Untan MEmbangun Ekosistem DIgital BAnner

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber Digital

Untan membangun ekosistem digital menuju cyber university – Sebuah kalimat yang terlihat keren untuk sebuah tempat pendidikan tingkat lanjut. Bahkan kalau saya masih ingin melanjutkan kuliah, misalnya pasca sarjana, mungkin saya akan mempertimbangkan untuk memilih Untan. Apalagi bagi kalian yang sedang mencari tempat pendidikan. Saya rasa tidak ada salahnya jika kalian mengenal kampus Untan lebih jauh. Meski pada kenyataannya, anak pulau akan lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan di Jawa. Mereka berpikir fasilitasnya lebih lengkap. Padahal kampus di luar Jawa juga tidak kalah keren lho. Salah satunya adalah Untan. Kampus ini bahkan sudah lebih peka terhadap perkembangan jaman sehingga muncul slogan tadi.

Selayang Pandang Mengenai Untan

Apa kalian pernah dengar pepatah yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang? Makanya coba kenalan dulu. Ibarat kata, saat kalian ingin dekat sama seseorang, bukankah kalian akan mencoba untuk mengenal orang itu terlebih dulu. Nah, masalah pendidikan juga begitu. Sebelum kalian memutuskan untuk kuliah di Untan, cobalah untuk pedekate dulu sama kampusnya.

Untan Membangun Ekosistem Digital Infografis
Sumber infografis : website resmi untan

Untan atau Universitas Tanjungpura merupakan salah satu universitas negeri yang terletak di kota Pontianak. Persis di pusat pemerintahan Provinsi. Kebayang ‘kan bagaimana ramainya? Apalagi nih, Untan adalah universitas pertama yang ada di Kalimantan Barat. Jadi, pastinya sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas karena memiliki reputasi pendidikan yang berkualitas.

Selain itu, ada hal menarik dari keberadaan Untan. Pertama, ada Bundaran Untan di depan kampus ini. Oleh karenanya, kampus ini lebih mudah dikenali. Kedua adalah keberadaan taman yang berada di pinggir Bundaran Untan. Lokasi ini menjadi tempat rekreasi keluarga karena ada taman bermain. Boleh juga dong jadi tempat kalian, jika kelak ingin sedikit melepas penat dari segala kegiatan perkuliahan. Belum lagi seluruh areal kampus yang sudah terkoneksi dengan internet. Bukankah itu surga bagi kalian anak milenial yang tidak bisa lepas dari gawai dan kawan-kawannya?

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Di awal saya sudah menyebutkan kalimat keren yang ternyata adalah program yang disusun oleh Untan. Hal ini selaras dengan sambutan dari Rektor Untan. Beliau mengatakan bahwa Untan akan terus melakukan pengembangan dan pembaruan untuk merespon kebutuhan stakeholder (mahasiswa, orang tua mahasiswa, masyarakat profesi dan masyarakat pengguna lulusan). Salah satunya adalah dengan adanya program ini.

Adapun ekosistem digital yang ingin diciptakan di lingkungan kampus, tentu tak lepas dari adanya perkembangan dan kemajuan teknologi yang kian pesat seiring berjalannya waktu. Sehingga pihak universitas merasa perlu ambil bagian agar tercipta dunia pendidikan yang berbasis teknologi.

Belum lagi, pihak universitas juga memfasilitasi mahasiswa dalam bidang e-sport. Hal ini ditunjukkan dengan adanya turnament PUBG Mobile Untan Championship 2020 yang digelar sejak Bulan Februari 2020 oleh UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi. Wow, benar-benar menjadi ekosistem digital ya.

Lalu ekosistem digital ini yang nantinya akan semakin memperkuat keberhasilan program Untan, yaitu menuju Cyber Universitas. Salah satu program yang dicanangkan adalah System E-Learning yang sudah disosialisasikan sejak Bulan Mei 2019 lalu. Hal ini untuk mempersiapkan mahasiswa generasi digital dengan cara Constructivistic E-Learning. Dimana E-Learning sendiri adalah salah satu media pembelajaran di Universitas Tanjungpura yang memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar.

Sebagai kaum milenial, bukankah menyenangkan jika belajar mengajarnya memanfaatkan teknologi informasi begitu? Lalu bagaimana mekanismenya?

Mekanisme System E-Learning

Sebenarnya informasi bisa kalian akses di website UNTAN. Namun, tidak ada salahnya jika saya sedikit memberi gambaran mengenai sistem tersebut. Perhatikan infografis berikut ini:

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
Sumber Infografis : website resmi Untan

Jadi, Mau Kuliah di Untan?

Jadi, Untan memang sudah mulai membentuk dirinya menjadi Cyber University sejak disosialisasikannya System E-Learning pertengahan tahun lalu? Lantas ala kalian masih memprioritaskan kampus yang ada di Pulau Jawa sebagai tujuan pendidikan lanjutan? Yakin, kalian tidak ingin mencoba kampus yang ada di Kota Pontianak ini? Toh kualitasnya juga tidak kalah dibanding dengan kampus di Pulau Jawa.

Dimana pun pilihannya, kalian hanya perlu memastikan bahwa kalian sudah mengenal kampus tujuan kalian. Sekali pun itu hanya informasi-informasi dasar. Oke, Generasi Digital, silahkan bersiap menghadapi perkembangan teknologi yang terus melaju pesat. Semoga kalian tidak salah memilih kampus yang bisa membantu kalian bertahan di masa depan.

Salam Hangat
Team Filia Suka Nulis

3 comments

  1. Betul ini Kuliah di Universitas Tanjungpura rekomendasi banget, kebetulan sepupu orang pontianak jadi bisa saya sarankan untuk masuk UNTAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *