FUD dalam dunia investasi

FUD Dalam Dunia Investasi, Pernah Dengar?

Investasi bukanlah hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan regulasi, investasi sekarang sudah bukan merupakan hal yang hanya bisa diakses oleh seseorang yang bermodal besar, melainkan bisa diakses oleh mereka yang modalnya terbatas juga.

Dengan kemudahan teknologi yang ada tersebut, masyarakat umum kini dapat mulai berinvestasi dengan modal serendah mungkin. Yang kemudian memberi kesempatan pada investor – investor pemula untuk menjajaki dunia investasi dan mempelajari seluk – beluk kegiatan investasi dengan resiko kehilangan dana yang kecil. 

Banyak hal yang harus dipelajari dan diwaspadai ketika terlibat dalam dunia investasi. 

Hal – Hal seperti kemampuan untuk membaca pergerakan pasar berdasarkan trend dan data. Kemudian mengetahui apa yang mendasari perubahan trend tersebut dan apa pengaruh dari pergerakan pasar serta trend tersebut pada waktu yang tepat untuk menanamkan modal atau membeli aset adalah hal penting yang perlu dikuasai oleh seorang investor atau trader demi mendapatkan keuntungan maksimal dalam investasi.

Salah satu faktor yang perlu diwaspadai tersebut adalah FUD atau yang dikenal juga dengan Fear, Uncertainty, and Doubt.

Lalu, apa itu FUD dan saudaranya FOMO? Simak ulasan di bawah ini.  

Tentang FUD

FUD atau yang dikenal juga sebagai Fear, Uncertainty, and Doubt adalah kekhawatiran atau mekanisme defensif mengenai suatu aset investasi. FUD ini bisa diterapkan pada stok, kripto, atau aset dan produk investasi yang lain di dunia investasi.

Sesuai dengan namanya, FUD merangkum apa yang terjadi di dunia investasi dari sisi investornya. Fear menggambarkan ketakutan para investor akan jatuhnya harga dari suatu aset, ketakutan akan ketinggalan beli suatu aset, atau ketakutan akan resiko besar dari aset yang telah atau akan dibeli. 

Ketakutan atau Fear ini muncul ketika adanya Uncertainty, atau ketidakpastian, atas suatu aset karena pergerakan pasar yang tidak stabil, sehingga kemudian menimbulkan keraguan atau Doubt untuk membeli sebuah aset investasi yang mungkin memiliki potensi di masa depan.

FUD Di Dunia Kripto

Sedangkan di dunia kripto sendiri, FUD merupakan hal integral yang perlu dimengerti karena sifat dari investasi kripto itu sendiri.

Sebagai sebuah aset investasi baru dan sedang berkembang dengan pesatnya, mata uang kripto adalah sebuah aset investasi yang masih memiliki gejolak harga dan pasar yang tinggi dan rawan akan rumor.

Bagi pengembang dan eksekutif di Pasar Kripto, FUD digunakan sebagai suatu alat untuk menyembunyikan kekhawatiran yang timbul akan suatu proyek baru dalam pasar investasi kripto. 

Selain itu, FUD juga bisa digunakan sebagai alat untuk menyebarkan rumor negatif atas sebuah aset investasi, sehingga membuat para investor berpikir ulang saat akan membeli suatu aset.

Cara Menyikapi FUD 

FUD, di banyak komunitas kripto digunakan sebagai suatu cara untuk mendiskreditkan seseorang atau suatu aset yang menentang norma kebiasaan di dunia investasi kripto.

Banyak FUD yang didasari oleh gosip atau rumor, akan tetapi FUD bisa juga menjadi konstruktif jika didasari oleh sebuah fakta yang memiliki dasar yang kuat.

Dan jika sebuah FUD itu demikian, maka waspadalah. Karena itu berarti ada yang salah dengan aset investasi yang dimaksud.

Jadi, bagaimana? Tertarik berinvestasi di kripto? Uang kripto mana yang menarik perhatian kamu? Apakah itu Bitcoin? Ethereum? Atau mungkin Polkadot Coin?

Yang manapun itu, kamu bisa mendapatkannya di Pintu. Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Jadi, tunggu apalagi? Download Pintu sekarang!

Related Posts

8 thoughts on “FUD Dalam Dunia Investasi, Pernah Dengar?

  1. Baru tahu FUD dalam dunia investasi setelah baca postingan ini. Generasi muda saat ini banyak yang belajar dunia investasi karena memang banyak investasi yang menguntungkan di masa depan ya, Mbak.

  2. Wow, sebelas ribu udah bisa investasi ya mbak?
    Terjangkau juga ya..aku masih cari banyak referensi soal cripto, bitcoin dan ethereum ini sih..soalnya terbilang masih baru

  3. Ilmu baru banget nih mba buatku yang belum ngerti banget dunia investasi dan crypto
    beberapa kenalan ada yang menguangkan di sana juga.

  4. Makasih mbak artikelnya. Skrg banyak sekali penawaran trading, ga sedikit pula yg ternyata hanya tipu-tipu. Lewat aplikasi pintu yg memang terdaftar di Bappebti jd lbh yakin klo mau invest.

  5. Baru denger aku istilah FUD ini mbak, buta banget kalau soal keuangan, apalagi investasi kripto. Masih harus meraba-raba. Pastinya memang sebelum berinvestasi, harus jelas dulu tempatnya terpercaya atau nggak ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.