Pemilihan Oli Motor Terbaik

Oli Motor Terbaik, Buktikan Dulu Ketangguhan Oli Pertamina Enduro

Oli Motor Terbaik, Buktikan Dulu Ketangguhan Oli Pertamina Enduro – Aku punya motor matic Honda Vario Techno 125. Satu-satunya motor matic yang dibelikan cinta pertamaku. Bapak maksudnya. Ya iyalah cuma satu, memang bisa naik motor lebih dari satu. Kan nggak mungkin juga. Tapi kalau buat gonta-ganti sih nggak masalah. Hahaha, lucu sekali Yun. Beli satu aja sudah susah payah, mana bisa nambah lagi. Ntar nambah urusan pajaknya. Jajan BBMnya juga. Sudahlah, kita setia pada satu kendaraan aja. Kalau dirawat bener-bener, nggak bakal ngerepotin. Malah, dia bantu mobilitas kita yang nggak padat-padat banget, tapi cukup menguras tenaga. Bolak-balik kantor ke rumah misalnya.

A. Pertimbangan Memilih Oli

Jadi, aku ini tipe cewek yang cuma bisa mengendarai saja. Samalah dengan cewek-cewek lain pada umumnya. Masalah perawatan motor, please jangan ditanya. Meski aku nggak akan pernah abai dengan jadwal service berkala untuk kuda besiku itu. Tetap aja, pengetahuanku minim. Jika kira-kira motorku sudah waktunya servis, maka bapak atau adek lelakiku lah yang mengurusnya. Yah, sesekali aku sendiri yang akan mengantarnya ke bengkel. Cuma ya gitu, urusan tetek-bengek lainnya, aku bakal serahin semuanya sama mekanik. Simple dan nggak bikin ribet.

Pernah suatu ketika, aku penasaran. Biasanya ‘kan servis motor versiku tu cuma ganti oli dan printilan lain yang bikin motorku terasa nggak nyaman dikendarai. Nah, waktu itu aku mau tahu dong merk oli yang dipakai buat tungganganku. Iseng-iseng nanya.

“Mas, harus ganti oli merk apa?” eh, si mas malah balik nanya.
“Memang mau yang merk apa, Mbak?” Ya elah Mas. Kalau aku ni ahlinya motor dan per-olian, nggak perlu nanya kali ya.
“Nggak tahu, Mas. Jadi, bagusnya apa?”

Dan si Mas pun cuap-cuap panjang lebar sambil bekerja ngutak-atik motorku. Waktu itu sih dia lagi buka part untuk mengeluarkan oli yang ada di motor. Asli, butek banget itu oli. Mirip mukaku kalau pas habis kerja dan dimarahin seharian sama bos. Padahal aku udah melakukan sesuai anjuran. Malah bisa jadi sebelumnya.

Penggantian Oli disarankan setiap 2.000 km agar mesin tetap terawatt dengan pelumas yang baik.

Kira-kira begini penjelasan si Mas. Mirip seles oli yang lagi promo tentang Oli Motor Terbaik jadinya. Pingin ngakak, tapi ini juga penting banget. Jadi, sok pasang tampang serius mendengarkan. Sayang nggak ada cemilan. Kan sekalian bisa nambah lemak. Asal lemaknya nggak jahat aja sih aku nggak masalah. heleh… Mari kita simak pidato dari sesemas bengkel.

1. Kenali Spesifikasi Motor Sebelum Mengganti Oli

Kata sesemas mekaniknya, aku harus memahami dulu spesifikasi motorku sebelum mengganti oli. Oke, aku tahu spesifikasi motorku. Darimana? Ya dari brosur saat aku beli dan juga penjelasan selesnya tentu saja.

Motor Matic Menggunakan Oli Pertamina Enduro
Dok. Pribadi

Motorku ini punya mesin 4 Tak SOHC dengan kapasitas 125 cc dan system pendingin cairan. Tenaganya sebesar 8,3 kW/8.500 rp, dengan torsi puncak sampai 10,8 N.m/5.500 rpm. Motorku juga dilengkapi dengan Idling Stop System dengan kata lain mesin akan otomatis mati saat berhenti lebih dari 3 detik. Maksudnya untuk menjaga efisiensi bahan bakar gitu.

Sampai sini, aku masih belum paham gimana aku harus memilih oli motor matic yang baik buat motorku. Ada yang paham? Ya benar, si mas mekanik paham. Jadi, mari kita dengarkan dia lagi.

2. Pilih Oli yang Memiliki Standart API atau JASO

Ini apa lagi? Sedikit puyeng tapi okelah. Aku akan bertahan mendengar cuap-cuapmu, Mas. Demi kenyamanan motor matic kesayanganku. Aku rela mendengarkanmu. Ceileh. Hehehe

Jadi, katanya API (American Petroleum Institute) dan JASO adalah lembaga yang sah dan dipercaya untuk menguji oli. Kalau untuk motor matic sendiri, untuk standart JASO kita harus pilih yang JASO MB. Kenapa? JASO MB adalah standart oli untuk motor matic yang memakai system tranmisi CVT.

Aku bertanya-tanya, kapankah sesemas ini akan menyebutkan merk olinya? Aku memang se-nggak sabar itu. Hehehe…

3. Kekentalan Oli Harus Pas

Katanya, sama kayak milih jodoh. Kita nggak bakal asal pilih. Meski kita bebas mau pilih yang kaya, tampan dan humoris. Tapi, akhirnya kita akan bertahan pada seseorang yang pas di hati. Nah, milih oli juga begitu. Boleh saja pilih yang mahal, tapi kalau nggak pas buat apa? Yang ada motor malah cepat rusak.

Jelas ini sudah ngalor-ngidul penjelasannya. Padahal dia cuma mau bilang cari oli yang kekentalannya seimbang.

Dengan nggak sabarnya aku nanya, “Jadi aku harus pake Oli Motor Matic apa ini Mas?”

B. Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30

Finally, dia menyebutkannya. Katanya, merk Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 lah yang cocok untuk motor matic kesayanganku. Jadi kenapa sesemas menyarankan oli itu?

Oli Motor Matic dari Pertamina Enduro
Logo Pertamina Enduro

1. Tingkatan Mutu Oli

Enduro Matic SAE 10W-30 sudah memiliki tingkatan mutu JASO MB. Oke ini cucok dengan penjelasan masnya tadi. Selain itu, oli ini juga sudah memenuhi performa API SL. Masalah standrat mutu sudah pas.

2. Keunggulan Oli

Kalau yang ini ambil di spesifikasi produk ya mas? Rasanya pingin nanya gitu. Soalnya dia tahu banget. Pas lihat di web pertamina lubricant juga sama.

Oli Motor Matic
Sumber : web pertamina lubricants
1. Mengandung aditif Moly untuk mengurangi gesekan pada suhu dan kecepatan tinggi.
2. Memiliki kekentalan SAE 10W-30 yang cocok untuk mesin motor generasi terbaru; cepat mulai dalam kondisi dingin, efek pendinginan yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar.
3. Memberi perlindungan yang sangat baik pada mesin yang beroperasi di bawah kondisi kecepatan tinggi.
4. Menjaga kebersihan mesin.
5. Melindungi mesin dari korosi dan pemakaian berlebih.

Jadi, begitulah kira-kira penjelasan sesemas mekanik bengkelnya. Hebatnya dia menjelaskan semua itu sembari tangannya cekatan menyelesaikan servis motorku yang nggak benar-benar ku perhatikan. Penjelasannya selesai di kala dia selesai mengganti oliku. Hebat.

Sekarang, mari kita Buktikan Dulu Ketangguhan Oli Pertamina Enduro ini. Apakah memang benar ini adalah Oli Motor Terbaik menurut sesemasnya? Bagi kalian yang punya motor matic yang sama denganku, boleh deh baca penjelasan sesemas bengkel itu. Atau kalian konsultasi dulu aja sama sesemas bengkel lain yang kalian temui. Yakinlah, mereka udah pengalaman sama yang beginian. Kita mah nurut aja selama nggak ada masalah berarti sama motor kita. Bukan begitu?

57 comments

      1. Dan jangan lupa pastikan beli Enduro di toko / bengkel terpercaya ya Mba. Takut ketemu yang aspal. Soalnya ini oli terbaik, takutnya banyak orang usil yang nyari keuntungan dengan cara gak bener..

      1. Perlu di bookmark nih artikelnya. Supaya jelas ada macam-macam oli. Dan kalau ditanya montir, bisa pe-de jawab kaan. Hoho…supaya engga dibohoning juga sih…

        1. Nah itu dia. Makanya bapak sama adikku tu pada nggak mau yuni yang ngurusin masalah servis motor, Mbak. Takut dibohongin katanya.

          Tapi pas kemarin ganti yang enduro itu, mereka nggak protes. Hehehe

  1. Enduro ini pertamina punya ya.. bangga deh barang anak negeri berjaya di tanah air. Kualitasnya so pasti ok.
    Suamiku yang tukang ngurusin kendaraan juga langganannya pasti Enduro.

  2. Masih mending bisa naik motor, saya hanya bisa duduk dibelakang masalah oli biasanya si sulung yg ngurusin. Coba nanti saya kasih si sulung untuk mencoba oli Pertamina ya.

  3. Iyes, saya pun kalau urusan permesinan motor angkat tangan deh. Bisanya cuma pakai dan nyuci motor doang 😉
    Kalau urusan ganti oli sudah pasti jadi tugas suami. Saya pernah sih beberapa kali beli olinya sendiri di SPBU trus suami yg gantiin olinya di rumah. Enduro emang oli sejuta umat yak. Kami juga pake.

  4. pokoknya kalo persoalan oli itu entah kenapa membuat aku malas aja gitu mba, udah langsung mengalihkan ke suami aja buat urus-urus soal Oli. Setelah baca ulasannya, jadi mau ngasih recomen ke suami buat ganti dengan oli pertamina Enduro ini aja ya

  5. Kalau oli pertamina..saya ga ragukan kualitasnya kak.. bahkan produk terendah mereka saja tetap unggul dan bersahabat dengan mesin apalagi enduro ini… ga bakal kecewa dech

  6. Motor baru harus pake Enduro Matic yang 10W… kalo saya karena motor lama pakenya Enduro Matic-G 20W.. Di tempat saya agak sulit nyarinya yang Matic-G ini, kalau gak di SPBU.

  7. Memang rata-rata cewek cuma bisa makai motornya ya Mbak. Adik perempuan saya juga gak ngerti soal motor-motoran. Soal servis atau oli motornya kadang suka diingatkan. Apalagi mengganti oli ini memang harus rutin agar mesin motor awet.

  8. Sepakat. Klo perempuan memang diwajari jika pengetahuan tentang motor mereka tidak begitu besar. Cara paling efektif ya serahkan pada bengkel. Oli Enduro emang te o pe

  9. Tossss, Saya juga pengguna Enduro. Hanya saja motor saya bukan matic, bahkan usianya udah sangat tua. Alhamdulillah masih handal hingga saat ini. Salah satunya berkat oli Enduro.

    1. Hehehe… Katanya memang jangan gonta-ganti merk oli sih. Sesuaikan saja sama kebutuhan mesin. Yuni mah cuma kata sesemas bengkel aja itu.

    1. Nah itu, Mas. Yuni mah nggak begitu paham masalah permesinan dan kebutuhannya. Cuma kata sesemas bengkel, motor matic dan non matic itu olinya beda-beda. Yamaha MX bukan matic ya, mending nanya ke sesemas bengkel yang ada aja, Mas. HEhehe

  10. Asal rutin service dan ganti oli, insyaAllah motor lebih tahan lama ya mba..jadi inget motor bebek bapak dulu yg awet dan nyaman banget dipakainya karena rutin service dan ganti oli. Kalau sekarang, apa-apa masalah motor yang ngurus pak suami soalnya..hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *