Mengelola Pembukuan Toko

BukuWarung Membantu Pengusaha Mengelola Pembukuan Toko

Setiap pengusaha, baik itu pengusaha kecil, menengah sampai dengan pengusaha besar, wajib menyadari pentingnya memiliki pembukuan. Mengapa demikian?

Karena pengusaha membutuhkan analisa atas kondisi perusahaan antara penjualan dan pengeluaran. Hal ini bertujuan agar usaha yang dijalankan tetap berjalan dengan lancar.

Selain itu, pembukuan juga dapat mempermudah dalam melihat arus keuangan. Agar kita bisa segera mengambil keputusan saat terjadi masalah.

Pengertian Pembukuan

Pembukuan adalah suatu proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan pada usaha kita secara teratur dan terperinci. Hal itu meliputi modal usaha, biaya, penghasilan, kewajiban, dan sebagainya.

Kemudian pada akhir dari proses tersebut biasanya dibuat sebuah laporan keuangan. Dengan demikian, kita bisa mengetahui bagaimana hasil yang diperoleh dari usaha kita. Selain itu, kita juga dapat membandingkan antara rencana atau rancangan usaha serta target yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan hasil yang diperoleh.

Pentingnya Mengelola Pembukuan Toko

Pentingnya Mengelola Pembukuan Toko
Sumber pict: pixabay.com

Dalam berbisnis kebanyakan hanya berfokus pada strategi penjualan. Padahal, ada hal yang tidak kalah penting yang tentunya menunjang keberhasilan suatu usaha. Apakah itu?

Hal tersebut adalah pembukuan. Dimana pembukuan merupakan pencatatan mengenai transaksi masuk dan transaksi keluar yang terjadi akibat dari aktivitas bisnis yang dilakukan.

Pentingnya pembukuan dalam sebuah bisnis antara lain adalah :

  • Kita bisa mengetahui pekembangan bisnis yang dijalankan, apakah memberikan hasil yang menguntungkan atau malah merugi.
  • Mudah mengontrol biaya yang dikeluarkan dalam operasional bisnis tersebut.
  • Dapat mengetahui secara pasti hutang ataupun piutang yang timbul.
  • Kita bisa mengetahui seluruh aset yang ada. Hal ini akan berpengaruh terhadap rugi dan laba sebuah bisnis nantinya.
  • Dapat mengetahui kewajiban yang timbul dari bisnis tersebut (misalnya: pajak).
  • Meminimalkan resiko kehilangan aset, produk/barang ataupun uang.

BukuWarung Membantu Pengusaha Mengelola Pembukuan Toko

Meskipun sangat penting tetapi nyatanya masih banyak pelaku usaha yang belum menerapkan pembukuan dengan baik. Entah karena memang belum paham mengenai pentingnya mengelola pembukuan atau alasan lainnya.

Jika memang kesulitan mengelola pembukuan, maka kita bisa menggunakan alat bantuan. Apalagi pada era kemajuan teknologi saat ini. Salah satunya adalah BukuWarung.

Teman-teman Pengusaha bisa segera download aplikasi https://bukuwarung.com/ yang dapat mempermudah pembukuan.

BukuWarung merupakan aplikasi akuntansi ukm yang berguna untuk mencatat segala transaksi pada UKM dan berbagai pembukuan lainnya. Kita bisa mendapat laporan keuangan setiap hari. Sehingga kita bisa melakukan evaluasi dari hasil usaha.

BukuWarung juga memiliki berbagai fitur menarik seperti pengingat pencatatan hutang, kartu nama digital, e-wallet, laporan keuangan, dan banyak lainnya. Segera download dan buat pencatatan keuangan usaha Anda di BukuWarung ya.

Semoga bermanfaat.

Related Posts

6 thoughts on “BukuWarung Membantu Pengusaha Mengelola Pembukuan Toko

  1. Aplikasi yang bisa membantu para pengusaha nih agar bisa mengelola keuangan perusahaan agar tidak keteteran.
    Keren ya sekarang, teknologi memudahkan semua kerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.