Indonesia Website Awards

Alasan Sebaiknya Tidak Memilih Unlimited Hosting


Memilih Unlimited Hosting

Filia Suka Nulis – Setiap orang yang memilih unlimited hosting pasti tergiur dengan harga terjangkau dan penawaran fasilitasnya. Menggunakan hosting ini membuat mereka berpikir dapat meminimalisir bukan hanya biaya untuk bisnis. Tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan.

Namun, pada kenyataannya justru lebih merugikan. Berikut beberapa alasan kenapa sebaiknya kita nggak memilih unlimited hosting.

Apa itu Unlimited Hosting?

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kita pahami dulu bahwa unlimited hosting merupakan salah satu jenis layanan hosting yang menawarkan penggunaan disk space tanpa batas.

Namun, sebenarnya pembatasan pada unlimited hosting ini dilakukan dengan sistem inodes. Inodes sendiri adalah sebuah struktur data yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam informasi tentang file di hosting. Sederhananya, inodes merupakan jumlah file dan folder dalam server hosting.

Alasan Kenapa Sebaiknya Nggak Memilih Unlimited Hosting

Meskipun namanya unlimited hosting tetapi pada kenyataannya itu hanyalah strategi pemasaran layanan saja. Nggak ada, jenis layanan hosting yang benar-benar bisa digunakan tanpa batas.

Inilah pentingnya kita berhati-hati dalam memilih jenis layanan hosting. Pastikan terlebih dahulu kita sudah paham dengan rincian fasilitas yang diberikan.

Nggak ada penyedia layanan hosting yang benar-benar dapat memberikan hosting unlimited dengan biaya sangat rendah.

Alasannya, karena pasti akan ada server yang harus dijalankan, tagihan listrik, biaya karyawan bahkan hingga nggak dapat memberikan bandwidth dan penyimpanan secara gratis.

Hosting adalah industri padat karya dan perangkat keras yang mahal. Untuk dapat menjaga situs web tetap aman, berjalan cepat, dan dengan waktu aktif semaksimal mungkin, tentu membutuhkan bayaran dengan nilai yang sewajarnya.

Sama halnya dengan jenis layanan lainnya, unlimited hosting pun tetap memiliki batasan yang harus dipatuhi oleh user atau penggunanya sesuai ketentuan dari penyedia.

Aturan Penggunaan Layanan Unlimited Hosting

Semua penyedia layanan hosting pasti menerapkan sebuah aturan jenis unlimited ini nggak boleh digunakan untuk dijadikan image, movie , file hosting dan lain sebagainya.

Jadi, apabila kita memiliki web streaming atau download, pastikan untuk nggak menyimpan file atau film pada hosting.

Beberapa bentuk file yang diperbolehkan untuk masuk ke unlimited hosting hanya standard website seperti HTML, PHP, CSS, Javascript dan Image dengan syarat sudah terkompres.

Selain itu, jika kita membeli unlimited hosting di tempat yang kurang terpercaya, besar kemungkinan mereka dapat seenaknya melakukan suspend pada account bila kita membebani disk space server.

Itulah yang menjadi alasan kenapa sebaiknya kamu nggak memilih unlimited hosting.

Lalu, Bagaimana Memilih Layanan Hosting yang Tepat?

Nggak Pilih Unlimited Hosting
Sumber: https://pixabay.com/id/illustrations/web-domain-melayani-situs-web-3967926/

Setelah penjelasan di atas, tentu kita harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis layanan hosting.

Pastikan nggak hanya melihat harganya yang terjangkau, tetapi juga perlu memastikan penawaran fasilitas selama pemakaian berlangsung. Agar nggak salah, berikut beberapa tips memilih layanan hosting yang tepat:

1. Harus Memiliki Kualitas Performa Server yang Baik

Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu kita mengetahui seperti apa kualitas server pada layanan hosting yang akan dipilih.

Kemudian lakukan pemeriksaan pada kualitas performa servernya. Apabila, kita sulit mengaksesnya kemungkinan kita nggak perlu memilih layanan hosting tersebut.

2. Pastikan Penyedia Hosting Memiliki Customer Support yang Support 24 jam

Nggak hanya sekedar memilih layanan domain hosting murah, tetapi juga mempunyai tim berkualitas sebagai customer support.

Idealnya penyedia layanan hosting dapat memberikan support selama 24 jam penuh. Sehingga apabila kita mengalami kendala pada server hosting dapat dengan mudah menghubunginya dan lebih cepat terselesaikan.

3. Pastikan Penyedia Layanan Hosting Menyediakan Garansi Uang Kembali

Kita juga wajib memastikan penyedia layanan hosting memberikan garansi berupa uang kembali. Terlebih apabila fasilitas nggak berjalan dengan baik dan membuat pelanggan kecewa.

Adanya garansi uang kembali ini dapat menjadi penilaian tersendiri bagi klien karena penyedia layanan hosting memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

Baca juga : project management adalah

4. Menyediakan Fitur Tambahan

Terakhir adalah mampu menyediakan fitur utama. Namun selain membeli domain dengan harga murah ada baiknya juga mempertimbangkan fitur tambahan yang tersedia.

Sekali lagi perlu kita terapkan saat memilih layanan hosting, bahwa nggak hanya sekadar mempertimbangkan harga murahnya saja. Tetapi juga memperhatikan fitur tambahan demi menunjang proteksi dan keamanan server.

Jadi, alasan kenapa sebaiknya nggak memilih unlimited hosting karena pada kenyataannya nggak ada yang benar-benar menawarkan fasilitas pemakaian tanpa batas. Unlimited hosting ini hanyalah sebagai strategi pemasaran agar orang tergiur dengan harganya yang murah. Namun, fasilitas yang ditawarkan nggak jauh berbeda dengan jenis layanan hosting lainnya.

Related Post

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger