Indonesia Website Awards

6 Makanan Bumil Trimester Pertama yang Harus Diperhatikan


6 Makanan Bumil Trimester Pertama

6 Makanan Bumil Trimester Pertama – Adik iparku baru saja melahirkan. Anaknya cowok dan Alhamdulillah terlahir sempurna. Meski ada sedikit kekhawatiran saat baru saja lahir. Dia nggak langsung menangis. Padahal tahu sendiri kan kalau perjuangan seorang bayi yang baru lahir itu menangis. Tapi, sekarang dia sudah sehat.

Masih terekam dalam ingatanku, Sembilan bulan yang lalu. Kala itu, adik iparku baru saja hamil. Kita menyebutnya trimester pertama ya. Dia makannya sedikit banget. Sesuap-dua suapan eh langsung muntah. Duh, emakku tentu saja agak worry. Beliau berpikir gimana dengan kebutuhan nutrisinya?

Susu unmum. Mamaku pun memberinya minuman tersebut. Wahai, moms wanna be. Ketahuilah, ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi bumil trimester pertama. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bumil dan jabang bayi. Apa saja jenis makanannya? Boleh menyimak sampai habis ya!

Bumil harus lakukan ini

Makanan Bumil Trimester Pertama

Harapan semua calon ibu adalah menjalani kehamilan dengan lancar, kandungannya sehat dan menjalani persalinan yang normal. Makanya, calon ibu pun melakukan beberapa cara agar bisa mewujudkannya. Cara tersebut adalah rutin mengecek kandungan ke dokter, olahraga dan istirahat yang cukup.

Namun, siapa yang mengira? Ternyata nggak cukup hanya itu. Moms wanna be juga harus memperhatikan asupan makanan ibu hamil trimester pertama yang harus dikonsumsi. Sudah jelas kan? Mereka harus menyediakan nutrisi bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga si jabang bayi.

Jadi, apa saja makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama? Simak penjelasan berikut ini:

Related Post

1. Makanan Bumil di Trimester Pertama harus Kaya Asam Folat

Berdasarkan penemuan para ahli dalam Journal of American Medical Association, mengonsumsi asam folat bagi calon ibu baik pada empat minggu sebelum hamil sampai delapan minggu setelah hamil dapat meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40%.

Kandungan asam folat adalah nutrisi yang penting dalam pembentukan sel otak bayi. Sehingga pemberian suplemen yang baik untuk masa prenatal (masa sebelum kelahiran) adalah asam folat. Hal ini untuk meningkatkan kecerdasan si jabang bayi.

Selain itu, asam folat juga bisa bisa mencegah keguguran, anemia, hingga menurunkan risiko preeklamsia. Makanya, makanan ibu hamil pada masa awal kehamilan sebaiknya mengandung asam folat. Diantaranya, sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kubis. Atau buah-buahan seperti, alpukat, papaya dan jeruk. Juga kacang-kacangan, hati sapi, hingga telur.

2. Imbangi dengan Makanan Mengandung Protein

Selain asam folat, nutrisi ibu hamil trimester pertama juga harus diimbangi dengan protein. Karena nutrisi ini memiliki banyak manfaat bagi bumil.

Protein bisa membantu moms wanna be untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga bumil akan lebih tahan dari serangan penyakit. Selain itu, nutrisi ini juga memiliki peranan penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada jabang bayi selama masa kehamilan.

Related Post

Tuh kan, protein nggak boleh ketinggalan pada menu makanan ibu hamil trimester 1 2 3 ya! Terus apa saja contoh makanan yang mengandung protein? Ada daging tanpa lemak, ikan, telur, dan unggas.

Kebetulan rumahku dekat dengan laut, maka mencari ikan bukan persoalan rumit. Meski ada masa saat nelayan nggak melaut, tapi tetap saja ikan tersedia sepanjang waktu. Hanya harganya saja yang kadang murah atau mahal bergantung dengan kondisi cuaca.

3. Makanan Bumil juga harus Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Apa kondisi paling rawan bagi ibu hamil? Yupz, anemia. Kondisi ini bisa menimbulkan banyak masalah, salah satunya bayi lahir prematur. Mungkin Teman-teman akan bertanya mengapa hal ini bisa terjadi? Begini penjelasannya.

Dalam kondisi anemia, jumlah sel darah merah (hemoglobin) cenderung menurun. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan peningkatan volume plasma darah. Sehingga akan menyebabkan kontraksi pada rahim. Setelah kontraksi, biasanya apa yang terjadi? Yah lahiran kan.

Makanya, untuk menghindari kondisi seperti ini, bumil membutuhkan kandungan zat besi pada makanannya. Nutrisi ini bermanfaat untuk membawa darah yang kaya akan oksigen pada jabang bayi. Selain itu, zat besi juga berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin lho.

Jadi, makanan bumil trimester pertama apa saja yang mengandung zat besi? Beberapa diantaranya adalah daging sapi dan unggas, telur, makanan laut (meski kita harus tetap berhati-hati pada makanan mentah dan mengandung merkuri), tahu, biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, sampai telur.

4. Jangan Lupa Makanan Berserat

Bumil tu kadang suka mengalami konstipasi (masalah buang air besar). Apalagi pada masa kehamilan trimester pertama. Nggak usah jauh-jauhlah. Adik iparku dulu begitu saat hamil arsyaka (keponakanku).

Untuk menghindarinya, maka akan sangat bagus jika pada makanan bumil trimester pertama mengandung serat juga. Tahu sendiri kan? Serat bagus sekali untuk sistem pencernaan tubuh. Nutrisi ini juga mampu mengontrol kenaikan berat badan ibu. Bukan hanya itu. Serat juga bisa mencegah preeklamsia lho.

Mau tahu daftar menu makanan ibu hamil yang kaya serat? Ada banyak sekali mulai dari buah segar, biji-bijian, kacang-kacangan, sampai sayur-sayuran yang dimasak. Bumil tinggal pilih mana yang paling disukai. Cemiau…

5. Lengkapi dengan Susu atau Produk Olahan Susu

Saat ini, kita sudah mengenal beragam produk susu untuk ibu hamil. Kandungannya pun beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil, seperti protein, vitamin D, iodium asam folat, hingga kalsium. Semua kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janinnya.

Meski pun sama-sama susu, tapi kenyataannya bumil nggak dianjurkan minum susu sapi mentah ya. Mengapa? Karena susu yang nggak melalui proses pasteurisasi bisa saja mengandung banyak bakteri jahat.

Bukan hanya susu saja, Gaes. Bumil juga boleh lho mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt. Kayak adik iparku tu. Dia kan nggak bisa makan banyak. Bawaannya mual-mual mulu. Jadi, dia meminum susu hamil dan yoghurt sebagai tambahan nutrisinya. Dan itu bisa mengurangi rasa mualnya lho.

6. Perhatikan Kebutuhan Tubuh akan Karbohidrat

Jangan lupakan kebutuhan karbohidrat bumil ya. Nutrisi bumil trimester pertama juga harus ada karbohidratnya sebagai sumber energi bagi calon ibu dan si jabang bayi. Kita bisa memberikan oatmeal, pisang dan beberapa sumber karbohidrat lainnya.

Makanan Bumil Trimester Pertama

Bumil Nggak boleh stres

Jadi Moms wanna be, rasa syukur diberi amanah itu luar biasa. Makanya, kita harus menjaga dan merawatnya dengan segenap jiwa dan raga. Salah satu bentuk usahanya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi bumil trimester pertama dengan beberapa jenis makanan yang telah dijelaskan.

Namun, setiap calon ibu tentu akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Maka, akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Minta saran bapak atau ibu dokter mengenai menu makanan ibu hamil trimester 1 2 3. Sehingga, kita mendapat menu dan nutrisi yang tepat.

Kini, keponakanku sudah berumum 40 hari. Semakin lama dia semakin comel dan aktif saja. Meski saat baru lahir dia hanya tidur saja kerjaannya. Hehehe…

Bahan Bacaan

Website Halodoc

Related Post

Have any Question or Comment?

4 comments on “6 Makanan Bumil Trimester Pertama yang Harus Diperhatikan

Menambah wawasan noh, persiapan kalo nanti sdah punya istri trus hamil,, bisa di supley pake makanan diatas hihi

Reply

Kebutuhan gizi dibutuhkan oleh janin dan ibu makanperlu cermat memperhatikan

Reply

Kalo bgtu intinya harus makan makanan yang sehat dan bergizi. Seperti 4 sehat 5 sempurnya ya😊

Reply

Yupz.. Benar sekali, Kak Nez…

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Author

About Me Filia Suka Nulis

Filia Suka Nulis

Seorang yang suka menulis dan menghayal. Korespondensi bisa melalui email admin@filiasukanulis.com ya, Temans.


Promotion

Another Side

KEB

Kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger

Komunitas BloggerHub

BPN

Blogger perempuan
blogger perempuan

Gandjel Rel

Logo Gandjel Rel
Blogger Gandjel Rel

PAS Blogger

joeragan-artikel
joeragan-artikel
Trusted Blogger