.

Buat Teman-teman yang hanya ingin memakai aplikasi catatan keuangan pribadi saja pun bisa. Kita hanya perlu menyiapkan KTP dan NPWP dan mendaftar akun PINA.

Tenang saja! Aplikasi ini sudah terdaftar di OJK kok. Ikuti saja step by step prosedur yang tersedia.

Fitur-fitur PINA yang Mudah dan Bermanfaat

Sejauh ini, aku sudah mulai explore fitur-fitur saja yang bisa kumanfaatkan pada PINA, sebagai berikut:

1. Budgeting atau Save

Fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur budget pengeluaran. Semacam membuat pos-pos pengeluaran gitu deh kalau menurutku.

Misal nih. Dalam keuanganku, aku membuat budget untuk token listrik, belanja bulanan, internet dan urusan skincare.

Kalau Teman-teman ada budget tambahan juga bisa lho. Seperti biaya pendidikan anak, asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

Pada aplikasi PINA, kita bisa menentukan berapa budget untuk setiap pengeluaran. Lalu membandingkannya dengan pengeluaran yang sebenarnya.

Contoh pada kasusku, aku membuat budget token listrik bulanan sebesar 100.000. Ternyata bulan Juni, aku hanya mengeluarkan uang sebesar 55.000 saja untuk membeli token listrik.

Berarti aku masih ada budget token listrik sebesar 45.000. Jika sampai akhir bulan Juni aku belum menggunakannya. Maka ini bisa kualihkan untuk pengeluaran lain. Atau bisa kugunakan sebagai dana investasi.

2. Investasi

Saat ini, aku baru mempelajari fitur ini. Berdasarkan pengamatanku, PINA bisa membantu kita berinvestasi saham atau reksadana.

Selain itu, kita bisa mengatur investasi berdasarkan goal. Semacam menentukan tujuan keuangan gitulah.

Aku mencoba untuk membuat simulasi. Seandainya aku ingin berinvestasi untuk membeli kendaraan pribadi.

Maka, aku akan menentukan berapa biaya yang kubutuhkan untuk membelinya. Katakan saja sekitar 250 juta. Dimana aku akan mewujudkannya dalam waktu 60 bulan.

Selanjutnya, kupilih profil risiko investasi moderate. Hasilnya, PINA akan menghitungkan berapa nominal dana yang harus kuinvestasikan setiap bulannya. Agar aku bisa mewujudkan goal investasiku.

Mereka juga menentukan persentase jenis investasi yang bisa kuikuti sesuai profil investasiku. Mudah ‘kan ya?

3. NetWorth

Bagi Teman-teman yang sudah memiliki aset. Kita bisa memantau kekayaan bersihnya dengan memanfaatkan fitur ini pada aplikasi PINA lho.

Berdasarkan simulasi yang kulakukan, aku memasukkan detail sepeda motor yang kumiliki. Kalau Teman-teman punya rumah dan lain sebagainya juga bisa dilist.

Sehingga, kita akan bisa memantau berapa jumlah kekayaan bersih yang kita miliki.

4. Classroom

Terakhir ada fitur classroom. Semacam kumpulan artikel-artikel yang bermanfaat untuk investasi.

Kita bisa menemukan tulisan-tulisan bagus yang membantu kita memahami pentingnya berinvestasi.

Cara Mencapai Financial Freedom dengan Aplikasi PINA

Dulu, aku yang cuek dengan urusan keuangan membuatku nggak paham kondisi finansialku sendiri. Apa saja pos pengeluaranku? Lebih-lebih investasi.

Nggak heran kalau keuanganku berantakan. Begitu nggak bekerja, nggak ada tabungan yang bisa kugunakan.

Tapi bersama PINA. Cerita sudah berbeda. Aku bisa mencapai financial freedom dengan lebih mudah. Karena keuanganku lebih tertata dengan rapi.

Oh ya. Sebelum aku lupa. Ada info menarik nih dari PINA. Mereka akan membantu kita meraih tujuan keuangan yang kita buat melalui investasi berdasarkan goal yang kita mau lho. Nggak tanggung-tanggung. Cashbacknya 5% (dengan nilai maks. 10 juta).

Caranya mudah saja. Kita hanya perlu install dan registrasi di PINA. Lalu pilih investasi goal versi kita sendiri. Atur target dan periode yang sesuai dengan harapan kita. Kemudian rutin menabung sesuai rekomendasi yang diberikan PINA setiap bulan hingga tujuan kita tercapai.

Syarat minimal investasinya 200.000/bulan ya. Selain itu, kita nggak melakukan withdraw selama holding periode yaitu satu tahun. Nilai cashback akan dihitung dari total nilai tabungan selama setahun.

Jadi tunggu apa lagi! Download aplikasinya berikut ini ya:

Aplikasi PINA untuk IOS

Aplikasi PINA untuk Android

Related Posts

14 thoughts on “Cara Mencapai Financial Freedom dengan Aplikasi Investasi Terpercaya, Kamu Wajib Coba!

  1. Meraih financial freedom memang impian sekali ya mbaa..aku pun masih dlm.proses mengupayakannya.. Dan terima kasih sharing-nya, mudah2an tips2nya bisa membantuku wujudkan financial freedom ini..

  2. Financial freedom ini impian semua orang ya, Mbak. Yang bikin sedih tuh kadang kita sulit memahami kondisi keuangan kita. Setuju banget dong kalau mencari penghasilan tambahan dan investasi adalah langkah untuk meraih financial freedom.

  3. Sekarang ni udah buanyaakkk banget ilmu dan tools tentang finansial yah. Tinggal kitanya mau mempraktekkan atau engga? 😁 Semangattt pejuang financial freedom!

  4. Terimakasih tips tipsnya mbak, semoga aku juga bisa mencapai financial freedom dibantu dengan aplikasi PINA. Kalau pake aplikasi gitu kan jadi bisa teratur keuangannya 🙂

  5. Terimakasih tips tipsnya mbak, semoga aku juga bisa mencapai financial freedom dibantu dengan aplikasi PINA. Emang yah dengan adanya aplikasi begini bisa lebih disiplin untu mengatur keuangan.

  6. Nah masih PR banget nih pencatatan finansial kalau aku tuh. Dulu pernah loh punya bisnis kecil-kecilan, pencatatannya kacau karena tercampur dengan keuangan pribadi. Kudu belajar si PINA deh ini kayaknya.

  7. Banyak orang menginginkan financial freedom namun tak banyak orang yang mengusahakan. Jadinya ya semacam wacana doang. Umur-umur segini emang kudunya udah mulai dari lama biar bisa pensiun dengan tenang ya

  8. Keren ya aplikasi Pina ini tak hanya bisa untuk budgeting dan mengatur keuangan keluarga di sini kita juga bisa berinvestasi langsung via aplikasi ya dengan Reksadana jadi praktis banget

Leave a Reply

Your email address will not be published.