Mengenal Kista Bersama Alodokter

credit alodokter.com

Hallo sahabat Filia. Kemarin, saya baru saja diberi syok terapi oleh sahabat saya. Bagaimana tidak? Saya tahu dia memang sangat kurus. Namun terakhir bertukar kabar dengannya dua minggu lalu, dia bilang dia sehat. Lalu, tiba-tiba dia mengabarkan kalau dia akan menjalani operasi kista. Bisa bayangkan dong bagaimana perasaan saya kemarin? Ini pasti gegara saya tidak mengenal kista dengan baik.

Saat saya tanya tentang apa keluhan dia sebelum didiagnosa dengan penyakit kista, tahukah kalian apa yang dia lakukan? Sahabat saya tersayang itu hanya diam. Tidak membalas apapun. Jadi, saya ‘kan makin panik.Terbayang dalam benak saya tentang kista ovarium yang mengerikan. Mana dia merantau sendirian di Bengkulu, tanpa sanak saudara.

Pagi ini, dia kembali on di Whatsapp. Lagi-lagi saya dibuat terkejut. Dia menertawakan semua kepanikan saya dan dia meminta saya untuk searching agar lebih mengenal kista. Oke, maka saya coba buka website Alodokter yang sudah banyak dibicarakan teman-teman blogger yang lain. Dan tara, apa yang saya temukan?

Mari Mengenal Kista

Menurut Alodokter, kista merupakan benjolan di bawah kulit yang berisi cairan, udara, atau zat padat seperti rambut. Benjolan ini dapat tumbuh di bagian tubuh manapun yang diakibatkan oleh beragam faktor, mulai dari infeksi, radang ataupun keturunan.

Ketika saya membaca artikel untuk mengenal kista yang diposting di laman website alodokter.com ini, saya mulai mengerti mengapa dia begitu geli melihat keparanoid-an saya. Ya salam, sahabat saya itu cuma menjalani operasi ringan karena ada kista di belakang bahu kanannya. Dan saya sudah bereaksi berlebihan seolah dia benar-benar menjalani operasi besar dengan melibatkan rahim.

Duh yuni, makanya jangan malas membaca.

Beberapa Tipe Kista Menurut Alodokter

Kalau kalian mendengar kata kista, apa yang ada dalam benak kalian? Jika kalian belum banyak membaca, saya pastikan kalian akan membayangkan sebuah penyakit yang menyerang rahim. Padahal, kista bukan hanya tumbuh di rahim saja lho. Berikut saya coba rangkumkan tipe kista menurut alodokter.

1. Kista Baker

Kista Baker atau kista popliteal adalah benjolan berisi cairan yang terbentuk di belakang lutut. Benjolan ini terasa nyeri dan membatasi gerakan pendetitanya.

2. Kista Celah Brankial

Kista tipe ini merupakan kista bawaan lahir. Benjolan akan muncul di salah satu sisi atau kedua sisi leher anak.

3. Kista Epidermoid

Kista epidermoid ditandai dengan benjolan kecil, keras, berwarna kuning kecoklatan dan berisi cairan kental berbau. Nah, sahabat saya ini terkena kista epidermoid.

4. Kista Ganglion

Kista tipe ini merupakan benjolan berisi cairan yang menyerang sepanjang tendon (jaringan penghubung otot dan tulang) dan persendian.

5. Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan benjolan berisi cairan yang terbentuk di dalam atau di permukaan ovarium (indung telur). Kista ovarium umumnya terkait dengan siklus menstruasi. Namun pada kasus yang jarang terjadi, kista ovarium dapat muncul akibat pertumbuhan sel yang tidak normal.

6. Jerawat Kista

Bahkan hati-hati ya girls. Jerawat kita, ada lho yang merupakan salah satu tipe kista. Jerawat yang bagaimana?

Jerawat kista merupakan tipe jerawat yang terbentuk dari kombinasi bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di pori-pori.

Sebenarnya masih ada banyak lagi tipe kista yang dijelaskan. Disini, saya cuma mau menyampaikan bahwa ketika mendengar suatu kabar, jangan terburu-buru untuk menyimpulkan sendiri. Cobalah mencari tahu kebenaran atau maksud dari kabar tersebut.

Kita bisa bertanya pada sang narasumber langsung atau dalam kasus kesehatan, kita bisa mencari tahu di website alodokter. Terlebih saat ini alodokter juga ada aplikasinya. Jadi, lebih mudah dan yang pasti, kita tidak akan termakan dengan bujuk rayu hoax.

Kembali pada permasalahan sahabat saya itu, dia sudah kembali ke tempat tinggalnya dengan senyum lebar. Lebih tepatnya dia kembali menertawakan saya yang begitu paranoid karena operasi ringan pengangkatan kistanya.

Baiklah sahabat filia, kalian jangan jadi seperti saya ya. Yang selalu ditertawakan sahabat sendiri. Paling tidak kalian harus lebih rajin membaca. Salam literasi.

With Love

My Another Blog

14 comments

  1. Hani says:

    Ternyata banyak ya jenis kista. Saya kira cuma di ovarium aja. Hehe. Mesti banyak baca nih. Untung sekarang banyak aplikasi yang mempermudah ya, mba.

  2. Damar Aisyah says:

    Ternyata kista macam-macam juga ya. Jerawat kista aku baru dengar. Apa kayak jerawat batu yang menahun gitu ya? Kan ada tuh orang yg mengalami kayak gitu. Sudah ke dokter kulit ttp gak sembuh2.

  3. Qoty Intan Zulnida says:

    Tenang Mbak, kamu gak sendiri, karena aku pun baru tahu kalo kista itu ada beberapa tipe dan bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Karena selama ini tahunya kista itu ya yang menyerang rahim… duh, aku juga kayaknya kudu banyak baca nih

Leave a Reply