Indonesia Website Awards

Selain Stress Healing, Ini Dia Manfaat Menulis Blog


Manfaat Menulis Blog

Filiasukanulis.com – Semua orang pasti pernah merasakan stress. Reaksi tubuh yang muncul kala kita menghadapi suatu ancaman, tekanan atau sekedar perubahan.

Kadang kita juga akan merasa stress saat situasi dan pikiran membuat kita merasa putus asa, gugup, marah bahkan terlalu bersemangat.

Coba perhatikan kondisi yang ada saat ini. Pandemi melanda dunia. Membuat lebih banyak aktifitas berpusat dari rumah saja. Hal ini tentu akan menambah pekerjaan pada ibu rumah tangga.

Rumah seolah nggak pernah terlihat rapi. Aktifitas di dapur semakin menjadi. Belum lagi, tambahan menjadi guru bagi putra-putri. Beberapa ibu rumah tangga pasti merasakan strees sekali.

Mulai Menulis di Blog

Mulai Menulis Blog
Sumber pict: pixabay.com

Nggak sedikit ibu rumah tangga yang mengaku bahwa salah satu kegiatan untuk stress healing adalah menulis. Awalnya aku juga berpikir, masa sih menulis bisa meredakan stress?

Kenyataannya, kita bisa menuangkan segala perasaan yang ada melalui tulisan. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, menulis dapat memberikan efek terapeutik pada emosional individu. Selain itu, menulis juga memberikan fasilitas bagi individu untuk melakukan penyikapan sekaligus meregulasi emosi.

Related Post

Sehingga begitu selesai menulis, kita akan merasakan perubahan suasana hati yang lebih baik. Belum lagi, akan ada kesempatan untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Makanya, banyak ibu rumah tangga yang suka menulis mulai menulis di blog. Atau platform lain yang memungkinkan mereka membagikan tulisannya.

6 Manfaat Menulis Blog

Menurut Wikipedia, blog merupakan singkatan dari kata web log. Ia merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Menulis pada blog bisa berupa tulisan panjang. Ibaratnya semua unek-unek kita untuk satu masalah bisa tertumpah ruah di sana. Membuat kita merasa plong pada akhirnya.

Ada beberapa manfaat menulis blog yang bisa dinikmati selain sekedar stress healing, diantaranya:

#1 Berbagi Informasi

Related Post

Setiap orang pasti memiliki kemampuan terbaik dalam satu bidang yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Dia bisa menuliskan informasi yang mendetail tentang bidang tersebut dan membagikannya melalui blog.

Kemudian orang lain yang nggak mengetahui informasi itu bisa membaca dan memahami dengan mudah saat membutuhkannya.

#2 Menulis Blog dapat Mengasah Kemampuan Menulis

Menulis bisa menjadi bakat alami atau kemampuan yang terus diasah. Jangan khawatir dengan penilaian orang lain. Kita selalu bisa memperbaiki kualitas tulisan dengan terus berlatih dan membaca.

Aku sendiri juga begitu kok. Dulu, tulisanku tu nggak banget. Fiksinya suka alay dan cenderung mengada-ada. Meski itu fiksi, bukankah kita harus tetap harus melakukan riset agar karyanya bagus.

Apakah sekarang tulisanku sudah bagus?

Ya belum bagus-bagus banget sih. Tapi lumayanlah. Daripada yang dulu, sekarang sudah lebih baik. Aku yakin teman-teman yang sering berlatih menulis juga merasakan hal yang sama. Benar kan?

#3 Menjadi Ajang Hiburan Kala Senggang

Ada yang bilang, ayo kita piknik biar nggak panik!

Ya itu adalah salah satu bentuk hiburan setelah sekian lama beraktifitas. Ada juga yang menghabiskan waktu senggangnya dengan menonton drama Korea (drakor) dan lain sebagainya.

Salah satu aktifitas yang bisa menghibur di kala senggang adalah menulis. Apalagi bagi orang yang memang suka kegiatan ini. Dia akan merasa bahagia dan bersuka cita hanya dengan menulis.

Bagaimana dengan Teman-teman? Apa kegiatan menyenangkan kalian kala waktu senggang? Coba share di kolom komentar ya!

#4 Membentuk Personal Branding

Saat orang lain mendengar nama kita, apa sih yang terlintas dalam pikiran mereka? Yuni tu orang yang suka menghayal. Dia jago menulis di blog. Setiap artikelnya berada di halaman pertama pencarian google. Misalnya begitu.

Nah, kita bisa memulainya dengan menulis pada blog. Gambarkan diri kita seperti apa yang dikehendaki.

Saat tulisan kita mulai menebar pesona hingga banyak orang yang menemukannya. Maka lambat laun, apa yang tergambar akan semakin melekat pada diri kita. Tentu akan lebih baik jika kita hanya menunjukkan nilai yang baik sesuai dengan diri kita saja.

#5 Mendokumentasikan Kenangan bisa Menjadi Manfaat Menulis Blog

Eh ada lho, blogger yang menulis tentang apa saja kejadian menarik dalam hidupnya. Misal saat mereka mengunjungi suatu tempat dan menemukan hal-hal yang bagus. Mereka akan menuliskannya dalam sebuah postingan blog.

Kemudian saat waktu berjalan, mereka bisa membaca kembali tulisan itu. Membawa mereka melintasi ruang dan waktu bernama kenangan.

Menarik kan? Padahal itu hanya sebuah curhatan.

#6 Menjadi Sumber Penghasilan

Keuntungan menulis blog yang terakhir kusebutkan inilah yang paling menarik. Kegiatan ini bisa menjadi sumber penghasilan lho. Bahkan ada beberapa yang menjadi kegiatan utama alih-alih sebagai kegiatan sampingan sepertiku. Hehehe….

Bagaimana menulis blog bisa menjadi sumber penghasilan?

Jaman sekarang, pihak advertising khususnya yang berkaitan dengan digital marketing banyak yang menggandeng blogger untuk kegiatan promosinya. Nah, kita bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan itu.

Selain itu, kita bisa menuliskan tentang produk yang kita pasarkan. Bagaimana deskripsi hingga manfaat dari produk tersebut. Saat ada calon pembeli yang membaca postingan blog kita dan merasa tertarik, maka mereka nggak akan segan untuk menghubungi kita. Bukan begitu?

Selain Stress Healing, Ternyata Ada Banyak Manfaat Menulis Blog ya

Ngomongin masalah stress, semua orang pasti punya peluang mendapatkan kondisi tersebut. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan menghadapinya saja.

Kita akan diam saja dengan kondisi itu hingga membuatnya menjadi semakin parah. Atau mengalihkannya pada kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti menulis contohnya.

Kabar baiknya, mereka yang suka menulis mengakui bahwa kegiatan ini bisa menjadi stress healing yang baik. Selain itu, ada keuntungan menulis blog lainnya. Aku telah merangkumkan 6 manfaat untuk Teman-teman. Semoga bermanfaat.

Related Post

Have any Question or Comment?

36 comments on “Selain Stress Healing, Ini Dia Manfaat Menulis Blog

yap, benar sekali, menulis mebuat pikiran selalu fress karena selalu diasah untuk terus berfikir

Reply

Sejak serangan pandemi melanda… Memang praktis semua terkena imbas… Saya sendiri yang sudah gak kerja kantoran akhirnya bingung, bisnis offline pun sama baru buka langsung gak jelas (mati nggak, hidup nggak, kayak zombie), akhirnya seperti sengaja dipaksa bahkan bisa dikatakan terpaksa, akhirnya harus mulai berani belajar internet… dan yang nggak asik dan membuat males akhirnya belajar menulis blog… kalo bicara hasil,,,ehhh gak tau,,,yang penting belajar dulu,… tengkiu info dan motivasinya mbak sangat membangun sekali…

Reply
Hendra Suhendra

Yes bener banget nih poin-poinnya. Saya ngerasa dengan ngeblog, bisa menghibur diri. Apalagi kalo ada transferan masuk, semakin semangat deh, hahahaha. Dan saya percaya ada masih banyak lagi manfaat lainnya dari aktivitas ngeblog ya Mba Yuni… Terima kasih atas artikelnya yang ringan, renyah dan gurih dibaca. Jadi semakin termotivasi untuk ngeblog.

Reply

Senangnya kalau sudah dapat notif dari Bank karena aktivitas nulis ya, Kak. Yipi…

Reply

Banyak manfaat blog yang sudah kurasakan sampai saat ini. Nyesel juga kenapa ga dari dulu bikin blog hehe

Reply

Yang penting sekarang sudah merasakan, Kak. Semangat…

Reply

Aku baru fokus gelutin jadi blogger ini pas setahun mbak. Dan meskipun masih belum rutin nulis dan sering nggak konsisten, sepakat sih kalau nulis itu memang healing banget dari stres. Apalagi kalau bisa dapet job dan fee yak, makin ilang tuh stresnya haha

Reply

Betul sekali, Kakak Arai… Hehehehe

Reply

Beneeeer, banyak banget manfaat menulis, termasuk menulis di blog. Kalo aku awalnya disarankan oleh editorku untuk personal branding πŸ™‚

Reply

Nah iya. Personal branding bisa juga dengan menulis blog. Lebih leluasa mau menulis apa saja. Hehehe

Reply

Dari ngeblog yang tujuannya untuk healing, saat ini bisa untuk menghasilkan uang. Semua yang disebutkan bener banget, Mbak.

Awal ngeblog saya juga untuk menghilangkan stress, meredakan emosi saya yang gak stabil. Alhamdulillah, sekarang bisa buat ngeblog.

Reply

Bisa cuan-cuan ya, Kak Eri. HEhehe

Reply

Ada banyak manfaat menulis tapi anehnya kok banyak juga yg malas menulis ya?
Mungkin bisa jadi karena passion dan keahlian juga kali ya

Reply

Yang malas itu karena belum merasakan manfaatnya aja, Kak. HEhehehe

Reply

Bener banget Mbak. Ngeblog itu stress healing banget buat saya. Dan parahnya saya malah jadi stress kalau nggak ngeblog wkwkwk. Mikir keras gimana caranya nyempetin ngeblog di saat pekerjaan rumah nggak ada habisnya.

Reply

Emang banyak banget manfaat dari ngeblog ini mbak. Awal ngeblog, aku untuk healing dan sekedar hobi. Tetapi ternyata bisa jadi lahan yang menghasilkan. Lumayan banget, cuannya bisa buat traktir anak-anak makan eskrim.

Reply

Setuju. Ngeblog membantu banget dapat uang jajan. Biar nggak minta ortu mulu… Hehehee

Reply

Menulis adalah salah satu cara saya agar tidak overthingking, yeaay. Setuju dengan semua apa yang disampaikan di artikel ini, tentunya bikin semangat untuk menulis terus.

Reply

Yeeaaayy… Yuk semangat menulis….

Reply

bner banget mbaaak, aku setuju, satu lagi buat aku menulis blog bisa jadi ajang untuk mengasah otak terbiasa berpikir sistematis, aku sendiri suka nulis untuk mengeluarkan keresahan karena gak baik dipendam lama lama di ikiran hehe

Reply

Betul sekali, kakak….

Reply

Bener banget nih, menulis blog ini banyak banget manfaatnya. aku juga jadi banyak dapet pengetahuan baru dari menulis blog. karena kan untuk menulis blog kita juga harus banyak membaca dan mencari tau.

ayo kita lebih rajin lagi nulisnya hahaa

Reply

Nah itu… Menulis dan membaca memang pasangan yang nggak bisa terpisahkan… HEhehe

Reply
Fionaz Isza

Bener banget mbak, manfaat menulis di blog itu banyak banget makanya aq jadi rajin nulis nih trus senengnya itu bisa dapat penghasilan juga

Reply

Alhamdulillah banget ya, Kak…

Reply

ngeblog memang punya banyak manfaat ya mbak
bagi saya ngeblog tak hanya untuk menyalurkan hobi menulis saja, tapi juga jadi ladang penghasilan tersendiri

Reply

Dulu saya juga begitu. Ngeblog hanya sebagai menyalurkan hobi menghayal. HEhehe

Reply

Sekarang sih ngeblog jd sumber penghasilan. Hehehe..Awalnya dulu ngga sengaja suka nulis aja. Tapi kl hanya numpuk di diary, ya akan rusak kena rayap. Lantas muncul wordpress dan blog gratisan lainnya.

Ikut komunitas ternyata banyak untungnya. Dari situ aku kenalan dgn blogger2 kece yg ternyata bs dpt duit dr ngeblog. Ya dari situlah aku mulai serius menekuni. Jd skrg ya itu jd salah satu sumber penghasilan utama sih. Selain bs meredam stres/buat curhat kl ada pembelian produk/jasa yg ngga sesuai iklannya. Hehehehe..

Reply

Yiha… Wes curhatnya sekarang bisa jadi duit, euy… Hehehee

Reply

Aku juga ngerasain banget kalau ngeblog itu banyak manfaat buatku secara mental, finansial bahkan fisik juga 😁

Reply

Pokoknya banyak banget ya manfaatnya ngeblog, Kak. HEhehe

Reply

setuju banget kalau menulis itu adalah proses healing, ini dibuktikan dengan beberapa teman saya yang profesinya sebagai seorang psikolog selalu menyarankan untuk menulis sebagai proses healing. Terlebih lagi memang ada penelitian resminya

Reply

Jadi, punya keresahan tentang apa saja bisa dituliskan ya Kak. BIar plong dan lega hatinya. #eh hehehee

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger